Dear John (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dear John
Dear john.jpg
Poster Film Dear John
SutradaraLasse Hallström
ProduserMarty Bowen
Wyck Godfrey
Ryan Kauvanaugh
SkenarioJamie Linden
BerdasarkanDear John
oleh Nicholas Sparks
PemeranChanning Tatum
Amanda Seyfried
Henry Thomas
Scott Porter
Richard Jenkins
MusikDeborah Lurie
SinematografiTerry Stacey
PenyuntingKristina Boden
Perusahaan
produksi
DistributorScreen Gems
Tanggal rilis
05 Februari 2010 (2010-02-05)
Durasi
105 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta [1]
Pendapatan kotor$114,977,104 [2]

Dear John adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Lasse Hallström dan diproduseri oleh Marty Bowen, Wyck Godfrey, dan Ryan Kauvanaugh. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2006, film ini dibintangi oleh Channing Tatum, Amanda Seyfried, Henry Thomas, Scott Porter, dan Richard Jenkins.[3] Dear John difilmkan pada tahun 2009 di Charleston, Carolina Selatan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, John Tyree (Channing Tatum), seorang sersan di Pasukan Khusus Amerika Serikat yang tergeletak di tanah dalam pertempuran dengan beberapa luka tembak di tubuhnya. Koinnya mulai militer Amerika Serikat dan menyatakan bahwa hal terakhir yang ia pikir sebelum ia pingsan adalah "kau".

Pada tahun 2001 di Charleston, Carolina Selatan, John Tyree sedang berlibur. Ia bertemu Savannah Lynn Curtis (Amanda Seyfried), seorang mahasiswa di musim semi, ketika John menyelamatkan tasnya dari air. Selama dua minggu, Savannah dan John jatuh cinta. John bertemu tetangganya, Tim Wheddon (Henry Thomas) dan putranya, Alan (Luke Benward), yang memiliki autisme.

Savannah bertemu ayah John, Bill Tyree (Richard Jenkins), seorang penyendiri yang tampaknya terobsesi dengan koleksi koinnya (terutama bagal), tetapi minat ayah John itu membuat Savannah tertarik dan mengejutkan John. Savannah mengatakan pada John bahwa ayahnya, seperti Alan, mungkin memiliki autisme tinggi. Hal ini membuat John kecewa, pergi, lalu menyerang dan berkelahi dengan teman Savannah, Randy (Scott Porter), karena ejekan Randy serta Tim. John meminta maaf kepada Tim dan meninggalkan catatan untuk Savannah. Savannah datang ke rumah John setelah membaca catatan itu dan mereka menghabiskan satu hari terakhir bersama-sama dan berpisah. Savannah berkata, "Sampai bertemu lagi" daripada selamat tinggal, meninggalkan John untuk kuliah.

John kemudian kembali ke militer menjadi sersan Pasukan Khusus dan berpisah dengan ayahnya. Selama John di militer, John dan Savannah melanjutkan hubungan mereka melalui surat, berharap dapat membangun kehidupan bersama-sama ketika ia meninggalkan tentara. Tetapi peristiwa serangan 11 September membuat John mendaftar ulang menjadi sersan Pasukan Khusus untuk dua tahun ke depan. Hal ini membuat Savannah sangat kecewa, tetapi ia menerima keputusan John. John dan Savannah kembali melanjutkan hubungan mereka melalui surat, tetapi beberapa saat kemudian, John mulai cemas menunggu kapan surat berikutnya datang (karena sudah lama John tidak mendapatkan surat balasan dari Savannah). Ketika surat John datang, di dalam surat itu, Savannah memberitahukan bahwa ia telah bertunangan dengan orang lain. John sangat kecewa dan sakit hati, sehingga ia membakar semua surat Savannah.

