Daniel Johan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daniel Johan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Mulai menjabat
1 Oktober 2014
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
Ketua DPRSetya Novanto
Ade Komarudin
Setya Novanto
Bambang Soesatyo
Puan Maharani
Daerah pemilihanKalimantan Barat I
Mayoritas56.335 (2019)
Informasi pribadi
Lahir10 April 1972 (umur 52)
Jakarta, Indonesia
Partai politikPKB
Suami/istriMerry Theresia Waty
Anak2
Alma materUniversitas Tarumanagara
PekerjaanPolitikus
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Daniel Johan (lahir 10 April 1972) adalah politisi yang berasal dari Indonesia. Dia terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa.[1][2] Dia bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.[1] Ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Daniel kecil dikenal oleh teman-temannya sebagai anak yang aktif dan berani, suka membaca dan aktif berorganisasi sejak Sekolah Menengah Atas (SMA Tri Ratna) hingga masuk perguruan tinggi Universitas Tarumanegara.

Kegiatan Aktivisme[sunting | sunting sumber]

Sebagai seorang aktivis muda pada zamannya aktif dalam berbagai organisasi dan sekali pendiri berbagai organisasi diantaranya Pendiri dan Editor Majalah Poutra (1989), Sekretaris Jendral PP HIKMAHBUDHI (Presidium Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia) (1995-1998), Anggota Aktif International Network of Engaged Buddhists (INEB) 1995-sekarang, Anggota Aktif The Alternative to Consumerism (1997, Pendiri dan Anggota Dewan Direktur National Institute for Democracy and Peace- INDeP (1999), Pendiri dan Direktur Yayasan Pencerahan (1995-sekarang), salah satu organisasi yang menjadi ruang dan gerak pada tahun 1998 di mana pada tahun tersebut situasi politik sangat dinamis dan sangat tinggi tensinya, Daniel Johan bersama-sama Cak Imin (panggilan Muhaimin Iskandar) waktu itu bersama-sama mendirikan Forum Kebangsaan Pemuda Indonesia (FKPI). FKPI terdiri dari 11 organisasi Pergerakan Mahasiswa yang memiliki latar belakang berbeda namun memiliki sumbangsih besar atas reformasi di tahun 1998, anggota FKPI adalah HIKMAHBUDHI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI, KMHDI, IPPNU, IPNU, GAMKI, Pemuda Demokrat Indonesia, dan masih banyak lagi kiprahnya dalam dunia aktivis.

Masuk Partai Kebangkitan Bangsa[sunting | sunting sumber]

Karier di dunia perpolitikan dimulai sejak Daniel diundang ke Istana Negara oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk sarapan. Saat itu Gus Dur berpesan agar Daniel naik kelas menjadi milik semua golongan serta membantu membesarkan NU dan PKB. Dengan inspirasi perjuangan Gus Dur inilah Daniel akhirnya memilih jalur politik melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang didirikan oleh Gus Dur beserta tokoh NU pada waktu itu dan sampai saat ini Daniel Johan terus berjuang bersama PKB untuk kemaslahatan umat baik nahdlyin maupun masyarakat umum.

Daniel Johan dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di DPP PKB kemudian pada saat ini dipercayai untuk memegang divisi/bidang Energi dan Sumber Daya Alam DPP PKB dibawa kepemimpinan Muhaimin Iskandar.

Menjadi Anggota Legislatif[sunting | sunting sumber]

Karier politik praktisnya dimulai sejak tahun 2009 saat dirinya menjadi Staf Khusus Menteri PDT kemudian pada Pemilihan umum Legislatif tahun 2014 dirinya terpilih menjadi Anggota DPR RI melalui Dapil Kalimantan Barat dan diberi tugas untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Selanjutnya, pada Pemilihan umum Legislatif tahun 2019 dipercaya kembali oleh masyarakat Kalimantan Barat melalui Dapil 1 terpilih kembali menjadi Anggota DPR RI masa bakti 2019-2024 serta Fraksi PKB menugaskan Daniel Johan sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI untuk kedua kalinya.

Selama menjadi anggota DPR RI pewakilan Kalbar sudah banyak program yang langsung diberikan kepada masyarakat/konstituen yang memberikan kepercayaan kepadanya dan bantuan tersebut terus mengalir sampai sekarang kepada masayarakt, hal ini merupakan bentuk komitmen seorang Daniel Johan kepada masyarakat bahwa dalam kampanyenya tidak pernah menjanjikan sesuatu tetapi akan berjuang bersama untuk menyuarakan aspirasi masyarkat kalbar khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b RI, Setjen DPR. "Anggota DPR RI - Dewan Perwakilan Rakyat". www.dpr.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-22. Diakses tanggal 2020-08-20. 
  2. ^ "Anggota DPR - Daniel Johan - JejakParlemen". wikidpr.org. Diakses tanggal 2020-08-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]