Daftar karakter Modern Warfare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ada banyak sekali karakter dan faksi yang diperlihatkan sepanjang seri ini dari tahun 1996 sampai 2017 dalam 3 permainan dalam seri Modern Warfare, termasuk film pendek Find Makarov: Operation Kingfish (atau Operation Kingfish/Op Kingfish singkatnya). 3 tokoh yang muncul dalam ketiga seri tersebut adalah John 'Soap' MacTavish,mantan tentara SAS, John Price, mentor Soap dan Nikolai, teman lama Price.

(K. I. A.)John 'Soap' MacTavish[sunting | sunting sumber]

Kapten (dulu Sersan) John "Soap" MacTavish (Kevin McKidd, Jon Morgan (Operation Kingfish)) adalah protagonis utama dari Skotlandia dalam seri ini. Pada permainan pertama, Soap menjadi sersan dan membantu Kapten Price, pemimpin dari Tim Bravo Resimen 22 SAS (penembak jitu dan ahli peledak). Soap menjalani latihan dan tes serangan jarak dekat (Close-Quarter Battle) dan langsung dipercaya Price menjadi anggota Tim Bravo SAS menyerbu kapal Ultranasionalis yang membawa paket nuklir untuk Al-Asad. Selanjutnya, Tim Bravo SAS bersama Loyalis Rusia manguasai kembali sebuah desa yang dikuasai oleh Ultranasionalis sekaligus menyelamatkan Nikolai yang akan dieksekusi tentara Ultranasionalis dengan memberikan bantuan sebagai penembak jitu. Tim Bravo SAS dan Nikolai selamat dan pergi dari sana. Tetapi helikopter mereka jatuh dan mereka berusaha kabur dengan menyelinap sementara pasukan musuh (Ultranasionalis) mencari mereka.

Setelah selamat dan mengamankan Nikolai di Hamburg, Jerman, Tim Bravo diberitahu Nikolai tentang persembunyian al-Asad di sebuah desa di Azerbaijan. Mereka menyerbu desa itu, menginterogasi dan membunuh Al-Asad serta kabur dari penyerbuan kepada mereka oleh pasukan Ultranasionalis dan bergabung dengan tim Bravo USMC untuk membunuh Imran Zakhaev yang akhirnya dilakukan oleh Soap untuk menyelamatkan Price. Setelah tewasnya Imran Zakhaev, Soap dipromosikan menjadi Kapten dan bersama Price, Roach, Ghost, Sandman dan Frost melakukan operasi membunuh teroris Rusia, Vladimir Makarov. Dalam ekstrasi pada misi yang gagal tersebut, Price mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan mereka semua, terutama Soap yang terluka parah karena tembakan RPG.

3 tahun kemudian, Soap dan Roach, anggota Task Force 141, Unit Multibangsa Anti-Teroris menyusup ke pangkalan udara di Pegunungan Tian Shan di Kazakhstan untuk mengambil Modul Sistem Karakterisasi Serangan dari sebuah satelit Amerika Serikat yang jatuh di sana. Mereka berhasil mendapatkannya dan langsung kembali ke markas. Setelah pembantaian massal di Bandara Internasional Zakhaev, Moskow, Soap, Roach, dan lainnya mencari Alejandro Rojas, pedangang senjata yang menyuplai pembantaian massal di bandara itu di Rio de Janeiro, Brazil. Mereka mendapat informasi darinya bahwa musuh besar Makarov, Tahanan 627 ditahan di sebuah Gulag di Petropavlosk, Rusia.

