Debo Andryos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Debo Aryanto
LahirAndryos Aryanto
31 Januari 1998 (umur 24)
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Nama lainDebo Andryos
PekerjaanAktor, Penyanyi
Karier musik
GenrePop
Tahun aktif2008-sekarang
LabelMusica Studio's (2009)
AnggotaZeta

Andryos Aryanto yang dikenal dengan nama Debo Andryos (lahir 31 Januari 1998) adalah penyanyi dan aktor berkebangsaan Indonesia. Ia memulai karirnya sebagai penyanyi cilik yang mengikuti ajang pencarian bakat anak-anak Idola Cilik 2 pada tahun 2008 hingga tahun 2009.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Debo yang lahir dengan nama lengkap Andryos Aryanto merupakan putra dari pasangan Jaenal Abidin dan Nurhalimah. Sejak masih kecil, Debo sudah ditinggal kedua orang tuanya. Ayahnya bekerja sebagai kuli bangunan di Jambi, dan ibunya bekerja sebaga tenaga kerja wanita di Dubai, Uni Emirat Arab. Debo kecil kemudian dititipkan kepada pamannya bernama Mamang Adi, serta kakek dan neneknya. Debo kecil sering menghabiskan waktunya membantu kakek-nenek nya berjualan bakso, bermain di sawah dan air terjun sekitar kampung tempat tinggalnya bersama teman-temannya. Dirinya saat itu tidak punya keinginan menjadi penyanyi. Ia mulai suka bernyanyi setelah dirinya melihat pamannya bermain gitar dan mendengar beberapa lagu yang diputar sama pamannya. Ia kemudian menyukai bernyanyi sambil diiringi pamannya bermain gitar.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum mengikuti Idola Cilik di tahun 2008, Debo pernah bercerita bahwa sudah empat tahun dia tidak bertemu dengan ibunya yang berkerja di Dubai. Sedangkan ayahnya hanya pada waktu tertentu saja ia bisa bertemu dengan ayahnya. Melihat audisi Idola Cilik 2, Debo memutuskan untuk mengikuti audisi tersebut dengan tujuan agar ia bisa membangun rumah untuk keluarganya, sehingga ia dan kedua orang tuanya bisa berkumpul kembali. Debo kemudian mengikuti audisi Idola Cilik 2 di Bandung dengan didampingi sama pamannya sebagai walinya. Setelah melalui serangkaian audisi, Debo dinyatakan lolos masuk ke babak "Menuju Pentas 42 Besar" Idola Cilik 2 untuk bersaing denga 41 finalis lainnya. Di babak "Menuju Pentas 21 Besar", Debo bertemu dengan ayahnya secara lansung di Panggun Idola Cilik. Kehadiran ayahnya inilah membuat Debo bisa semangat hingga akhir ia dinyatakan lolos ke babak "Pentas 14 Besar" Idola Cilik 2. Kemampuan Debo dalam bernyanyi membuat dirinya sering mendapat pujian dari para komentator dan para pedukungnya. Hingga pada akhirnya Debo berhasil masuk ke babak Grand Final Idola Cilik 2.

Di babak Grand Final Pentas Idola Cilik 2, Debo bertemu dengan ibunya yang sudah 4 tahun tidak bertemu karena berkerja di Dubai. Kepulangan ibunya sempat terhalang karena permasalahan perizinan dari majikannya dan masalah visa di bandara. Pada babak Grand Final Rapor Idola Cilik 2, Debo akhirnya dinyatakan menjadi juara Idola Cilik 2 setelah mengalahkan pesaingnya yaitu Patton. Dirinya juga mendapat hadiah uang tabungan pendidikan bersama 3 finalis Idola Cilik 2 lainnya yaitu Patton (juara kedua), Rahmi (juara ketiga), dan Obiet (juara keempat). Pada akhir acara, Debo membawakan lagu kemenangannya berjudul "Bintang Yang Bersinar" yang diciptakan oleh Rian vokalis D'Masiv. Lagu ini juga terdapat di album Idola Cilik 2 Gapai Mimpimu yang dirilis pada bulan April 2009.

Setelah Idola Cilik 2, Debo dan rekan-rekan Idola Cilik 2 sering mendapat tawaran bermain sinetron, film, dan konser bernyanyi. Penghasilan dari itu lah yang membuat ia pada akhirnya bisa membangun rumah untuk orang tuanya. Pada Idola Cilik 3, Debo muncul sebagai anggota grub Icil Divo yang anggotanya terdiri dari finalis Idola Cilik 1 dan 2. Tak hanya itu saja, ia juga bergabung dengan grub Super Idola Band bersama rekan-rekannya lain. Namun kedua grub ini tidak bertahan lama dikarenakan Idola Cilik sempat vakum selama dua tahun. Setelah peluncuran album Idola Cilik 3 Dunia Idola, Debo sudah mulai jarang muncul di berbagai acara. Dirinya mulai kembali menjalankan sekolah dan kehidupannya seperti sediakala.

Memasuki usia remaja di tahun 2012, Debo mulai kembali ke layar kaca. Ketika Idola Cilik kembali hadir di tahun 2012, ia sering tampil sebagai bintang tamu. Tidak hanya bernyanyi saja, tetapi ia juga terjun ke dunia akting. Dengan bantuan dari Ucie Nurul dan Tias Rekso guru vokalnya waktu Idola Cilik, Debo bisa kembali terjun ke dunia akting dengan bermain sinetron Coboy Junior Hanya Kamu #eeeaa 2 pada tahun 2013. Tak lama kemudian Debo bermain film A: Aku, Benci, & Cinta, dan film terbarunya berjudul Dilan 1990 yang dirilis pada tahun 2018.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2010 Gaby dan Lagunya Batavia Pictures
2015 Alpha Project: Arwah Penasaran
2017 The Guys Soraya Intercine Films
A: Aku, Benci, & Cinta Seth MD Pictures
2018 Dilan 1990 Nandan Max Pictures
2019 Dilan 1991
R: Raja, Ratu & Rahasia Agung Starvision Plus
Matt & Mou Seth MD Pictures
Uka-Uka the Movie: Nini Tulang Doni Max Pictures
2020 Milea: Suara dari Dilan Nandan
Rentang Kisah Afif El Hadi Falcon Pictures
2021 Rompis tentang Sahabat Radit MNC Pictures
Akad Radit E-Motion Entertainment
Indonesia Tourism Development Corporation
Produksi Film Negara
IFI Sinema

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2010 Silat Kids
2013 Hanya Kamu 2 Starvision Plus

Serial web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi Saluran
2020 Get Married Guntoro Starvision Plus Vidio
2021 20:21 Didin Ceria Art Entertainment Maxstream
Filo+Kopi= Sofi Filo Seven Three Films Genflix
2022 Menemukan-Mu Ardi Vision Pictures & RK23 Pictures Vision+
Dikta & Hukum Atuy Dee Company WeTV & iflix

Model video klip[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]