Daftar episode Satria Garuda BIMA-X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman ini memuat daftar episode dan sinopsis serial tokusatsu Indonesia Satria Garuda BIMA-X.[1]

Daftar episode dan sinopsis[sunting | sunting sumber]

# Judul Tayang perdana Sutradara Penulis
Spesial "The Beginning" ("Permulaan") 7 September 2014 Hideki Oka, Alam Putra K.W Junko Komura
Rasputin, pemimpin Kerajaan VUDO yang berambisi menguasai Bumi telah berhasil dikalahkan oleh duo Satria Garuda Ray dan Reza Bramasakti, menyatukan mereka kembali sebagai keluarga bersama Randy dan Rena. Setengah tahun telah berlalu dalam keadaan damai, mereka berpetualang ke dalam gua tersembunyi di bawah candi purbakala untuk menemukan petunjuk tentang keberadaan keempat Powerstone yang hilang tersebar saat pertempuran besar dengan Rasputin agar tak digunakan oleh orang yang jahat. Namun pencarian mereka hanya mempertemukan Ray dan Reza dengan sesosok suara misterius dan naga raksasa yang tiba-tiba menghilang. Kembali di Jakarta, pasukan kejam yang dipimpin Proteus sang monster komodo tiba-tiba menyerang dan menimbulkan kekacauan besar. Dalam kekacauan itu, muncul tiga pesawat antar-dimensi, berawakkan tiga sosok bernama Rexor, Lady Mossa, dan Draconer yang tergabung sebagai trio "Death Phantoms" ("Bayang-bayang Kematian"). Mereka menyatakan munculnya penguasa baru VUDO yang bergelar Black Lord ("Penguasa Hitam") yang mengutus mereka untuk merebut kembali Powerstone Merah, Biru, dan Hitam yang dimiliki oleh Ray dan Reza. Kekuatan pasukan baru VUDO ini ternyata jauh lebih kuat dari pasukan Rasputin yang terdahulu, karena adanya Powerstone Sintetis yang dikembangkan oleh Rexor, sehingga BIMA dan Azazel pun tak berdaya melawan Proteus. Powerstone Merah hancur dan Ray terluka parah karena kekuatan dahsyat Proteus, Powerstone Biru pun terbang menghilang. Reza berhasil menyelamatkan Ray dari dahsyatnya kekuatan Proteus.

Topeng Besi yang kini mengabdi kepada Black Lord ternyata masih menyimpan dendam lamanya terhadap Azazel, dan hendak menghabisi Reza untuk mendapatkan kepercayaan majikan barunya, namun Draconer malah diam-diam menyerang dan menghabisi Topeng Besi. Reza bertekad untuk menemukan Powerstone Biru sendirian dan bertarung melawan Proteus seorang diri. Saat Reza hampir saja mati di tangan Proteus, Ray tiba-tiba datang dan mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan adiknya. Saat meregang nyawa dan bergulat dengan maut, Ray mendengar suara misterius yang pernah didengarnya di gua purbakala yang menyatakan bahwa Ray telah mati. Dalam siksaan api, Ray terus menentang kematian dan menyatakan bahwa dia tidak akan menerima kematian karena dia harus terus melindungi Bumi dan keluarganya. Hatinya yang pantang menyerah berhasil membangkitkan kekuatan tersembunyi Powerstone Merah yang telah hancur dan membangkitkannya dari kematian. Dengan Powerstone barunya, Ray mengubah dirinya menjadi Satria Garuda BIMA-X dan mengalahkan Proteus dengan kekuatan baru pedang Helios, Flaming Slash ("tebasan berapi"). Di Dunia Paralel, Death Phantoms terbang dengan pesawat antar-dimensi mereka menuju Bumi, menyatakan akan memulai invasi ke Bumi dan menemukan Powerstone Biru yang menghilang.

1 "Kembalinya Para Satria Garuda" 14 September 2014 Teruyoshi Ishii, Arnandha Wyanto Junko Komura
Death Phantoms dan pasukan Gladion Black Lord kembali menyerang Bumi dengan dipimpin Draconer. Ray dan Reza segera beraksi dan berhasil menghalau serangan pasukan mereka. Draconer akhirnya kembali ke kapal tempur Death Phantoms di mana Rexor memutuskan untuk memulai misi khusus untuk memporak-porandakan Bumi dengan kekuatan aneh monster kepiting Bachyura. Di Bumi, Bachyura memulai misinya dengan memanipulasi suhu udara dan air di permukaan Bumi menjadi panas tak terkendali, dan membuat gempa bumi di mana-mana. Ray dan Reza segera menemukan Draconer dan Bachyura, BIMA-X dan Azazel bertempur dengan pasukan Gladion, dan BIMA-X akhirnya berhasil mengalahkan Bachyura dengan jurus Flaming Slash. Suhu udara dan air menjadi normal kembali, namun tiba-tiba gempa bumi kembali terjadi.
2 "Cepat! Selamatkan Bumi dari Bencana Letusan" 21 September 2014 Teruyoshi Ishii, Arnandha Wyanto Junko Komura
Bencana kembali terjadi, kali ini sebuah gunung berapi meletus secara misterius. Ray curiga bahwa VUDO sengaja membuat letusan tersebut untuk mencari Powerstone yang terpendam. Saat penyelidikan, Ray dan Reza berpapasan dengan seorang gadis misterius yang juga hendak menyelidiki gunung tersebut. Sebelum mengetahui siapa gadis itu, tiba-tiba Bachyura, sang monster kepiting kembali muncul dan menyerang mereka. Terungkap bahwa Bachyura telah hidup kembali setelah Rexor menanamkan Powerstone Sintetis dalam serpihan tubuhnya. Reza meninggalkan Ray bertarung dengan gerombolan VUDO untuk naik dan menyelidiki kawah gunung berapi; bertemu sosok satria tanpa wujud fisik yang mengatakan bahwa dia harus menemukan benda asing di dalam kawah aktif tersebut untuk menyelamatkan Bumi. Alih-alih menemukan Powerstone, Reza menemukan bahwa penyebab letusan gunung itu ternyata adalah seekor monster kepiting raksasa peliharaan Bachyura. Di kaki gunung, BIMA sempat kewalahan menghadapi kekuatan Bachyura yang bertambah, namun akhirnya berhasil unggul dengan kekuatan sakti pedang api Helios. Letusan gunung api pun reda setelah Azazel dengan mudah mengalahkan kepiting raksasa Bachyura. Setelah pertarungan usai, Reza berpisah dengan Ray untuk mencari Powerstone yang hilang. Sementara itu terungkap bahwa gadis misterius yang berpapasan dengan Ray dan Reza juga mengetahui dan sedang mencari Powerstone yang hilang; dan Rexor melanjutkan misi pencarian Powerstone-nya ke daerah berikutnya.
