Danau Makgadikgadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Danau Makgadikgadi
Lake Makgadikgadi SPOT 1136.jpg
Flamingo migration Makgadikgadi Pan.jpg
Lokasi Gurun Kalahari di Botswana
Terletak di negara Botswana
Kedalaman rata-rata 30 m
Volume air 80.000 km²

Danau Makgadikgadi adalah danau kuno yang pernah ada di wilayah Gurun Kalahari di Botswana. Danau ini pernah memiliki luas sebesar 80.000 km² dan kedalaman 30 m. Sungai Okavango, Zambezi dan Cuando sebelumnya mengalir ke danau ini.

Asal usul dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekitar 3 juta tahun yang lalu, angin timur yang kuat membentuk bukit pasir yang panjang yang terbentang dari timur ke barat di tengah Gurun Kalahari. Pada masa ketika hujan lebih sering turun, bukit pasir ini mengalirkan sungai-sungai besar di kawasan ini (Okavango, Chobe dan Zambezi) ke arah timur dengan Sungai Limpopo di Samudra Hindia.

Sekitar 2 juta tahun yang lalu, patahan yang disebut poros Kalahari-Zimbabwe (yang terbentang dari Harare melewati Bulawaye dan berujung di sisi timur Kalahari) terbentuk dan menghasilkan cekungan besar. Air dari sungai-sungai besar ini mengalir ke cekungan ini dan mengisinya, sehingga terbentuklah Danau Makgadikgadi.

Seiring berjalannya waktu, danau ini penuh dan mulai meluap. Sekitar 20.000 tahun yang lalu, airnya mulai mengalir ke arah utara dan kemudian timur. Akibatnya, sungai Zambezi tengah dan hilir mulai terhubung dan membentuk Air Terjun Victoria. Air di danau mulai dapat keluar dari cekungan, sehingga Danau Makgadikgadi terkuras sebagian.

Kemudian iklim menjadi semakin kering, sehingga penguapan bertambah dan aliran air dari sungai-sungai besar berkurang. Danau Makgadikgadi sudah sangat kering sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sedimen dari Sungai Okavango dan pasir yang dibawa oleh angin secara perlahan mengisi danau ini.

Saat ini kenampakan geografis yang tersisa dari Danau Makgadikgadi adalah Delta Okavango, Dataran Nxai, Danau Ngami, Danau Xau, Depresi Mababe Depression, dan dua dataran Makgadikgadi utama: Dataran Sua dan Dataran Nwetwe.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • C. Michael Hogan (2008) Makgadikgadi, The Megalithic Portal, ed. A. Burnham [1]
  • James Owen (May 4. 2005) Lost African Lake Spawned Fish Diversity "Beyond Belief. National Geographic News [2]

Koordinat: 20°43′0″LU 24°57′3″BT / 20,71667°LS 24,95083°BT / -20.71667; 24.95083