Danau Tharthar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Tharthar
Landsat 5 (1990)
Danau Tharthar di Irak
Danau Tharthar
Danau Tharthar
Letak Danau Tharthar
LetakProvinsi Al Anbar
Koordinat33°58′N 43°11′E / 33.967°N 43.183°E / 33.967; 43.183Koordinat: 33°58′N 43°11′E / 33.967°N 43.183°E / 33.967; 43.183
Aliran masuk utamaKanal Tharthar
Aliran keluar utamaTaksim Tharthar Canal
Terletak di negaraIrak
Panjang maksimal120 kilometer (75 mi)
Lebar maksimal48 kilometer (30 mi)
Area permukaan2.710 km2 (1.050 sq mi)[1]
Kedalaman rata-rata40 m (130 ft) to 65 m (213 ft)[1]
Volume air3.518 km3 (844 cu mi) to 8.559 km3 (2.053 cu mi)[1]
Ketinggian permukaan3 meter (9,8 ft)
Peta
Referensi[1][2]

Danau Tharthar adalah sebuah danau di Irak. Pada tahun 1956, bagian selatan dari depresi Tharthar diubah menjadi reservoir buatan untuk mengumpulkan air banjir di Sungai Tigris. Air mengalir melalui saluran masuk buatan, bernama Kanal Tharthar. Kanal mengalihkan kelebihan air, dengan menggunakan regulator Samarra Barrage. Ini menyatu dengan danau di tepi tenggara.

Danau Tharthar adalah tempat serangan pada tahun 2005 terhadap markas pelatihan pemberontak di wilayah tersebut.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1956, bagian selatan depresi Tharthar diubah menjadi waduk buatan untuk menampung air banjir dari Sungai Tigris. Air mengalir melalui kanal inlet buatan yang bernama Kanal Tharthar. Kanal ini mengalihkan kelebihan air melalui pengatur Rentetan Samarra, dan itu menyatu dengan danau di tepi tenggara.

Danau tersebut memiliki saluran keluar buatan yang disebut Kanal Taksim Tharthar, yang mengalir ke Sungai Efrat secara langsung. Pada kanal tersebut, setelah 28 km (17,4 mil) dari saluran keluarnya, kanal ini kemudian bercabang menjadi kanal lain yang disebut "Dhira'a Dijla" (lengan tigris) yang mengembalikan air ke Sungai Tigris.

Danau Tharthar adalah tempat serangan pada tahun 2005 terhadap pangkalan pelatihan pemberontak di wilayah tersebut.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Depresi Tharthar terbentuk selama zaman Holosen, terutama oleh ifikasi karst akibat pelarutan batuan gipsum dari Formasi Fatha (area terdekat).[2] Aliran Danau Tharthar kira-kira sepanjang 2.050 km2 (790 sq mi), mengalir dari bagian tengah dan timur Pegunungan Sinjar dan perbukitan yang berdekatan, dengan ketinggian –3 m di atas permukaan laut. Panjang maksimum dan lebar cekungan masing-masing adalah 120 dan 48 km. Tepi timur cekungan lebih tinggi dari tepi barat, tinggi kedua tepi adalah 90 meter (300 ft) dan 75 meter (246 ft).

Tujuan utama Danau Tharthar adalah untuk mengumpulkan kelebihan air Sungai Tigris selama musim banjir dan untuk mengisi ulang air ke Sungai Tigris dan Efrat selama musim kemarau, saat terjadi kekurangan air di kedua sungai tersebut. Selain itu, ini bertujuan untuk menghilangkan garam dari air yang tersimpan di danau melalui pengurasan air yang tersimpan secara alami.[2]

Flora dan fauna[sunting | sunting sumber]

Danau Tharthar dan daerah sekitarnya dianggap sebagai salah satu daerah penggembalaan terpenting di Irak, termasuk ladang gandum dan jagung yang luas yang menutupi daerah tersebut. Daerah ini menyimpan banyak spesies hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Burung[sunting | sunting sumber]

Danau Tharthar dianggap sebagai tempat musim dingin utama bagi banyak spesies burung migran yang terancam punah seperti elang saker, Bustard MacQueen, dan friendly lapwing. 54 spesies burung terlihat di danau Tharthar termasuk: pallid harrier, European roller, dan black-tailed godwit (semuanya hampir terancam) tercatat pada perjalanan dan ras endemik gagak berkerudung [Corvus cornix capellanus].

Mamalia[sunting | sunting sumber]

Golden jackal telah diamati secara teratur di lokasi ini. Hiena bergaris dan Karakal dilaporkan oleh penduduk setempat di dekat tepi danau.

Reptil[sunting | sunting sumber]

Banyak spesies reptil yang telah diamati seperti Tokek Turki dan Kadal berduri Mesir.

Ikan[sunting | sunting sumber]

Sepuluh spesies ikan telah ditemukan di danau ini termasuk: Aspius vorax, yellowfin barbel, B. luteus, B. sharpeyi, ikan mas , Cyprnion kais, ikan mas, Silurus triostegus, [[Chondrostoma regium] ], dan Liza.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]