Denpa Kyoushi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Denpa Kyoushi
Denpa cover.jpg
Sampul dari volume 1 yang menampakkan tokoh utama, Jun'ichirō and Suzune Kagami
電波教師
(Denpa Kyōshi)
GenreKomedi, roman, Potongan kehidupan (Slice of Life), Harem, Action
Manga
PengarangTakeshi Azuma
PenerbitShogakukan
MajalahWeekly Shōnen Sunday
DemografiShōnen
Terbit2 November 2011 – sekarang
Volume16
Seri anime
SutradaraMasato Sato
SkenarioAtsushi Maekawa
MusikRyuuichi Takada (Monaca)
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Saluran
asli
NNS (ytv)
Saluran bahasa Inggris
Tayang 4 April 2015 – sekarang
Episode24
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Ultimate Otaku Teacher (電波教師, Denpa Kyōshi, lit. "Guru Bergelombang Elektromagnetik"[note 1]) adalah serial manga Jepang tahun 2011, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takeshi Azuma.[1] Serialisasinya dimulai di majalah Weekly Shōnen Sunday kepunyaan Shogakukan, keluaran no. 49 tahun 2011, yang dipublikasikan pada tanggal 2 Oktober 2011.[2] Sampai pada tanggal 18 Mei 2015, sudah ada 16 volume dikompilasi yang diterbitkan.[3] Ada dua anime pendek yang telah diterbitkan untuk menunjukkan bahwa manga ini telah dirilis, and sedang produksi animenya pada tahun 2015 ini, dikerjakan oleh A-1 Pictures.[1][4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Kagami Junichirou, seorang jenius terutama dalam fisika . Namun, dibalik kejeniusannya Junichirou juga seorang Otaku (maniak) manga, anime, dan games. Junichirou mempunyai penyakit yang dia sebut BMI: (B)isa (M)elakukan Apa yang dia (I)nginkan. OLeh sebab itu ia hanya bermalas-malasan di rumah dengan manga, anime dan gamesnya. Adik Junichirou, Kagami Suzune, marah dengan sikap kakaknya itu. Suzune menyuruh Junichirou bekerja, maka mulailah Junichirou bekerja sebagai guru di sebuah SMA. Namun belum beberapa waktu, Junichirou dipecat karena membawa-bawa sifat otakunya pada muridnya. Hiiragi Koyomi, seorang kepala sekolah yang sudah lama memerhatikan Junichirou mengajak Junichirou menjadi guru di akademinya, Akademi Hiiragi. Setelah menimang-nimang, Junichirou memilih menjadi guru walaupun seorang teman ilmuwannya mengajak Junichirou ikut meneliti di Geneva, Swiss. Junichirou pun ditempatkan di Akademi Ichou, yakni bagian sekolah privat biasa. Sedangkan akademi Hiiragi adalah sekolah privat khusus. Junichirou sering kali memotivasi murid-muridnya hingga seluruh murid menyukainya, walaupun kadang masih membawa sifat otakunya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Kagami Junichirou

Seorang jenius dan otaku. Dengan dua sifat itu, Junichirou sering kali memotivasi murid-muridnya dengan sukses. Hobinya mengupdate blog animenya, Monogatari DX. Kejeniusan Junichirou sebenarnya diinginkan oleh para ilmuwan, tetapi sifat otaku Junichirou membuat Junichirou tidak menginginkan hidup sebagai ilmuwan. Kemudian ia menjadi guru di akademi Ichou, di kelas adiknya sendiri.

Kagami Suzune

Adik Junichirou, marah besar dengan sifat malas Junichirou. Sangat khawatir apabila kakaknya ditinggal sendirian karena bisa membuat masalah baru. Sering mengatur keuangan Junichirou.

Tokoh pendamping[sunting | sunting sumber]

Akademi Ichou[sunting | sunting sumber]

Hiiragi Koyomi

Kepala sekolah akademi Ichou, satu bagian dari Akademi Hiiragi.

Momozono Makina

Ketua OSIS akademi Ichou, merangkap kapten klub Kendo dan Kepala Komite Perhubungan Masyarakat. Galak dan pemarah tetapi bisa diladeni oleh Junichirou. Junichirou menjulukinya 'rambut ekor kembang acak-acakan'. Tangan kanan kepala sekolah, dulu sering mengusir guru-guru yang tidak sesuai standarnya.

Shikishima Kiriko

Awalnya merahasiakan soal kerja paruh waktunya di kafe "Hati ke Hati" karena ketatnya peraturan sekolah privat. Namun Junichirou berhasil memotivasi Makina dan Kiriko sehingga ia tetap bekerja di kafe. Dijuluki Junichirou 'kentang', karena Kiriko sering menyajikan kentang pada Junichirou.

