Daftar jalur kereta api berkecepatan tinggi di Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Proyeksi jaringan HSR di Tiongkok pada tahun 2020 dan waktu perjalanan dengan kereta api dari Beijing ke ibu kota provinsi.

Jaringan kereta api kecepatan tinggi Tiongkok sampai saat ini adalah yang terpanjang di dunia. Pada tahun 2016 jaringan ini meluas ke 29 dari 33 tingkat provinsi pembagian administratif dan melebihi 22,000 km (13,670 mi) total panjang, sekitar dua-pertiga dari trek rel kecepatan tinggi dunia dalam layanan komersial.[1][2][3]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Kementerian Perkeretaapian mengumumkan rencana untuk membangun 25,000 km (15,534 mi) jalur kereta api kecepatan tinggi dengan kecepatan normal kereta api mencapai 350 km/jam.[4][5] Tiongkok menginvestasikan $50 miliar pada sistem jalur kereta api kecepatan tinggi pada tahun 2009 dan total biaya konstruksi sistem jalur kereta api kecepatan tinggi adalah $300 miliar. Operator utama dari layanan reguler kereta kecepatan tinggi adalah China Railway High-Speed (CRH).

Jaringan konvensional jalur kereta api berkecepatan tinggi di Tiongkok terdiri dari empat komponen:

  1. meningkatkan jalur kereta api yang sudah ada yang dapat mengakomodir kereta api berkecepatan tinggi,
  2. jaringan nasional yang sebagian besar penumpangnya menggunakan jalur HSR khusus (PDLs),
  3. HSR regional lain yang menghubungkan kota-kota besar,
  4. jalur HSR regional tertentu "intercity", dan
  5. jalur kereta konvensional lain yang baru dibangun, kebanyakan di Tiongkok barat, yang dapat membawa penumpang kecepatan tinggi dan kereta api barang.

Jaringan "Empat Vertikal dan Empat Horisontal"[sunting | sunting sumber]

Peta yang menunjukkan 4+4 nasional HSR grid
Peta yang menunjukkan 4+4 nasional HSR grid

Inti dari ekspansi MOR ke rel kecepatan tinggi nasional adalah jaringan rel kecepatan tinggi yang dibangun di atas jaringan kereta api yang sudah ada. Jaringan ini terdiri dari delapan koridor rel kecepatan tinggi, empat koridor yang mengarah ke utara-selatan dan empat koridor yang mengarah ke timur-barat, dan memiliki total panjang 12.000 km. Sebagian besar dari jalur mengikuti rute yang sudah ada dan diperuntukkan hanya bagi lalu lintas penumpang saja. Yang dikenal sebagai jalur khusus penumpang (PDL). Beberapa bagian dari jaringan nasional, terutama di sepanjang koridor pesisir tenggara, dibangun untuk menghubungkan kota-kota yang sebelumnya belum memiliki sambungan rel. Bagian tersebut akan membawa campuran penumpang dan barang. Kereta api berkecepatan tinggi pada koridor HSR umumnya dapat mencapai kecepatan 300–350 km/h (190–220 mph). Pada jalur HSR campuran, layanan kereta api penumpang dapat mencapai kecepatan puncak dari 200–250 km/h (120–160 mph). Proyek ambisius jaringan nasional ini direncanakan akan dibangun pada tahun 2020, tapi stimulus pemerintah telah mempercepat jadwal waktu untuk banyak jalur.

     Jalur yg sudah selesai Jalur selesai sebagian

Empat Koridor HSR Utara-Selatan dan jalur konstituen

Empat koridor HSR Timur-Barat dan jalur konstituen

"Delapan Jaringan Vertikal dan Delapan Horisontal"[sunting | sunting sumber]

Peta dari "Delapan Jaringan Kereta Api Kecepatan Tinggi Vertikal dan Delapan Horisontal" (di Tiongkok)

Pada tahun 2016, Komisi Pembangunan Nasional dan Komisi Reformasi (NDRC) mengumumkan rencana untuk memperluas "Empat Jaringan Vertikal dan Empat Horisontal" yang hampir selesai menjadi "Delapan Jaringan Vertikal dan Delapan Horisontal" yang baru.[34] Jaringan baru terdiri dari delapan jaringan koridor utara-selatan ("vertikal") dan delapan timur-barat ("horizontal"), yang hampir dua kali lipat panjang rute.

