Dari Lembah ke Coolibah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dari Lembah ke Coolibah adalah sebuah novel karya Titis Basino P.I yang pertama kali di terbitkan oleh PT. Grasindo pada tahun 1997 dan dicetak oleh PT. Gramedia, Jakarta. Ilustrasi sampul novel tersebut dibuat oleh Ipe Ma’ruf dan selanjutnya di desain oleh Roland M. Sutrisno.

Novel ini merupakan trilogi dari Welas Asih Merengkuh dan Menyucikan Perselingkuhan. Terdiri dari 13 bab dan ditambahkan satu judul terakhir “Pondok Indah Puri Asri” serta biografi singkat sang penulis.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setiap bab menceritakan perjalanan tokoh saat berada di Tanah Suci. Bab 1 menceritakan tentang tokoh yang akan naik haji. Bab 2 menceritakan perjalanan menuju kota Jedah. Bab 3 memaparkan keadaan jamaah yang akan berangkat ke Arafah. Bab 4 menceritakan keadaan saat tokoh berada di Arafah. Bab 5 mengisahkan saat rombongan meninggalkan Arafah menuju Musdalifah. Bab 6 menceritakan aktivitas jamaah ke sumur air zamzam. Bab selanjutnya menceritakan situasi kepulangan ke tanah air. Bab 8 menceritakan syukuran saat tiba di tanah air. Bab selanjutnya mengisakhan saat berada di jeddah. Bab 10 kisah saat tokoh dan rombongan tiba di bandara Soekarno-Hatta dan berpisah dengan rokbongan. Bab 11 tentang tentang pertemuan kembali dengan pembimbing . Bab 12 dan 13 berkisah tentang pertemuan yang tidak disengaja dan kepergian tokoh ke Surabaya.

Novel ini dikemas apik oleh sang penulis. Novel yang mengandung unsur romantisme yang dipadukan dengan nuansa rohani ini dapat menggetarkan sukma para pembacanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Artikel "Dari Lembah ke Coolibah" - Ensiklopedia Sastra Indonesia". ensiklopedia.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-03-17.