Death Note (serial TV 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Death Note
Deathnote2015drama.png
Genre Drama, Kriminal, Misteri
Diangkat dari Manga Death Note oleh Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata
Pengarang Yoshihiro Izumi
Sutradara Inomata Ryuichi, Ryo Nishimura
Pemeran Masataka Kubota
Kento Yamazaki
Mio Yuki
Penggubah lagu tema Takayuki Hattori
Negara Jepang
Bahasa Bahasa Jepang
Jumlah musim 1
Jumlah episode 11
Produksi
Produser Katsu Kamikura, Akino Suzuki, Yoshinori Shigeyama, Yoshitaka Oomori
Lokasi Jepang
Durasi 55-85 menit
Rilis
Jaringan penyiar NTV
Tanggal rilis 05 Juli (2015-07-05) – 13 September 2015 (2015-09-13)
Kronologi
Diawali oleh Wild Heroes
Dilanjutkan oleh Angel Heart
Acara terkait Death Note (film)
Pranala luar
[Situs resmi Situs web]

Death Note (デスノート, Desu Nōto) adalah sebuah drama televisi Jepang yang merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama karangan Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata.[1] Drama ini disutradarai oleh Ryūichi Inomata, yang juga merupakan sutradara dari drama Kaseifu no Mita (2011), dan Ryō Nishimura yang mulai dikenal melalui versi spesial drama Kamen Teacher yang tayang pada tahun 2004. Drama ini menampilkan Masataka Kubota sebagai Light Yagami, Kento Yamazaki sebagai L, dan Mio Yūki sebagai Near dan Mello.[2][3][4]

Drama ini ditayangkan di NTV pada tanggal 5 Juli 2015.[5] Episode pertama dari drama ini memperoleh rating sebesar 16,9% di Wilayah Kantō.[6]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Light Yagami adalah seorang mahasiswa universitas yang normal. Hingga suatu hari, ia mendapatkan Death Note yang nantinya akan mengubah total hidupnya. Death Note tersebut membangkitkan jiwa keadilan yang ada padanya dan kepandaiannya. Ia menjadi pembunuh yang biasa dipanggil Kira[catatan 1] dan menghukum para kriminal.

Sementara itu, L adalah detektif yang dikenal sebagai detektif terhebat di dunia. L merupakan sosok yang misterius karena tidak pernah tampil di depan publik. Ia selalu menggunakan pelayannya, Watari sebagai alat komunikasi dengan publik. L menganggap bahwa perbuatan yang Kira lakukan adalah kejahatan dan berusaha menangkap Kira. Ia mencurigai bahwa Light adalah Kira dan muncul di depan Light untuk mencari bukti bahwa Light adalah Kira. Lalu Near yang memiliki penampilan yang cantik namun berbahaya pun muncul. Near lah yang nantinya akan menjadi penerus L dalam menangkap Kira.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Light adalah seorang mahasiswa biasa yang tidak terlalu pintar. Ia merupakan penggemar berat dari aktris Misa Amane. Ayahnya adalah seorang ketua kepolisian dan ia mewarisi jiwa keadilan yang ada pada ayahnya. Suatu hari, ia menemukan death note. Pada awalnya ia mengira bahwa itu hanya lelucon dan mengabaikannya. Namun, karena penasaran Light pun mencoba menuliskan nama orang yang sangat ia benci. Orang tersebut pun meninggal, membuat Light menyadari kekuatan dari Death Note. Ia pun memutuskan untuk menjadi 'dewa' di dunia baru yang akan ia ciptakan. Dunia tanpa kriminal. Ia membunuh kriminal-kriminal yang ia tahu, sehingga ia dikenal dengan nama Kira (Killer).

L hanyalah nama samarannya, nama aslinya adalah L. Lawliet. Ia dikenal sebagai detektif no. 1 di dunia. Ia memiliki sifat yang sama dengan Kira, yaitu tidak ingin kalah. Oleh karena itu, ia berusaha mencari bukti bahwa Light adalah Kira karena ia telah mencurigai Light sejak awal.