Delapan jalur vertikal
No. Jalur Kota yang dilalui Bagian Konstituen Perubahan dari Jalur 4+4 twork
1 Jalur Pesisir
Dalian (Dandong)-Qinhuangdao-Tianjin-Dongying-Weifang-Qingdao (Yantai)-Lianyungang-Yancheng-Nantong-Shanghai-Ningbo-Fuzhou-Xiamen-Shenzhen-Zhanjiang-Beihai (Fangchenggang) Sambungan dari Jalur Kereta api kecepatan tinggi Hangzhou–Fuzhou–Shenzhen; Utara dari Hangzhou ke Dalian/Dandong, dan selatan dari Shenzhen ke Fangchenggang.
2 Jalur Beijing–Shanghai Beijing, Tianjin, Jinan, Nanjing, Shanghai (Hangzhou)
Route details
Nanjing-Hangzhou, Bengbu-Hefei-Hangzhou, paralleling with Beijing-Tianjin-Dongying-Weifang-Linyi-Huai'an-Yangzhou-Nantong-Shanghai. The route includes Beijing–Shanghai High-Speed Railway (main line), Nanjing–Hangzhou Passenger Railway, Hefei–Bengbu High-Speed Railway and Shangqiu–Hangzhou High-Speed Railway (Hefei-Hangzhou section, branch). The east line includes Beijing–Tianjin Intercity Railway, Tianjin–Dongying Railway, Dongying–Weifang Railway, Weifang–Linyi Railway, Linyi–Huai'an Railway, Lianyungang–Zhenjiang High-Speed Railway, Nanjing–Qidong Railway (Hai'an-Nantong section) and Shanghai–Nantong Railway.
Menggabungkan seluruh Jalur Kereta api kecepatan tinggi Beijing-Shanghai dan jalur paralel lainnya untuk menghubungkan Beijing dan Shanghai.
3 Jalur Beijing–Hong Kong (Taipei)
Beijing-Hengshui-Heze-Shangqiu-Fuyang-Hefei (Huanggang)-Jiujiang-Nanchang-Ganzhou-Shenzhen-Hong Kong (Kowloon) Jalur baru
4 Beijing–Harbin, Beijing–Hong Kong (Macau) Passageway
(京哈~京港澳通道)
Harbin-Changchun-Shenyang-Beijing-Shijiazhuang-Zhengzhou-Wuhan-Changsha-Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong, and Guangzhou-Zhuhai-Macau. Gabungan dari Jalur Kereta api kecepatan tinggi Beijing-Harbin dan Beijing–Guangzhou–Shenzhen–Hong Kong, denga jalur persimpangan ke Macau.
5 Jalur Hohhot–Nanning Hohhot-Taiyuan- Zhengzhou-Xiangyang-Changde-Yiyang-Shaoyang-Yongzhou-Guilin-Nanning. Jalur baru
6 Jalur Beijing–Kunming Beijing-Shijiazhuang-Taiyuan-Xi'an-Chengdu (Chongqing)-Kunming, including Beijing-Taiyuan-Zhangjiakou-Datong. Jalur baru
7 Jalur Baotou (Yinchuan)–Hainan Baotou-Yan'an-Xi'an-Chongqing-Guiyang-Nanning-Zhanjiang-Haikou (Sanya). Jalur baru
8 Jalur Lanzhou (Xining)–Guangzhou Lanzhou (Xining), Chengdu (Chongqing), Guiyang, Guangzhou. Jalur baru
No. Jalur Kota yang dilalui Bagian konstituen Perubahan dari Jaringan 4+4
1 Jalur Suifenhe–Manzhouli Suifenhe, Mudanjiang, Harbin, Qiqihar, Hailar, Manzhouli. Jalur baru
2 Jalur Beijing–Lanzhou Beijing, Hohhot, Yinchuan, Lanzhou. Jalur baru
3 Jalur Qingdao–Yinchuan Qingdao, Jinan, Shijiazhuang, Taiyuan, Yinchuan.
Route details
Most parts of the route are the same as Qingdao–Taiyuan high-speed railway under "Mid-to-Long Term Railway Network Plan" (revised in 2008). The other route includes Taiyuan–Zhongwei–Yinchuan Railway.
Sambungan barat jalur kereta api kecepatan tinggi Qingdao–Taiyuan dari Taiyuan ke Yinchuan.
4 Jalur Jembatan Continental Eurasia Lianyungang, Xuzhou, Zhengzhou, Xi'an, Lanzhou, Xining, Urumqi.
Route details
Most parts of the route are the same as Xuzhou–Lanzhou High-Speed Railway under "Mid-to-Long Term Railway Network Plan" (revised in 2008). The other routes include Lianyungang–Xuzhou High-Speed Railway and Lanzhou–Xinjiang High-Speed Railway.
Sambungan dari jalur kereta api kecepatan cepat Xuzhou–Lanzhou; timur dari Xuzhou ke Lianyungang, dan barat dari Lanzhou ke Urumqi.
5 Jalur Yangtze River Shanghai-Nanjing-Hefei-Wuhan-Chongqing-Chengdu, including Nanjing-Anqing-Jiujiang-Wuhan-Yichang-Chongqing, dan Wanzhou-Dazhou-Suining-Chengdu.
Route details
Most parts of the route are the same as Shanghai–Wuhan–Chengdu high-speed railway under "Mid-to-Long Term Railway Network Plan" (revised in 2008). The other routes include Nanjing–Anqing Intercity Railway, Anqing Railway, Hefei–Jiujiang Railway (Anqing-Jiujiang section), Wuhan–Jiujiang Passenger Railway, Wuhan–Shiyan Intercity Railway (Wuhan-Xiangyang section), Zhengzhou–Wanzhou High-Speed Railway (Xiangyang-Wanzhou section), Chongqing–Wanzhou Intercity Railway, and Chengdu–Chongqing Intercity Railway.
Menggabungkan seluruh jalur kereta api kecepatan tinggi Shanghai–Wuhan–Chengdu dan jalur paralel lain menghubungkan Shanghai dan Chengdu.
6 Jalur Shanghai–Kunming Shanghai, Hangzhou, Nanchang, Changsha, Guiyang, Kunming. Jalur serupa dengan jalur kecepatan tinggi Shanghai–Kunming.
7 Jalur Xiamen–Chongqing Xiamen, Longyan, Ganzhou, Changsha, Changde, Zhangjiajie, Qianjiang, Chongqing. Jalur baru
8 Jalur Guangzhou–Kunming Guangzhou, Nanning, Kunming. Jalur baru