TF-141 segera melaksanakan 2 tahap ekstrasi 627, pertama menetralkan sebuah penambangan minyak lepas pantai yang digunakan sebagai tempat Rudal SAM oleh Ultranasionalis. Kedua, menerobos Gulag itu sendiri dan menyelamatkan 627 yang tidak lain adalah Kapten John Price, mentor dan teman dari Soap. Segera setelah mereka berjumpa, TF-141 berusaha menghentikan sebuah kapal selam nuklir Ultranasionalis. Tetapi Price memakainya untuk meluncurkan rudal

John Price[sunting | sunting sumber]

Kapten (dulu Letnan) John Price/Bravo 6, pemimpin Tim Bravo SAS (Billy Murray (game), David Kinsman (Operation Kingfish)) adalah protagonis kedua dari Inggris bersama dengan Soap dalam seri ini. Dalam awal permainan, Price tidak begitu yakin akan kemampuan Soap (dengan berkata "Bagaimana badut sepertimu bisa lolos dari seleksi."). Tetapi, Price segera menjadi respek akan kemampuan Soap dan menggabungkannya dalam tim Bravo SAS yang menyerbu kapal kargo. Kemudian, Price, Gaz, Soap mengekstrasi Nikolai dari sebuah desa di Rusia dengan bentuan Loyalis. Tetapi dalam perjalanan, helikopter mereka ditembak jatuh dan dengan bantuan AC-130 "Wildfire", mereka lolos dari kejaran pasukan Ultranasionalis.

Setelah mendapatkan informasi dari Nikolai tentang rumah persembunyian Khaled Al-Asad, Price, Gaz dan Soap dengan bantuan seorang Loyalis dan helikopter penyerang "Mosin 2-5" menangkap dan menginterograsi Al-Asad, tetapi Price membunuhnya karena Al-Asad bukan sang pengebom, tetapi Imran Zakhaev, Pemimpin Ultranasionalis yang Price kira sudah tewas 15 tahun yang lalu.

Selanjutnya, Tim Bravo SAS

"Nikolai"[sunting | sunting sumber]

Sersan Senior (dulunya) Kodenama: Nikolai (sebutan Kapten Price baginya) adalah nama samaran dari informan Ultranasionalis bagi Kapten Price yang diselamatkan Tim Bravo SAS dengan bantuan Loyalis pada misi "Blackout" saat ia akan dieksekusi karena samarannye terbongkar oleh tentara Ultanasionalis. Tidak banyak yang diketahui selanjutnya, selain ia membantu Tim Bravo SAS dan Loyalis tentang persembunyian Al-Asad di Azerbaijan. Dalam Call of Duty: Modern Warfare 2, Nikolai dihubungi Soap yang bersama timnya sedang dikejar militia Brazil di Rio de Janeiro, Brazil. Nikolai menyelamatkan mereka dan kabur dari sana.

Selanjutnya, Nikolai mengekstrasi Price dan Soap (dan Rook yang sudah tewas) pergi dari perang segitiga antara Ultranasionalis Makarov, Shadow Company Shepherd dan Task Force 141 di Afghanistan. Ketika datang melihat suasana tempat itu, Nikolai mengomel dalam bahasa Rusia "Вот дерьмо! Нет, мне явно недоплачивают за эту работу! Одни ракеты сколько стоят! Твою мать! Пизда! / Vot dyermo! Net, mnye yavno nedoplachivayut za etu rabotu! Odni rakyety skolko stoyat! Tvoyu mat! Pizda! (Oh sial! Tidak, aku jelas tidak dibayar untuk pekerjaan ini! Beberapa rudal berterbangan dimana-mana! Persetan! *****!)". Setelah menyelamatkan mereka, Nikolai mengantar mereka tepat di atas Site Hotel Bravo, dekat Kandahar, Afghnistan. Price melarang Nikolai untuk menjemput mereka, tetapi setelah Shepherd tewas, Nikolai melawan larangan Price dan menjemput mereka berdua.

Bersama Price, Nikolai mengantar Soap yang terluka parah ke Himachal Pradesh, India, markas Loyalis. Tetapi pasukan Makarov menyerbu mereka dan setelah perlawanan sengit dengan bantuan Yuri, orang kepercayaan Nikolai, mereka berempat kabur dari India. Sekarang, mereka berempat dikenal sebagai Tim Bravo TF-141 Disavowed (TF-141 Dis.). Dua bulan setelah itu, Price, Soap dan Yuri berusaha mencegah pengiriman "Kargo Makarov", yaitu bom gas kimia biologis untuk menghancurkan Eropa. Price meminta jemputan Nikolai secepatnya setelah gagal menangkapnya. TF-141 Dis. dengan bentuan anak buah Nikolai menyerang pelabuhan di Bossaaso, Somalia untuk mendapatkan informasi tentang asal bom beracun itu sebelum badai pasir datang.

