Dead Space

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dead Space
Publikasi13 Oktober 2008, 20 Oktober 2008 (PC)
GenreThird-person shooter, survival horror
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformXbox 360, PlayStation 3 dan Windows
MesinGodfather engine[1]
Havok (physics engine)
ModePermainan video pemain tunggal
FormatCakram Blu-ray, distribusi digital dan unduhan digital
Metode inputtetikus
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangEA Redwood Shores
PenyuntingElectronic Arts
PenulisWarren Ellis
Rick Remender
Antony Johnston
DesainerGlen Schofield
Bret Robbins
KomponisJason Graves
PenerbitElectronic Arts
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
CERO
enllaç=d:Q14870299
OFLC
enllaç=d:Q26708078
Informasi tambahan
Situs webdeadspacegame.com
MobyGamesdead-space dan dead-space-scorpion-suit
Steam17470
IMDB: tt1267296
Bagian dari Dead Space
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Dead Space (Video game)[sunting | sunting sumber]

Dead Space adalah game berkategori third-person shooter survival horror (Menembak) yang dikembangkan oleh EA Redwood Shores ( sekarang Visceral Games ) untuk Microsoft Windows, Playstation 3, dan Xbox 360. Game ini dirilis pada semua platform sampai Oktober 2008. Permainan ini menempatkan pemain mengendalikan seorang insinyur bernama Isaac Clarke, yang bertempur melawan Necromorphs, alien di kapal tambang antarbintang. Game ini menerima respons positif dari pemirsanya, dan telah terjual lebih dari 2 juta kopi. Dead Space 2 dan Dead Space 3 masing-masing dirilis pada 25 Januari 2011 dan 5 Februari 2013.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Pemain mengendalikan Isaac Clarke, seorang insinyur sistem kapal yang harus berjuang melalui kapal pertambangan luar angkasa (Ishimura), penuh dengan alien. Keseluruhan kru disembelih, setiap mayat akan melalui biorekombinasi sebagai "Necromorph". Dead Space tidak menggunakan layar kepala tradisional, melainkan semua informasi disampaikan ke pemain melalui proyeksi holografik dari Sumber Daya Integrasi Aksesoris Isaac (RIG) ruang angkasa dan senjata sendiri . Misalnya, layar hologram kecil di senjata menunjukkan jumlah amunisi, juga, "Meter Darah/Kesehatan" menunjukkan kondisi Isaac diintegrasikan ke dalam tulang belakang kostum atau suit. Hologram mengambang diproyeksikan di depan Isaac, pemain dapat memeriksa arus tujuan dan peta 3D, atau mengakses layar persediaan untuk mengelola item. Namun, permainan masih berlangsung secara real time, sehingga pemain berada dalam bahaya diserang saat melakukan hal ini.

Perang melibatkan mekanisme yang disebut "pemotongan strategis", di mana pemain harus memotong anggota badan atau bagian dari Necromorphs untuk mengalahkan mereka . Misalnya, menembak Necromorphs di kepala akan memiliki pengaruh yang kecil, tetapi mereka dapat dihentikan setelah pemain menghilangkan atau menembak lengan dan kaki. Tergantung pada bagaimana mereka terluka, Necromorphs dapat mengadopsi sikap dan taktik baru, bahkan tumbuh anggota tubuh baru atau melahirkan musuh baru.

Sesuai dengan profesi Isaac sebagai seorang insinyur, senjata di Dead Space kebanyakan improvisasi dari alat-alat pertambangan, seperti plasma cutter (untuk mengiris horisontal dan vertikal), Gergaji Rotary, Obor Hidrazin (Sebagai penyembur api), Sinar kontak yang ber-energi tinggi, dan meriam yang memancarkan gelombang kejut yang kuat. Sebuah senapan otomatis militer-kelas juga tersedia . Semua senjata memiliki mode api sekunder, misalnya, Plasma Cutter dapat diputar 90 derajat untuk sudut optimal untuk pemotongan lebih efektif pada kaki vertikal(seperti kaki pada humanoid bipedal normal). Pemain harus mengais atau mengambil amunisi dan barang-barang lainnya, yang ditemukan di seluruh kapal atau saat Necromorphs dibunuh dan terbunuh. Toko otomatis dapat diakses di seluruh kapal untuk membeli dan menjual barang-barang atau menyimpannya untuk digunakan nanti. Selain itu, pemain dapat menggunakan unit Bench, workbenches digunakan untuk meng-upgrade senjata isaac dengan "kekuatan node" . Bila tidak dalam mode sedang menembak, Isaac dapat memukul musuh dengan baik dengan ayunan senjata. atau Curb stomp terkenal nya yang dapat menghancurkan dan memotong-motong musuh dengan satu pukulan.

Selain senjata, Isaac juga dilengkapi dengan alat-alat lain untuk membantunya bertahan hidup, memecahkan teka-teki, dan memerangi musuh yang lebih efektif . Kemampuan Stasis Isaac dapat digunakan untuk memperlambat musuh dan objek sementara, dan modul Kinesis memungkinkan Isaac untuk mengambil dan membuang item, yang juga memungkinkan dia untuk menusuk Necromorphs. Dead Space juga dilengkapi vakum dan nol lingkungan gravitasi, dan Isaac dapat menavigasi melalui mereka menggunakan setelan bertekanan dan sepatu magnetik. Ishak akhirnya akan mati lemas saat berada di vakum atau lingkungan yang beracun sebagai setelannya hanya dapat berisi jumlah terbatas udara, sehingga pemain dipaksa untuk melanjutkan cepat ketika di situasi ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dead Space uses The Godfather engine". 2008-02-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-07. Diakses tanggal 2008-10-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]