Dean Kamen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dean L. Kamen (lahir 5 April 1951) adalah seorang pengusaha dan penemu berkebangsaan Amerika dari New Hampshire.

Kamen dilahirkan di Long Island, New York dan mengikuti kuliah di Institut Politeknik Worchester, namun berhenti sebelum lulus setelah selama 5 tahun menekuni penelitian mendalam atas AutoSyringe, sebuah pompa infus obat. Ayah Dean, Jack Kamen adalah seorang ilustrator di Mad, Weird Science dan terbitan EC Comics lainnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dihadapan Presiden Bill Clinton di White House, Kamen menaiki salah satu karyanya, kursi roda iBOT

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Penemuan Kamen yang paling terkenal adalah Segway PT, sebuah kendaraan listrik dengan penyetabil arah dan sistem kontrol yang dikendalikan oleh komputer. Mesin ini memiliki penyeimbang berupa 2 roda paralel yang dikendalikan dengan menggerakkan berat mesinnya. Pengembangan mesinnya menjadi objek spekulasi dan sensasi setelah segmen sebuah buku, yang menyebutkan bahwa Steve Jobs dan visioner IT terkemuka lainnya mendukung potensinya dalam mengubah masyarakat, terkuak di bulan dsember 2001.

Kamen melakukan kerja lembur dalam proyek yang melibatkan perencanaan Stirling Engine, ia mencoba menciptakan 2 mesin : yang pertama berfungsi sebagai pembangkit tenaga, dan Slingshot, yang berfungsi untuk sistem pemurnian air. Ia berharap proyek ini akan membantu meningkatkan standar hidup masyarakat di negara berkembang. Kamen telah mendaftarkan hak paten atas produknya ini. Ia menyatakan bahwa perusahaannya sekarang sedang berusaha membuat penemuan di bidang tenaga matahari.

Kamen juga menjadi co-inventor sebuah mesin kompresi udara yang akan melontarkan orang ke udara, untuk meluncurkan tim SWAT atau pekerja darurat lain ke atap bangunan tinggi yang tak terjangkau secara cepat.

Kamen telah menjadi seorang penemu yang sukses dan kaya, setelah menciptakan pompa infus obat yang pertama dan memulai sebuah perusahaan, AutoSyringe, untuk menjual dan memproduksi pompa tersebut. Perusahaannya, DEKA juga memegang hak paten teknologi yang dipakai dalam mesin dialisis portabel, sebuah pompa insulin (berdasarkan teknologi pompa infus obat), dan sebuah kursi roda elektrik yang dikenal dengan nama iBOT, yang banyak menggunakan teknologi keseimbangan giroskop yang kemudian dikembangkan menjadi Segway.

Kamen dan DEKA juga mengembangkan The DEKA Arm System atau Luke, sebuah prostetik pengganti lengan yang memberikan kontrol yang lebih baik bagi penggunanya, dibandingkan lengan prostetik tradisional. Penggunaannya pun telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat pada bulan Mei 2014, dan DEKA saat ini sedang mencari rekan untuk memproduksinya secara massal.

FIRST[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1989, Kamen mendirikan FIRST (For Inspiration and Recognition of Science and Technology), sebuah program bagi pelajar yang bertujuan agar orang-orang tertarik pada ilmu pengetahuan, teknologi dan teknik mesin. Salah satu kompetisi yang mulai diadakan oleh FIRST adalah FRC atau Kompetisi Robot FIRST. Pada tahun 2011, kompetisi ini diselenggarakan di 55 wilayah regional di seluruh dunia, dan sebuah kompetisi internasional di St.Louis, MO. FIRST mendapatkan publikasi yang cukup besar dari berbagai perusahaan, selain juga dari banyak universitas dan akademi.

FIRST memiliki banyak program robot, termasuk the Jr.FLL (Junior First Lego League - Liga Lego Junior Pertama) untuk pelajar yang lebih muda, dan The FTC (FIRST Tech Challenge - Tantangan Tekno FIRST) dan The FRC (FIRST Robotic Competition - Kompetisi Robot FIRST) untuk pelajar usia sekolah menengah atas.