Ryuk adalah Shinigami yang selalu mengikuti Light. Ia adalah pemilik sebenarnya dari Death Note yang dibawa Light. Ryuk sangat menyukai buah apel dan selalu meminta buah apel pada Light.

Near adalah calon penerus L. Ia memiliki hubungan yang dekat dengan L. Near memiliki jiwa jahat dalam dirinya yang bernama Mello. Near dan Mello biasanya berbicara melalui boneka.

Misa Amane adalah seorang penyanyi imut yang memiliki setumpuk penggemar. Salah satunya adalah Light. Misa juga salah satu pemegang Death Note selain Light. Ia mengabdikan dirinya pada Light setelah pembunuh orang tuanya dibunuh oleh Kira.

Soichiro Yagami adalah ayah dari Light sekaligus kepala kepolisian. Ia tergabung dalam tim penyelidik Kira.

Sayu Yagami adalah adik dari Light yang masih berada di SMA. Meskipun Sayu cukup dekat dengan Light, Sayu tidak mengetahui bahwa Light adalah Kira.

Tota Matsuda adalah salah satu polisi yang tergabung dalam tim penyelidik Kira.

Shuichi Aizawa adalah salah satu polisi yang tergabung dalam tim penyelidik Kira.

Kanzo Mogi adalah salah satu polisi yang tergabung dalam tim penyelidik Kira.

Shoko Himura adalah salah satu polisi yang tergabung dalam tim penyelidik Kira. Nama aslinya adalah Halle Lidner. Ia adalah kekasih dari detektif FBI yang dibunuh oleh Light. Shoko sebenarnya bekerja di bawah perintah Near untuk membalaskan dendam kekasihnya.

Watari adalah pelayan L yang sangat setia. Ia melakukan segala permintaan-permintaan aneh L. Setelah L meninggal, Watari berganti menjadi pelayan Near dan melakukan permintaan-permintaan aneh Near.

Teru Mikami adalah seseorang yang memiliki rasa keadilan sangat tinggi. Ia menganggap Kira adalah Tuhannya dan mengabdi pada Kira.

Informasi episode[sunting | sunting sumber]