Sialnya, proses ekstrasi terganggu dan helikopter Nikolai jatuh. Mereka semua mengekstrasi Nikolai dan pergi dari sana. Selanjutnya, Nikolai menjemput Price dan Yuri (Soap sudah meninggal) dan menyusun rencana selanjutnya untuk membunuh Makarov. Nikolai menjemput mereka berdua setelah mereka menyusup ke dalam sebuah kastil dekat Praha, Ceko. 3 bulan kemudian (setelah perjanjian damai AS-Rusia), Price dan Yuri menyerbu Hotel Oasis (kemungkinan besar Burj al-Arab) di Jazirah Arab (kemungkinan besar Dubai, UEA) dengan Nikolai menyadap kamera dan lift hotel tersebut. Nikolai terakhir kali terdengar ketika memberikan arahan kepada Price untuk menggapai helikopter Makarov.

Call of Duty 4: Modern Warfare[sunting | sunting sumber]

Berkisah pada tahun 2011, Partai Ultranasionalis Rusia yang dipimpin oleh Imran Zakhaev memulai Perang Saudara Rusia kedua melawan Loyalis Rusia. Untuk mengalihkan perhatian Barat, Zakhaev memerintahkan temannya, Khaled Al-Asad, pemimpin gerakan pemberontak atau Opposing Force/OpFor untuk mengkudeta sebuah negara di Jazirah Arab dan melawan Amerika Serikat. Tetapi, seorang Kapten Tim Bravo dari Resimen ke-26 SAS, Kapten John Price menyadari gerakan tersebut. Maka ia dan teman-temannya akan menghentikan usaha Zakhaev untuk menguasai Rusia. Akankah mereka berhasil?

Faksi-faksi[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Special Air Service - Pasukan dari Resimen ke-26 dari SAS, yaitu tim Bravo yang dipimpin oleh Kapten Price.[sunting | sunting sumber]

  • United States Marine Corps/Korps Marinir Amerika Serikat

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • Partai Ultranasionalis
  • Opposing Force

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

  • Letnan "Gaz" - Tangan kanan dari Price. Ia adalah seseorang yang mungkin mempunyai rasa humor yang buruk ketika ia menganggap Perang Saudara Rusia sebagai kabar baik dan sebaliknya tentang John "Soap" MacTavish, tentara rekrutan asal Skotlandia.
  • Kapten MacMillan - (Zach Hanks) Mentor dari Price dalam 2 misi masa lalu "All Ghillied Up" dan "One Shot, One Kill"

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • Imran Zakhaev
  • Khaled al-Asad
  • Viktor Zakhaev

Call of Duty: Modern Warfare 2[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa karakter dan faksi yang muncul dalam Call of Duty: Modern Warfare 2, karakter-karakter utama dari Task Force 141 (TF-141), sebuah unit tentara multi-negara kontra-teroris pimpinan Jendral Shepherd yang berusaha membunuh Vladimir Makarov, pemimpin dari Partai Ultranasionalis Rusia sayap Ekstremis.

