Dedi Gumelar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dedi Suwendi Gumelar
Dedi Gumelar - MinC Brazil 2010 (50).jpg
Nama lahir Dedi Suwendi Gumelar
Lahir 27 April 1958 (umur 58)
Pekerjaan aktor, pelawak, politikus

Tubagus Dedi Suwendi Gumelar (lahir di Lebak, Banten, 27 April 1958; umur 58 tahun) adalah salah seorang komedian Indonesia berdarah Sunda yang menjadi pendiri grup komedi Bagito. Ia juga anggota DPR periode 2009-2014 dari PDI-P asal Provinsi Banten. Di panggung ia dikenal sebagai tokoh Mi'ing. Dedi Gumelar adalah abang dari Didin Pinasti, juga anggota Bagito.

Kariernya diawali sebagai pengisi acara komedi di stasiun radio SK (Suara Kejayaan) pada tahun 1980-an bersama Bagito, dengan anggota tambahan Yanto (kemudian keluar dari Bagito). Sebelumnya, ia juga menjadi anggota tim kreatif Warkop DKI. Dalam sandiwara radio berdurasi dua jam yang diisinya, Dedi berperan sebagai Pak RT ("Ketua RT"), Mi'ing (seorang anggota Hansip), dan Ina (satu-satunya tokoh perempuan). Grup Bagito kemudian tampil di layar televisi dan meraih kepopuleran nasional. di sini hanya tokoh Miing yang dihidupkan dan kemudian menjadi trade mark-nya.

Keterlibatan Dedi dalam perpolitikan dimulai ketika ia menjadi anggota tim sukses pendirian Provinsi Banten, memisahkan diri dari Jawa Barat. Selanjutnya, ia masuk sebagai anggota PDI-P.

Pada Pilkada Serentak yang akan digelar tanggal 9 Desember 2015, Dedi maju sebagai Calon Wakil Bupati Karawang mendampingi Akhmad Marjuki[1]. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Bulan Bintang. Jika terpilih, Dedi dan pasangannya berjanji tidak akan melakukan korupsi karena merasa sudah sangat berkecukupan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dedi Miing Bagito Maju di Pemilihan Bupati Karawang 2015 Tempo.co, Tanggal 27 Juli 2015. Diakses tanggal 27 November 2015.