Episode Judul Sutradara Tanggal tayang Rating
(Kanto)
1 Komik popular legendaris akhirnya menjadi drama! Pertarungan otak antara seorang iblis pembunuh pemegang buku kematian yang memiliki ambisi mulia dan seorang detektif jenius dimulai malam ini! Ryūichi Inomata 05 Juli 2015 (2015-07-05) 16.9%[6]
Seorang murid universitas normal, Light Yagami menemukan buku yang bertuliskan dapat membunuh orang hanya dengan nama dan wajah saja. Setelah mencoba kekuatan buku tersebut di orang yang membullynya dan kriminal yang ingin membunuh ayahnya, Soichiro Yagami, Light bertemu dengan pemilik asli buku tersebut yaitu seorang Shinigami bernama Ryuk. Setelah dibujuk oleh Ryuk, Light akhirnya menggunakan buku tersebut untuk menghukum para kriminal dan mulai dikenal publik sebagai Kira. Namun, seorang detektif yang genius, L, berhasil mengetahui bahwa Kira tinggal di Wilayah Kanto dengan menipu Kira melalui sebuah tayangan televisi. L juga mengetahui bahwa Kira memperoleh informasi melalui kepolisian Jepang, menyebabkannya mencurigai kepolisian Jepang dan keluarganya. Di akhir episode, Ryuk memberi tahu Light bahwa ia sedang diikuti oleh seorang agen FBI.
2 Drama baru yang menjadi topik hangat di seluruh kalangan muncul! Perampok untuk dapat mendekati si jenius L Ryūichi Inomata 12 Juli 2015 (2015-07-12) 12.3[7]
Ryuk yang dapat melihat sisa hidup manusia mengungkapkan pada Light bahwa Misa Amane, seorang idol populer yang digemari oleh Light, mungkin hanya memiliki sisa waktu beberapa hari untuk hidup. Light berusaha untuk mengingatkan Misa di konsernya, namun ia gagal. Namun, salah seorang satpam pelindung Misa, Tsutomu Yukida, mendengar peringatan Light dan menawarkan bantuannya untuk melindungi Misa. Sementara itu, L bertemu dengan beberapa anggota kepolisian Jepang, termasuk Soichiro, untuk merundingkan cara menangkap Kira. Kemudian, Light membuat rencana untuk dapat mengetahui nama detektif FBI yang mengikutinya setelah menyadari bahwa ia dapat menentukan yang akan dilakukan oleh korbannya sebelum ia meninggal menggunakan Death Note. Light menggunakan seorang kriminal untuk membajak bus yang ditumpanginya dan mengakali detektif tersebut hingga ia mengungkap namanya: Raye Penber. Light menulis nama Raye Penber dalam Death Note dan menulis bahwa ia akan menembak L ketika sedang melapor padanya. Kemudian, Light menerima telepon dari Yukida dan ternyata Yukida lah yang akan membunuh Misa. Setelah dipukul pingsan oleh Yukida, Misa terbangun dan melihat Yukida telah meninggal dan seorang Shinigami bernama Rem meninggalkan sebuah Death Note berwarna merah di sampingnya. Di akhir episode, Light dituduh sebagai Kira oleh L melalui telepon dan berkata bahwa Raye Penber juga merupakan nama samaran.
3 Situasi putus asa Kira untuk dalam menghindari perangkap L! Apa kartu AS terakhir untuk melakukan serangan balasan!? Ryō Nishimura 19 Juli 2015 (2015-07-19) 8.7[8]
Dengan "Raye Penber" masih mengikutinya, Light menyadari bahwa telepon L adalah sebuah jebakan. Light pun berencana untuk membunuh seluruh agen FBI yang terlibat dalam kasus Kira untuk menghilangkan kecurigaan terhadap dirinya. Di tengah rencananya, Light tiba-tiba teringat bahwa ia pernah menemukan foto Cathy Campbell, kekasih Raye Penber, saat insiden pembajakan bus. Sementara itu, Misa mengorbankan setengah waktu hidupnya untuk memperoleh mata Shinigami, sehingga ia dapat melihat nama asli dan sisa hidup semua orang yang ia lihat. Karena orang yang memiliki mata Shinigami tidak bisa melihat sisa hidup pemegang Death Note, Misa dapat mengetahui bahwa Light adalah Kira saat berada di salah satu konsernya. Kemudian, Kira mengancam Raye Penber untuk menulis nama seluruh anggota FBI di sebuah kertas atau ia akan membunuh Cathy. Namun, Raye yang mengetahui rencana tersebut dan mengakali Light hingga Light mengungkapkan sendiri bahwa ia adalah Kira. Misa yang telah mengikuti Light tanpa sepengetahuannya, membunuh Raye dengan menulis nama aslinya, Mark Dwellton, di Death Note miliknya.
