Danau Hoàn Kiếm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Danau Hoàn Kiếm
Hồ Hoàn Kiếm
Danau Pedang
Tháp Rùa 3.jpg
Menara Kura-kura (Tháp Rùa) di tengah danau
Lokasi Hanoi
Koordinat 21°01′44″LU 105°51′9″BT / 21,02889°LU 105,8525°BT / 21.02889; 105.85250Koordinat: 21°01′44″LU 105°51′9″BT / 21,02889°LU 105,8525°BT / 21.02889; 105.85250
Terletak di negara Vietnam
Kedalaman rata-rata 12 m (39 ft)
Kedalaman maks. 2 m (6,6 ft)
Permukiman Hanoi

Danau Hoàn Kiếm (bahasa Vietnam: Hồ Hoàn Kiếm, Hán tự:

, yang berarti "Danau Pedang yang Kembali"), juga dikenal sebagai Hồ Gươm (Danau Pedang), adalah sebuah danau di tengah-tengah kota Hanoi, ibu kota Vietnam. Danau ini merupakan salah satu tempat menarik di tengah kota dan menjadi sebuah titik pusat keramaian bagi masyarakatnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut legenda, pada awal 1428, Kaisar Lê Lợi berperahu di danau, kemudian Dewa Kura-kura Emas (Kim Qui) muncul dan meminta pedang saktinya, Kehendak Surga. Lợi menganggap bahwa Kim Qui datang untuk merebut kembali pedang milik dewa setempat, Raja Naga (Long Vương) yang telah diberikan kepada Lợi beberapa waktu sebelumnya, selama pemberontakannya melawan dinasti Ming Tiongkok. Di kemudian hari, cô Lợi mengembalikan pedang itu kepada kura-kura tersebut setelah ia selesai melawan Tiongkok. Lợi mengganti nama danau untuk memperingati peristiwa ini, dari nama sebelumnya Thuy Luc yang berarti "Air Hijau". Menara Kura-kura (Thap Rùa) berdiri di sebuah pulau kecil di tengah danau ini dikaitkan dengan legenda tersebut. Nama pertama danau Hoàn Kiếm adalah Tả Vọng, yaitu saat Raja belum memberikan pedang saktinya kepada Dewa Kura-kura Emas.

Jembatan The Huc

Untuk menghormati kaisar, kura-kura besar bertempurung lunak, baik dari spesies Rafetus swinhoei maupun spesies terpisah bernama Rafetus leloi, telah terlihat di danau selama bertahun-tahun. Kura-kura yang terakhir diketahui mati pada tanggal 19 Januari 2016. Ada tiga kura-kura yang tersisa dari spesies R. swinhoei.

Di dekat pantai utara danau terletak Pulau Jade tempat Kuil Gunung Jade (Kuil Ngoc Son) berdiri. Kuil ini didirikan pada abad ke-18, untuk menghormati pemimpin militer abad ke-13 Tran Hung Dao yang dikenal dalam melawan Dinasti Yuan, Van Xuong, seorang terpelajar, dan Nguyen Van Sieu, seorang guru Konghucu dan penulis terkenal yang bertanggung jawab dalam perbaikan kuil tersebut pada tahun 1864. Pulau Jade ini dihubungkan ke pantai oleh jembatan kayu yang dicat merah dan dinamakan The Huc (The Huc berarti Jembatan Sinar Matahari Pagi).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pemandangan panorama Danau Hoan Kiem di malam hari.
Menara Kura-kura di malam hari

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]