Pengawakutuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Debug)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengawakutuan[1] (bahasa Inggris: Debugging) adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk menganalisis alur kerja program, mencari dan mengurangi kutu, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga dapat bekerja sesuai dengan harapan. Pengawakutuan cenderung lebih rumit ketika beberapa subsistem lainnya terikat dengan ketat dengannya, sebuah perubahan di satu sisi memungkinkan menyebabkan munculnya kutu lain di dalam subsistem lainnya.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Pengawakutuan bervariasi dalam hal kompleksitas, dari memperbaiki kesalahan sederhana sampai melakukan tugas-tugas panjang dan melelahkan seperti pengumpulan data, analisis, dan penjadwalan tambalan. Banyak bahasa-bahasa pemrograman dan alat pengembangan perangkat lunak yang juga menawarkan program untuk membantu proses pengawakutuan, alat tersebut dikenal sebagai pengawakutu (debugger).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Glosarium Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia "Entri lema pengawakutuan". Diakses tanggal 2020-03-27. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]