3 "Pencarian Powerstone Biru" 28 September 2014 Hideki Oka, Alam Putra K.W Riku Sanjo
Reza berhasil mengetahui lokasi Powerstone Biru yang kini terpendam dalam sebuah batu, namun Lady Mossa yang menyamar sebagai seorang wanita pengusaha batu perhiasan bernama Amestina pun juga mencari lokasi Powerstone Biru yang menghilang. Sementara itu Azelot, monster lebah sekaligus ahli pedang VUDO datang mengacaukan Jakarta dan menantang Ray bertarung. Ray bertarung dengan Azelot namun dikalahkan oleh jurus pamungkas bee stinger edge ("ujung penyengat lebah") yang membuat serangan Azelot tak kasatmata; beruntung pertarungan terhenti karena Lady Mossa menarik Azelot kembali. Setelah melatih dirinya dengan Randy, Ray menemukan cara untuk menangkal serangan Azelot dengan mengandalkan pendengarannya untuk mendeteksi serangan Azelot. Ray segera bergegas menolong Reza yang diserang oleh pasukan Gladion dan Azelot dalam perebutan Powerstone Biru, dan berhasil mengalahkan Azelot. Sementara itu Lady Mossa merencanakan serangan balasannya terhadap BIMA-X.
4 "Kemunculan BIMA-X Angin" 5 Oktober 2014 Hideki Oka, Alam Putra K.W Riku Sanjo
Lady Mossa menyerang Ray dan Reza dengan kapal perangnya dengan kekuatan penuh, berhasil merebut Powerstone Biru. Lady Mossa memasukkan Powerstone Biru ke dalam jasad Azelot yang sedang sekarat. Kekuatan Powerstone Biru yang dahsyat membangkitkan Azelot kembali dari kematian dan memberikannya kekuatan atas angin dan badai. Azelot segera menyerang BIMA-X dan Azazel dengan kekuatan penuh jurus pamungkas barunya, Bee Tornado ("tornado lebah"), sehingga Azazel dan BIMA-X terpaksa meloloskan diri. Tak disangka, ternyata Powerstone Biru tak hanya memberi kekuatan dahsyat, namun kini telah mengendalikan jiwa Azelot, membuat jiwa Azelot menjadi gila oleh kekuasaan dan membelot dari Lady Mossa. Lady Mossa hendak menghukum Azelot namun Rexor menghentikannya karena telah menduga hal tersebut akan terjadi. Azelot membangun sebuah kapal perang untuk memporakporandakan Jakarta. Dengan dorongan semangat dari keluarganya, Ray segera turun ke medan tempur bersama Reza untuk menyelamatkan Jakarta, mengalahkan Azelot dengan Flaming Slash BIMA-X Flame dan mendapatkan kembali Powerstone Biru. Jiwa Azelot kini merasuk ke dalam kapal perangnya, menyerang Jakarta dengan membabi buta. Ray segera menggunakan kekuatan Powerstone Biru, yang mengubahnya menjadi BIMA-X Storm, dan dengan jurus tendangan Tornado Crusher ("penghancur tornado") mengalahkan Azelot untuk selamanya. Dengan Jakarta kembali aman, Reza kembali berkelana meninggalkan Ray untuk mencari Powerstone yang berikutnya.
5 "Kemunculan Ghost Ship!" ("Kapal Hantu") 12 Oktober 2014 Teruyoshi Ishii, Arnandha Wyanto Daisuke Kihara
Sebuah kapal perahu terbang antardimensi raksasa yang misterius terlihat samar-samar di atas sebuah bangunan angker tinggi yang ditinggalkan, memicu pemuda Radit untuk menyelidikinya. Adik Radit tidak menyetujui niat berbahaya Radit tersebut, namun Radit bersikeras memeriksa gedung angker tersebut bersama kedua temannya. Ray yang telah berlatih keras untuk menguasai kekuatan Powerstone Biru bersama Randy kini turun tangan membantu adik Radit menyelamatkan Radit dari sebuah petualangan maut. Dalam gedung angker yang ternyata merupakan markas rahasia VUDO tersebut, BIMA-X tiba-tiba berhadapan dengan dua musuh lamanya yang bangkit kembali, duo Shadow Crisis ("Krisis Bayangan") Zacros sang monster kambing penguasa dunia ilusi dan mimpi, serta Karax sang monster gagak yang pongah.
6 "Dimulainya Rencana Shadow Crisis" 19 Oktober 2014 Teruyoshi Ishii, Arnandha Wyanto Daisuke Kihara
BIMA-X tak mampu bertahan dari serangan duo Shadow Crisis Zacros dan Karax sehingga meloloskan diri. Kejaran Zacros dan Karax dihentikan oleh sosok misterius pemimpin mereka, yang memerintahkan mereka untuk segera mengambil semua senjata yang tersimpan di markas rahasia VUDO tersebut lalu menghancurleburkan tempat tersebut. Sementara itu, Randy dan Rena yang mengkhawatirkan keselamatan Ray mendapat bantuan dari gadis misterius Ricca untuk menemukan Ray. Ray menemukan dua teman Radit, dan demi menyelamatkan mereka, dia pun kembali menantang duo Shadow Crisis untuk mengalihkan perhatian pasukan VUDO dan juga menyelamatkan Radit. Dalam pertempuran, tiba-tiba sosok misterius pemimpin Zacros dan Karax muncul, yang tak lain adalah Topeng Besi yang bangkit kembali dari kematian dalam wujud barunya yang berkekuatan Powerstone Sintetis. Topeng Besi menembak pedang Helios dengan tangan meriamnya hingga terpental. BIMA-X kini di ujung maut, namun Randy, Rena, dan dua teman Radit tiba-tiba muncul, melemparkan pedang Helios dan menyelamatkan nyawa BIMA-X dari tembakan meriam Topeng Besi. Mereka melarikan diri dari gedung angker yang hendak dihancurleburkan oleh meriam kapal perang Topeng Besi tersebut. Di saat genting BIMA-X menggunakan kekuatan Hurricane Blaster ("Penghancur Topan") dan menangkis tembakan meriam kapal perang Topeng Besi diiringi menghilangnya kapal perang tersebut. Terungkap bahwa Topeng Besi kini berniat membangun pasukannya sendiri demi tujuan yang tak diketahui, namun hal ini ternyata juga telah direncanakan oleh Black Lord dan Rexor.
