Daftar periksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Daftar periksa biasanya digunakan dalam antarmuka grafis pengguna.
Daftar periksa berguna untuk menerapkan metodologi.

Daftar periksa, daftar simak, atau daftar cek (Inggris: checklist) adalah sejenis bantuan pekerjaan yang digunakan untuk membantu memastikan kekonsistenan dan kelengkapan dalam melaksanakan tugas. Contoh dasar daftar periksa adalah "daftar tugas".[1] Contoh lain daftar periksa adalah jadwal yang menjabarkan tugas yang harus diselesaikan menurut waktu atau faktor lain.[2]

Penggunaan daftar periksa tertulis dapat mengurangi kecenderungan untuk menghindari, lupa, atau mengabaikan langkah-langkah penting dalam tugas apa pun.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ alexpuscasu (14 December 2020). "Checklist, what is it and why use it? – Ape" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-23. 
  2. ^ "Schedule". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-15. Diakses tanggal 2021-07-23. 
  3. ^ Ranapurwala, Shabbar Ismailbhai (2014). Prevention of scuba diving mishaps using a predive checklist:A cluster randomized trial (PDF). PhD dissertation (Laporan). University of North Carolina. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Courtnell 2019" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fox 2010" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Hodges et al 2019" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.