Pada tahun 2003, meskipun John mengalami luka tembak di tubuhnya dalam pertempuran dan didorong oleh Kapten Stone (Keith Robinson) untuk kembali ke tempat asalnya, John tetap memperpanjang masa militernya. Setelah empat tahun misi menjadi sersan, ketika menunggu untuk menerima perintah pada unitnya untuk penyebaran berikutnya, John diberitahukan bahwa ayahnya sakit. Ketika John tiba di rumah sakit, ia mengetahui bahwa ayahnya masih hidup tetapi dalam kondisi serius. John menulis surat kepada ayahnya dan membacanya di rumah sakit. Sulih suara John di awal film berasal dari surat itu, di mana ia mengatakan kepada ayahnya bahwa hal pertama yang terlintas dalam pikirannya setelah ditembak adalah koin, dan hal terakhir yang terlintas dalam pikirannya sebelum kehilangan kesadaran adalah ayahnya, orang yang paling berharga dalam hidupnya. Segera setelah itu, ayahnya meninggal.

John mengunjungi Savannah dan terkejut bahwa ia telah menikah dengan Tim dan hidup bersamanya. John mengetahui bahwa Savannah harus meninggalkan mimpinya membangun kamp berkuda untuk anak-anak autisme karena perjuangan Tim melawan penyakit limfoma. Oleh karena itu, John dan Savannah pergi untuk mengunjungi Tim di rumah sakit. Tim mengatakan kepada John bahwa Savannah masih mencintai dan tidak pernah melupakan John.

Malamnya, Savannah meminta John untuk makan malam bersama di rumah. John bertanya kepada Savannah, mengapa ia tidak menelepon John setelah John meneleponnya dengan sembunyi-sembunyi pada masa militernya. Savannah menjawab karena hanya mendengar suaranya akan membuat Savannah berubah pikiran. Saat John berjalan menuju pintu, Savannah mengatakan, "Sampai bertemu lagi". Ia meminta John untuk membalas dengan perkataannya yang sama (seperti yang mereka selalu lakukan), tetapi ada keheningan. John tidak bisa mengatakan itu lagi karena tidak akan memiliki arti yang sama seperti sebelumnya. Savannah memintanya untuk mengatakan itu kembali sekali lagi. John menjawab, "Selamat tinggal, Savannah" dan meninggalkan Savannah yang kecewa dan patah hati. John pergi dan mengetahui keputusan untuk melepaskan Savannah telah membuat hati John kecewa.

Keesokan harinya, John memutuskan untuk menjual semua koleksi koin ayahnya, kecuali bagal yang ia temukan, untuk mengumpulkan uang yang dapat membantu Tim dalam pengobatannya. Kembali di militer, John menggunakan bagalnya sebagai daya tarik bagi rekan-rekannya. Kemudian John menerima surat dari Savannah, yang mengatakan bahwa Tim meninggal setelah dua bulan berjuang dengan penyakitnya dan berkata "Sampai bertemu lagi". Film ini kemudian melompat ke depan untuk menunjukkan John sebagai warga sipil setelah meninggalkan tentara dan membawa sepedanya. Ia melihat Savannah di kedai kopi dan mereka melakukan kontak mata. Akhirnya, keduanya memeluk hangat satu sama lain di luar kedai kopi.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Channing Tatum sebagai John Tyree
  • Amanda Seyfried sebagai Savannah Lynn Curtis
  • Henry Thomas sebagai Tim Wheddon
  • Scott Porter sebagai Randy
  • Richard Jenkins sebagai Bill Tyree
  • Luke Benward sebagai Alan
    • Braeden Reed sebagai Young Alan
  • Keith Robinson sebagai Kapten Stone
  • D.J. Cotrona sebagai Noodles
  • Cullen Moss sebagai Rooster
  • Bryce Hayes sebagai Jerry
  • Gavin McCulley sebagai Starks
  • Georgina Sparling sebagai anak dari Afganistan