7 "Monster Kelaparan Mencari Mangsa" 26 Oktober 2014 Hideki Oka Daisuke Kihara
Dalam episode bernuansa komedi ini, datanglah Zoik, sang monster isopoda dan perwira paling rakus di kerajaan VUDO yang akan menelan apa pun yang dilihatnya saat lapar dan memberikan nilai rasa untuk kelezatan benda-benda yang ditelannya. Zoik diperintahkan oleh Draconer untuk menelan BIMA-X. Alih-alih mengejar BIMA-X, Zoik malah berpetualang berkeliling Jakarta, menelan apa pun yang ditemuinya dalam sebuah petualangan kuliner, memberi nilai kelezatan untuk benda-benda yang ditelannya. BIMA-X kewalahan menghadapi kekuatan aneh Zoik yang bahkan dapat menghisap kekuatan serangan api BIMA-X. Sementara itu, Paman Iwan mendapatkan paket kiriman misterius dari kedua orang tua Randy dan Rena, namun sebelum dapat memberikan paket tersebut, dia menjadi korban kerakusan Zoik dan ditelan bulat-bulat oleh Zoik. Takut melukai Paman Iwan, BIMA-X pun ragu untuk mengeluarkan kekuatan penuhnya, bahkan Rena pun akhirnya diculik Zoik untuk dijadikan koki pribadinya, setelah Zoik merasakan betapa lezatnya masakan Rena.
8 "Pemasak Berkekuatan Api, Berjuanglah!" 2 November 2014 Hideki Oka Daisuke Kihara
Kini mempunyai Rena sebagai koki pribadi, Zoik berkeliling Jakarta untuk berbelanja bahan makanan. Niat BIMA-X untuk menyelamatkan Rena gagal karena Zoik melarikan diri dan bersembunyi, lebih mementingkan nafsu makannya ketimbang mematuhi perintah Draconer. Bersembunyi di sebuah restoran, Zoik menyekap Rena dan memerintahkan Rena untuk memasak makanan sebanyak-banyaknya. Siapa nyana, Rena hanya mengetahui resep masakan dari buku resep Ibunya. Setelah beberapa hari menyantap masakan yang sama, Zoik akhirnya bosan dan marah terhadap Rena, mengancam Rena untuk memasak masakan yang lain. Sementara itu, Paman Iwan yang terdampar di dalam perut Zoik berhasil menghubungi Ray dan Randy dengan alat komunikasi antar dimensi yang dikirimkan orang tua Randy dan Rena. Paman memberitahukan lokasinya dari petunjuk piring-piring restoran yang ditelan Zoik. Niat Rena menggunakan resep pribadinya untuk memuaskan nafsu makan Zoik malah membuat Zoik murka karena masakan resep pribadi Rena ternyata malah dinilainya makanan paling tidak lezat. Beruntung Ray dan Randy muncul menyelamatkan Rena dari nafsu rakus Zoik. Randy berhasil menyelamatkan Paman Iwan dengan bom bersin yang dibuatnya. Pertarungan final dengan Zoik pun berlangsung, BIMA-X kini menggunakan kekuatan Powerstone Biru dari dalam perut Zoik. Zoik akhirnya hancur lebur setelah berhasil merasakan benda terlezat yang pernah disantapnya, yaitu BIMA-X. Terungkap bahwa orang tua Randy dan Rena ternyata selama ini masih hidup dan sedang berpindah-pindah tempat untuk melarikan diri dari kejaran pasukan VUDO.
9 "Pahlawan Kurang Tidur" 9 November 2014 Arnandha Wyanto Junko Komura
Sebuah wabah mimpi buruk yang menyebabkan kurang tidur tiba-tiba melanda warga Jakarta. Ray dan keluarganya juga jatuh di bawah pengaruh wabah misterius ini. Kurang tidur dan kelelahan, Ray menemukan bahwa penyebab wabah ini adalah sihir dari Zacros yang menguasai dunia ilusi dan mimpi. Otak rencana jahat ini sendiri tak lain adalah Topeng Besi yang kini berniat membangun pasukannya sendiri untuk menghancurkan umat manusia sekaligus melampiaskan dendamnya pada BIMA, Death Phantoms dan Black Lord. Ray selamat dari maut setelah Draconer muncul dan menyerang Topeng Besi, musuh bebuyutannya. Topeng Besi sendiri selamat dari amukan Draconer yang menampakkan wujud aslinya, seekor maha monster yang bersayap, setelah Rexor menarik Draconer kembali ke Dunia Paralel karena masih ingin memanfaatkan Topeng Besi. Ricca muncul menawarkan bantuan pada Ray, membawanya ke markas Korporasi Akhsara tempatnya bekerja yang menyimpan berbagai mesin canggih, salah satunya mesin Rejuvenator ("Pemulih") yang dapat memulihkan energi seseorang dalam waktu singkat. Ray menggunakan mesin Rejuvenator, dan segera bergegas mengejar Zacros, dan setelah pertempuran sengit mengalahkan Zacros dengan tendangan api Inferno Crusher ("Penghancur Api Neraka"). Terungkap bahwa Black Lord berencana ingin memulai sebuah persaingan dengan Topeng Besi dalam misi invasi ke Bumi. Topeng Besi sendiri mulai curiga pada Ricca yang telah dua kali membantu BIMA-X.
10 "Mengungkap Misteri Ricca " 16 November 2014 Arnandha Wyanto Junko Komura
Topeng Besi yang penasaran langsung turun ke bumi dengan pasukannya yang tersisa. Ray yang juga penasaran kalau Ricca ada di pihaknya atau VUDO langsung pergi ke tempat kerja Ricca, namun ia diusir karena Ricca tidak ingin dia mengetahui apapun. Tiba-tiba Karax datang dan ingin menculik Ricca. Ray datang dan bertempur dengan Karax, namun Topeng Besi datang menghalang BIMA-X. Ricca dibawa pergi oleh Karax, dan Ray terluka. Ray coba mencari Ricca dengan bantuan alat misterius yang terjatuh saat Ricca dibawa pergi oleh Karax. Dia bersama Randy berhasil menemukan Ricca dan menyelamatkannya. Ray kembali bertempur di medan perang dengan menggunakan storm mode melawan Topeng Besi yang dibantu Karax yang menggunakan kapal Ghost Ship, dan menembakkan meriam dari kapal tersebut. Ray berhasil menang, namun Topeng Besi melarikan diri. BIMA-X mengeluarkan seluruh kemampuan untuk menyerang kapal Ghost Ship yang kemudian hilang kendali, jatuh, dan menghilang.