Kamen mengemukakan bahwa kompetisi FIRST adalah temuannya yang paling membanggakan, dan ia memperkirakan bahwa 1 juta pelajar yang telah ambil bagian dalam kontes sejauh ini akan bertanggungjawab atas berbagai peningkatan teknologi yang berarti pada masa mendatang.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Selama kariernya, Kamen telah memenangkan berbagai pernghargaan. Ia terpilih dalam The National Academy og Engineering pada tahun 1997 atas peralatan biomedikal, dan atas usahanya untuk lebih mempopulerkan teknik mesin di kalangan pelajar sekolah menengah atas. Pada tahun 1999, ia menerima penghargaan Heinz Award ke-5 di bidang Teknologi, Ekonomi dan Tenaga Kerja, dan pada tahun 2000 menerima Medali Nasional di bidang teknologi dari Presiden Bill Clinton atas penemuan-penemuan yang telah meningkatkan perawatan kesehatan di seluruh dunia. Pada bulan april 2002, Kamen dianugerahi penghargaan Lemelson-MIT Prize untuk para penemu, atas penemuan Segway dan pompa infus untuk diabetes. Pada tahun 2003, proyek Slingshotnya, sebuah siste pemurnian air portable dengan harga murah, menempati urutan kedua dalam Penemuan paling hebat di majalah TIME. Pada tahun 2005, ia dimasukkan dalam Hall of fame penemu nasional atas penemuan AutoSyringe-nya. Pada tahun 2006, Kamen mendapatkan penghargaan Global Humanitarian Action Award oleh pemerintah Amerika Serikat. Pada tahun 2007 ia menerima medali ASME, penghargaan tertinggi dari American Society of Mechanical Engineers, pada tahun 2008 ia adalah penerima PPenghargaan Pencapaian IRI (Industrial Research Institut - Institusi Penelitia Industri), dan pada tahun 2011, Kamen juga dianugerahi penghargaan Medali Benjamin Franklin di bidang Teknik Mesin Franklin Institute.

Kamen menerima gelar kehormatan Doctor of Engineering dari Istitut Politeknik Renselaer pada tanggal 17 Mei 1996, dari Universitas Kettering pada tahun 2001, Dostor of Science dari Universitas Clarkson pada tanggal 13 Mei 2001, dari Universitas Arizona pada tanggal 16 Mei 2009, dan gelar doktor kehormatan dari Institut Teknologi Wentworth saat memberi sambutan pada acara perayaan ulang tahun istitut tersebut pada tahun 2004 dan juga dari Universitas Negeri North Carolina pada tahun 2005, Bates College pada tahun 2007, the Georgia Insttute of Technology pada tahun 2008, the Illinois Institute of Technology pada tahun 2008 dan Plymouth State University pada tahun 2008. Kamen menerima gelar kehormatan Doctoral of Engineering and Technology dari Universitas Yale pada tahun 2015. Ia juga menerima penghargaan prestisius Stevens Honor Award pada tanggal 6 November 2009, dari the Stevens Institute of Technology dan the Stevens Alumni Association. Pada tanggal 14 November 2013, ia menerima the James C.Morgan Global Humanitarian Award.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Tempat tinggalnya berupa sebuah mansion bergaya bangsal bersegi enam yang disebutnya Westwind, terletak di Bedford, New Hampshire, tepat di luar kota Manchester. Rumah itu memiliki paling tidak 4 tingkat yang berbeda dan dikonsep dengan sangat terpilih, dengan berbagai hal semacam koridor yang menyerupai corong, perabotan bergaya 1960an, koleksi kursi roda vintage, tangga-tangga berputar, dan paling tidak sebuah jalan rahasia, menara pengamatan, sebuah toko peralatan yang lengkap, dan sebuah mesin uap besar yang dulu dimiliki Henry Ford dibangun di tengah atrium rumah (yang sebenarnya terlihat kecil jika dibandingkan), di mana Kamen bekerja untuk mengubahnya menjadi pahatan dengan tenaga dari mesin stirling, Kamen mempunyai dan mengendarai sebuah pesawat jet Embraer Pheno 300 dan 3 helikopter Enstrom, termasuk sebuah heli Enstrom 280FX, Enstrom 480 dan Enstrom 480B. Kamen secara teratur berangkat bekerja dengan helikopter-helikopternya dan memiliki sebuah hangar yang dibangun di dalam rumahnya.

Ia adalah tokoh utama dalam Code Nama Ginger : the Story behind Segway dan Dean Kamen's Quest to Invent a New World, sebuah buku nonfiksi tulisan jurnalis Steve Kemper yang diterbitkan oleh Harverd Business School Press pada tahun 2003.

DEKA membuat sebuah hadiah mekanik tahunan yang rumit untuknya. Perusahaan itu menciptakan pemain catur robot, berupa sebuah lengan mekanik yang melekat pada sebuah papan catur, dan sebuah komputer bergaya vintage serta sebuah mesin ketik konversi sebagai papan tutsnya. Sebagai tambahan, DEKA menerima dana dari DARPA untuk membuat sebuah lengan prostetik yang dikendalikan dengan otak, dikenal dengan nama Luke Arm.

Kamen adalah juga anggota the USA Science and Engineering Festival's Advisory Board.

Dean of Invention, sebuah acara televisi di Planet Green yang dibintangi oleh Kamen dan koresponden Joanne Colan, di mana mereka menyelidiki teknologi-teknologi baru, disiarkan pada taggal 22 Oktober 2010.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]