Darbuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Darbuka
Darbuka
Darbuka
Darbuka
Nama laingendang chalice, tarabuka (tarambuka), tarabaki, darbuka, derbake, debuka, doumbek, gendang piala, tumbak, zerbaghali, dumbuk, terumbuk
KlasifikasiPerkusi Tangan, membranofon
Klasifikasi Hornbostel-Sachs211.26
DikembangkanMesir

Darbuka (juga gendang piala, tarabuka, tarabaki, darbuka, darabuka, derbake, debuka, doumbek, dumbec, dumbeg, dumbelek, toumperleki, tumbak, atau zerbaghali (bahasa Arab Mesir: دربوكة), adalah membranofon kepala tunggal dengan piala berbentuk dandang paling sering digunakan dalam musik tradisional Mesir, juga marawis, di mana ia dianggap sebagai simbol nasional Musik Shaabi Mesir. Instrumen ini juga ditampilkan dalam musik tradisional dari Asia Barat, Afrika Utara, Asia Selatan, dan Eropa Timur. Djembe Afrika juga merupakan Piala membranofon. Artikel ini berfokus pada drum Piala Timur dan Afrika Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal usul istilah Darbuka mungkin berasal dari kata bahasa Arab "daraba" ("memukul").

Darbuka telah ada selama ribuan tahun dan digunakan dalam budaya Mesopotamia dan Mesir kuno. Mereka juga terlihat di Babilonia dan Sumeria dari awal 1100 SM. Di Sulawesi, drum Piala besar digunakan sebagai instrumen candi dan diletakkan di lantai saat dimainkan, yang mungkin mencerminkan penggunaan drum kuno.[1]

Cara Memainkan[sunting | sunting sumber]

Darbuka dari Mesir, 1825~35. Dari Lane 1836, hal. 363
Suara Darbuka

Darbuka Afrika Timur dan Utara dimainkan di bawah lengan atau bertumpu pada kaki pemain, dengan sentuhan yang jauh lebih ringan dan pukulan yang sangat berbeda (kadang-kadang termasuk gulungan atau ritme cepat yang diartikulasikan dengan ujung jari) ke drum tangan seperti djembe, ditemukan di Afrika Barat.

Ada dua jenis utama Darbuka. Gaya Mesir, Darbuka, juga dikenal sebagai Tabla dan sangat populer; memiliki tepi membulat di sekitar kepala, sedangkan gaya Turki memperlihatkan tepi kepala. Tepi yang terbuka memungkinkan akses yang lebih dekat ke kepala sehingga teknik menjentikkan jari dapat dilakukan, tetapi tepi yang keras mencegah gulungan cepat mungkin dengan gaya Mesir.

Darbuka dapat dimainkan sambil dipegang di bawah satu tangan atau dengan meletakkannya menyamping di atas pangkuan sambil duduk. Beberapa gendang juga dibuat dengan tali pengikat sehingga gendang dapat dipakai di bahu, untuk memudahkan bermain sambil berdiri atau menari. Ini menghasilkan suara yang indah dan rendah saat dimainkan ringan dengan ujung jari dan telapak tangan. Beberapa pemain menggerakkan telapak tangan mereka masuk dan keluar dari mika untuk mengubah nada.

Ada tiga suara utama yang dihasilkan oleh darbuka, Yang pertama disebut "dung" atau "dum". Ini adalah suara bass yang lebih dalam yang dihasilkan dengan memukul kepala di dekat bagian tengah dengan panjang jari dan telapak tangan dan melepaskan tangan untuk suara terbuka. Yang kedua disebut "tak" dan merupakan suara bernada tinggi yang dihasilkan dengan memukul dekat tepi kepala dengan ujung jari. Pukulan "tak" dipukul dengan tangan kedua juga dikenal sebagai "ka" (pukulan tangan kiri dari "tak"). Yang ketiga adalah suara tertutup "pak" atau juga "sak", di mana tangan diletakkan sebentar di kepala agar tidak memungkinkan suara terbuka. Selain itu, ada teknik yang lebih rumit termasuk snap, slap, pop dan roll yang digunakan untuk menghiasi nada dasar.

Teknik lain yang biasa digunakan di Yunani, Bulgaria, Makedonia Utara, Turki adalah mengetuk dengan jari satu tangan dan dengan tongkat drum tipis di tangan lainnya. Di Turki, tongkat itu disebut polyurubuk, yang berarti tongkat, atau tongkat, dan di mana Romanos di sana kadang-kadang menggunakan teknik ini.

Penggunaan Darbuka dalam musik klasik Barat[sunting | sunting sumber]

Komposisi klasik Bararoyens (1856–1858) oleh komposer asal Prancis Hector Berlioz, yang menyerukan darbuka dalam Tarian Budak Nubian dalam Babak ke 4.

Komposisi pertama untuk darbuka dan orkestra dikomposisikan oleh pemusik Mesir-Amerika Halim El-Dabh pada 1950-an; Fantasia-Tahmeel for darbuks and string-nya ditayangkan perdana di Kota New York pada tahun 1958, dengan orkestra string yang dipimpin oleh Leopold Stokowski .

Pemain darbuka terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Setrak Sarkissian
  • Kata El Artist
  • Hossam Ramzy
  • Rony Barrak
  • Carmine Guida
  • Djamchid Chemirani
  • Pettik dám
  • Monster California
  • Jad Hamawi
  • Bilal Göregen

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sadie, Stanley, (1980). "Darbuka". The New Grove Dictionary of Music and Musicians. Vol. 5. p. 239. ISBN 1-56159-174-2.