11 "Misi Scarlet Bintang " 23 November 2014 Teruyoshi Ishii, Alam Putra K.W Riku Sanjo
Scarlet Bintang, sebuah cincin perhiasan yang tiba-tiba menggemparkan banyak wanita di Jakarta, termasuk Rena. Karena jamnya rusak, ia meminta tolong Ray untuk segera diperbaiki agar bisa membeli cincin perhiasan tersebut. Malamnya, Ray menyelamatkan seorang wanita yang diserang oleh monster raflesia Raflesian. Wanita tersebut memakai Scarlet Bintang yang membuat Ray curiga. Esoknya, Rena terburu-buru menuju tempat dijualnya Scarlet Bintang. Usahanya tak berhasil, karena antriannya sudah panjang. Di sana, Rena bertemu Ricca yang penasaran juga dengan Scarlet Bintang lalu pergi meninggalkannya. Tak disangka, ia mendapat Scarlet Bintang dengan cepat dan harga yang murah sebab Rena berada di antrian ke-100 bertepatan dengan memperingati hari ke-100 kedai tersebut. Saat pulang, ia bertemu Ray, Randy, dan Ricca. Saat Ricca meminta Scarlet Bintang miliknya, Rena menolaknya. Tak lama kemudian, muncul Raflesian yang tidak bisa dikalahkan BIMA-X karena kemampuan mengklon dirinya sendiri. Ia mendapat penglihatan dari Scarlet Bintang dan akarnya yang menjangkau seluruh wilayah Jakarta untuk mencari Powerstone yang hilang. Tak disangka, Raflesia dapat mengendalikan Scarlet Bintang dan memperdaya BIMA-X. BIMA-X berada dalam bahaya.
12 "Memangkas Bunga Pengganggu" 21 September 2014 Teruyoshi Ishii, Alam putra K.W Junko Komura
Bima-X tak mampu menandingi kekuatan Raflesian yang sangat tangguh. Ia pun kalah telak. Namun azazel datang disaat genting melawan raflesian dan Lady Mossa, namun mereka kabur. Setelah tiba di Rumah, changernya tak berfungsi karena tumbuhnya akar pohon pada changer akibat serangan Raflesian. Kak Randy diserang oleh banyak wanita yang tidak percaya bahwa cincin scarlet bintang ada hubungannya dengan VUDO. Namun Ricca dan Rena menghentikannya. Setelah mengetahui informasi tentang Raflesia, mereka semua berencana untuk mencari tempat di mana raflesia tinggal. Dengan menukarkan cincin scarlet bintang yg dimiliki para wanita dengan cincin berlian secara gratis, tempat tinggal raflesian pun dapat diketahui. Sementara Ray sedang memulihkan changernya, Reza pun bertarung melawan Raflesian namun Lady Mossa menghalau dan bertarung dengannya. Raflesian yang marah karena terganggu langsung menyerang Randy, Rena, dan Ricca, namun disaat itupula Ray datang untuk menyelamatkan mereka. Ray berhasil mengalahkan Raflesian sampai ke akar-akarnya. Sementara Lady Mossa kabur melarikan diri. Lady Mossa berniat membalaskan dendamnya pada para Satria.
13 "Rahasia Bintang Televisi" 7 Desember 2014 Hideki Oka Ahmad Nurudin Junko Komura
Ray dan Rena pergi melihat konser bintang televisi ternama sekaligus teman lama Rena, Ati Carlotta. Tapi ternyata ketenangan hanya sebentar saja karena monster armadillo Guiro muncul mengacau. Disaat yang sama, microphone yang digenggam Ati berubah menjadi batu. Dracorner pun curiga! Ia dan Monster Armadillo berniat mengambil Powerstone yang ada ditangan Ati Carlotta. BIMA-X pun melindungi Ati dan Rena dengan melawan Draconer dan Guiro. Ketika BIMA-X sedang melawan Guiro dan Draconer. Rena dan Ati diserang oleh Kuranion. Rena yg bermaksud menolong Ati berubah menjadi patung karna kekuatan Power Stone hijau yang tak terkendali. Atipun juga mengubah Kuranion menjadi patung batu karena ia sangat ketakutan. BIMA-X terdesak karena kekuatan gabungan Draconer dan Guiro sangat kuat.
14 "Bergemalah Power Stone Bumi!" 14 Desember 2014 Hideki Oka Ahmad Nurudin Junko Komura
BIMA-X tak mampu melawan Draconer dan Guiro yg sangat kuat. Bima pun terpaksa mundur dan bersembunyi. Disaat Draconer sibuk mencari Ray, Rena, dan Ati Charlota yang memegang Power Stone hijau, Ray mencoba bicara dengan Power Stone hijau, namun gagal. Lalu Ray pun keluar dan bertarung sekali lagi dengan Guiro dan Draconer serta memerintahkan helios untuk menjaga Ati dan Rena. Bima bertarung untuk kedua kalinya, namun BIMA-X tidak mampu menahan serangan Guiro dan Draconer. Atipun memerintahkan helios untuk menolong BIMA-X, namun BIMA-X tetap kalah telak. Ati putus asa, namun Ray menegaskannya untuk tetap percaya kepada Power Stone karena Power Stone tidak selalu membawa petaka. Draconer pun mengancam, Ati dan Ray akhirnya bergegas menghajar Draconer dan Guiro. Mereka bertarung untuk ketiga kalinya. Dengan menggunakan gabungan Flame Mode dan Storm Mode pun BIMA-X masih tak berdaya melawan Draconer dan Guiro. Power Stone hijau pun lepas setelah mendengarkan hati Ati. Ray segera menggunakan kekuatan Power Stone hijau yang menggunakan Mode Bumi. Dengan mudah BIMA-X mengalahkan Guiro. Draconer pun kalah telak dengan kekuatan BIMA-X, dia berhasil meloloskan Diri. Black lord berencana menugaskan Rexor dalam misi invasi bumi.