Jalur Rel Kecepatan Tinggi Lain[sunting | sunting sumber]

Menurut "Rencana Jaringan Rel Kereta api Jangka Menengah sampai Panjang" (direvisi pada 2008), rencana MOR untuk membangun lebih dari 40.000 km (25.000 mil) rel kereta api dalam rangka unutk memperluas jaringan rel kereta api di barat Tiongkok dan untuk mengisi kekosongan di jaringan timur dan pusat Tiongkok. Beberapa dari jalur kereta api yang baru ini sedang dibangun untuk mengakomodir kecepatan 200–250 km/jam (120-160 mph) untuk penumpang dan barang. Jalur ini juga termasuk jalur kecepatan tinggi walaupun tidak termasuk jaringa HSR nasional atau Rel Kecepatan Tinggi Antar Kota.

     Jalur telah selesai      Jalur selesai sebagian. Klik (Show) untuk detail.

Nama Jalur Deskripsi Rute Kecepatan
(km/jam)

Panjang
(km)

Tanggal Mulai Konstruksi Tanggal Buka
Maoming–Zhanjiang HSR dari Maoming ke Zhanjiang 250 103 2009-03-21[45] 2013-12-28[46]
Shenzhen-Maoming HSR dari Shenzhen ke Maoming via Nansha, Zhongshan, Jiangmen & Yangjiang 250 372 2013[47] 2016
Tianjin–Baoding HSR dari Tianjin ke Baoding via Bazhou & Baiyangdian. 250 158 2011-03-18 2015-12-28[48]
Datong–Zhangjiakou HSR dari Datong ke Zhangjiakou 250 137 2015-12 2019[49]
Hefei–Fuzhou HSR dari Hefei ke Fuzhou via Huangshan, Shangrao & Wuyishan. 300 806 2010-04-27 2015-06-28[50]
Xi'an–Chengdu HSR dari Xi'an ke Chengdu via Hanzhong dan Guangyuan. 250 510 2012-10-27 2017-12-6[51]
Chongqing–Guiyang HSR dari Chongqing ke Guiyang. 200 345 2010-12-22 2018-01-25[52]
Jilin–Hunchun HSR menghubungkan Jilin dan Hunchun 250 359 2010[53] 2015-09-20[54]
Shangqiu–Hefei–Hangzhou HSR menghubungkan Shangqiu, Hefei dan Hangzhou 350 770 2014[55] 2020[56]
Zhengzhou–Wanzhou HSR menghubungkan Zhengzhou, Xiangyang, Badong dan Wanzhou - 770 2015[57] 2020
Meizhou–Chaozhou-Shantou HSR menghubungkan Meizhou, Chaozhou dan Shantou 250 120 2014[58] 2017
Lianyungang–Huai’an–Yangzhou–Zhenjiang HSR menghubungkan Lianyungang, Huai'an, Yangzhou dan Zhenjiang 250 305 2014-12-26[59]  2019

Peningkatan Rel Kereta Api Konvensional[sunting | sunting sumber]

Beberapa jalur rel kereta yang sudah ada telah ditingkatkan menjadi jalur ganda, jalur rel listrik untuk mengakomodir kereta api kecepatan tinggi. Sampa tahun 2007, lebih dari 6000 km jalur kereta api telah ditingkatkan untuk mengakomodir kereta api dengan kecepatan 250 km/jam. Kereta api ini dirancang untuk membawa penumpang dan barang. Rencana Jaringan Rel Kereta Api yang dirilis pada tahun 2008 memperlihatkan sebanyak 19.000 km jalur yang sudah ada membutuhkan kelistrikan.[60] Karena banyaknya jalur-jalur ini sehingga digabungkan menjadi jaringan HSR nasional 8+8 yang diumumkan pada tahun 2006.