Faksi - faksi[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

  • Task Force 141 - Satuan unit elit tentara internasional antiteroris yang anggotanya mencakup tentara-tentara hebat dari seluruh dunia. Anggotanya mayoritas berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia.
  • U.S. Army Rangers - Pasukan elit AS yang bertugas menghadang serangan Rusia ke Pantai Timur Amerika Serikat sepanjang permainan.
  • U. S. Army - Pasukan angkatan darat Amerika Serikat yang dipimpin oleh Overlord, basis pasukan AS secara keseluruhan.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • Federasi Rusia - Antara tahun 2011 sampai 2016, terjadi pergantian tampuk kepemimpinan dari Imran Zahaev yang sudah tewas menjadi Vladimir Makarov. Setelah kematian Imran Zakhaev, partai ini sempat mengalami kebingunan dan segera digantikan dengan diangkatnya Makarov sebagai pemimpin mereka. Kemudian partai ini terpecah menjadi dua karena perbedaan tujuan Vorshevsky dan Makarov, yaitu:
    • Sayap Politik - Pada tahun 2016, Ultranasionalis dipimpin oleh Boris Vorshevsky dari Sayap Parlementer dan Moderat.
    • Lingkaran Dalam (Partai Ultranasionalis Sayap Ekstremis) - Dipimpin oleh Vladimir Makarov "Bayangan dari Zakhaev". Melakukan berbagai aksi terorisme di dalam maupun luar Rusia.
  • Shadow Company - Unit militer yang dibentuk dan dipimpin oleh Letnan Jenderal Shepherd untuk membunuh TF-141 dan Lingkaran Dalam secara bersamaan. Anggotanya hanya mematuhi Shepherd dan loyal kepadanya. Setelah Shepherd tewas, statusnya tidak diketahui.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