Nanami Seijuurou

Pemuda yang tubuhnya besar, tidak memiliki semangat dan sering mencari masalah. Tapi karena Junichirou, Nanami menyukai sepak bola dan menjadi anggota klub sepak bola. Dijuluki Junichirou sebagai 'Manusia robot'

Tanaka Sachiko

Pembolos, sebenarnya ia membolos karena ia adalah seorang mangaka. Membuat manga 'Shuumatsu Gakuen' yang sangat digemari oleh Junichirou. Junichirou akhirnya berhasil membuat Sachiko kembali ke sekolah.

Chinami Kanan

Kanan jarang berbicara karena ia malu memiliki suara mirip anime. Junichirou kemudian membuat Kanan percaya diri dan mulai populer di sekolah. Junichorou menjulukinya 'Cewek bersuara anime'

Araki Koutarou

Koutarou juga seorang pembolos, karena ia tidak memiliki semangat, juga karena ia suka berpenampilan imut seperti perempuan. Partner Junichirou di game MMORPG yang sering dimainkan Junichirou, 'Ouroboros' dengan akun 'Luce'. Awalnya Junichirou tidak menyadari Luce adalah muridnya yang membolos. Tapi akhirnya Koutarou bisa dibujuk ke sekolah. Ia populer di sekolah dengan penampilan perempuannya. Ia bahkan dilarang kepala sekolah untuk berpenampilan laki-laki karena terlalu cantik. Memanggil Kanan dengan sebutan 'Onee-sama'

Fuwasada Mitsu

Murid baru di Ichou, ingin sekali masuk cabang utama.

Kuramochi Madoka

Pewaris bisnis game dan mainan yang juga digemari oleh Junichirou. Kehilangan semangat, tetapi Junichirou mengembalikan semangatnya.

Akademi Hiiragi/Akademi utama[sunting | sunting sumber]

Arisu Hiiragi

Kepala sekolah akademi Hiiragi, sepupu Koyomi. Arisu meyakini bahwa sistem pembelajaran terbaik adalah sistem penjara. Arisu juga membuat sistem 'orangtua-anak'. Segala sesuatu yang dilakukan di akademi Hiiragi harus menggunakan poin. Dijuluki Junichirou 'roti gulung'.

Mukyou Reiko

Siswa jenius yang pernah magang di tim ilmuwan. Awalnya malas ke sekolah, tetapi Junichirou berhasil membujuknya. Reiko kemudian tidak ingin berada di akademi Hiiragi dan berhasil memenangkan pertandingan sebagai syarat agar dibolehkan untuk masuk ke akademi Ichou. Namun Reiko tetap tidak diperbolehkan untuk pindah ke akademi Ichou.

Shirakawa Nami

Teman dekat Reiko, diperintah mengejar Reiko saat Reiko kabur.

Akatsuki Subaru

Tahun ketiga di akademi Hiiragi, sekaligus sedikit dari siswa yang memiliki ranking S. Ingin mengikuti Junichirou karena memiliki penyakit yang disebut KS atau Koi Shinai to Shinu, artinya adalah orang yang bisa mati kalau tidak mencintai. Baginya cinta adalah makanan. Kemampuannya merasakan perasaan orang lain sebagai warna dan rasa, Subaru mengidap bentuk rumit dari Sinestesia

Tomoya Tokisaka

Adik kelas Junichirou. Menjadi guru di Amerika beberapa tahun sebelum dipindah ke akademi Hiiragi. Wali kelas di kelas dengan murid-murid yang mendapat ranking S.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gelombang elektromagnetik" (電波, denpa) dalam bahasa Jepang itu bermakna sebagai orang yang bertindak secara berlebih-lebihan, seperti otaku ekstrem, or atau orang yang memegang kepercayaan mitos yang aneh dan mengada-ngada, serupa dengan ungkapan bahasa Inggris "topi kertas timah".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Denpa Kyōshi Manga's 2nd Anime Ad by A-1 Pictures Aired". Anime News Network. February 17, 2013. Diakses tanggal June 12, 2013. 
  2. ^ 「超弩級少女」の東毅、新連載の主役はギークな高校教師 (dalam bahasa Japanese). Natalie.mu. October 2, 2011. Diakses tanggal June 12, 2013. 
  3. ^ 電波教師 10 (少年サンデーコミックス) (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal February 18, 2014. 
  4. ^ Green, Scott (October 3, 2012). "VIDEO: Anime "Denpa Kyoushi " Promo". Crunchyroll. Diakses tanggal June 12, 2013. 

Link[sunting | sunting sumber]