Jalur Kecepatan
(km/jam)
Panjang
(km)
Tanggal Mulai Konstruksi Tanggal Bukae Ref
Guangzhou–Shenzhen Railway 200 147 2005-12-31 2007-04-18
Longyan–Xiamen Railway 200 171 2006-12-25 2012-06-29 [61]
Xiangtang–Putian Railway 200 635 2007-11-23 2013-09-26 [62]
Ganzhou–Longyan Railway
(capacity expansion project)
200 274 2009-12-29 2015-12-25 [63]
Chongqing–Lanzhou Railway 200 832 2008-09-26 2017-09-29 [64]
Nanping-Sanming-Longyan Railway 250 247 2010-12-25 2017 [65]
Chengdu–Lanzhou Railway 200 730 2011-02-26 2019 [66]
Jiujiang–Quzhou Railway 200 333 2013-12-29 2017 [67][68]
Shanghai–Nantong Railway 200 137 2014-03-01 2018 [69]
Qianjiang–Zhangjiajie–Changde Railway 200 340 2014-12-29 2019 [70]
Qingdao-Lianyungang Railway 200 194.5 2014-12-29 2018 [71]
Peta menunjukan beberapa jalur kereta api antar kota, termasuk jalur yang sudah beroperasi dan jalur yang masih dalam pembangunan.Templat:Lopsided

Rel Kereta Api Kecepatan Tinggi Antar Kota[sunting | sunting sumber]

Rel kereta api antar kota dirancang untuk menyediakan layanan rel kecepatan tinggi regional antara kota-kota besar dan area metropolitan yang sebagian besar berada dalam propinsi yang sama. Dibangun dengan persetujuan pemerintah pusat tetapi dibiayai dan dioperasikan oleh pemerintah daerah dengan investasi terbatas dan pengawasan dari Perusahaan Rel Kereta Api Tiongkok. Beberapa jalur antar kota berjalan paralel dengan jalur kereta api kecepatan tinggi lain tetapi melayani lebih banyak stasiun sepanjang rute. Layanan HSR antar kota berkecepatan antara 200–350 km/jam (120-220 mph).

Jalur operasional ditandai dengan latar hijau.

Jalur Kecepatan
(km/jam)
Panjang
(km)
Tanggal Mulai Konstruksi Tanggal buka
Jalur antar kota Beijing–Tianjin 350 115 2005-04-07 2008-08-01
Jalur antar kota Chengdu–Dujiangyan 220 65
(mainline)
2008-11-04 2010-05-12
200 21
(Pengzhou branch)
2009-09-27[72] 2014-04-30[73]
Jalur antar kota Shanghai–Nanjing 350 301 2008-07-01 2010-07-01
Jalur antar kota Nanchang–Jiujiang 250 131 2007-06-28 2010-09-20
Jalur Hainan Eastern Ring 250 308 2007-09-29 2010-12-30
Jalur antar kota Changchun–Jilin 250 111 2007-05-13 2010-12-30[74]
Pearl River Delta Rapid Transit| 200 117
Guangzhou–Zhuhai
2005-12-18 2011-01-07[75]
2012-12-31[76]
27
Xinhui branch
2011-01-07
85
Guangzhou–Zhaoqing
2009-09-29[77] 2016-03-30[78]
97
Dongguan–Huizhou
2009-05-08[79] 2016-03-30[80]
200 38
Guangzhou–Qingyuan
2012-11-22[81] 2017[82]
Jalur antar kota Nanjing–Hangzhou 350 251 2008-12-28 2013-07-01
Jalur antar kota Hengyang–Liuzhou 250 497 2009 2013-12-28
Jalur antar kota Liuzhou–Nanning 250 223 2008-12-27 2013-12-28
Jalur antar kota Wuhan Metropolitan Area 250 90
Wuchang–Xianning[83]
2009-03-22 2013-12-28[84]
97
Wuhan–Huangshi
2014-06-18[85]
66
Wuhan–Huanggang
2014-06-18
198