  • Kapten John "Soap" MacTavish - (Kevin McKidd) Kembali dari Call of Duty 4: Modern Warfare sebagai anggota TF-141 dari Skotlandia. Ia adalah komandan di lapangan sebelum Price, atasan Roach dan Ghost dan hampir semua anggota TF-141. Ia lebih banyak menjadi karakter yang tidak dimainkan (Non-Playable Character/NPC) sepanjang permainan. Ia dimainkan dalam 3 misi terakhir, pertama ketika Soap, Price dan Rook berusaha kabur dari perang segitiga antara TF-141, Shadow Company dan Ekstremis dengan bantuan Nikolai. Pada 2 misi selanjutnya, Price dan Soap berusaha membunuh Shepherd yang mendeklarasikan keduanya adalah penjahat perang dan pemicu Perang Rusia-Amerika. Soap dan Price, setelah pengejaran yang panjang, berhasil menemukan Shepherd. Ketika Soap akan membunuhnya, Shepherd segera menjatuhkan Soap dan menusuknya di dada. Shepherd hampir membunuh Soap ketika ia dipukul Price dan segera Soap menarik pisau di dadanya dan melemparnya tepat ke mata kiri Shepherd. Soap segera ditolong Price dan Nikolai ke India untuk mendapatkan pertolongan medis.
  • Kapten John Price - (Billy Murray) Kapten Inggris yang kembali dari Call of Duty 4: Modern Warfare. Kemunculan pertamanya adalah dalam misi "The Gulag" ketika Soap, Roach, Ghost dan Angkatan Laut AS menyelamatkannya dari sebuah Gulag di Rusia setelah ditahan dalam Operation Kingfish. Setelah itu, Ia menggantikan Soap menjadi komandan di lapangan. Kemunculan terakhirnya di permainan adalah saat Ia dan Soap berusaha membunuh Shepherd di Afghanistan. Setelah jatuh dari air terjun, Price segera memukul Shepherd (yang hampir membunuh Soap) dan terlibat perkelahian satu-lawan-satu dengan Shepherd. Ia pingsan selama beberapa saat, dan siuman dengan Shepherd yang sudah tewas. Ia segera menolong Soap dan bersama Nikolai terbang ke India.
  • (K. I. A.) Letnan Simon "Ghost" Riley - (Craig Fairbrass) Letnan misterius dari Inggris yang menjadi tangan kanan dari Soap (kemudian Price) dan atasan dari Roach. Sedikit yang diketahui darinya kecuali Ghost adalah ahli dalam komputer dan senjata taktis. Kemunculan pertamanya adalah di misi "Takedown" ketika Soap, Roach dan Ghost serta beberapa anggota TF-141 lainnya berusaha menangkap Alejandro Rojas, pedagang senjata gelap di Rio de Janeiro. Kemunculan terakhirnya adalah di misi "Loose Ends" ketika Ghost dan Roach dikhianati dan dibunuh Shepherd.
  • (K. I. A.) Sersan Gary "Roach" Sanderson - Karakter yang dimainkan dalam sebagian besar permainan ini. Anggota Task Force 141 dari Skotlandia dan bawahan dari Kapten John "Soap" MacTavish yang terlibat sepanjang perburuan terhadap Vladimir Makarov. Ia dimainkan dari misi "Cliffhanger" ketika Ia dan Soap menyeludup ke markas Ultranasionalis di Kazakhstan. Penampilan terakhirnya adalah di misi "Loose Ends" ketika Ghost, Roach, Scarecrow, Ozone, Archer dan Toad berusaha membunuh Makarov di rumah persembunyiannya di perbatasan Georgia-Rusia. Sebaliknya, tim tersebut mendapatkan "pedoman operasi" Makarov dan Roach menyalinnya. Ketika ekstrasi, Roach terluka dan ditolong Ghost ke Pave Low. Malangnya, Roach dan Ghost dikhianati dan dibunuh Shepherd dengan dibakar.
  • (K. I. A.) Meat dan Royce, Scarecrow dan Ozone, Archer dan Toad, Rook - Meat dan Royce adalah sepasang anggota TF-141 yang terlibat dalam misi "Takedown". Setelah Meat memperingatkan warga Brazil yang tinggal di favela, Meat, Royce dan Roach segera terlibat adu tembak dengan Militia Brazil. Keduanya terbunuh dan Roach selamat. Scarecrow dan Ozone adalah sepasang anggota TF-141 yang muncul dalam misi "Loose Ends". Keduanya mati ketika berusaha melindungi perangkat penyalin yang dipasang Roach untuk menyalin semua file yang berhubungan dengan Makarov. Archer dan Toad adalah sepasang penembak jitu anggota TF-141 yang bertugas melindungi Ghost, Roach, Scarecrow dan Ozone. Keduanya diperkirakan meninggal ketika Shepherd membunuh Ghost dan Roach sementara anggota Shadow Company mencari mereka berdua. Rook adalah anggota TF-141 dari Australia yang mengendarai jip untuk sarana Price, Soap dan dia kabur dari pertarungan antara Ekstremis Makarov dan Shadow Company Shepherd. Rook dibunuh anggota Shadow Company dalam ekstrasi dan Soap mengendalikan setir jip karena kaki Rook yang menginjak pedal gas.