15 "Menyelamatkan Bumi Yang Hijau" 21 Desember 2014 Teruyoshi Ishii, Alam putra K.W Riku Sanjo
Operasi VUDO kembali terjadi, yaitu dengan hidupnya kembali Monster Proteus yang menyerang perkebunan. Ray datang menghalang serangan itu. Proteus mengungkapkan bahwa monster monster Vudo dapat dihidupkan hanya dengan serpihan kecil. Lalu Proteus melarikan diri. Bu Miranti sebagai pengusaha kebun terbesar di Indonesia mengungkapkan bahwa kebunnya sering di serang makhluk asing. Disaat itu pula, Bapak Menteri Pencaharian dan Penelitian Sumber Daya Alam, Reza Alamsyah ingin bekerja pada Bu Miranti. Bapak menteri itu tak lain adalah Rexor yang menyamar menjadi manusia. Ray pun ingin bekerja di perkebunan Bu Miranti supaya dapat melindungi pekerja kebun dan panen buahnya. Ketika Ray diberi buah oleh bu miranti, Ray mengungkapkan bahwa buahnya sangat manis dan segar. Draconer yang benci Kepada BIMA-X bertekad membalaskan dendamnya karna pernah dikalahkan dengan mudah oleh BIMA-X. Namun Topeng Besi datang dan mulailah pertarungannya dengan Great Monster Draconer. Namun Rexor membawa mereka pergi agar mereka berdua tidak menggagalkan rencananya. Kemudian, Rexor yang menyamar menjadi bapak menteri langsung memberi Proteus sebuah Power Stone sintesis baru yang membuatnya dapat mengeluarkan racun. Proteus pun lalu meracuni seluruh tanah perkebunan. BIMA-X lalu bertarung melawannya. Sebuah cahaya petir menyambar perkebunan tersebut. Disaat ingin menyerang Proteus lagi, Rexor memperkenankannya untuk berhadapan dengannya, Great Monster Rexor. Bima pun tak berdaya dihadapan Rexor. Rexor pun menggunakan jurus pamungkasnya yang terkuat. Namun Bu Miranti datang melindunginya.
16 "Serangan Balik Power Stones" 28 Desember 2014 Teruyoshi Ishii, Alam putra K.W Riku Sanjo
Ray melindungi Bu Miranti yang juga ingin melindunginya namun mereka menghilang. Randy dan Rena yang sedang mencari keberadaan Ray, berhasil menemukan BIMA-X dan Bu Miranti terkapar. Ray dan Bu Miranti langsung dibawa ke rumah Bu Miranti. Dalam mimpinya, Ray bertemu Glitter Bima yang mengungkapkan arti kekuatan Satria yang sesungguhnya. Pertarunga Draconer dengan Topeng Besi juga belum usai. Mereka mengeluarkan masing-masing jurus andalan mereka hingga keduanya kelelahan dan pergi. Ray terbangun dan segera bertarung dengan proteus untuk kedua kalinya dengan menggunakan Power Stone yang berbeda-beda. Proteus mencoba menyemprotkan racun pada tubuh BIMA-X saat BIMA-X menggunakan earth mode. Namun tubuh BIMA-X yang sekeras baja butuh waktu lama untuk merambat semua racun yang disemprotkan Proteus kepada BIMA-X. Setelah BIMA-X menemukan cara untuk menghancurkan proteus dengan mengetahui titik lemah Proteus, ia berhasil mengalahkan Proteus. Namun BIMA-X kembali diserang oleh rexor. Ricca pun juga datang menolongnya dengan memberi BIMA-X Power Stone putih berkekuatan Ice yang digunakan BIMA-X untuk menghilangkan racun di tubuhnya sekaligus di seluruh kawasan perkebunan. Rexor pun lari karna kekuatan badai es dari Power Stone putih. BIMA-X kembali memenangkan pertempuran. Ricca lalu meminta Power Stone putih yang diberikannya kepada Ray. Bumi kembali aman. Namun Lady Mossa memiliki rencana kembali. Ia ingin menginvasi bumi tanpa seizin Black lord dan Rexor. Ia menyimpan rencana untuk merebut Power Stone putih milik Ricca.
17 "Perintah Pembunuhan Ricca!" 4 Januari 2015 Amandha Wyanto Daisuke Kihara
Ray dan kawan-kawan curiga dengan Ricca karena memiliki Power Stone putih. Karena penasaran, merekapun mencari Ricca. Setelah Ricca ditemukan, Ricca menjelaskan bahwa Power Stone Putih ini adalah penghubung langsung dengan Power Stone Oranye milik masternya. Setelah merasa puas, Ray, Randy, dan Rena meninggalkan Ricca. Namun tak lama kemudian, Ricca dikejar oleh Kuranion karena mempunyai Powerstone Putih, ditengah kepungan pasukan Black Lord tiba-tiba Ray datang menolong Ricca. Tak sampai disitu, datanglah Lady Mossa yang menginginkan Powerstone Putih tersebut. Walaupun begitu, Ricca tidak ingin memberikan Powerstone Putih miliknya. Alhasil, BIMA-X dan Azazel datang melindunginya namun kekuatan air Lady Mossa dengan mudah mengalahkan mereka. Tiba-tiba, Ricca bangkit dan mengeluarkan kekuatan es yang membekukan dan menghancurkan seluruh pasukan, namun tangannya membeku parah. Lady Mossa kabur dan akan datang dengan rencana lainnya untuk merebut Powerstone Putih.
18 "Mencairkan Hati yang Dingin!" 11 Januari 2015 Amandha Wyanto Daisuke Kihara
Ray dan Reza tak tahu harus membawa Ricca kemana. Tiba-tiba, Amestina Seraphine datang memberikan bantuan. Mereka lalu membawa Ricca ke rumah Amnestina yang tak lain adalah Lady Mossa. Rena yang menjenguk Ricca merasa curiga dengan Amnestina karena ia pernah membeli Scarlet Bintang di kedainya. Saat yang lain mengkhawatirkan kondisi Ricca, Draconer dan Rexor menghubungi Amnestina dan memarahinya karena menginvasi bumi tanpa seizin Rexor. Namun Amnestina tetap ingin melanjutkan rencananya. Ray kaget melihat kedatangan Lady Mossa dan melawannya. Namun Lady Mossa berubah menjadi Great Monster Mossa, sehingga BIMA-X terdesak. Reza pun datang menolong. Sehingga Lady Mossa melarikan diri. Ketika Ray bicara dengan Powerstone Putih, ia tahu bahwa Ricca berniat melindungi Powerstone Putih milik Masternya. Karena dorongan dari Ray, Ia akhirnya bisa melepaskan Powerstone Putih.
19 "Power Stone yang Diincar, Munculnya Pasukan Monster Hantu!!" 18 Januari 2015 Amandha Wyanto Daisuke Kihara
Trio Death Phantom sangat marah karena para monster tidak bisa diandalkan. Tiba-tiba, Draconer mempunyai ide untuk mengeluarkan seluruh roh monster yang tak tampak untuk mengalahkan BIMA-X. Menuju perjalanan ke rumah Ray, Zoik mencium masakan koki kesayangannya, Rena. Ia pun berlari mengikuti aroma makanan tersebut dan diikuti oleh monster lainnya. Di rumah Ray, Rena, Randy, dan Paman Iwan merayakan hari damai sedunia. Karena berterima kasih pada Ray yang telah melindungi Bumi, Rena membuatkan kue dengan hiasan permen Powerstone. Ray pun lalu menaruh Powerstonenya pada kue tersebut. Saat Rena ingin memasukkan kue ke kulkas, ia memberikan Powerstone milik Ray. Karena sama persis, mereka tidak menyadari kalau Powerstonenya tertukar. Ketika mereka berbicara, mereka tak sadar bahwa Monster Hantu sedang berada disekitar mereka. Karena lapar, Rena mengeluarkan kuenya dari kulkas dan kaget karena Powerstonenya menyala. Ketika itupula Ray sadar bahwa Powerstonenya tertukar. Ketika Ricca datang, kekuatan es membangkitkan tubuh para monster. Ray pun akhirnya menghabisi mereka dengan Flaming Slash. Sedangkan itu, Black Lord berencana memberi sebagian kekuatannya yang ada pada alat ciptaannya, Phantom Weapon pada salah satu dari Death Phantom untuk mengalahkan BIMA-X, Azazel, dan satria yang akan datang.