Wuhan–Jiujiang

2016 2017-09-21[86]
200 61
Hankou–Xiaogan
2009-03-22 2016-12-01[87]
200 438
Wuhan-Shiyan
2015 2020[88]
Jalur antar kota Jiangyou–Mianyang–Chengdu–Leshan 200 314 2008-12-30 2014-12-20[89][90]
Jalur antar kota Chengdu–Pujiang 200 99 2010-10-16[91] 2015[92]
Jalur antar kota Central Plain Metropolitan 200 50
Zhengzhou–Kaifeng
2009-12-29[93] 2014-12-28[94]
69
Zhengzhou–Jiaozuo
2015-06-26[95]
101
Zhengzhou–Xuchang
2009-12-29 2015-12-31[96]
Jalur antar kota Changsha–Zhuzhou–Xiangtan 200 96 2010-07-02 2016-12-26[97]
Jalur antar kota Nanjing–Anqing 250 257 2008-12-28 2015-07[98][99]
Jalur antar kota Harbin–Qiqihar 250 286 2008-11-25 2015[100]
Jalur antar kota Qingdao–Rongcheng 250 299 2010-10-10 2014-12-28[101]
Jalur antar kota Guiyang–Kaiyang 200 62 2010-09-20[102] 2015-05-01[103]
Jalur kecepatan tinggi Jinhua-Wenzhou 250 188 2011 2015-12-26[104]
Jalur antar kota Chengdu–Chongqing 300 305 2009 2015[105][106]
Jalur antar kota Shenyang–Dandong 350 208 2010-03-17[107] 2015[108]
Jalur antar kota Dandong–Dalian 200 296 2010-03-17 2015[109][110]
Jalur antar kota Chongqing–Wanzhou 350 250 2009 2016-11-28[111][112][113]
Jalur antar kota Hainan Western 250 342 2012-10 2015[114]
Jalur penumpang Wuhan–Jiujiang 250 101 2013-12-29 2017-09-21[115]
Jalur antar kota Beijing–Tangshan 350 160 2009 2018
Jalur antar kota Hangzhou–Huangshan 250 265 2014-06-30[116] 2018
Jalur antar kota Harbin–Jiamusi 200 343 2014-06-30[117] 2018[118]
Jalur antar kota Harbin–Mudanjiang 250 293 2014-12-15[119] 2019[120]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Chinese) 全国高铁运营里程已超过2.2万公里 2017-01-03
  2. ^ "Chinese high speed network to double in latest master plan". Railway Gazette. 21 July 2016. 
  3. ^ "China to start construction on 35 railway projects: report". Xinhua. February 19, 2017. 
  4. ^ China's amazing new bullet train CNN Money August 6, 2009
  5. ^ China starts work on Beijing-Shanghai express railway Xinhua 2008-04-18
  6. ^ "Work starts on Beijing-Shenyang high-speed railway". People's Daily Online. 2014-03-03. Diakses tanggal 2014-04-17.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  7. ^ "Construction begun on new Beijing-Shenyang line". china.org.cn. 2014-03-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-04. Diakses tanggal 2014-09-04.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  8. ^ "World's fastest railway in frigid regions starts operation". English.news.cn. 2012-12-01. Diakses tanggal 2012-12-01.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  9. ^ "盘锦至营口高速铁路运营 大连到北京6小时". 人民网. 2013-09-12. Diakses tanggal 2013-09-18.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  10. ^ Zha, Minjie (2011-06-23). "Beijing-Shanghai high speed rail to be launched June 30". Shanghai Daily. Diakses tanggal 2011-06-25.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  11. ^ "China launches new high-speed railway". People's Daily Online. 2012-10-17. Diakses tanggal 2012-11-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  12. ^ "Beijing - Guangzhou high speed line completed". Railway Gazette. 2012-12-26. Diakses tanggal 2012-12-28.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  13. ^ "New high-speed railway spurs debate over prices". People's Daily Online. 2012-09-27. Diakses tanggal 2012-09-27.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  14. ^ "Guangzhou south railway station to open on Jan. 30". Newsgd.com. 2010-01-05. Diakses tanggal 2013-10-08.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  15. ^ Lu, Yanan; Zeng, Yong (2011-12-26). "Guangzhou-Shenzhen high-speed railway opens". People's Daily Online. Diakses tanggal 2011-12-26.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  16. ^ "Asia's largest underground railway station opens for business". SmartRail World. 2016-01-05. Diakses tanggal 2016-01-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  17. ^ "MTR's Guangzhou high-speed rail link won't open until 2018 and is 30 per cent over budget". South China Morning Post. 2015-09-14. Diakses tanggal 2016-01-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  18. ^ "Railway Bridge to Cross Hangzhou Bay". HighBeam Business. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-09. Diakses tanggal 2018-05-23. 
