Dali S. Naga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Prof. Dr. Ir. Dali Santun Naga, MMSI atau Yo Goan Li (lahir di Tomini, Sulawesi Tengah, 22 Desember 1934; umur 82 tahun) adalah seorang pakar matematika dan menjadi Rektor Universitas Tarumanagara selama dua masa jabatan sejak 2000-2008.

Ia mendapat gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung pada 1960 dan kemudian meraih gelar Doktor dalam Ilmu Pendidikan dari IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta) pada 1980. Meskipun demikian, ia masih ingin terus belajar dan pada 1995 ia meraih gelar Magister Manajemen Sistem Informasi dari STMIK Gunadarma. Pada tanggal 11 Januari 1922, ia dikukuhkan sebagai guru besar IKIP Jakarta.

Dali S. Naga juga seorang praktisi komputer. Ia pernah membuat program BASIC dalam bahasa Indonesia (KILANG, singkatan dari Kaidah Informasi Lambang Aneka Nalar dan Guna). Ia juga menerjemahkan Applesoft Basic dan DOS 3,3 serta istilah-istilah komputer ke dalam bahasa Indonesia. Buku "Kilang 002: Basic dalam Bahasa Indonesia" karya Dali S. Naga diterbitkan oleh Kesaint Blanc tahun 1984. Sementara itu, Applesoft Basic dan Dos 3,3 yang diterjemahkannya pernah pula menjadi bahasa pemograman terpopuler bagi pengguna komputer mikro Apple II dan Apple II Plus.

Salah satu bukunya berjudul "Berhitung: Sejarah dan Pengembangannya" mendapat penghargaan sebagai buku terbaik tahun 1980 dari Yayasan Buku Utama.

Untuk memperingati hari ulang tahunnya yang ke-70, rekan-rekannya dari Universitas Tarumanagara menerbitkan sebuah buku peringatan yang berjudul "Naga nan Santun" yang diluncurkan pada 17 Februari 2005.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

Beberapa hasil karya tulis Prof. Dali S. Naga adalah:

  • Laporan studi pembudayaan etika penelitian di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia (1985)
  • Sistem Operasi Komputer: Teori dan Soal (1993)
  • "The Changing Roles of Universities" dalam Proceedings of ASPAC on ASET 2004 (2004)
  • "Kamar Duar Ratus Empat Belas" sebuah fiksi yang pernah dimuat sebagai cerita bersambung di harian Kompas, edisi 21 April 1980 s.d. 13 Mei 1980.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]