20 "Phantom Weapon Yang Mengerikan" 25 Januari 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Hideki Oka
Jakarta dikejutkan dengan berita sebuah meteor jatuh. Batu meteor itu ternyata sebuah senjata bernama "Phantom Weapon" yang diberikan Black Lord untuk salah satu dari Death Phantom. Reza menyuruh Ray agar bergegas pergi menuju lokasi karena ia merasa peristiwa ini ada hubungannya dengan VUDO. Saat dalam perjalanan, Ray dihadang Topeng Besi yang menawarkannya untuk bekerja sama dengannya. Topeng Besi pun menjelaskan maksudnya untuk meyakinkan Ray. namun Ray menolak dan bertarung dengannya. Usaha Topeng Besi gagal, ia pun pergi. Tom Malkis adalah reporter baru yang bekerja menggantikan Chris Ruslan. Demi mendapatkan pengakuan rekan-rekan kerjanya, Tom tak menghiraukan bahaya dan pergi mengejar liputan khusus tentang sebuah batu meteor jatuh. Sedangkan itu, Trio Death Phantom bertarung untuk memperebutkan Phantom Weapon. Tom Malkis sampai di lokasi kejadian. Ia pun lalu meliput batu meteor tersebut. Tiba-tiba, Great Monster Draconer datang. Ia lalu mengambil kamera Tom Malkis dan berniat menyerangnya. Untungnya, Reza datang menyelamatkannya. Draconer berhasil mendapatkan Phantom Weapon. BIMA-X dan Azazel datang untuk mengalahkan Draconer, namun senjata bernama Phantom Weapon tersebut ternyata sangat kuat. Senjata tersebut dapat berubah bentuk sesuai keinginan penggunanya. Alhasil, Draconer menggunakannya untuk mengikat tubuh BIMA-X dan Azazel, menghabisinya, dan menyisakan Powerstone milik keduanya.
21 "Satria Baru Bernama Torga!" 1 Februari 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Riku Sanjo
Satria Garuda BIMA-X dan Satria Garuda Azazel terpenjara oleh kekuatan Draconer dan Phantom Weapon, mereka membutuhkan doa dari semua orang. Tiba-tiba keluarlah Satria Harimau Torga. Satria Harimau Torga, Satria Garuda BIMA-X dan Satria Garuda Azazel menyatukan kekuatan power stone mereka untuk mengalahkan Draconer dengan Phantom Weapon-nya. Akhirnya power stone oranye "thunder", power stone hijau "earth" dan power stone hitam "meteor" bersatu dan menghasilkan kekuatan yang dahsyat, sehingga Draconer dapat dikalahkan. Ternyata semua ini sudah direncanakan oleh Black Lord agar Phantom Weapon digunakan oleh Draconer.
22 "Identitas Torga!" 8 Februari 2015 Arnandha Wyanto Junko Komura
Siapa sebenarnya Satria Harimau Torga, akhirnya terungkap. Ia adalah Dimas, pemilik sekaligus pemimpin Aksara Corp, master dari Ricca. Saat Dimas datang berkunjung ke rumah Randy, Randy tersinggung atas ucapan Dimas yang menghina keadaan rumah Randy yang kecil, lalu mengusir Dimas keluar dari rumahnya. Ray mengajak bicara Dimas di sebuah taman, ditemani oleh supirnya Sugi. Tiba-tiba prajurit Death Phantom muncul, menakuti seluruh pengunjung taman. Tubuh Sugi dimasuki power stone oleh Lady Mossa, yaitu power stone milik Bachyura "Monster Kepiting". Satria Torga berhasil mengalahkan Bachyura. Tapi tanpa disangka, dalam tubuh Sugi masih ada power stone milik Azellot "Monster Lebah", dan tubuh Dimas ditusuk oleh monster tersebut.
23 "Yang Melindungi dan Yang Dilindungi" 15 Februari 2015 Arnandha Wyanto Junko Komura
Tubuh Tsugi masih disandera Azelot. Dimas juga masih belum sadarkan diri karena terkena tusukan dari Azelot. BIMA-X dan Azazel bertarung menghadapi Azelot yang menanamkan kembali Power Stone milik Bachyura ke dalam tubuhnya. Dengan dua kekuatan Monster Azelot dan Bachyura, BIMA-X dan Azazel harus mengalami kekalahan. Sampai akhirnya Torga datang membantu. Mereka harus menyatukan kekuatan untuk mengalahkan dua monster yang bersarang di tubuh Tsugi. Setelah berhasil mengalahkan monster tersebut, Kerajaan Vudo tidak tinggal diam. Black Lord dan Death Phantoms sudah menyiapkan musuh baru yang akan melawan tiga satria tersebut.
24 "Mengejar Power Stone Terakhir" 22 Februari 2015 Teruyoshi Ishii, Alam Putra K.W Daisuke Kihara
Magna Monster Badak telah diturunkan ke bumi oleh Kerajaan Black Lord untuk merebut power stone milik para satria. Monster Badak sangat besar kekuatannya, Satria Garuda BIMA-X dan Satria Harimau Torga cukup kewalahan menghadapinya. Para satria pun sedang mencari informasi untuk mendapatkan power stone ke-7 dari seorang profesor. Namun ternyata, Lady Mossa dan Monster Badak bergerak lebih cepat dengan menculik sang profesor. Tidak tinggal diam, Satria Garuda BIMA-X dan Satria Garuda Azazel langsung menghadapi Lady Mossa dan Monster Badak. Di tengah pertarungan menghadapi Monster Badak, Satria Garuda Azazel hampir mengalami kekalahan. Untung saja Satria Harimau Torga langsung datang membantu, mereka berhasil mengalahkan Monster Badak dengan sengatan listrik. Sementara, Profesor masih disandera oleh Lady Mossa.