  19. ^ "New high-speed railways open to promote intercity development". Xinhua. 2013-07-01. Diakses tanggal 2013-07-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  20. ^ "Xiamen-Shenzhen High Speed Railway opens to traffic". China Daily. 2013-12-28. Diakses tanggal 2013-12-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  21. ^ "石家庄至济南铁路客运专线正式开工建设". 央广网新闻. 2014-03-17. Diakses tanggal 2013-07-09.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  22. ^ "郑徐高铁"超计划"动工 郑州将成"米"型高铁枢纽". 中国新闻网. 2012-12-26. Diakses tanggal 2012-12-31.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  23. ^ "China's railways mileage tops 100,000 km". People's Daily. 2013-12-28. Diakses tanggal 2013-12-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  24. ^ 宝鸡至兰州铁路客运专线建设项目启动, Xinhua, 2012-10-21
  25. ^ 宝鸡至兰州客运专线陕西段工程开工建设, 2012-10-21
  26. ^ 宝鸡至兰州的客运专线昨天在榆中奠基 Diarsipkan 2015-01-13 di Wayback Machine., 2012-10-27
  27. ^ "China's Baoji-Lanzhou high speed rail now in operation". CGTN. 2017-07-09. Diakses tanggal 2017-07-09. 
  28. ^ "Yiwan Railway: a project with 253 bridges and 159 tunnels". Xinhua. 2010-12-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-03. Diakses tanggal 2010-12-23. 
  29. ^ "杭长铁路客运专线浙江段电气化接触网全线贯通". Xinhua. 2014-05-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-04. Diakses tanggal 2014-09-04.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  30. ^ (Chinese) "沪昆高铁南昌至杭州段正式开通运营" Xinhua Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. 2014-12-10
  31. ^ "Nanchang-Changsha high speed railway starts operation". People's Daily Online. 2014-09-16. Diakses tanggal 2014-09-16.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  32. ^ "沪昆高铁长怀段12月16日通车 邵阳北站各项准备工作完成". 人民网. 2015-06-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-18. Diakses tanggal 2015-06-18.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  33. ^ "Shanghai-Kunming line section starts operation". China.org.cn. Diakses tanggal December 28, 2016. 
  34. ^ "30,000-kilometer high-speed railway to cover 80% of urban areas by 2020". People's Daily Online. July 21, 2016. 
  35. ^ "Urumqi-Lanzhou high-speed rail starts full operation". People's Daily Online. 2014-12-26. Diakses tanggal 2014-12-26.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  36. ^ "New high-speed railway starts operation in north China". Xinhuanet. 2013-12-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-08. Diakses tanggal 2013-12-01.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  37. ^ "News in Brief". Railway Gazette International. 2011-12-04. Diakses tanggal 2012-01-11.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  38. ^ "High Speed Railway Promotes the Urban Integration of 4 Cities in Guangxi Beibu Gulf Economic Zone". China-ASEAN Online. 2012-07-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-12. Diakses tanggal 2012-10-23.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  39. ^ "铁路总公司:12月28日中国多条铁路将开通运营". 新华网. 2013-12-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-05. Diakses tanggal 2013-12-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  40. ^ "Taiyuan – Xi'an high speed line opens". Railway Gazette. 2014-07-03. Diakses tanggal 2014-07-08.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  41. ^ (Chinese) 成贵高铁开工 2019年坐火车成都7小时到香港 成都商报 Diarsipkan 2014-12-25 di Wayback Machine. 2013-12-26
  42. ^ "贵广、南广高铁同时全线开通运营". 人民网. 2014-12-26. Diakses tanggal 2014-12-26.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  43. ^ "昌吉赣客专按时速350公里建设 昨日正式开工". 赣州市人民政府网. 2014-12-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-26. Diakses tanggal 2014-12-25.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  44. ^ "Lawmakers: speed up Jiangxi rail connection". Shenzhen Daily. 2014-01-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-02. Diakses tanggal 2014-01-20.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  45. ^ "SZ-Maoming high-speed rail approved". Shenzhen Daily. 2011-02-21. Diakses tanggal 2012-11-03.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  46. ^ "广东西部沿海高铁首段——茂湛铁路开通运营". 中国新闻网. 2013-12-29. Diakses tanggal 2013-12-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  47. ^ "粤西部沿海高铁深圳至茂名段加紧筹建". 中国新闻网. 2013-01-10. Diakses tanggal 2013-07-06.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  48. ^ "At a Glance". Shenzhen Daily. 2015-12-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-06. Diakses tanggal 2016-01-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  49. ^ "Construction of Datong-Zhangjiakou railway in full swing". english.visitbeijing.com.cn. Diakses tanggal 2017-12-09. 
