Dear Nathan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dear Nathan
Dear Nathan.jpg
Sutradara Indra Gunawan
Produser Gope T. Samtani
Penulis Bagus Bramanti
Gea Rexy
Erisca Febriani
Pemeran Amanda Rawles
Jefri Nichol
Surya Saputra
Rayn Wijaya
Diandra Agatha
Beby Tsabina
Chicco Kurniawan
Faiz Fadhil
Kevin Ardilova
Karina Suwandi
Ayu Dyah Pasha
Raquel Katie Larkin
Musik Andhika Triyadi
Perusahaan
produksi
Negara  Indonesia
Bahasa Indonesia

Dear Nathan merupakan film drama remaja Indonesia yang dirilis pada 23 Maret 2017 dan disutradarai oleh Indra Gunawan. Film ini dibintangi oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Erisca Febriani.

Novel[sunting | sunting sumber]

Dear Nathan merupakan sebuah cerita yang berasal dari Wattpad[1] yang hingga saat ini sudah dibaca lebih dari 28 juta kali. Kali pertama berada di Wattpad, cerita ber-genre remaja ini banyak menarik perhatian dan selalu masuk daftar urutan #1 dalam genre remaja. Karena popularitas ini, beberapa penerbit berniat menerbitkannya dalam bentuk novel fisik. Perjuangannya menuju ke penerbitan, tidaklah mudah, Erisca (penulis Dear Nathan) bahkan pernah ditipu sewaktu ingin menerbitkannya ke self publishing . Namun, selalu ada jalan menuju Roma, cerita ini akhirnya berjodoh untuk diterbitkan oleh penerbit Best Media pada bulan Maret 2016. Kali pertama diterbitkan secara merata di seluruh Indonesia, novel ini telah terjual ribuan eksemplar, cetak ulang berkali-kali dalam satu bulan, dan menjadi urutan best seller nomor 1 di beberapa toko buku di Indonesia. Berkat antusiasme publik, novel ini akhirnya diangkat ke layar lebar oleh Rapi Films dan sedang dalam kepenulisan untuk menerbitkan sekuelnya (Hello, Salma).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Salma (Amanda Rawles) merupakan seorang murid pindahan di SMA Garuda. Suatu pagi ia terlambat datang ke upacara bendera dan seorang murid bernama Nathan (Jefri Nichol), yang dikenal sebagai murid berandal yang hobi tawuran, menyelamatkannya dari hukuman. Salma, yang bertekad untuk selektif memilih teman, berusaha menjauhi Nathan, namun Nathan justru membuat heboh satu sekolah dengan terang-terangan mengejar cinta Salma. Berbagai cara dilakukan Salma untuk menghindar, namun semakin ia menjauh, semakin ia dihadapkan pada kesempatan demi kesempatan untuk memahami masa lalu Nathan dan perlahan jatuh cinta. Saat Nathan mulai membuka diri dan mau berubah demi Salma, kekasih masa lalu Nathan, Seli, datang untuk meminta cintanya kembali. [2]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2017 Festival Film Bandung Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop Jefri Nichol Nominasi
Piala Maya Aktor Pendatang Baru Terpilih Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wattpad - Stories You'll Love". www.wattpad.com. Diakses tanggal 2017-11-16. 
  2. ^ Sinopsis di filmindonesia.or,d, diakses pada 1 Maret 2017