4 Pertemuan yang mengejutkan... Kira dan L akhirnya berhadapan langsung! Perangkap yang telah dibungkus rapi Ryō Nishimura 26 Juli 2015 (2015-07-26) 10.6[9]
Dengan mencurigai bahwa Mark Dwellton bertemu dengan Kira sebelum ia meninggal, L menaruh kamera tersembunyi dan penyadap di rumah keluarga-keluarga yang diikuti oleh Mark. Namun, Light dengan cepat mengetahui hal itu dan merancang rencana untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah sementara kepada tim penyelidik. Namun, kecurigaan L tidak goyah sama sekali dan ia mendaftar di universitas Light untuk menyelidiki Light secara pribadi. Sementara itu, Misa bertekad untuk bertemu dengan Light, karena ia telah menjadi pendukung Kira sejak Kira membunuh pembunuh kedua orang tuanya. Setelah meninggalkan sebuah pesan televisi yang meminta kepolisian untuk bekerja sama dengan Kira, Misa menemui Light di rumahnya dan memasuki kamarnya, tidak menyadari bahwa terdapat kamera tersembunyi L disana.
5 Langkah yang mengejutkan Kira! Akhirnya menyusup ke markas penyelidikan, berhadapan langsung lagi dengan L Ryūichi Inomata 02 Agustus 2015 (2015-08-02) 8.2[10]
Light berusaha untuk membawa Misa keluar dari rumahnya dan mereka berdua bertemu di taman. Disana, Misa mengungkapkan bahwa ia telah jatuh cinta pada Light dan beharap untuk dapat membantunya membunuh L. Pada waktu yang sama, L mengungkapakan pada tim penyelidik, berdasarkan pembunuhan di televisi yang baru-baru ini dilakukan, mungkin Kira kedua telah muncul. L kemudian menyarankan untuk memasukkan Light ke dalam tim penyelidikan untuk penyelidikan lebih lanjut dan untuk mengungkapkan bahwa ia adalah Kira. Kemudian, Rem mengungkapkan pada Light bahwa Gelus lah yang menolong Misa dari Yukida dan bukannya dia, dan menjelaskan bahwa Shinigami dapat meninggal jika memperpanjang waktu hidup manusia. Sementara itu, L dan Soichiro menyelidiki kematian Yukida dan menyadari bahwa Yukida mati oleh serangan jantung sama seperti korban-korban Kira. Hal itu, ditambah jejak bukti yang ditinggalkan oleh Misa menyebabkan Misa ditangkap oleh tim penyelidik dengan alasan dicurigai sebagai Kira kedua.
6 Akhirnya penangkapan Kira! Aku adalah Kira... Apa strategi hebat yang tersembunyi di balik pengakuan itu Ryō Nishimura 09 Agustus 2015 (2015-08-09) 10.2[11]
Rem memutuskan untuk memutus kepemilikan Misa dengan Death Note, menyebabkan Misa kehilangan seluruh ingatannya yang berhubungan dengan Death Note. Rem pun menyerahkan Death Note milik Misa kepada Light dan menyuruh Light untuk menolong Misa. Setelah menyusun rencana untuk membuktikan ketidak bersalahannya dan Misa, Light mengubur Death Note milik Misa di dalam hutan dan menyuruh Rem untuk memberikan Death Note miliknya kepada orang yang serakah. Kemudian, Light mendatangi L dan tim penyelidik dan meminta untuk diawasi dengan alasan bahwa ia bisa saja menjadi Kira secara tidak sadar. Setelah Light dipenjara, pembunuhan kriminal berhenti sejenak, namun pembunuhan tersebut kembali berlanjut setelah Rem menyerahkan Death Note pada pemilik baru. Setelah Light yakin akan hal itu, ia memberi Ryuk sinyal untuk menghapus kepemilikannya akan Death Note dan menghapus seluruh ingatannya. Kemudian L dan Soichiro memberikan sebuah tes pada Light yang dapat membuktikan bahwa dirinya dan Misa tidak bersalah. Sementara itu, Near, anak didik L, menghubungi tim penyelidik dan memberi tahu bahwa Kira yang sekarang berhubungan dengan Yotsuba Corporation.
7 Semuanya berjalan seperti yang direncanakan oleh Kira... L, hitunglah mundur ke kematianmu di pertarungan akhir Marie Iwasaki 16 Agustus 2015 (2015-08-16) 11.6[12]