  • Kode nama: Nikolai - Atau Nikolai singkatnya adalah informan Rusia yang kembali dari Call of Duty 4: Modern Warfare. Ia sering berperan sebagai pilot bagi anggota TF-141. Ia terdengar pertama kali ketika misi "The Hornet's Nest" ketika ia menyelamatkan Soap, Ghost dan Roach serta 2 anggota TF-141 dari kejaran Militia Brazil dengan Pave Low/Helikopter Pengangkut. Kemudian, Ia menyelamatkan Price dan Soap dengan sebuah AC-130/Hercules dari perang segitiga di Afghanistan. Kemudian Nikolai mengantar Price dan Soap dalam misi untuk membunuh Shepherd dan menjemput mereka meskipun Price melarang. Ketika Price bertanya dimana tempat aman untuk mereka berdua, Nikolai hanya menjawab "Da, I know a place./Ya, aku tahu suatu tempat."
  • Prajurit James Ramirez - Karakter yang dimainkan dalam sebagian besar kampanye US Army Rangers dari mempertahankan Pantai Timur AS sampai kemenangan di Gedung Putih. Pertama dimainkan dalam misi "Wolverines!" ketika Ia, Foley dan Dunn berusaha melindungi Raptor, informan Amerika Serikat. Kemudian mereka bertiga membantu evakuasi sekitar 2.000 orang yang terkepung diPenampilan terakhirnya ketika di misi "Whiskey Hotel", atau disingkat WH/White House/Gedung Putih ketika ketiganya mencegah bom karpet oleh USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat) terhadap Washington, D.C.
  • (K. I. A.) Prajurit Kelas Satu/Pratu Joseph Allen/Alexei Borodin - (Troy Baker) Lahir di Ithaca, New York pada tahun 1993/94. Dimainkan pada 2 misi pertama dan keempat. Pertama dimainkan di misi "S.S.D.D." ketika Allen, Foley, Dunn dan Shepherd melatih pasukan Afghan National Army (ANA) di Afghanistan. Penampilan terakhirnya adalah di misi kontrovesial "No Russian" ketika Ia, Makarov, Viktor, Lev dan Kiril melakukan pembunuhan massal di Bandara Internasional Zakhaev. Allen kemudian dibunuh Makarov karena identitasnya sudah diketahui olehnya untuk dijadikan perlindungan aksi Makarov di bandara tersebut.
  • Sersan Foley - (Keith David) Ketua tim Hunter 2-1 yang beranggotakan ia, Dunn, dan Allen (kemudian Ramirez) dan beberapa tentara lain. Ia muncul di misi pertama ketika Ia, Dunn dan Allen mengajari ANA , selanjutnya tim Hunter 2-1 dan Hunter 2-3 membantu ANA menguasai kembali kota yang dikuasai OpFor ("Team Player"). Kemudian Ia, Dunn dan semua tentara dipindahkan ke AS untuk menghadapi serangan Rusia. Ramirez bergabung dalam Hunter 2-1 menjadi bawahan dari Foley. Akhir kemunculannya ketika mereka bertiga (Foley, Dunn dan Ramirez) membantu tentara Amerika Serikat dalam usaha menguasai kembali Gedung putih. Sepanjang misi "Wolverines" sampai "Whiskey Hotel" ia terus memberi perintah kepada Ramirez. Itupun dijadikan meme yang cukup terkenal di dunia maya. Meme tersebut biasanya diawali dengan "Ramirez!" kemudian dilanjutkan dengan perintah yang biasanya aneh dan tidak mungkin. Misalnya: Ramirez! Hancurkan helikopter penembak (Gunship) tersebut dengan batu, dll.
  • Kopral Dunn - (Barry Pepper) Anggota Hunter 2-1 dengan posisi tangan kanan dari Foley. Kemunculan pertamanya adalah di misi "S.S.D.D." ketika Ia menyuruh Allen mengajari ANA. Kemunculann terakhirnya di misi "Whiskey Hotel" ketika Hunter 2-1 berhasil menguasai kembali Gedung Putih. Ia berkata mungkin nanti akan ada serangan balasan ke Moskwa.
