Danau bawah tanah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Danau bawah tanah di Cueva Maronal, Santa Fé, Elias Soplin Vargas, Rioja, San Martin, Peru.

Danau bawah tanah atau danau subterain adalah danau yang berada di bawah permukaan bumi. Danau semacam ini biasanya berhubungan dengan gua, akuifer, atau mata air. Danau bawah tanah seringkali memiliki salinitas rendah.

Danau bawah tanah non-subglasial terbesar di dunia adalah Dragon's Breath Cave (Gua Nafas Naga) di Namibia,[1] dengan luas hampir 2 hektar (5 hektar),[2] sementara danau bawah tanah terbesar kedua adalah Craighead Caverns di Tennessee, Amerika Serikat.

Eksplorasi gua[sunting | sunting sumber]

Istilah danau bawah tanah lebih banyak mengacu pada bidang speleologi dan eksplorasi gua yang dipinjam dari bahasa sehari-hari, untuk menggambarkan sebuah danau. Namun, luas danau bawah tanah umumnya jauh lebih kecil daripada danau yang dikenal di permukaan. Badan air yang sekecil itu mungkin tak akan disebut "danau" jika ditemui di permukaan.

Dalam catatan awal para penjelajah gua, mereka sering menyebut badan air di dalam gua yang menghambat kemajuan mereka sebagai danau bawah tanah.

Di Eropa, danau bawah tanah Saint-Léonard di Swiss saat ini merupakan salah satu danau bawah tanah terbesar yang diketahui.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kelly, Daniel (24 January 2014). "Dragon's Breath Cave Holds the World's Largest Underground Lake". Lake Scientist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 March 2015. Diakses tanggal 31 May 2016. 
  2. ^ "Dragon's Breath, Namibia". National Geographic. Diakses tanggal 28 August 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Underground lakes di Wikimedia Commons