Dak-galbi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dak-galbi
Korean cuisine-Dakgalbi-01.jpg
Nama lainAyam tumis pedas
JenisBokkeum
Tempat asalKorea
Masakan nasional terkaitHidangan Korea
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaAyam
Energi makanan
(per porsi 4)
788 kkal (3299 kJ)[1]
Nama Korea
Hangeul닭갈비
Hanjan/a
Alih Aksara yang Disempurnakandak-galbi
McCune–Reischauertak-kalbi

Dak-galbi (닭갈비), atau ayam tumis pedas adalah hidangan populer Korea yang dibuat dengan menumis daging ayam yang dipotong berbentuk dadu yang telah diasinkan sebelumnya dalam rendaman saus gochujang, serta dicampur dengan ubi jalar, kol, daun perilla, daun bawang, tteok (kue beras), dan bahan-bahan lainnya.[2] Setiap restoran dak-galbi biasanya menyediakan piring besi panas yang terpasang di tengah meja. Selada dan daun perilla juga disediakan untuk membungkus dak-galbi.

Sejarah dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Walaupun sebenarnya dak dan galbi diterjemahkan menjadi "ayam" dan "iga", kata dak-galbi tidak merujuk pada iga ayam.

Hidangan ini muncul pada tahun 1960-an sebagai anju (makanan pendamping alkohol) murah di kedai minuman kecil di pinggiran kota Chuncheon.[3] Dak-galbi menjadi pengganti hidangan gui, yang dipanggang di atas arang, yang harganya relatif mahal.[3] Dak-galbi kemudian menyebar ke berbagai distrik utama Chuncheon, tempat yang industri peternakannya berkembang dan menawarkan bahan-bahan segar tanpa perlu pendinginan.[3] Dak-galbi terkenal dikalangan tentara dan mahasiswa, lantaran harganya relatif murah dan disajikan dalam porsi besar, sehingga mendapat sebutan "galbi orang biasa" atau "galbi para mahasiswa" pada tahun 1970an.[4]

Hidangan ini merupakan hidangan lokal kota Chuncheon, dan sering disebut sebagai dak-galbi Chuncheon.[3] Kota Chuncheon juga mengadakan festival tahunan yang bertujuan untuk mengenalkan makanan lokal yang mewakili Chuncheon, yaitu dak-galbi. Di Chuncheon juga terdapat gang yang berisi banyak restoran dak-galbi.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "dak-galbi" 닭갈비. Korean Food Foundation (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 15 Mei 2017. 
  2. ^ National Institute of Korean Language (30 Juli 2014). "주요 한식명(200개) 로마자 표기 및 번역(영, 중, 일) 표준안" (PDF) (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 19 Februari 2017. RingkasanNational Institute of Korean Language. 
  3. ^ a b c d "Chuncheon dakgalbi" 춘천닭갈비 [Spicy Grilled Chicken]. Doopedia (dalam bahasa Korea). Doosan Corporation. Diakses tanggal 15 Mei 2017. 
  4. ^ Kim, Violet (14 August 2015). "Food map: Eat your way around South Korea". CNN. Diakses tanggal 15 May 2017. 
  5. ^ "Chuncheon Dakgalbi & Makguksu Festival" 춘천 닭갈비막국수축제. Korea Tourism Organization. Diakses tanggal 15 Mei 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]