25 "Kekuatan yang Tak Terlihat...BIMA-X Ungu!" 1 Maret 2015 Teruyoshi Ishii, Alam Putra K.W Daisuke Kihara
Magna diberikan power stone sintetis oleh Rexor agar kebal terhadap serangan listrik. Di sisi lain, Rexor yang berubah menjadi Pak Menteri berhasil mengelabui Prof. Armein untuk merebut alat inti penggerak. Untungnya Ray berhasil membuntuti ke rumah Prof. Armein dan mencegah Magna yang menyerang rumah profesor bersama pasukannya. BIMA-X kewalahan saat melawan Magna yang menggunakan kekuatan listrik. Di sisi lain, Azazel berhasil merebut alat inti penggerak dari para pasukan Vudo dan menggunakan kekuatannya untuk mendapatkan power stone ke-7. Muncullah Power Stone Ungu yang berhasil menyelamatkan BIMA-X dari serangan Magna. BIMA-X berubah menjadi BIMA-X Magnetic Mode dengan kekuatan Magnetic dan berhasil mengalahkan Magna.
26 "Jebakan Bagi Torga!" 8 Maret 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Junko Komura
Dimas memiliki sifat yang berbeda sama sekali dengan dua satria sebelumnya, menjadikan ia sosok yang menarik. Tak hanya menarik bagi manusia pada umumnya tapi juga menarik bagi para musuhnya di kerajaan Black Lord. Di saat BIMA-X dan Azazel sedang diserang pasukan Black Lord, Torga terlambat mengetahui tanda-tandanya. Lady Mossa dan Rexor sudah menemukan power spot yang ke-3 ada di MNC Tower. Rexor pun telah menyiapkan prajurit andalannya, Nermean. Di laboratorium Aksara, Ray dan lainnya diperlihatkan portal mesin yang dibuat oleh orang tua mereka 20 tahun lalu untuk pergi ke dunia paralel. Tiba-tiba, muncul hologram orang tua Ray dan Reza memberi pesan. Di sisi lain, Torga harus bertarung sendirian melawan Nermean. Dan akibat kecerobohan Torga, Nermean berhasil menstimulus power spot. Hingga akhirnya Torga terdesak.
27 "Tekad Power Stone Putih" 15 Maret 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Junko Komura
Setelah mengalami kekalahan dari Nermean, Ray dan Reza membujuk Dimas agar mau menggunakan power stone putihnya. Karena hanya power stone putihlah yang mampu mengalahkan "api" milik Nermean. Dimas masih ragu, karena sebelumnya ia tidak pernah berhasil menggunakan power stone putih tersebut. Saat bertarung kembali melawan Nermean, akhirnya Torga bertekad menggunakan power stone putih. Nermean pun bisa dikalahkan oleh Torga Ice Mode. Setelah berhasil menaklukan Nermean, kini saatnya Reza menuju dunia paralel.
28 "Reza Dalam Bahaya Besar!! Pembalasan Rasputin" 22 Maret 2015 Alam Putra K.W Hideki Oka
Reza akhirnya pergi ke dunia paralel. Namun ia dalam bahaya besar, karena saat sampai di dunia paralel ia langsung disambut oleh roh Rasputin yang ingin membalas dendam. Rasputin menjabarkan tiga dosa besar yang telah dilakukan oleh Mikhail (Reza). Tapi Reza sadar, ia berbuat seperti itu karena ingin membalas kebaikan Ray yang telah menolongnya. Rasputin gagal mengelabui Reza, sebaliknya sebagai Azazel, ia membawa Rasputin ke dunia yang ia cintai, lalu membinasakannya.
29 "Rahasia Dunia Satria" 29 Maret 2015 Arnandha Wyanto Riku Sanjo
Zoik Monster yang kelaparan mendatangi bumi, di sisi lain Dimas (Satria Harimau Torga) dan Ray (Satria Garuda Bima X) sedang berlatih agar lebih kompak saat menghadapi musuh. Zoik Monster akhirnya bertemu Rena, sang koki cantik di sebuah swalayan. Rena yang sudah berlatih bela diri, kini berani menghadapi pasukan Vudo dan monster Zoik. Walaupun harus menerima luka di tangannya. Dimas memasuki Dark Limbo (tempat memori para satria) untuk mengetahui masa lalunya hingga tersesat di dalamnya. Ray menyusul ke Dark Limbo untuk menolong Dimas, namun dicegah oleh Harimau Spirit karena ia harus menolong manusia di bumi terlebih dahulu. Saat Ray ingin kembali ke bumi, tiba-tiba Topeng Besi muncul.
30 "Menolong Torga Dari Dark Limbo" 5 April 2015 Arnandha Wyanto Riku Sanjo
Ray tidak berhasil menolong Dimas yang tersesat di dalam Dark Limbo. Ia harus kembali ke bumi untuk melawan Topeng Besi sekaligus Zoik monster. Akibat munculnya Topeng Besi, Dark Limbo terkunci. Dimas mencari jalan untuk kembali ke bumi, namun di tengah jalan ia melihat memori masa lalu milik Ray yang menyebabkan Dimas merasa gagal sebagai seorang satria. Bima Legend tiba-tiba muncul di hadapan Dimas dan menyadarkan Dimas bahwa untuk menjadi seorang satria, sesulit apapun keadaannya tidak boleh pantang menyerah. Akhirnya di saat yang tepat Satria Harimau Torga berhasil kembali ke bumi untuk membantu Satria Garuda BIMA-X yang sedang melawan Zoik monster.
31 "Lahirnya Super Kranion!!" 12 April 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Daisuke Kihara
Zacross dan Karax mencari orang yang kuat untuk dimasukan power stone sintetis agar menjadi Super Kranion yang bisa mengalahkan BIMA-X. Niko, pemuda yang wajahnya mirip Reza adalah seorang petinju yang pernah mengalami kegagalan. Zacross dan Karax memilih Niko untuk uji coba Super Kranion. Kebencian Niko pada Pak Hidayat, ayahnya sekaligus pelatih tinjunya menyebabkan power stone sintetis bereaksi sangat baik. Satria Garuda BIMA-X dan Satria Harimau Torga tidak tinggal diam, walaupun Niko berbeda dengan Reza, Ray tetap ingin menolong Niko dari pengaruh para monster. Akhirnya BIMA-X berhasil melepas power stone sintetis dari tubuh Niko, Namun Pak Hidayat malah terhisap ke dunia Zacross saat ingin menolong Niko.