  50. ^ "Hefei – Fuzhou high speed line opens". Railway Gazette. 2015-06-30. Diakses tanggal 2016-01-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  51. ^ "High-speed railway links major west China cities - Xinhua | English.news.cn". news.xinhuanet.com. Diakses tanggal 2017-12-09. 
  52. ^ "渝贵铁路、重庆西站、沙坪坝站25日开通,乘车出行的你千万别走错地方!" (dalam bahasa Tionghoa). Chongqing Morning News. 2018-01-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-19. Diakses tanggal 2018-01-19. 
  53. ^ 吉林至珲春高铁将于2014年竣工通车[pranala nonaktif permanen] 2013-02-20
  54. ^ "长珲高铁20日全线开通 长春到延吉只需2小时05分". 新文化网. 2015-09-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2016-01-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  55. ^ "Huangshan - Hangzhou railway starts construction in the second half of 2014". China Daily. 2014-05-19. Diakses tanggal 2014-05-24.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  56. ^ (Chinese) "2020年快速铁路网将覆盖安徽 商合杭高铁力争早开工" 2012-10-11
  57. ^ 南阳将搭上郑渝高铁 国家已立项有望15年开建 2014-03-06
  58. ^ Liu, Longsheng (2014-05-22). "Meizhou-Chaoshan High-speed Rail Will Start Construction before the End of the Year". Meizhou City People's Government Portal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-02. Diakses tanggal 2014-06-21. 
  59. ^ (Chinese)[http://news.xinhuanet.com/local/2014-12/26/c_1113791596.htm 连淮扬镇铁路客运专线开工建设[pranala nonaktif permanen] Xinhua] 2014-12-26
  60. ^ 铁道部官员深入解析:未来我国铁路布局 Diarsipkan 2012-07-01 di Archive.is Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  61. ^ "High-speed railway linking Xiamen & Longyan starts operation on June 29". What's On Xiamen. 2012-06-30. Diakses tanggal 2012-06-30.  [pranala nonaktif permanen]Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  62. ^ "China's high-speed railways exceed 10,000 km". China.org.cn. 2013-09-26. Diakses tanggal 2013-10-08.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  63. ^ "赣南闽西革命老区首开动车组列车 今日上午发售车票". JXNews.com.cn. 2015-12-25. Diakses tanggal 2016-01-03.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  64. ^ "兰渝铁路全线开通 重庆至兰州节省7小时". www.chinanews.com. 2017-09-29. Diakses tanggal 2018-04-29.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  65. ^ "南(平)三(明)龙(岩)高铁动工" December 26, 2010
  66. ^ 成兰铁路26日动工 建成后可2小时从成都到达九寨沟_资讯频道_凤凰网
  67. ^ "九景衢铁路初步设计获批 力争2017年通车". 今视网. 2013-09-16. Diakses tanggal 2014-07-08.  [pranala nonaktif permanen]Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  68. ^ "首条南昌至北京高铁通道将彻底打通". 中国江西网. 2013-12-30. Diakses tanggal 2014-07-08.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  69. ^ "沪通铁路开工 建成后南通到上海不超过1小时". 人民网. 2014-02-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-14. Diakses tanggal 2014-07-08.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  70. ^ (Chinese) 黔张常铁路(湘西段)建设工程开工(组图) 2014-12-29
  71. ^ (Chinese) 青连铁路正式开工建设 2018年有望能通车 2014-12-29
  72. ^ "达州至万州铁路电气化改造 成都站扩能改造工程". 人民网. 2009-09-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-01. Diakses tanggal 2014-05-31.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  73. ^ "成灌铁路彭州支线4月30日开通运营". 人民网. 2014-05-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-01. Diakses tanggal 2014-05-31.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  74. ^ "New intercity railway opens in NE China". China Daily. 2010-12-30. Diakses tanggal 2010-12-30. 
  75. ^ "Guangzhou-Zhuhai intercity railway put into operation". People's Daily Online. 2011-01-08. Diakses tanggal 2013-01-05.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  76. ^ "Another key PRD rail route opens: Macau-Zhuhai to Guangzhou launched, tickets pricey". The Nanfang. 2013-01-07. Diakses tanggal 2013-05-01.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  77. ^ "广肇城轨时速200公里 广州到肇庆只需1小时". 新浪地产网. 2009-09-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-02. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  78. ^ "廣佛肇城軌擬明日開通". Sina. 2016-03-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-12. 
  79. ^ "Construction of Dongguan-Huizhou intercity light rail project started". Dongguan Today. 2009-05-17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  80. ^ "莞惠城轨首通段即将运营 东莞常平东至惠州小金口票价35元". southcn.com. 2016-03-29. 
