Damat Ferid Pasha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangDamat Ferid Pasha

Biografi
Kelahiran1853
Provinsi İstanbul
Kematian6 Oktober 1923 (69/70 tahun)
Nice
Grand Vizier of the Ottoman Empire (en)
5 April 1920 – 21 Oktober 1920
← Salih Hulusi Pasha (en)Ahmed Tevfik Pasha →
Grand Vizier of the Ottoman Empire (en)
4 Maret 1919 – 2 Oktober 1919
← Ahmed Tevfik PashaAli Rıza Pasha (en) →
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus, diplomat
Partai politikPartai Kebebasan dan Keselarasan
Keluarga
Pasangan nikahMediha Sultan (en)

Damat Mehmed Adil Ferid Pasha ( Turki Otoman: محمد عادل فريد پاشا Turki: Damat Ferit Paşa  ; ‎ – 6 Oktober 1923), yang hanya dikenal sebagai Damat Ferid Pasha, adalah seorang negarawan liberal Utsmaniyah, yang memegang jabatan Wazir Agung, perdana menteri de facto Kesultanan Utsmaniyah, selama dua periode di bawah pemerintahan Sultan Utsmaniyah terakhir Mehmed VI, pertama kali antara 4 Maret 1919 dan 2 Oktober 1919 dan yang kedua antara 5 April 1920 dan 21 Oktober 1920. Secara resmi, dia dibawa ke kantor sebanyak lima kali, karena kabinetnya berulang kali dibubarkan di bawah berbagai tekanan dan dia harus menghadirkan yang baru. [1] Karena keterlibatannya dalam Perjanjian Sèvres, kolaborasinya dengan kekuatan Sekutu yang menduduki, dan kesiapannya untuk mengakui kekejaman terhadap orang-orang Armenia, ia menjadi tokoh yang tidak populer di Turki dan beremigrasi ke Eropa pada akhir Perang Yunani-Turki.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Beberapa mengklaim bahwa Mehmed Adil Ferid lahir pada tahun 1853 di Konstantinopel sebagai putra Izet Efendi, yang lahir di Potoci dekat Taşlıca (sekarang Pljevlja, Montenegro). Dia adalah anggota Dewan Negara Utsmaniyah (Şûrâ-yı Devlet) dan Gubernur Beirut dan Sidon pada tahun 1857, tetapi tidak ada bukti yang jelas tentang informasi ini. Pada tahun 1879, Ferid terdaftar di Sekolah amal Islam di Sidon . Dia menjabat beberapa posisi dalam pemerintahan Ottoman sebelum dia memasuki kantor luar negeri Kekaisaran Ottoman dan ditugaskan ke berbagai posisi di kedutaan besar di Paris, Berlin, St. Petersburg, dan London . Ia menikah dengan putri Abdülmecid I, Mediha Sultan, yang membuatnya mendapatkan gelar " damat " ("pengantin laki-laki" dari dinasti Utsmaniyah). Seperti ayahnya, ia menjadi anggota râ-yı Devlet pada tahun 1884 dan mendapatkan gelar wazir segera setelah itu. Menolak jabatan duta besar di London oleh sultan Abdülhamid II, ia mengundurkan diri dari pelayanan publik dan kembali hanya setelah dua dekade, pada tahun 1908, sebagai anggota Senat Parlemen Ottoman.

Dia adalah salah satu anggota pendiri Partai Kebebasan dan Kesepakatan pada tahun 1911, mendukung liberalisme dan lebih banyak otonomi regional di dalam Kekaisaran, bertentangan dengan Komite Persatuan dan Kemajuan . Pada 11 Juni 1919, Damat Ferid Pasha secara resmi mengakui pembantaian terhadap orang- orang Armenia dan merupakan tokoh kunci dan penggagas pengadilan kejahatan perang yang diadakan langsung setelah Perang Dunia I untuk menghukum mati para pelaku utama genosida, [2] [3] [4] yang terutama adalah anggota Komite Persatuan dan Kemajuan dan saingan lama dari Partai Kebebasan dan Kesepakatannya sendiri.

