Daftar penghargaan yang diterima dan dimiliki Kepulauan Riau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Walau Kepulauan Riau merupakan provinsi termuda ke-3, namun Kepulauan Riau sudah menerima beberapa penghargaan. Penghargaan ini semakin menambah kemajuan Kepulauan Riau dalam rangka ikut membangun kemajuan Indonesia. Berikut merupakan penghargaan, apresiasi, kemenangan, atau keistimewaan yang diterima dan dimiliki oleh provinsi Kepulauan Riau.

Daftar penghargaan[sunting | sunting sumber]

No. Penghargaan Keterangan
1. Funtasy Island, sebuah proyek obyek wisata di Batam yang sedang dibangun akan menjadi eko-wisata alam terbesar se-dunia. Proyek ini dibangun oleh perusahaan asal Singapura dan Indonesia.
2. Pulau Bawah, di Kepulauan Anambas termasuk dalam lima pulau tropis terbaik se-Asia versi CNN.
3. Kepulauan Riau meraih Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan tahun 2014 dari Menteri Ketenagakerjaan sebagai Terbaik Utama.
4. Kepulauan Riau meraih Penghargaan Nasional bidang Kelautan dan Perikanan tahun 2014 juga menjadi provinsi percontohan perikanan nasional.
5. Kepulauan Riau menerima Penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) tahun 2014. Di tahun 2013, Kepulauan Riau juga meraih penghargaan ini.
6. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau mendapat penghargaan Stan Terbaik di Pameran Batam Nasional Expo tahun 2013.
7. Batam-Bintan menjadi salah satu destinasi MICE yang ditetapkan pemerintah Indonesia.
8. Kepulauan Riau, khususnya kota Batam menjadi pusat percontohan wisata lintas batas di Indonesia, misalnya menjadi panutan bagi kota Manado, pulau Belitung,dan Kalimantan.
9. Kota Batam menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara utama ke-3 di Indonesia, setelah Bali dan Jakarta.
10. Club Med Ria Bintan menjadi hotel terbaik bertema keluarga di Asia, bersama Club Med Cherating Beach di Malaysia dan Club Med Bali versi TripAdvisor.
11. Pulau Penyengat di Tanjungpinang, menjadi salah satu daftar tentatif Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia.
12. Masjid Raya Sultan Riau di pulau Penyengat menjadi salah satu masjid tertua dan terunik di Indonesia karena dibangun dari campuran bahan bangunan dan putih telur.
13. Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani mendapat penghargaan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Award sebagai tokoh birokrat terbaik.
14. Club Med Ria Bintan menjadi resor all-in terbaik ke-6 se Asia versi TripAdvisor.
15. Tim Kepulauan Riau menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXV dan berhak mewakili Indonesia di Musabaqah Internasional. Kepulauan Riau, lebih tepatnya Kota Batam juga menjadi tuan rumah acara tersebut. Kafilah provinsi Kepri juga berhasil menjadi juara kedua kategori Pawai Ta'aruf Terbaik.
16. Kiki Kartika, wakil Kepulauan Riau lebih tepatnya Kota Batam menjadi pemenang Putri Citra Indonesia 2011.
17. Glory Rosary Oyong dari Batam mewakili Indonesia di ajang Miss Tourism Queen International (MTQI) 2007 di Tiongkok dan berhasil menyabet gelar Miss Press Princess, Runner Up 1 Miss Talent, dan Runner Up 1 Miss Asia. Glory juga mengikuti World Miss University 2008.
18. Kepulauan Riau meraih peringkat terbaik ke-3 pada Penghargaan Pencapaian Sasaran Tujuan Pembangunan Millenium (MDGs) Tahun 2013 dan terbaik ke-5 pada tahun 2014.
19. Raja Ali Haji, seorang budayawan dari Kesultanan Lingga (sekarang berlokasi di Kepulauan Riau) merupakan pencipta Gurindam Dua Belas dan juga menciptakan Bahasa Indonesia di pulau Penyengat.
20. Kepulauan Riau berhasil meraih penghargaan Penata Tari Unggulan, 13 Penyaji Unggulan, dan Pemenang Antar Wilayah/Perwakilan Wilayah Sumatera pada Parade Tari Nusantara TMII 2013.
21. Kepulauan Riau berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan tahun Anggaran 2013 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Ini merupakan penghargaan yang keempat kalinya yang diterima oleh provinsi Kepulauan Riau.
22. Kepulauan Riau berhasil meraih Anugerah Parahitha Ekapraya (APE) Tingkat Utama tahun 2010. Kepri juga menerima penghargaan pengelola terbaik Program Terpadu Peningkatan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atas Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan, pengelola terbaik Bina Keluarga Balita (BKB) atas Kelompok BKB Bougenville, Kelurahan Sekanak, Belakangpadang, Batam, pengelola terbaik Kecamatan Sayang Ibu dari Tanjungpinang, pengelola terbaik Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi atas Rumah Sakit Sayang Ibu dan Anak Mutiara Sani, Batam, dan terakhir menyabet penghargaan perusahaan terbaik yang memperkerjakan tenaga kerja perempuan yaitu PT Giemmeil di kecamatan Sri Kuala Lobam, Bintan.
23. Tim Bandung Karate Club (BKC) Kepulauan Riau meraih dua emas, dua perak, dan satu perunggu dalam turnamen It's Karate Mayor's Cup Championships 2014 di Kuala Lumpur, Malaysia.
24. Pusat Pendidikan Pelatihan Pelajar (PPLP) Kepulauan Riau meraih juara lima nasional dalam Kejuaraan Nasional Antar-PPLP Tinju tahun 2014 di Ternate, Maluku Utara dengan menyabet satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.
25. Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani menerima Anugerah Kihajar Award 2013 untuk kategori Kepemimpinan.
26. Kontingen Kepulauan Riau merebut Juara Umum II dalam kejuaraan nasional karate-do perguruan Tangan Kosong (Tako) tahun 2014 dan akan melaju ke tingkat PON.
27. Club Med Ria Bintan mendapat peringkat ke-10 dalam hotel terbaik untuk keluarga se-Asia tahun [2015]] menurut TripAdvisor dalam Traveler's Choice Award 2015.
28. Pantai Sisi di Natuna menjadi salah satu pantai terbaik di dunia versi majalah Island bulan September 2006.
29. Nongsa Point Marina Resort Batam menjadi salah satu destinasi internasional dalam pemilihan model se-Asia, Asia's Next Top Model, Siklus 1.