  81. ^ "广州至清远城轨项目昨日开工 票价预计约10元". 中国新闻网. 2012-11-23. Diakses tanggal 2014-07-08.  [pranala nonaktif permanen]Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  82. ^ (Chinese) 最新进展!广清城际轨道年底可通车[pranala nonaktif permanen] 2017-02-18
  83. ^ "湖北省2014年前将建成开通4条城际铁路". 火车票网. 2012-10-12. Diakses tanggal 2012-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  84. ^ "The 1st intercity rail to be open to traffic in Hubei". Xianning Municipal People's Government News. 2013-12-30. Diakses tanggal 2013-12-31.  [pranala nonaktif permanen]Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  85. ^ (Chinese) 图文:武石武冈城际铁路昨日通车 楚天都市报讯 2014-06-19
  86. ^ "武九客运专线计划下月21日全线运营 中部地区首条跨省城际铁路". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-04. Diakses tanggal 2018-05-24. 
  87. ^ "武孝城际铁路正式开通 市民可以坐城铁赶飞机". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-09. Diakses tanggal 2018-05-24. 
  88. ^ "Construction Intelligence Center". www.construction-ic.com. Diakses tanggal 2017-12-09. [pranala nonaktif permanen]
  89. ^ "成绵乐铁路客运专线年底通车". 中国新闻网. 2014-04-24. Diakses tanggal 2014-04-25.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  90. ^ (Chinese) "成绵乐高铁 千呼万唤始出来" Gaotie.cn 2014-12-19
  91. ^ 成蒲铁路建设正式启动_铁路建设 Diarsipkan 2013-05-13 di Wayback Machine. Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  92. ^ (Chinese) 成蒲铁路大邑段全面开工 华西都市报 Diarsipkan 2014-07-14 di Wayback Machine. 2014-06-05
  93. ^ "郑州至焦作开封新郑机场3条城际铁路开工(图)". 人民网. 2009-12-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  94. ^ (Chinese) "河南省首条城际铁路迎客运营 拉来‘双城生活’" Diarsipkan 2016-10-12 di Wayback Machine. 2014-12-29
  95. ^ "High speed trains connecting Zhengzhou and Jiaozuo start operation" 2015-06-27
  96. ^ "郑州至机场城际铁路今日开通运营". 河南日报. 2015-12-31. Diakses tanggal 2015-12-31. 
  97. ^ "广铁集团公司关于长株潭城际铁路开通运营的公告". 12306.cn. 2016-12-25. Diakses tanggal 2016-12-25. 
  98. ^ 安庆宁安城际铁路长江大桥今年元旦前合龙(图)
  99. ^ Nanjing – Anqing PDL opened
  100. ^ (Chinese) 黑龙江省哈牡客专已开工 哈齐客专明年建成 Diarsipkan 2016-10-12 di Wayback Machine. 2014-12-18
  101. ^ (Chinese) "青荣城际今日通车 青烟威三城连心" 青岛新闻网 2014-12-28
  102. ^ "贵开城际铁路全线贯通 预计年底开通营运". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 2018-05-24. 
  103. ^ 贵开城际铁路全线贯通 预计年底开通营运[pranala nonaktif permanen]
  104. ^ "金温铁路昨天正式开通 时间短了 票价省了". Hangzhou Portal. 2015-12-27. Diakses tanggal 2016-01-04. [pranala nonaktif permanen]
  105. ^ "成渝客运专线重庆段昨开工". 成都商报. 2010-03-23. Diakses tanggal 2010-03-23. [pranala nonaktif permanen]
  106. ^ "Chengdu-Chongqing Highspeed Railway Starts Operation". CRIENGLISH.com. 2015-12-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-19. Diakses tanggal 2016-01-03. 
  107. ^ "NE China starts building new border railways". China.org.cn. 2010-03-18. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  108. ^ "王占柱:沈丹客运专线明年全线铺轨". 人民网. 2013-03-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-20. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  109. ^ "丹大快速铁路全线开工 大连至丹东最快一个半小时". 搜狐焦点. 2013-03-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  110. ^ "Trial operation for 1st coastal express railway in NE China - China.org.cn". www.china.org.cn. Diakses tanggal 2015-11-09. 
  111. ^ "Chongqing-Wanzhou Railway under smooth construction". Chongqing News. 2013-04-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal 2013-05-02.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  112. ^ "成都铁路局关于渝万高速铁路11月28日正式开通运营的公告(一)". 12306.cn. 2016-11-26. Diakses tanggal 2016-11-26. 
  113. ^ "成都铁路局关于渝万高速铁路11月28日正式开通运营的公告(二)". 12306.cn. 2016-11-26. Diakses tanggal 2016-11-26. 
  114. ^ "Hainan Island high-speed line goes full circle". International Railway Journal. 2015-11-27. Diakses tanggal 2015-12-30.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  115. ^ "武九客运专线计划下月21日全线运营 中部地区首条跨省城际铁路". www.cnhan.com (dalam bahasa Tionghoa). 2017-08-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-04. Diakses tanggal 2017-12-09. 
  116. ^ "Hangzhou-Huangshan Railway project launched". anhuinews.com. 2014-07-01. Diakses tanggal 2014-07-09.  Lebih dari satu parameter |work= dan |newspaper= yang digunakan (bantuan)
  117. ^ "哈佳新快速铁路开工". 黑龙江晨报. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-12. Diakses tanggal 2014-11-12. 
  118. ^ (Chinese) [哈尔滨至佳木斯铁路可行性研究报告通过批准] 2014-03-13[pranala nonaktif permanen]
  119. ^ "新建哈牡铁路客运专线开工 设计时速250公里工期4年半". 东北网. Diakses tanggal 16 December 2014. 
  120. ^ (Chinese) 牡丹江至哈尔滨铁路客运专线项目获国家批准[pranala nonaktif permanen] 2014-03-10