Dell Hymes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dell Hathaway Hymes atau Dell Hymes (lahir 7 Juni 1927, di Portland, Oregon - wafat 13 November 2009 di Charlottesville, Virginia) adalah seorang linguis, antropologis, sosiolinguis, dan juga seorang ahli bidang folklor. Ia mendirikan dasar-dasar disiplin untuk studi etnografi komparatif dalam penggunaan bahasa. Penelitiannya berfokus pada bahasa-bahasa Pacific Northwest. Ia adalah satu-satunya orang yang menyebut ‘linguistik antropologis’ sebagai ‘antropologi linguistik’ dalam subbidang keempat dalam antropologi. Pada 1972, Hymes membuat sebuah jurnal Language in Society sekaligus menjabat sebagai editornya selama 22 tahun. Hymes lalu dituduh melakukan pelecehan seksual pada akhir masa jabatannya di Universitas Pennsylvania.[1]

Kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Hymes belajar di Reed College di bawah didikan David H.French. Ia lalu lulus pada 1950 setelah bertugas di Korea sebelum perang terjadi. Ia bekerja di Angkatan Darat sebagai seorang decoder setelah berbagai macam hal mempengaruhi hidupnya ia lalu menjadi seorang ahli Bahasa. Pada saat muda, Hymes memiliki reputasi sebagai seorang linguis atau ahli bahasa; dikarenakan disertasi yang bisa ia selesaikan hanya dalam satu tahun. Pada 1955, Hymes meraih gelar Ph.D nya di Universitas Indiana, lalu ia melanjutkan bekerja di Universitas Harvard.

Pada 1960, ia meninggalkan Harvard setelah lima tahun menetap. Ia lalu bergabung di Universitas California, Berkeley selama lima tahun. Kemudian pada 1965, ia bergabung dengan Departemen Antropologi di Universitas Pennsylvania (menggantikan A. Irving Hollowell). Pada 1972, ia bergabung dengan Departemen Folklor dan Folklife. Lalu pada 1975, ia menjadi seorang dekan di Sekolah Pendidikan Pascasarjana Universitas Pennsylvania.

Hymes lalu menjabat sebagai presiden American Folklore Society selama setahun pada tahun 1973, lalu dari Linguistics Society of America pada tahun 1982.

Pada 2006, Hymes dianugerahi Medali Emas Filologi. Hymes kemudian bergabung dengan Departemen Antropologi dan Bahasa Inggris di Universitas Virginia di mana ia menjadi seorang Profesor Antropologi Commonwealth dan bahasa Inggris. Hymes lalu melanjutkan sebagai profesor emeritus sampai kematiannya akibat komplikasi penyakit Alzheimer pada 13 November 2009.

Pasangannya, Virginia Hymes, juga seorang sosiolinguis dan ahli bidang folklor.

Karya[sunting | sunting sumber]

Pada awal kariernya, Hymes mengadaptasi fungsi Sekolah Praha menjadi Antropologi Linguistik Amerika, yang memelopori studi mengenai hubungan antara bahasa dengan konteks sosial. Hymes bersama dengan John Gumperz, Erving Goffman dan juga William Laboy mendefinisikan multidisiplin yang luas ke dalam bahasa masyarakat yang lebih mudah dipahami.

Karya Hymes yang lain berfokus pada puisi, khususnya pada organisasi puisi pada narasi lisan penduduk asli Amerika. Hymes dan Dennis Tedlock mendefinisikan etnopoetika sebagai sebuah bidang studi dalam antropologi linguistik dan folkloristik. Pada karya puisi terakirnya, Hymes mengatakan bahwa kritikus sastra Kenneth Burke memiliki pengaruh besar pada karyanya tersebut. Hymes mengatakan, ‘perasaan saya tentang apa yang saya lakukan mungkin lebih berhutang kepada KB daripada orang lain’. Namun, ia juga memasukkan berbagai nama tokoh dan kritikus sastra lainnya, termasuk Robert Alter, C.S Lewis, A.L Kroeber dan Claude Lévi-Strauss.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sherzer, Joel; Johnstone, Barbara; Marcellino, William (2010-06). "Dell H. Hymes: An intellectual sketch". Language in Society (dalam bahasa Inggris). 39 (3): 301–305. doi:10.1017/S0047404510000229. ISSN 1469-8013.