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

  1. Joshua Radin and Schuyler Fisk – Paperweight
  2. The Swell Season – The Moon
  3. 311 – Amber
  4. The Donkeys – Excelsior Lady
  5. Wailing Souls – Things & Time
  6. Amanda Seyfried and Marshall Altman – Little House
  7. Fink – This Is the Thing
  8. Rosi Golan – Think of Me
  9. Rachel Yamagata and Dan Wilson – You Take My Troubles Away
  10. Deborah Lurie – Dear John Theme
  11. Snow Patrol ft. Martha Wainwright – Set The Fire To The Third Bar (Bonus Track)

Lagu lain dari film tetapi tidak ada di soundtrack CD

  • Ryan Adams – "Answering Bell"
  • Amanda Seyfried – "Little House" (Acoustic)
  • Ozomatli – "Saturday Night"
  • Brian Tichy – "Dead in Your Tracks"
  • Gaye Tolan Hatfield and Jeffrey S. Meegan – "Let Her Gift Be Me"
  • Brad Hatfield – "Ballroom Ballad"

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan berbagai macam kritik baik dari yang bersifat positif maupun negatif.

Lou Lumenick dari New York Post mengkritik bahwa Dear John adalah film yang membuat para pecinta drama sedih dan terlihat buruk. Lou memberi nilai D untuk film ini.[4]

Sean O'Connell dari Filmcritic.com mengkritik bahwa karakter dalam film Dear John ini mempunyai pilihan yang sulit seiring dengan berkembangnya hubungan mereka. Sean memberi nilai B- untuk film ini.[5]

Website Rotten Tomatoes mengkritik bahwa dari 121 review yang ada, terdapat 34 hasil yang menyatakan film ini baik dan 87 menyatakan film ini buruk, film ini memperoleh nilai 4.4 dari 10.[6] Metacritic, yang memberikan nilai rata-rata tertimbang dari resensi film kritikus, melaporkan rating 43% berdasarkan 34 review.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Perolehan film Dear John menggeser film Avatar dari tangga box office. Film ini memperoleh keuntungan USD 30,468,614 pada pembukaan akhir pekan.[8] dan tidak hanya mengakhiri dominasi film Avatar di box office, tetapi juga mencatat keuntungan pada penayangan pekan perdananya, sehingga total pendapatan film ini di seluruh dunia mencapai USD 114,977,104, dengan total pendapatan domestik mencapai USD 80,014,842 dan total pendapatan luar negeri mencapai USD 34,962,262.[8]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominator Hasil
2010 MTV Movie Awards Best Male Performance Channing Tatum Nominasi
Best Female Performance Amanda Seyfried Nominasi
Teen Choice Awards Choice Movie: Drama Dear John Nominasi
Choice Movie Actor: Drama Channing Tatum Nominasi
Choice Movie Actress: Drama Amanda Seyfried Nominasi
Choice Movie: Chemistry Amanda Seyfried dan Channing Tatum Nominasi
2011 People's Choice Awards Favorite Drama Movie Dear John Nominasi
ASCAP Film and Television Music Awards Top Box Office Films Deborah Lurie Menang
CinEuphoria Awards Top Ten of the Year – Audience Award Lasse Hallström Menang
Top Ten of the Year – International Competition Menang
Best Actor – International Competition Channing Tatum Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Situs The Celebrity Cafe: 25 million budget beats Avatar Diakses pada 7 Februari 2010
  2. ^ (Inggris) Situs Box office mojo: Dear John Diakses pada 25 April 2010
  3. ^ Situs Bicara film: Kisah cinta klasik prajurit perang di Dear John Diakses pada 23 Februari 2010
  4. ^ (Inggris) Situs NYPOST: Entertainment Dear John Diakses pada 5 Februari 2010
  5. ^ (Inggris) Situs Film Critic: Dear John Diakses pada 7 Februari 2010
  6. ^ (Inggris) Situs Rotten Tomatoes: Dear John Diakses pada 19 Mei 2010
  7. ^ "Dear John (2010): Reviews". Metacritic. CNET Networks. Diakses tanggal February 7, 2010. 
  8. ^ a b Situs Celebrity Okezone: Dear John akhiri kejayaan Avatar di box office Diakses pada 8 Februari 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]