32 "Memegang Teguh Janji Kemenangan" 19 April 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Daisuke Kihara
Pak Hidayat yang ditahan oleh Monster Karax dan Zacross ternyata memiliki kekuatan kecepatan. Penggabungan Pak Hidayat dan Monster Karax menghasilkan Speed Illusion. Monster Karax jadi memiliki kekuatan yang sangat sulit dikalahkan oleh BIMA-X dan Torga. Bluestorm milik BIMA-X pun tidak bisa menandingi speed illusion. Nico, pria dengan wajah mirip Reza yang merupakan anak dari Pak Hidayat menjawab tantangan dari Monster Karax dan Zacross. Walaupun harus mengalami babak belur terlebih dahulu, Nico tetap bertahan melawan Monster Karax. Di tengah pertandingan ia mengingat pesan Pak Hidayat, agar merasakan ritme lawan dengan sekujur tubuh untuk menghadapi speed illusion. Hingga akhirnya Pak Hidayat dapat diselamatkan dari tubuh Monster Karax.
33 "Manuver Rahasia Rexor" 26 April 2015 Teruyoshi Ishii, Alam Putra K.W Junko Komura
Ray & Dimas tidak bisa mengakses Dunia Satria. Ray khawatir tidak bisa menyelamatkan Reza yang sedang berada di dunia paralel. Ray berpikir hal itu disebabkan oleh Topeng Besi yang tiba-tiba muncul ke dunia satria saat ia ingin menyelamatkan Dimas yang masuk ke Dark Limbo. Topeng Besi menantang BIMA-X dan mereka bertarung, namun saat BIMA-X lengah, tiba-tiba Rexor muncul dan menyelamatkannya dari serangan Topeng Besi. Ternyata Rexor bukan ingin menyelamatkan BIMA-X tapi ingin berhadapan dengan Topeng Besi untuk memberi tahu identitas Topeng Besi serta mengajaknya kembali ke Kerajaan Vudo. Identitas Topeng Besi ternyata berkaitan dengan Satria Torga. Saat Torga menghadapi Topeng Besi sendirian, tiba-tiba Monster Karax muncul dan Monster Zacross menyamar menjadi Ray. Siasat Topeng Besi berhasil untuk mengelabui Torga dan menculiknya.
34 "Jati Diri Topeng Besi" 3 Mei 2015 Teruyoshi Ishii, Alam Putra K.W Junko Komura
Jati diri Topeng Besi akhirnya terungkap, saat BIMA-X dan Torga berhasil mengalahkannya. Ternyata Topeng Besi tidak mati, malah sebaliknya ia bangkit menjadi sosok Torga berwarna hitam atau disebut Evil Torga. Dahulu, Topeng Besi atau Evil Torga adalah seorang satria yang sangat dipuja bahkan dianggap dewa karena selalu melindungi bumi dari monster. Ia ingin mengusai dunia. Hingga akhirnya, muncullah seorang satria baru yaitu Bima Legend yang berhasil mengubur impian Torga. Torga pun akhirnya dihukum oleh Harimau Spirit, dikurung dalam dimensi ruang dan waktu. Sampai akhirnya ia dioperasi oleh Rexor dijadikan Topeng Besi. Kekuatan Evil Torga sangat kuat, ia berhasil merebut Atlas milik Torga. Kekuatan BIMA-X pun tidak sanggup menandinginya.
35 "Guru yang Aneh" 10 Mei 2015 Arnandha Wyanto Daisuke Kihara
Ray dan Dimas babak belur saat melawan Evil Torga. Beruntungnya mereka berhasil melarikan diri sebelum benar-benar dihabisi oleh Evil Torga. Randy memiliki ide agar Ray dan Dimas belajar bela diri pada seorang guru. Sang guru awalnya hanya menyuruh Ray dan Dimas mengepel lantai, menyapu halaman dan memperhatikan tetesan air hujan. Dimas pun geram karena tidak mengerti maksud dari sang guru. Disaat bersamaan Lady Mossa muncul mengcaukan bumi. BIMA-X dan Torga tidak tinggal diam, mereka langsung melawan. Kekuatan Lady Mossa saat terkena air hujan ternyata meningkat. BIMA-X dan Torga kewalahan menghadapinya. Saat benar-benar sudah terpojok BIMA-X dan Torga hampir menyerah. Beruntungnya Lady Mossa tiba-tiba ditarik ke pesawat Vudo, Ray dan Dimas pun terselamatkan. Melihat cara bertarung BIMA-X dan Torga melawan Lady Mossa, sang guru mengungkapkan bahwa sudah selayaknya mereka kalah.
36 "Kekuatan Sebenarnya Ajaran Guru" 17 Mei 2015 Arnandha Wyanto Daisuke Kihara
Hampir seluruh kota terserang tumbuhan merambat berbahaya yang muncul akibat power spot yang dibuat oleh Vudo. Saat BIMA-X dan Torga menghadapi Lady Mossa, muncul Evil Torga yang tidak terima Lady Mossa melangkahi dirinya sebagai seorang komandan baru pasukan Black Lord. Ray dan Dimas memohon pada Guru untuk diajarkan menjadi lebih kuat agar bisa menghadapi Evil Torga. Tapi Guru hanya berpesan untuk mendengarkan suara hati, apa tujuan mereka untuk menjadi kuat. Karena sebagai seorang Satria mereka tidak boleh egois. Akhirnya BIMA-X dan Torga sadar saat menghadapi Monster Karax dan Zacross, mereka harus memikirkan orang lain terlebih dahulu dan melidungi seluruh penduduk bumi. Saat bertarung melawan Evil Torga, BIMA-X dan Torga sempat terdesak namun akhirnya bisa melihat kelemahan lawan dan menyerangnya berkali-kali. Hingga Evil Torga kembali ke wujud aslinya sebagai Topeng Besi. Rika yang berhasil menemukan Power Spot dibantu Sang Guru untuk menghancurkannya. Topeng Besi tidak menyerah begitu saja saat dikalahkan para Satria, ia akan kembali menyerang bumi dengan strategi barunya.
37 "Strategi Baru Topeng Besi" 24 Mei 2015 Ahmad Nurudin Ahmad Nurudin
Topeng Besi menyusun strategi dan mempersiapkan pasukan yang lebih kuat untuk mengalahkan Satria Bumi. Dengan mengingat kekalahan demi kekalahannya selama ini, menurutnya jika hanya dengan mengandalkan kekuatan saja, ia tidak akan dengan mudah dapat menghancurkan Satria Bumi. Harus ada strategi yang jitu terlebih lagi Kerajaan Black Lord sangat kuat. Oleh karena itu, Misi Topeng Besi semakin berat. Terfikirkan oleh Topeng Besi satu kelemahan dari Para Satria, yaitu mereka tidak akan mampu menghadapi monster yang didalamnya terdapat jiwa manusia.
38 "Pertarungan Penentuan di Dunia Satria" 31 Mei 2015 Hiroki Asai, