Demonstrasi 9 Maret 1991

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Demonstrasi 9 Maret 1991
Деветомарски протести
Bagian dari Disintegrasi Yugoslavia
Tanggal9 Maret 1991 - 14 Maret 1991
LokasiBeograd
MetodeDemonstrasi, pendudukan, kerusuhan, kekerasan polisi
StatusDihentikan
Pihak terlibat
Tokoh utama
Jumlah
Lebih dari 100.000[1]
Jumlah korban
1 polisi tewas[2]
1 demonstran tewas[2]

Demonstrasi 9 Maret 1991 berlangsung di jalanan kota Beograd yang berujung pada bentrok antara demonstran dengan polisi.

Gerakan Pembaharuan Serbia Vuk Drašković yang merupakan oposisi utama di Serbia mengadakan reli besar pada tanggal 9 Maret 1991. Mereka menentang kekuasaan Slobodan Milošević dan Partai Sosialis Serbia, terutama karena mereka dianggap telah menyalahgunakan Radio Televisi Beograd. Dua orang tewas akibat kekerasan dan pemerintah kemudian memerintahkan agar Angkatan Darat Rakyat Yugoslav turun ke jalan. Polisi menangkap beberapa pejabat partai oposisi dan melarang dua media yang dianggap tidak bersahabat dengan pemerintah.

Satu hari kemudian, sebagai tanggapan terhadap peristiwa pada hari sebelumnya, demonstrasi yang lebih besar diadakan dan diikuti oleh pemimpin-pemimpin Partai Demokratik. Pemerintah membalas dengan mengadakan reli tandingan. Demonstrasi baru berakhir pada tanggal 14 Maret setelah pemimpin-pemimpin oposisi dari Gerakan Pembaharuan Serbia dilepaskan dari tahanan polisi. Pemerintah juga mencopot direktur televisi nasional dan Menteri Dalam Negeri.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ivan D. Janković (March 9, 2011). "Peščanik: Deveti mart i mi" (dalam bahasa Serbian). Diakses tanggal August 14, 2017. 
  2. ^ a b Vuk Drašković (March 9, 2012). "Blic: Vuk Drašković piše za "Blic": Taj 9. mart - 21 godinu kasnije" (dalam bahasa Serbian). Diakses tanggal August 14, 2017.