  • Overlord - Kode nama dari Basis Komando Tentara AS yang memberikan komando dan informasi tentang suatu objektif dan kekuatan musuh sepanjang kampanye Amerika Serikat.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • (K. I. A.) Letnan Jendral "Gold Eagle" Shepherd - (Lance Heriksen) Protagonis, kemudian Antagonis utama dalam permainan. Komandan dari US Army Rangers, TF-141 dan sekitar 30.000 USMC yang tewas dalam perang melawan OpFor. Marah dan kecewa atas kekuatan Amerika Serikat yang lemah dan dunia internasional yang tidak menghiraukan ancaman dari Rusia yang dikuasai Ultranasionalis, Ia segera membangun unit militernya yang hanya loyal kepadanya, Shadow Company untuk membunuh TF-141 dan Vladimir Makarov, teroris Rusia dan pemimpin Partai Ultranasionalis sayap Ekstremis. Ia mengutus Allen melalui CIA sengan nama samaran "Alexei Borodin" untuk mengikuti Makarov yang telah terikat suatu perjanjian dengannya. Ia mengutus TF-141 untuk memburu Makarov. Dalam sepanjang permainan, terungkap bahwa Shepherd yang bertanggung jawab atas pembunuhan massal di Bandara Internasional Zakhaev. Misinya adalah untuk membuat Amerika Serikat sekali lagi menjadi kekuatan global yaang tak tertandingi dan membuat dirinya sendiri pahlawan yang membuat semua itu. Pada misi "Second Sun", ia mendapatkan cek kosong dari pemerintah AS yang berarti ia boleh memakai semua uang pemerintah untuk membunuh Makarov. Di misi "Loose Ends", Shepherd dan Shadow Company (SC) membunuh anggota TF-141 yang terbagi 2 di Afghanistan dan perbatasan Georgia-Rusia. Setelah kegagalannya untuk membunuh Price dan Soap, Shepherd mendeklarasikan semua anggota TF-141 sebagai pengkhianat dan kriminal dunia. Banyak anggota TF-141 yang ditangkap aupun dibunuh karena aksinya dan Shepherd menjadi pahlawan perang. Pada misi "Just Like Old Times", Price dan Soap berusaha membunuh Shepherd di Basis /Hotel Six Bravo (H6B) di jaringan gua di Afghanistan. Shepherd segera menghancurkan H6B dan kabur dengan perahu motor dikawal konvoi perahu motor yang berisi ratusan anggota SC. Price dan Soap selamat dan berusaha membunuh Shepherd. Akhirnya, Soap membunuh Shepherd dengan melempar pisau tepat ke mata kirinya pada misi "Endgame".
  • Vladimir R. Makarov - (Roman Varshavsky) Antagonis kedua yang pertama dikenalkan dalam permainan. Pemimpin Partai Ultranasionalis sayap Ekstremis, pembunuh psikopat yang marah atas kematian Imran Zakhaev dan bersumpah akan membunuh Price dan Soap, orang yang membunuh Zakhaev. Dalam 5 tahun antara CoD4: MW dan CoD: MW2, ia berhasil memenangkan Perang Sipil Rusia Kedua dan menyingkirkan pengaruh Loyalis dengan menaruh Boris Vorshevsky, pemimpin Partai Ultranasionalis sayap Politik menjadi Presiden Rusia. Kemudian hubungan Ekstremis dan Politik dalam Ultranasionalis putus setelah Makarov dan Shepherd menghasut konflik antara Amerika Serikat dan Rusia. Dalam misi kontrovesial "No Russian", Makarov, Viktor, Lev, Kiril dan Allen membantai penduduk sipil, polisi dan FSB/Tentara Rusia, Makarov yang menyadari identitas asli Allen membunuhnya dan membuat Rusia mengira AS mendukung pembantaian tersebut. Terakhir kali terdengar dalam misi "The Enemy of My Enemy" ketika Ia memberitahu Price dan Soap lokasi basis rahasia SC di Afghanistan. Ia kemudian akan muncul sebagai antagonis utama dalam Call of Duty: Modern Warfare 3.
  • (K. I. A.) Viktor, Lev dan Kiril - 3 anggota Ekstremis yang membantu Makarov dalam "No Russian". Dia, Makarov, dan Anatoly selamat dalam misi tersebut sementara Lev dan Kiril tewas karena dibunuh tentara Rusia. Viktor kemudian ditemukan tewas dalam misi "Exodus" saat Foley, Dunn dan Ramirez mencoba mengevakuasi HVI. Mereka terlambat karena Viktor dan HVI telah tewas karena saling membunuh.
  • Alejandro "Alex the Red" Rojas - Pedagang senjata gelap dari Brazil yang mensuplai Makarov dan teman-temannya dalam misi "No Russian". Pada misi "Takedown", Soap dan anggota TF-141 lainnya menangkapnya dalam favela di Rio de Janeiro. Ia bisa dibunuh atau dibiarkan oleh Roach di misi "The Hornet's Nest".

