Darren Shan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Darren O'Shaughnessy
Nama pena Darren Shan, D. B. Shan
Pekerjaan Novelis
Kebangsaan Irlandia
Periode menulis 1999—sekarang
Aliran sastra Horor, Fantasi
Karya terkenal The Saga of Darren Shan, The Demonata

www.darrenshan.com

Darren O'Shaughnessy adalah seorang penulis novel kelahiran Inggris, dan berkewarganegaraan Irlandia. Ia biasanya menulis di bawah nama pena Darren Shan, adalah seorang penulis Irlandia dan pengarang The Saga of Darren. Dia juga sedang menulis seri The Demonata, seperti The City Trilogy, seri buku untuk dewasa di bawah nama alternatif D.B.Shan.

Darren O'Shaughnessy bekerja untuk perusahaan televisi di Limerick untuk dua tahun sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menjadi penulis penuh waktu. Dia membeli mesin ketik pertamanya ketika dia berusia 14 tahun dan menulis banyak cerita pendek, naskah komik, dan buku buku yang tak pernah selesai. Sukses pertamanya datang kepadanya di usia 15 tahun, ketika dia menjadi runner up di kompetisi menulis naskah televisi untuk Radio Telefis Eirann di Irlandia, dengan cerita komedi felap berjudul Sebuah hari di Morgue. Dia menyelesaikan novel pertamanya pada usia tujuh belas tahun. Mute Pursuit tak pernah diterbitkan, tetapi dia mencintai pengalaman meulis, jadi dia mulai memfokuskan diri untuk menulis novel dan bukan cerita pendek.

Semua buku Shan berorientasi pada orang dewasa. Dia berpikir menulis buku anak anak akan menjadi ide bagus untuk masa depan tetapi buku orang dewasa adalah fokus utamanya. Pemecahannya datang dengan Ayamarca, ditulis di bawah nama lengkapnya daripada nama pena. Buku itu diterbitkan pada Februari 1999 oleh Penerbit Orion Grup, dan tidak terjual dengan baik. Sekuelnya, Hell’s Horzon diterbitkan pada Februari 2000 dan dianggap lebih baik oleh beberapa kalangan, tetapi terjual lebih sedikit daripada yang pertama. Ayuamarca dirilis ulang pada Maret 2008 di bawah gelar Procession of The Dead dan di bawah nama penanya D.B. Shan. Hell’s Horizon dan trilogy ketiganya City of the Snakes diatur untuk mengikuti pada Maret 2009 dan disenangi.