Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daha Selatan
Kantor camat Daha Selatan
Kantor kecamatan Daha Selatan
Peta lokasi Kecamatan Daha Selatan
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Selatan
KabupatenHulu Sungai Selatan
Pemerintahan
 • CamatNafarin, SSTP, M.Si
Populasi
 • Total39,236 jiwa
Kode Kemendagri63.06.07
Kode BPS6306090
Luas322,82 km²
Desa/kelurahan16/-

Daha Selatan adalah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Penduduknya menganut agama Islam dan sebagian 90% suku Banjar, serta 10% suku Nusantara baik pendatang maupun perkawinan.

Kecamatan Daha Selatan merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Negara tempo dulu, yang kini dipecah menjadi wilayah Daha Barat, Daha Utara, dan Daha Selatan. Apabila menyebutkan urang Negara (orang Negara), maka bisa mengacu pada ketiga wilayah di atas.

Bentukan alamnya sebagian besar rawa dengan tipikal rumah panggung terbuat dari kayu ulin. Penduduknya memiliki pencaharian sebagai nelayan, berdagang, petani, hingga pegawai negeri.

Daha Selatan memiliki Stadion Sepak Bola, GOR Badminton, pasar Negara, dan fasilitas umum yang memadai di ibu kota kecamatan.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Alat transportasi yang biasa digunakan masyarakatnya berupa jukung/klotok yaitu kapal kayu bermesin, karena sebagian besar wilayahnya yang terdiri dari air rawa dan sungai-sungai besar. Selain itu masyarakat juga dapat menggunakan motor, mobil, becak motor, dan truk karena akses jalan aspal sudah tersedia menghubungkan Negara ke Kandangan maupun Amuntai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]