Deklarasi Fakta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wilmersdorfer Erklärung, salah satu deklarasi fakta oleh Saksi-Saksi Yehuwa pada 25 Juni 1933 (halaman 1).

Deklarasi Fakta adalah pernyataan umum yang dirilis secara luas oleh Saksi-Saksi Yehuwa selama periode penganiayaan pada zaman Jerman Nazi. Dokumen tersebut menegaskan netralitas politik oleh denominasi tersebut, memohon hak untuk mengabar di depan umum, dan mengklaim bahwa Saksi-Saksi Yehuwa adalah korban kampanye informasi yang salah oleh gereja-gereja lain. Pernyataan itu disiapkan oleh Joseph F. Rutherford, presiden Lembaga Menara Pengawal pada saat itu, dan dirilis pada kebaktian di Berlin pada tanggal 25 Juni 1933. Lebih dari 2,1 juta eksemplar pernyataan itu didistribusikan ke seluruh Jerman, dan salinannya juga dikirimkan ke pejabat senior pemerintah termasuk Kanselir Jerman Nazi, Adolf Hitler.[1] Penyebarannya memicu gelombang baru penganiayaan terhadap Saksi-Saksi Yehuwa di Jerman dan sekitarnya.[2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Joseph Franklin Rutherford, presiden Komunitas Menara Pengawal.

Sejak tahun 1922, Siswa-Siswa Alkitab Jerman (Ernste Bibelforscher) ditangkap dengan tuduhan menyebarkan secara tidak sah ketika mereka mendistribusikan lektur Lembaga Menara Pengawal kepada umum. Antara 1927 dan 1930, hampir 5.000 dakwaan dijatuhkan terhadap anggota kelompok, dan meskipun sebagian besar berakhir dengan pembebasan[3][4] beberapa "hukuman berat" juga dijatuhkan.[2] Pada November 1931, kalangan berwenang Bayern menggunakan peraturan darurat baru terkait gangguan politik untuk menyita dan melarang lektur Lembaga Menara Pengawal. Pada akhir tahun 1932, lebih dari 2.300 tuntutan terhadap Siswa-Siswa Alkitab ditunda.[2]

Pembatasan diperketat dengan pelantikan Adolf Hitler sebagai Kanselir baru Jerman pada tanggal 30 Januari 1933. Pada tanggal 4 Februari, Hitler mengeluarkan dekrit yang mengizinkan polisi untuk menyita lektur yang "membahayakan keamanan dan ketertiban umum", dan juga membatasi kebebasan berkumpul. Pada pertengahan 1933, publikasi kelompok tersebut - yang saat itu dikenal sebagai Saksi-Saksi Yehuwa - telah dilarang di sebagian besar negara bagian Jerman,[2] dan anggotanya dituduh sebagai simpatisan komunis dan berhubungan dengan orang Yahudi dalam gerakan politik subversif. Rumah para anggota sering digeledah oleh polisi untuk mencari lektur, dan pada 24 April, markas besar Asosiasi Siswa Alkitab Internasional (IBSA) di Magdeburg sempat diduduki oleh polisi.

Pihak berwenang keberatan dengan pengaruh kepercayaan minoritas seperti Saksi-Saksi Yehuwa karena dinilai "berkontribusi pada pemecahan ideologis rakyat Jerman", tetapi pihak berwenang juga memandang kelompok itu sebagai ancaman bagi denominasi Kristen arus utama. Keputusan Kementerian Dalam Negeri Jerman menyatakan:

Khususnya pada hari Minggu dan hari libur Kristen, orang-orang yang dikirim oleh "Siswa-Siswa Alkitab yang sungguh-sungguh" pergi dari rumah ke rumah dan mengganggu orang-orang dengan memaksakan kepada mereka diberikan jurnal berjudul Magdeburg Watch Tower Bible and Tract Society, yang berisi serangan-serangan jahat terhadap gereja-gereja besar Kristen dan lembaga mereka... Kegiatan yang mendemoralisasi ini, yang merupakan penyalahgunaan hak atas kebebasan berekspresi, menyebabkan perselisihan tidak hanya dalam keluarga individu tetapi juga di seluruh komunitas. Ini tidak sesuai dengan gagasan komunitas orang Kristen di Jerman dan oleh karena itu tidak lagi diizinkan.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penton, M.J. (1997). Apocalypse Delayed. University of Toronto Press. hlm. 147–149. ISBN 978-0-8020-7973-2. 
  2. ^ a b c d 1974 Yearbook, Watch Tower Bible & Tract Society, 1974, pg 102-111.
  3. ^ Saarbrücker Landes Zeitung, December 16, 1929, as cited in 1974 Yearbook, Watch Tower Bible & Tract Society, 1974, pg 102: "Unfortunately the police have been powerless in doing anything about the work of the Bible Students. Arrests made up until now ... have all ended up in acquittal."
  4. ^ Garbe, Detlef (2008). Between Resistance and Martyrdom: Jehovah's Witnesses in the Third Reich. Madison, Wisconsin: University of Wisconsin Press. hlm. 62, 570 note 151. ISBN 0-299-20794-3. 
  5. ^ Garbe, Detlef (2008). Between Resistance and Martyrdom: Jehovah's Witnesses in the Third Reich. Madison, Wisconsin: University of Wisconsin Press. hlm. 101, 82. ISBN 0-299-20794-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]