Light dan Misa bergabung dengan tim penyelidik untuk menangkap Kira. Namun, kecurigaan L terhadap mereka berdua tidak hilang dan curiga bahwa mereka kehilangan ingatan mereka setelah kekuatan mereka berpindah pada orang lain. Setelah menyadari bahwa mereka dicurigai, sekelompok dari Yotsuba Corporation menyewa detektif no. 3 di dunia, Babel, yang sebenarnya adalah Near. Upaya yang dilakukan oleh Light, Misa, dan Near membuat tim penyelidik dapat mempersempit kecurigaan mereka terhadap Yotsuba Corporation, Kyosuke Higuchi. Menggunakan sebuah tayangan televisi palsu untuk memancingnya, tim penyelidik berhasil menjebak Higuchi dan menangkapnya. Setelah Death Note dipindah kepemilikannya, Light kembali mendapatkan ingatan lamanya karena menyentuh Death Note. Light kemudian memegang kepemilikan Death Note setelah diam-diam membunuh Higuchi menggunakan sobekan Death Note yang ia simpan di jam tangannya.
8 Selamat tinggal detektif yang berpihak pada keadilan... Nama yang tertulis di catatan itu adalah, L. Lawliet Ryūichi Inomata 23 Agustus 2015 (2015-08-23) 11.4[13]
Setelah kepolisian berhasil menyita death note milik Higuchi, Ryuk menulis sebuah peraturan palsu untuk membuktikan bahwa Light dan Misa tidak bersalah. Dengan dugaan bahwa dirinya Kira telah dihapuskan, Light menyuruh Misa untuk mengambil death note merah yang ia kubur dalam hutan. Ketika baru akan membuka kotak tempat death note tersebut berada, seorang penjahat bernama Hiroki Yudagawa menyerang Misa dan mencuri kotak itu. Pada akhirnya, terungkap bahwa penjahat tadi adalah suruhan dari Teru Mikami, seorang jaksa yang telah mengikuti Misa sejak mencurigai adanya hubungan antara Misa dengan Kira berdasarkan berbagai laporan. Setelah L mengungkapkan Yudagawa sebagai pelakunya, Light mencoba menangkapnya namun ia berhasil kabur. Setelah 'penghakiman Kira' kembali berlanjut, Light mulai berpikir bahwa orang yang menyuruh Yudagawa adalah seorang pemuja Kira. Light teringat bahwa ia pernah bertemu seorang jaksa yang sangat berkeinginan untuk membantu Kira. Light menyimpulkan bahwa Mikami adalah orang yang mencuri death note Misa dan menjadi Kira kedua. Light langsung menghubungi Mikami dan secara terus terang meminta bantuannya untuk memusnahkan L. Sementara itu, Near menginterogasi Yudagawa dan berhasil menguak bahwa ia mencuri buku itu atas suruhan seorang jaksa. Namun Yudagawa dibunuh oleh Mikami sebelum ia sempat mengatakan hal lain. Kemudian, L bertemu Soichiro dan berkata bahwa Near akan menjadi penerus L suatu hari nanti. Ia berkata pada Soichiro untuk terus mengawasi Light karena ia memiliki sebuah rencana untuk mengungkap kasus Kira. Keesokan harinya Mikami dan sekelompok jaksa menemui tim penyelidik Kira di kantor pusat mereka untuk berusaha menyita death note hitam yang ada di kepolisian. Sementara itu, Light bertemu dengan L di sebuah gudang tidak terpakai. L, yang memiliki death note hitam di tangannya, mendiskusikan tentang penyelidikan Kira dengan tim penyelidik Kira melalui sebuah kamera. Kemudian, L menghancurkan kamera tersebut dan berusaha membujuk Light untuk berhenti menjadi Kira. Selagi Light berpura-pura tidak tahu, L menulis nama Light di death note yang ada di tangannya membuat Light langsung merebut paksa buku itu dari tangan L. Mikami, yang memiliki mata shinigami, mengetahui nama asli L setelah melihat muka L melalui kamera tadi dan memberitahukannya pada Light. Light langsung menulis “L. Lawliet” di death note yang ia rebut dari L tadi, namun L tidak mati.
9 Aku yang telah membunuh L... Sebuah pertunjukan kebalikan yang tersembunyi di balik pengakuan. Permulaan bagi Near yang telah bersumpah untuk balas dendam Marie Iwasaki 30 Agustus 2015 (2015-08-30) 11.7[14]
L mengungkapkan bahwa ia menjebak Light untuk menulis di buku yang palsu untuk mengungkap identitasnya sebagai Kira. Setelah Light mengaku kepada L, anggota tim penyelidik Kira memasuki gudang tempat Light dan L berada hanya untuk menjasi saksi mata kematian L karena serangan jantung mendadak, karena namanya ditulis oleh Mikami. Karena hanya L yang mendengar pengakuan Light, Light berbohong kepada mereka bahwa L yang memberitahukan sendiri nama aslinya kepadanya dan Light menulisnya untuk perlindungan diri. Setelah pemakaman L, Near mengambil alih tugas L sebagai kepala tim penyelidik Kira dan fokus pada penyelidikan kepada para jaksa yang ada di kantor pusat tim penyelidik Kira pada saat kematian L. Sementara itu, Light menemui Misa dan Mikami di sebuah atap dan mengembalikan ingatan Misa sebagai Kira kedua dengan menyentuhkan death note merah ke pergelangan tangannya. Kemudian, seorang anggota tim penyelidik Kira, Shoko Himura, mengkhianati kelompoknya dan bekerja sama dengan sekelompok orang misterius untuk menculik Sayu Yagami, adik dari Light. Himura dan kelompoknya menyuruh tim penyelidik Kira untuk menyerahkan death note hitam kepada mereka sebagai ganti dari nyawa Sayu.