Jabatan pertamanya sebagai wazir agung bertepatan dengan Pendudukan Smirna oleh tentara Yunani dan periode penuh gejolak berikutnya. Dia diasumsikan sebagai penerus Ahmet Tevfik Pasha pada tanggal 4 Maret 1919 dan pada tanggal 9 Maret memulai kampanye penangkapan mantan menteri seperti Halil Menteşe, Ali Fethi Okyar dan Ali Münif Yeğenağa antara lain.[5] Ferid Pasha adalah seorang anglophile yang bersemangat, yang berharap untuk menerima persyaratan perdamaian yang tidak terlalu keras dengan menghadirkan Kekaisaran Ottoman sebagai mitra yang lebih kooperatif di Mediterania Timur daripada Yunani. Dia dikenal mengatakan "Setelah Tuhan, saya dan Sultan menyampaikan di Inggris". Dia diberhentikan pada tanggal 30 September 1919, tetapi setelah dua pemerintahan berumur pendek di bawah Ali Rıza Pasha dan Hulusi Salih Pasha, Sultan Mehmet VI harus memanggilnya kembali untuk membentuk pemerintahan baru pada tanggal 5 April 1920. Dia tetap sebagai Wazir Agung sampai 17 Oktober 1920, membentuk dua kabinet yang berbeda di antaranya.

Kantor keduanya bertepatan dengan penutupan Parlemen Ottoman di bawah tekanan dari pasukan pendudukan Inggris dan Prancis. Bersama dengan empat tokoh lainnya, ia setuju untuk menandatangani Perjanjian Sèvres, yang berisi kondisi bencana bagi Turki, yang menyebabkan kegemparan reaksi terhadapnya. Dia bukan salah satu penandatangan Perjanjian itu sendiri, [6] tetapi bersama dengan tiga penandatangan dia akan dicabut kewarganegaraannya oleh Majelis Nasional Besar Turki selama minggu penandatanganan perjanjian dan akan memimpin daftar 150 persona non grata Turki setelah Perang Kemerdekaan Turki . Ferid Pasha membalas dengan menjadi semakin memusuhi gerakan nasionalis baru yang dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha, yang berpusat di Ankara ; Damat Ferid Pasha mulai semakin berkolaborasi dengan pasukan pendudukan Sekutu

Bahkan setelah pemecatannya, dan pembentukan Pemerintah Ottoman baru di bawah Ahmet Tevfik Pasha, ia tetap tidak disukai secara luas (terutama di Anatolia ) dan dengan kemenangan Turki dalam Perang Yunani-Turki (1919–1922), ia melarikan diri ke Eropa. Dia meninggal di Nice, Prancis, pada 6 Oktober 1923, hari yang sama ketika pasukan Kemalis merebut kembali Konstantinopel, dan dimakamkan di kota Sidon, Lebanon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ İsmail Hâmi Danişmend, Osmanlı Devlet Erkânı, Türkiye Yayınevi, İstanbul, 1971 (Turkish)
  2. ^ Gunnar Heinsohn: Lexikon der Völkermorde. Reinbek 1998. Rowohlt Verlag. p. 80 (German)
  3. ^ RECOGNIZING THE 81ST ANNIVERSARY OF THE ARMENIAN GENOCIDE. United States Government Printing Office. Retrieved 21 January 2013
  4. ^ Armenian Genocide Survivors Remember Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.. Queens Gazette. Retrieved 21 January 2013
  5. ^ Dadrian, Vahakn N.; Akçam, Taner (2011). Judgment at Istanbul: The Armenian Genocide Trials (dalam bahasa Inggris). Berghahn Books. hlm. 66. ISBN 978-0-85745-251-1. 
  6. ^ See the signatories in the official text of the Treaty of Sèvres.