Daftar istilah motorsport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut adalah daftar istilah yang digunakan dalam motorsport, beserta penjelasan maknanya.

A[sunting | sunting sumber]

lihat keterangan
Pembalap berpacu di apron di Chicagoland Speedway (area antara garis putih dan kuning)
Apron
Area aspal atau beton yang memisahkan permukaan balap dari infield.[1]
Aturan 107%
Sering digunakan di Formula Satu atau seri balapan lainnya, itu adalah aturan di mana pengemudi harus memenuhi syarat mobil dalam waktu 107% dari waktu polesitter untuk diizinkan berkompetisi. Variasi ini dapat digunakan untuk memantau pengemudi dan memperingatkan mereka untuk mencapai kecepatan yang diperlukan atau diparkir (didiskualifikasi). Demikian pula, IndyCar Series menggunakan aturan 105%, dan NASCAR memiliki aturan 115%, terutama untuk performa di trek, meskipun IndyCar dan NASCAR sering menyesuaikan ambang batas untuk trek dengan permukaan yang sangat abrasif (seperti Atlanta Motor Speedway) di mana waktu putaran bisa jauh lebih cepat dengan ban yang tidak terlalu aus.[2][3][4]
Auto Racing
Istilah alternatif untuk olahraga motor, kebanyakan orang Amerika, meskipun mengacu secara khusus pada balap sirkuit dan oval untuk mobil, dan tidak termasuk olahraga seperti balap motor, reli dan drifting.

B[sunting | sunting sumber]

B main
Lihat semi-fitur.
Back half
Dalam balap drag, mengacu pada jarak dari tanda 1/8 mil ke tanda 1/4 mil trek.
Backmarker
Mobil yang lebih lambat, biasanya dalam proses dijilat oleh para pemimpin.[5]
Backup car
Lihat Spare car.
Bag of donuts
Dalam balap drag, waktu reaksi sempurna 0,000 detik.[6]
Beam
Dalam balap drag, mata listrik mengendalikan lampu pra-panggung dan panggung di garis start.
Banking
Sudut di mana trek miring ke arah luar sudut (atau dari sisi lurus yang lebih rendah ke sisi yang lebih tinggi). Juga disebut sebagai camber (lihat di bawah), lebih sering bila sederhana atau negatif (yaitu "di luar camber"[7]).
The Big One
Tumpukan besar selama Stock car race yang melibatkan hingga 30 mobil. Istilah ini sebagian besar digunakan untuk pelat pembatas balapan di Daytona dan Talladega.
Black-flag
Diperintahkan ke pit atau kotak penalti, karena pelanggaran peraturan atau mobil yang tidak aman (bagian yang lepas, berasap, cairan bocor, dll.). Bendera hitam ditunjukkan ke mobil yang harus berhenti. Juga dikenal sebagai "posting".
Blend line
Garis yang dicat yang menentukan area di mana jalur pit bergabung kembali dengan trek balap, dan mencegah mobil keluar dari pit untuk masuk ke lalu lintas balapan yang melewati pit, atau sebaliknya. Pesaing dihukum karena melewati garis campuran, memastikan bahwa mobil yang keluar telah mencapai kecepatan yang cukup sebelum bergabung kembali dengan balapan.
Bleach box
Dalam balap drag, area tempat pemutih disimpan agar mobil dapat melakukan burnout pada awal sebagian besar balapan drag. Bensin (sejak dihentikan karena alasan keamanan), air, dan TrackBite juga digunakan; kebanyakan organisasi hanya mengizinkan air.
Blow
See blown.
Blower
A supercharger; pada 1990-an, ini umumnya diberi label sebagai "penambah daya" bersama turbocharger dan nitrous.
Blown
Mesin yang supercharged (yaitu mesin yang meledak). Alternatifnya, mesin yang mengalami kegagalan katastropik, tidak lagi berjalan, atau mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.
Blowover
Pembalikan mobil atau perahu, karena udara yang berlebihan di bawah sasis atau lambung kapal.
Bottle
Di drag racing, tabung gas berisi nitrous. Juga disebut kendi.
Bottoming / bottoming out
Saat bagian bawah sasis menyentuh track.[8]
Box
Sebagian besar istilah Eropa yang digunakan oleh orang-orang di dinding pit untuk memberi tahu pengemudi agar melakukan pit stop. Di NASCAR, jarang disebutkan di luar mendapatkan penalti karena melakukan pekerjaan pada mobil saat tidak berada dalam batas pit stall tim.
Breakout
Dalam bracket racing, lari lebih cepat daripada waktu "dial-in" yang diproyeksikan (lihat dial-in di bawah). Alasan diskualifikasi jika lawan tidak melakukan start busuk atau melewati garis batas. Juga dikenal sebagai bustout.
Bump and run
Gerakan yang berasal dari balap mobil stok, di mana mobil yang mengikuti dengan sengaja menabrak mobil di depan untuk mencoba melewatinya.[9]
Burnout
Tindakan memutar roda yang digerakkan di tempat untuk memanaskan ban agar traksi lebih baik. Itu juga digunakan dalam balap mobil stok, biasanya untuk merayakan kemenangan balapan.
Buschwhacker / claim jumper (2008–14) / signal pirate (2015–) / Cup leech
Di NASCAR, seorang pembalap yang rutin membalap di NASCAR Cup Series tingkat pertama, tetapi tampil sebagai tamu atau semi-reguler di NASCAR Xfinity Series tingkat kedua. Istilah ini awalnya dinamai untuk sponsor seri lapis kedua, tempat pembuatan bir Anheuser-Busch. Claim jumper adalah referensi untuk sponsor lapis kedua Asuransi Nasional (2008–14), dan signal pirate referensi sponsor lapis kedua saat ini Comcast Xfinity, dengan Cup leech digunakan sebagai istilah sponsor-netral.

C[sunting | sunting sumber]

Mobil berlomba di sekitar lapangan tanah di belakang pagar logam tinggi.
Tangkap pagar di Amerika jalur tanah
Camber
A.) Sudut di mana roda diatur untuk miring ke dalam atau ke luar, diukur dalam derajat masuk atau keluar dari 90 derajat. Camber positif berarti bagian atas ban miring keluar dari mobil; camber negatif berarti bagian atas miring ke dalam. Camber negatif membantu performa menikung, karena ban luar condong ke tikungan (seperti pada sepeda motor), yang mengurangi gaya lateral pada ban dan menyebabkan berkurangnya kelenturan di dinding samping, meskipun juga memiliki efek meningkatkan keausan ban.: B.) Banking (lihat di atas), sudut di mana sudut condong ke arah luar (atau garis lurus dari sisi bawah ke sisi yang lebih tinggi). Kadang-kadang ditentukan sebagai camber positif dan camber negatif, yang terakhir menunjukkan penurunan dari dalam sudut.
Catch fence
Pagar yang terbuat dari pagar rantai, pagar jaringan yang dilas, dan/atau kabel yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan mobil yang tidak terkendali dan mencegah puing-puing menabrak kerumunan. Mereka umum di trek pendek, sirkuit jalanan, dan sirkuit permanen.
Catch tank / catch can
Wadah yang ditempatkan di go-kart untuk menampung cairan, seperti air dan oli, yang jika tidak akan jatuh ke lintasan. Juga dikenal sebagai "tangki pemulihan".[10]
Caution / caution period
Lihat Full-course yellow.
Chase vehicle
Dalam balap off-road, kendaraan non-kompetitif yang mengikuti kendaraan pesaing untuk membantu perbaikan.[11]
Chicane
Sudut buatan atau serangkaian sudut yang ditambahkan ke jalur alami trek untuk memperlambat mobil[12] atau membuat zona lewat.
a car sits at a set of lights waiting for a signal
Sebuah pohon Natal menghitung mundur di SIR
Choose cone
Cone (atau chevron yang dicat) di mana pengemudi harus memilih apakah mereka ingin masuk atau keluar dalam balap mobil stok selama restart.[13]
Christmas tree
Rangkaian lampu dalam balap drag yang menandakan mendekatnya dan dimulainya balapan, selain menunjukkan pelanggaran start.
Clean air
Udara yang belum terkena turbulensi dari mobil lain.[8] Kebalikan dari Dirty air.
Clerk of the course
Pejabat yang bertanggung jawab atas semua kegiatan di jalur, termasuk demonstrasi dan parade. Mereka mengawasi kondisi trek, mengawasi marsekal Olahraga dan layanan darurat, mengontrol penempatan mobil pengaman, dan memutuskan untuk menangguhkan sesi. Jika direktur balapan ditunjuk, panitera adalah junior dan direktur balapan memiliki otoritas tertinggi; jika tidak, mereka sering menjadi pejabat paling senior di acara balap.
Closing/shutting the door
garis balap pertahanan awal dibawa ke sudut untuk memblokir mobil di belakang agar tidak menyalip di sepanjang garis yang diinginkan.
Co-driver
Dalam balap reli, co-driver mengarahkan pengemudi melewati lintasan dengan membaca pacenotes yang menjelaskan belokan dan rintangan di depan. Juga secara historis disebut navigator, ketika membaca peta memainkan peran yang lebih besar dalam aksi unjuk rasa sebelum adopsi pacenoting secara luas. Istilah ini juga digunakan dalam mobil sport dan balap mobil touring jarak jauh (khususnya balap ketahanan), di mana banyak pengemudi berbagi kendaraan yang sama.
Competition caution
Warna kuning full-course yang telah direncanakan sebelumnya, diamanatkan oleh badan sanksi, di mana pengemudi membawa kendaraan mereka ke pit. Sering dilakukan untuk mengganti ban karena keausan ban yang berlebihan, atau untuk mencegah tim menyewa kru pit khusus (lihat Controlled caution). Dalam beberapa kasus, safety car hanya diterapkan setelah sejumlah lap bendera hijau berturut-turut atau waktu telah dijalankan tanpa safety car (biasanya 50-100 lap). Uang tunai atau bonus poin dapat dibayarkan kepada tim yang memimpin pada saat periode tersebut (seperti peringatan kompetisi akhir tahap dalam seri nasional NASCAR).[14]
Control
Jika penyelenggara seri menetapkan bahwa semua peserta lomba harus menggunakan bagian yang identik; seperti dalam Control tire atau Control engine.
Controlled caution
Selama periode safety car, tim dapat mengganti ban dan mengisi bahan bakar dalam rentang waktu terbatas (2-5 putaran atau lima menit) untuk melakukan penyesuaian. Tergantung serinya, tim tidak akan kehilangan posisi trek apa pun (jika itu adalah jeda interval) atau tidak akan kehilangan posisi relatif terhadap mobil yang diadu selama peringatan (misalnya, jika mobil tempat ketiga, keempat, dan kedelapan masuk pit selama peringatan, mereka akan menjadi mobil tempat pertama, kedua, dan ketiga yang keluar dari jalur pit, dan akan start di belakang mobil lap awal yang tidak masuk pit, dengan urutan yang relatif sama seperti sebelum safety car).
Crate motor
Mesin yang sudah jadi dan disegel oleh perusahaan independen. Motor peti terkadang diamanatkan dan terkadang opsional. Mereka umumnya digunakan dalam rangkaian tur regional hingga ke trek lokal, dan di divisi dari model akhir hingga ke bawah. Motor peti diimplementasikan untuk membatasi biaya dan memastikan bahwa seluruh lapangan memiliki peralatan yang sama. ARCA Racing Series dan NASCAR Gander Outdoors Truck Series memiliki peti 396 cu in (6,49 L) opsional kecil-blok mesin opsi.[15]
Crossed sticks
Dua bendera meringkuk dibentangkan dalam bentuk salib yang menandakan tanda tengah jalan di banyak seri balap Amerika.
Curb
Bantalan oval tanah (lihat di bawah) yang telah terbentuk menjadi langkan tanah yang lebih keras dengan bentuk yang mirip dengan trotoar curb. Seringkali, trotoar lebih sulit dan lebih berbahaya untuk dilintasi daripada bantalan yang lebih lembut, dan dapat dengan mudah membalikkan mobil yang mendekat secara tidak benar.
Cushion
Dalam balap tanah, saat tanah ditendang dan mendarat di dekat tepi lintasan setelah mobil melayang melewati tikungan. Kotoran menumpuk dari waktu ke waktu dan dapat memperlambat pengemudi jika mereka meluncur terlalu dalam ke dalamnya saat melewati belokan. Dalam balapan oval tanah, saat tanah ditendang ke arah dinding, tanah akan membentuk gundukan pendek tempat mobil akan bersandar untuk mendapatkan kecepatan dan momentum.

F[sunting | sunting sumber]

Finish 1–2
Ketika dua kendaraan dari tim yang sama finis pertama dan kedua dalam suatu balapan. Dapat diperpanjang menjadi 1–2–3 atau 1–2–3–4, dll. tergantung pada kombinasi seri balapan dan ukuran tim.

J[sunting | sunting sumber]

jack udara
Silinder pneumatik dipasang secara strategis ke rangka dekat roda mobil balap, yang diproyeksikan ke bawah untuk mengangkat mobil dari tanah selama pit stop untuk memungkinkan penggantian ban dengan cepat atau memberikan akses mekanik ke bagian bawah mobil untuk perbaikan.

