Danau Shirakaba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Shirakaba
白樺湖
LetakKitayama, Chino, Prefektur Nagano
Ashidahakkano, Tateshina, Distrik Kitasaku, Prefektur Nagano
Jenis perairanAarden dam (geluh)
Asal sungaiSungai Tenryū, Sungai Otonashi
Terletak di negara Jepang
Dibentuk pada1940 (1940)
Panjang maksimal700 meter (2.300 ft)
Volume air1.120.000 meter kubik (40.000.000 cu ft)
Peta
Foto udara dari daerah sekitar Danau Shirakaba. Diambil pada tahun 1976.
Dibuat berdasarkan foto udara dari Peta Lembaga Survei Geografis/Layanan Pengamatan Foto Udara Kementerian Pertanahan, Prasarana, Transportasi, dan Pariwisata.

Danau Shirakaba (白樺湖) adalah penyimpanan air yang terletak di perbatasan antara Kota Chino dan Kota Tateshina, Distrik Kitasaku, Prefektur Nagano, berada di telaga Dataran tinggi Tateshina Kogen yang termasuk dalam Taman Nasional Yatsugatake-Chūshin Kōgen.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Itu merupakan danau buatan dengan keliling sekitar 3,8 kilometer dan luas sekitar 36 hektar, serta ketinggian danau 1.416 meter.

Awalnya adalah waduk air panas buatan yang dibangun untuk mengamankan air untuk pertanian, Ikenotaira Local Improvement District yang dibuat oleh penduduk Kitayama, Chino, memiliki semua hak atas air, hak penangkapan ikan, dan hak pengelolaan. Selain itu seluruh area di sekitar danau di sisi selatan dari Venus Line dan area danau termasuk area kota Tateshina situs ini merupakan bangsal properti Kitayama Kashiwahara (termasuk tanah milik Koperasi Pertanian Kashiwahara, yang memiliki komposisi yang sama dengan zona properti[1]).

Pada saat penyelesaian, gubernur prefektur Mononobe saat itu menamakannya Tateshina Ōike, tetapi tidak populer dengan penduduk Kashiwahara yang memiliki tanah itu. Sebaliknya Danau Shirakaba yang ditemukan oleh penduduk bangsal digunakan sebagai nama umum, dan menjadi nama resmi pada tahun 1953 ketika konsolidasi kepemilikan tanah subur Ikenotaira Kitayama yang mengelolanya berubah nama menjadi Ikenotaira Local Improvement District.

Sejak tahun 1950-an distrik perbaikan lahan dan distrik properti sendiri menyediakan fasilitas wisata dan hiburan seperti penyewaan perahu, kano, kayak, dan sebagainya, lebih lanjut pihak properti sendiri memimpin dalam pengembangan pariwisata. Resor ski, hotel, taman hiburan, dan sebagainya telah dikembangkan dengan menyewa tanah bangsal, menjadikannya salah satu kawasan resor terkemuka di Prefektur Nagano. Penangkapan ikan wakasagi juga dilakukan di permukaan danau musim dingin yang dulu membeku.

Ini juga aktif sebagai waduk pertanian yang merupakan tujuan awal pembangunan, memasok air pada 500 hektar sawah di Kitayama, Yonezawa, dan Chino.[2] Jalan Raya Nasional Jepang Rute 152 (Jalan Raya Daimon) membentang di sepanjang tepi danau, dan Venus Line (Jalan Tol Tateshina) membentang di sepanjang batas bangsal properti.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 芦田村からの池の平買収にあたり1911年に柏原区有志が設立した「御座岩造林施業森林組合」を1948年に改組した任意団体で、農業協同組合法に基づく農業協同組合ではない。
  2. ^ 「白樺湖」『茅野市史・下巻』p.686、茅野市、1988年3月31日。

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]