Suku Damal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Damal)
Suku Damal
Damal-me
Daerah dengan populasi signifikan
Indonesia: Papua Tengah: 22.479 (2010)[1]
Bahasa
Uhunduni (Damal-kal)
Agama
Mayoritas:
Kristen Protestan dan Katolik
Minoritas :
Islam, Animisme, Animatisme, Dinamisme dan Totem
Kelompok etnik terkait
Suku Amungme, Suku Dem

Damal atau Damalme (terj. har., orang Damal) adalah suatu kelompok etnis yang berasal dari wilayah pegunungan daerah Nabire di Provinsi Papua Tengah, Indonesia. Bahasa Damal adalah media komunikasi antara sesama etnis Damal. Suku ini memiliki hubungan dengan suku Amungme.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Orang Damal percaya bahwa mereka adalah keturunan pertama dari anak sulung nenek moyang bangsa manusia. Mereka hidup di sebela utara dan selatan pegunungan kartens dan juga di sepanjang sungai Nogolonogong (Mambramo).

Menurut legenda orang Damal berasal dari daerah Mepingama di Lembah Baliem, Wamena. Hal ini dapat ditelusuri dari kata Kurima yang artinya tempat pertama kali nenek moyang orang Damal berkumpul dan Hitigima yang berarti nenek moyang orang Damal pertama kali mendirikan honai dari alang-alang.

Dari tempat Kurima inilah dipercaya para pendiri berbagai suku tinggal, dari sini mereka meninggalkan kurima satu persatu menuju ke arah barat. Suku Mee pertama kali keluar dari daerah ini, diikuti oleh suku Moni setelah itu suku Damal dan suku Dani. Orang Damal memasuki daerah Ilaga dan Beoga, yang dahulu disebut Ilop. Daerah Beoga ini merupakan pusat dari suku Damal, mereka mendiami di sepanjang sungai Beogong dari hilir sampai dengan hulu.

Dari daerah Beoga dan Ilaga inilah orang Damal kemudian menyebar ke Jila, Alama, Bela, Tsinga, Hoya, Waa, Aroanop, Timika, dan Agimuga. Daerah-daerah ini secara turun-temurun mereka hidup menetap.

Dipercaya dari suku Damal ini kemudian terpecah menjadi dua suku bangsa, yaitu yang pertama adalah suku Damal yang hidup dan bertempat tinggal di Kabupaten Puncak, Ilaga dan Beoga, yang ke dua adalah suku Amungme yang hidup dan bertempat tinggal di Kabupaten Mimika, dan anak sukunya adalah suku Delem yang hidup dan bertempat tinggal di sepanjang sungai Mamberamo. Suku Delem ini juga dipercaya merupakan gabungan dari tiga suku, yaitu suku Damal, suku Dani, dan suku Wano.

Tradisi[sunting | sunting sumber]

Membuat api[sunting | sunting sumber]

Etnis Damal pada zaman dahulu telah memasak makanan dengan menggunakan api. Api dibuat dengan Hagan yaitu kayu kecil kering yang dibelah di bagian tengah dan menggunakan tali rotan yang kering. Kemudian tali rotan dijepit dengan kaju kering yang sudah dibelah, lalu ke dua ujung tali rotannya di tarik hingga gesekan antara tali rotan dan kayu mulai panas, kemudian panas itu mengeluarkan asap sampai tali rotan itu putus dan menghasilkan api.

Rumah Honai[sunting | sunting sumber]

Honai merupakan rumah adat suku damal secara turun-temuruan sampai kini. Honai yang terbuat dari alang-alang ini berarti bukan semuanya dari alang-alang melainkan atapnya saja yang dari alang-alang, kalau yang lain semuanya dari kayu-kayu tertentu yang bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Adat istiadat[sunting | sunting sumber]

Sistem sosial[sunting | sunting sumber]

Suku Damal menganut sistem moietas eksogami dimana masyarakat Damal terbagi menjadi dua kelompok sosial (paroh masyarakat) yang disebut moietas yang bernama Magaij dan Mom, tidak ada perbedaan status sosial mengenai kelompok Magaij dan Mom, akan tetapi anggota Magaij harus menikah dengan anggota Mom dan sebaliknya, dilarang untuk menikahi sesama anggota kelompok yang sama. Dalam satu kelompok meioty terdiri dari beberapa klan yang bermarga sama seperti klan Awom, Wakerokwa, dst. Di Beoga sendiri terdapat 37 klan sedangkan di Ilaga terdapat 8 klan. [2]

Sistem kepemimpinan dalam masyarakat Damal dipimpin oleh Nagwan ( nagawan) yang diharuskan ahli dalam bidang ekonomi seperti perladangan, peternakan babi, dan perdangangan kulit kerang (bia). Diharapkan pemimpin memiliki sifat dermawan (alapme), berani dan pintar dalam bebicara untuk memimpin dalam peperangan.[2]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli daerah Ilaga dan Beoga adalah orang Damal. Pembagian menurut marga Damal yang memiliki hak ulayat di daerah Ilaga adalah marga Magai yang menduduki daerah mulai dari kali Kungnomun sampai Owinomun.

Marga Alom menduduki daerah mulai dari Namungku Wanin sampai Towengki. Marga Murib (Mom) menduduki daerah Towengki dan bagian muarah kali Ilogong menduduki oleh Hagabal, Dang, dan Dewelek. Mulai dari Tagaloan sampai kelebet didiami oleh marga Kiwak. Daerah yang pertama kali didiami orang Damal adalah Ilaga dan Beoga yang merupakan pusat perkembangan orang Damal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ananta, A.; Arifin, E.N.; Hasbullah, M.S.; Handayani, N.B.; Pramono, A. (2015). Demography of Indonesia's Ethnicity. Institute of Southeast Asian Studies. hlm. 122. ISBN 978-981-4519-87-8. Diakses tanggal 2023-10-23. 
  2. ^ a b Melalatoa, M.J. (1995). Ensiklopedi suku bangsa di Indonesia: A-K. Ensiklopedi suku bangsa di Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. hlm. 216–217. Diakses tanggal 2022-10-25.