K[sunting | sunting sumber]

Klub 200 MPH
"Keanggotaan" seumur hidup yang diberikan oleh SCTA atau badan atau sirkuit yang memberikan sanksi kepada pengemudi mana pun yang berkendara pada jarak tertentu dengan kecepatan minimum 200 mil per jam (320 km/h), sekaligus memecahkan rekor.[16] Keanggotaan dapat diperluas dari yang lebih eksklusif 300 hingga elite 400.[17] Juga dikenal sebagai "Klub 2" atau "Dirty Two Club" untuk rekaman yang berlangsung di Danau El Mirage.[18]

M[sunting | sunting sumber]

Mobil customer
Mobil yang dipasok secara eksternal oleh tim balap, baik dari tim lain atau dari produsen sasis balap spesialis. Terutama istilah Formula Satu, di mana mayoritas tim membuat mobil mereka sendiri; mobil pelanggan sejak itu dilarang dari F1. Pada beberapa model short track late dan seri modifikasi, mobil pelanggan dijadikan standar, sedangkan kebalikannya adalah "house car", yaitu mobil karya yang dibuat oleh pembuat sasis.

P[sunting | sunting sumber]

Pengujian otomatis
Lihat Gymkhana.

S[sunting | sunting sumber]

Sampul aero
Lihat selubung roda.

T[sunting | sunting sumber]

Tim B
Lihat tim satelit.

W[sunting | sunting sumber]

Waktu 60 kaki
Dalam balap drag, waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk menempuh 60 kaki (18 m) pertama dari jalur drag.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Glossary of Racing Terms". NASCAR.com. NASCAR Media Group, LLC. 17 Agustus 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juni 2016. Diakses tanggal 1 Juni 2016. 
  2. ^ "NASCAR – Gordon mempertanyakan peran 'pengisi lapangan' setelah shunt". Crash.net. Crash Media Group. Maret 2004. Diakses tanggal 18 Maret 2015. 
  3. ^ Ryan, Nate (14 Juli 2014). "Jeff Gordon mengatakan NASCAR harus memikirkan kembali kecepatan minimum". USA Today. USA Today. Diakses tanggal 18 Maret 2015. 
  4. ^ "Pejabat IndyCar memutuskan tidak ada dorongan tambahan untuk Lotus pada hari balapan di Indianapolis". autoweek.com. Autoweek. 21 Mei 2012. Diakses tanggal 18 Maret 2015. 
  5. ^ Cary, Tom (10 Mei 2010). "Lewis Hamilton memperingatkan bahwa backmarker F1 dapat menyebabkan 'bencana' di Grand Prix Monaco". The Daily Telegraph. London. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 12 Januari 2022. Diakses tanggal 4 Juni 2012. 
  6. ^ Wolf, Andrew (4 September 2019). "Pembalap Penghilang Stok Melempar Wastafel Dapur Di Final Head-Up Epik Di Warga Negara A.S!". Dragzine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 Agustus 2022. 
  7. ^ Patwardhan, Deepti. "Lihatlah panduan mendetail ini ke Red Bull Ring oleh Jehan Daruvala". Red Bull (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 Agustus 2022. 
  8. ^ a b Clayton, David (2007). Resmi ITV Sport Formula Satu Tahunan 2008. Granada Ventures. hlm. 6–7. ISBN 978-1-906211-02-8. 
  9. ^ Crossman, Matt (April 1, 2007). "Seni menabrak dan berlari". Sporting News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2007. Diakses tanggal 18 Januari 2009. 
  10. ^ "Go Kart Catch Cans and Tanks". 
  11. ^ Sigal, Peter (23 November 2006). "On Dirt Roads of Mexico, Racers' Toughness Is Tested". New York Times. Diakses tanggal 18 Januari 2009. 
  12. ^ "Traffic Calming 101". Project for Public Spaces. Diakses tanggal 18 Januari 2009. 
  13. ^ Blackstock, Elizabeth (8 Agustus 2020). "NASCAR's Choose Cone Rule, Explained". Jalopnik (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 8 April 2023. 
  14. ^ Gluck, Jeff (July 27, 2008). "NASCAR may throw competition caution to address tire concerns at Indy". Scene Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-23. Diakses tanggal 9 April 2010. 
  15. ^ "The ASA Late Model Series Road to Success". ASA Late Model Series. 14 Februari 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-24. Diakses tanggal 11 March 2009. 
  16. ^ url=http://www.bonneville200mph.org/bylaws.html Diarsipkan 2021-09-18 di Wayback Machine.
  17. ^ Dan McCosh (April 1993). Photos by John B. Carnett. "Dataran Garam Bonneville: Pencarian untuk Kecepatan". Popular Science. Times Mirror Magazines. 242 (4): 88–92,101. ISSN 0161-7370. 
  18. ^ Jeff Breitenstein (2004). Kamus Ultimate Hot Rod: Bom-A ke Zoomies. illustrated by Troy Paiva. MotorBooks International. hlm. 242. ISBN 0-7603-1823-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]