Call of Duty: Modern Warfare 3[sunting | sunting sumber]

Faksi[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

  • Task Force 141 "Disavowed (Ditiadakan)" - Shepherd mengklaim Price dan Soap sebagai penjahat paling dicari oleh dunia, membekukan Task Force 141 dan memerintahkan pembunuhan atau penangkapan anggota TF-141 lainnya.
  • Delta Force -
  • Special Air Service - Dalam misi "Mind The Gap", tim Bravo 6 dan 9 yang dikomandani oleh Wallcroft menyerbu sebuah pelabuhan di tepi Sungai Thames, London untuk menghentikan pengiriman paket bom ke seluruh London. Misi ini berakhir dengan kegagalan karena (tergantung pilihan anda di awal misi) bom meledak tepat di depan mereka atau di tempat lain. Selanjutnya Komandan SAS atau "Baseplate", Mayjen MacMillan membantu Price dalam operasi pencarian Makarov meskipun Price sedang diburu oleh pemerintah.
  • Federal Protective Service - (Rus: Федеральной службы охраны/Federal'noy sluzhby okhrany) Pasukan khusus pengawal Presiden Rusia yang muncul pada misi "Turbulence". Andrei Harkov, anggota FSO, dipimpin oleh Leonid Pudvokin melindungi Presiden Vorshevsky saat Pesawat Kepresidenan dibajak oleh Ekstremis. Meskipun mereka menyelamatkan Alena, putri Vorshevsky, Harkov dkk. gagal menyelamatkan Vorshevsky untuk diculik Makarov.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • Lingkaran Dalam (Ekstremis) - Langkah kelompok ini semakin mendalam dengan menculik Presiden Rusia, Boris Vorshevsky dan mengomando pasukan Rusia untuk menguasai Eropa.
  • Militia Afrika - Dibayar oleh Makarov untuk bekerjasama dengan FREGATA, perusahaan ilegal yang menyebarkan paket bom beracun ke seluruh kota besar di Eropa.
  • Spetsnaz'/Russian Airborne Troops' - Berperang dengan tentara Amerika Serikat (normalnya) dan Eropa (setelah Vorshevsky diculik). Mereka dikendalikan oleh Makarov secara rahasia. Akhirnya mereka berhenti setelah konfrensi perdamaian dibuat antara pemerintah Amerika Serikat dan Rusia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

  • Yuri - (Brian Bloom) Mantan prajurit Spetsnaz yang dikatakan Nikolai "lebih membenci Makarov daripada Price". 15 tahun yang lalu, ia bertemu Makarov dan berteman dengannya. Bersama, mereka menyelamatkan Imran Zakhaev ketika tangannya diputuskan oleh Price. Ia juga menemani Makarov saat dia menyuruh orang-orangnya untuk meledakkan bom nuklir yang membunuh 30 ribu prajurit USMC. Percaya Makarov telah berubah, Yuri memberitahu FSB, polisi Rusia tetapi segera ditangkap Makarov dan teman-temannya. Yuri ditembak dan ditinggalkan untuk mati, tetapi ia masih hidup dan bermaksud membunuh Makarov sebelum ia jatuh pingsan kehabisan darah. Yuri diselamatkan oleh petugas medis dan sejak itu berusaha membunuh Makarov dengan cara apapun. Yuri, Price, Soap dan Nikolai segera melakukan usaha untuk membunuh Makarov dengan bantuan anak buahnya di Sierra Leone dan Somalia. Setelah teman Makarov, Volk ditangkap di Prancis, mereka berempat memasuki Praha, Ceko untuk membunuh Makarov. Tetapi usaha mereka gagal dan Soap meninggal dengan mengungkap hubungan Makarov dengan Yuri. Price mendesaknya untuk memberitahukan segala sesuatu tentang Makarov dan tetap membiarkan Yuri hidup. Mereka berdua menyusup ke sebuah benteng yang digunakan sebagai markas operasi Makarov untuk menguasai Eropa. Setelah mendapatkan informasi tentang keberadaan Vorshevsky, Price dan Yuri serta tim Metal menyelamatkan Vorshevsky dan putrinya. 3 bulan kemudian, Price, Yuri dan Nikolai berusaha membunuh Makarov di Dubai. Yuri mengorbankan dirinya dibunuh oleh Makarov untuk memberi Price waktu untuk menbunuhnya.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

  • Vladimir R. Makarov - (Roman Varshavsky) Kembali dari Modern Warfare 2, ia berencana menguasai Eropa dengan pertama-tama menculik Vorshevsky dan memerintahkan pencarian untuk Alena agar Vorshevsky menyerahkan kode peluncuran nuklir sebagai ganti nyawa Alena. Kemudian Makarov dengan bantuan Volk menyebarkan gas beracun di seluruh Eropa dan memerintahkan (secara rahasia) Pasukan Rusia untuk menguasai Eropa. Wakil Presiden Amerika Serikat hampir saja diculik juga oleh Makarov, terima kasih untuk usaha Delta Force dan tim Metal.
  • Waarabe
  • (POW) Viktor "Volk" Khristenko