10 Hasil dari pelarian Near, identitas sang anak terungkap! Nama sang ayah ada di dalam catatan... Ryō Nishimura 06 September 2015 (2015-09-06) 11.4[15]
Light dan anggota tim penyelidik Kira berusaha untuk menyergap kelompok Himura dan menyelamatkan Sayu dengan berpura-pura bersedia menukarkan death note denga Sayu. Namun, Mello, jiwa ambisius yang ada dalam tubuh Near, terbangkitkan dan mengambil alih tubuh Near. Mello muncul pada saat penyergapan dan menyatakan dirinya sebagai pemimpin kelompok Himura. Meskipun Sayu terselamatkan, namun death note jatuh ke tangan Himura. Di kantor pusat, Light menemukan nama salah seorang penculik, Mason Fujiyama, dan menggunakannya untuk mengungkap nama penculik lainnya. Light menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan penyergapan kedua di tempat persembunyian Mello. Namun, Mello berhasil kabur dari kurungan sebelum nama aslinya dapat diungkap oleh Mikami. Kemudian, Light menggunakan nama asli Himura, Halle Lidner, untuk membuatnya mengembalikan death note yang ada di tangannya kembali kepada Light. Soichiro, yang selalu mengawasi Light seperti perintah L, melihat kejadian itu. Ia menghadapi Light dan setelah gagal untuk membujuk Light untuk menyerah sebagai Kira, ia membunuh dirinya sendiri dengan menuliskan namanya di death note. Sementara itu, Lidner, dibawah pengaruh death note, membawa bom bunuh diri ke tempat persembunyian Mello yang baru.
11 Malam ini adalah episode akhir! Akhir yang mengejutkan! Jangan lewatkan pertarungan akhir ini bahkan 1 detik pun Ryūichi Inomata 13 September 2015 (2015-09-13) 14.1[16]
Setelah membunuh ayahnya sendiri menggunakan Death Note dan menitipkan adiknya, Sayu, pada bibinya, Light hanya tinggal selangkah lagi untuk menciptakan dunia yang sempurna tanpa kejahatan. Namun, ia menerima panggilan telepon bahwa pasukannya berada dalam bahaya kematian. Light, Misa, dan Mikami menghindari kematian, namun itu masih belum berakhir. Ia mengetahui bahwa tempat persembunyian Mello adalah gudang YB, di mana ia bertikai terakhir kalinya dengan Near yang berpura-pura diambil alih oleh Mello. Mikami melihat nama Near menggunakan mata Shinigaminya, "Nate River" dan menulisnya dalam Death Note. Namun, Near telah menukar buku tersebut dengan yang palsu, dan mengungkapkan hal itu di detik ke-40, ketika Light menyatakan kemenangannya. Mendengar segalanya, para polisi pun langsung mengepung Light dan menangkapnya. Near menunjukkan sebuah video terakhir dari L untuk Light, bahwa keadilan selalu menang. Dengan tanpa pilihan dan keluar dari pilihan, Light mengungkapkan identitasnya sebenarnya, dan tujuannya untuk menciptakan dunia yang sempurna. Near tidak setuju dan berkata bahwa Light hanyalah seorang pembunuh. Ketika Mikami akan kabur dan Light akan menuliskan nama semua orang, polisi menembak mereka. Light menggeliat di lantai karena peluru banyak yang ditembakkan Matsuda padanya. Ia berteriak bahwa ia tidak akan membiarkannya berakhir seperti ini, dan Mikami memutuskan untuk membakar Death Note. Para polisi dan Near melarikan diri dari bangunan yang terbakar dengan membawa Mikami bersama mereka dan meninggalkan Light di dalam. Dengan buku Mikami terbakar, ia dan Misa melupakan segala yang terjadi. Saat Light akan mencapai bukunya yang telah terbakar, Ryuk dan Rem melihatnya mati terbakar. Kedua Shinigami tersebut pun kembali ke alam mereka setelah Ryuk berkata bahwa manusia itu menarik, dan mengatakan selamat tinggal kepada Light yang telah meninggal.

Episode dan serial ini berkahir dengan sebuah epilog di kuburan L, di mana Watari menunjukkan video terakhir L kepada Near.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

19th Nikkan Sports Drama Grand Prix (Musim Panas)[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2015 Masataka Kubota Aktor Terbaik Menang[17]
Kento Yamazaki Aktor Pendukung Terbaik Nominasi[17]

86th Television Drama Academy Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2015 Death Note Drama Terbaik Nominasi[18]
Masataka Kubota Aktor Terbaik Menang[18]
Kento Yamazaki Aktor Pendukung Terbaik Nominasi[18]
Yutaka Matsushige Nominasi[18]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kira merupakan pembacaan Jepang dari killer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Live-Action Death Note TV Drama to Feature New Cast, Near". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Juli 2015. 
  2. ^ "Main cast for 'DEATH NOTE' live-action drama adaptation revealed". tokyohive (dalam bahasa Inggris). 6Theory Media, LLC. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  3. ^ "連ドラ版「デスノート」キャスト発表! 夜神月は窪田正孝、山崎賢人がL" (dalam bahasa Jepang). eiga.com inc. Diakses tanggal 12 Juli 2015. 
  4. ^ "Wow Telah Rilis! Daftar Pemain 'Death Note' Versi Drama Jepang". KapanLagi.com. 22 Mei 2015. Diakses tanggal 8 November 2015. 
  5. ^ "TV デスノート". allcinema (dalam bahasa Jepang). Stingray. Diakses tanggal 12 Juli 2015. 
  6. ^ a b "ドラマ版「デスノート」16.9%の好発進!今年民放連ドラ初回最高" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 20 Juli 2015. 
  7. ^ "「デスノート」第2話は12.3% 4.6P下落も2桁キープ" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 1 Agustus 2015. 
  8. ^ "「デスノート」第3話視聴率は8.7%…連続ダウン、1桁台に" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 1 Agustus 2015. 
  9. ^ "「デスノート」第4話は10.6% 再び2桁台に盛り返す" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 1 Agustus 2015. 
  10. ^ "「デスノート」"乱高下"第5話8.2%…自己ワースト更新" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 24 November 2015. 
  11. ^ "「デスノート」第6話視聴率は10.2% 再び2桁台に回復" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  12. ^ "「デスノート」第7話視聴率は11.6% 2桁キープ" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  13. ^ "「デスノート」第8話は11.4% 好調3週連続2桁キープ" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  14. ^ "「デスノート」第9話視聴率は11.7% 4週連続2桁台" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  15. ^ "「デスノート」第10話視聴率は11.4% 5週連続2桁台" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  16. ^ "デスノート" (dalam bahasa Jepang). Sports Nippon Newspapers. Diakses tanggal 19 September 2015. 
  17. ^ a b "19th Nikkan Sports Drama Grand Prix Summer" (dalam bahasa Inggris). @JDoramaID. 1 Oktober 2015. Diakses tanggal 26 November 2016. 
  18. ^ a b c d "86th Television Drama Academy Awards" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 5 Maret 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Wild Heroes
(19 April 2015 (2015-04-19) - 21 Juni 2015 (2015-06-21))
Drama Hari Minggu NTV
Minggu 22:30 - 23:25 (JST)

2015
Diteruskan oleh:
Angel Heart
(11 Oktober 2015 (2015-10-11) - Desember 2015 (2015-12))