Deivayanai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Deivanai
Deivayanai
Dewa Hindu
Indra memberikan Deivayanai kepada Kartikeya
Golongan Dewi
Wahana Merak
Pasangan Kartikeya

Templat:Kaumaram Deivayanai juga disebut Deivanai, Devasena, Devsena (Bahasa Tamil: தெய்வானை) adalah dewi Hindu dan permaisuri dari dewa perang Hindu Kartikeya. Dia adalah putri dari Indra, penguasa Surga.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Deivanai adalah putri dari Brahma, yang ditinggalkan di bawah asuhan gajah putih milik Indra, Airawata. Oleh karena itu, dia bernama Deivayanai (dewi dibesarkan oleh seekor gajah). Dia juga adalah Amritavalli, putri Wisnu di kelahiran sebelumnya. Dia bersama dengan kakaknya Sundaravalli, melakukan pertapaan hebat untuk menjadi pendamping Murugan. Ia senang dengan pengabdian mereka, muncul di depan mereka dan memberikan anugerah perkawinan di kelahiran berikutnya.

Kelahiran Murugan dan pernikahan[sunting | sunting sumber]

Setan Tarakasura diberikan anugerah oleh Dewa Brahma bahwa dia tidak akan dikalahkan oleh orang lain selain anak yang lahir dari Dewa Siwa. Siwa berada di bawah pertapaan hebat karena terpisah dari istrinya, Dewi Sati. Tarakasura berpikir bahwa pertapaan Siwa tidak bisa diganggu dan tidak akan ada anak yang lahir bagi dia. Berbekal anugerah, iblis beserta sekutunya menyerang para dewa, mengusir Dewa Indra dan menaklukkan surga. Wisnu, bersama dengan para dewa mendapat Dewa Siwa menikah dengan Dewi Parwati. Dewa Arumugan (dewa bermuka enam) lahir dan ditakdirkan untuk mengalahkan setan Tarakasura.

Kartikeya memimpin pasukan dewa dan mengalahkan pasukan Tarakasura di Tiruchendur. Ia mengembalikan kerajaan surga kepada Indra. Indra meminta-Nya untuk menikahi putrinya, Deivanai. Kartikeya setuju dan pernikahannya berlangsung di Thirupparamkunram, yang juga merupakan salah satu Arupadaiveedu pada hari Panguni Uthram.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]