Deklarasi Moskwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Deklarasi Moskwa adalah empat deklarasi yang ditanda tangani selama Konferensi Moskwa III pada 30 Oktober 1943. Deklarasi tersebut dapat dibedakan dari Komunike yang dikeluarkan setelah Konferensi Moskwa IV. Deklarasi ini ditanda tangani oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikar, Britania Raya, Uni Sovietdan Repblik Tiongkok. Empat deklarasi yang ditanda tangani adalah: Deklarasi Empat Negara mengenai Keamanan Umum, Deklarasi tentang Italia, Deklarasi tentang Austria, dan Deklarasi tentang Kekejaman.[1]

Deklarasi[sunting | sunting sumber]

Deklarasi Empat Negara mengenai Keamanan Umum[sunting | sunting sumber]

Di Deklarasi bersama Empat-Bangsa, Deklarasi, pemerintah Amerika Serikat, Inggris Raya, Uni Soviet, dan Nasionalis Cina, sesuai dengan Deklarasi oleh PBB pada bulan Januari 1942, dan deklarasi selanjutnya untuk melanjutkan pertempuran terhadap blok poros yang mereka masing-masing perang sampai mereka menyerah dengan penyerahan tanpa syarat. Mereka juga menyadari perlunya membentuk organisasi internasional (PBB), yang didasarkan pada prinsip persamaan kedaulatan dari semua negara yang cinta damai, dan keanggotaan yang terbuka untuk semua negara-negara, untuk pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional.

Deklarasi Italia[sunting | sunting sumber]

Pada Deklarasi Italia, Sekretaris Luar Negeri dari Amerika Serikat, Inggris dan Uni Soviet menyatakan bahwa fasisme dan pengaruhnya harus benar-benar hancur dan bahwa orang-orang italia harus diberikan kesempatan untuk membangun pemerintahan dan lembaga-lembaga lain yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi.

Deklarasi Austria[sunting | sunting sumber]

Pada Deklarasi Austria, Sekretaris Luar Negeri dari Amerika Serikat, Inggris dan Uni Soviet menyatakan bahwa aneksasi / pendudukan (Anschluss) Jerman atas Austria adalah batal dan tidak berlaku. Hal Ini menjadikan Austria merdeka setelah kemenangan atas Nazi Jerman.

"Pemerintah Inggris Raya, Uni Soviet dan Amerika Serikat sepakat bahwa Austria adalah negara jajahan Nazi yang harus bebas pertama kali.

"Mereka menganggap aneksasi/pendudukan yang dikenakan Jerman atas Austria pada tanggal 15 Maret 1938 menjadi batal demi hukum. Mereka menganggap diri mereka sama sekali tidak terikat oleh perubahan yang terjadi di Austria sejak tanggal tersebut. Mereka menyatakan bahwa mereka ingin melihat kembali berdiri Austria sebagai negara bebas dan mandiri, dan dengan demikian membuka jalan bagi orang-orang Austria sendiri, serta orang-orang di negara-negara tetangga yang menghadapi masalah yang sama, untuk menemukan bahwa keamanan politik dan ekonomi yang merupakan satu-satunya dasar untuk perdamaian yang abadi.

"Austria juga memiliki tanggung jawab atas partisipasi dalam perang di sisi Nazi Jerman, dan pasti ada konsekuensi yang harus Austria tanggung atas keputusan mereka tersebut."[2]

Deklarasi tentang Kekejaman[sunting | sunting sumber]

Deklarasi tentang Kekejaman yang ditandatangani oleh Presiden AS Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan Pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin. Mereka mencatat bahwa "bukti kekejaman, pembantaian dan pembunuhan masal berdarah dingin sedang dilakukan oleh pasukan Hitler di banyak negara-negara yang mereka kuasai dan dari sana mereka sekarang sedang terus diusir". Mereka kemudian menyatakan bahwa orang-orang Jerman akan dikirim kembali ke negara-negara di mana mereka telah melakukan kejahatan mereka dan "dihakimi di tempat orang-orang yang mereka telah marah". Adapun orang-orang Jerman yang tindak pidananya tidak memiliki lokalisasi geografis tertentu, mereka akan dihukum dengan keputusan bersama dari pemerintah Sekutu.

Dalam Pernyataan pada Kekejaman yang sebagian besar disusun oleh Winston Churchill,[3] dan mengarah pada pembentukan Komisi Penasehat Eropa yang merancang Piagam London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ United Nations Documents 1941-1945. Oxford University Press for the Royal Institute Of International Affairs. 1946. 
  2. ^ http://www.ibiblio.org/pha/policy/1943/431000a.html
  3. ^ Tehran Conference: Tripartite Dinner Meeting November 29, 1943 Soviet Embassy, 8:30 PM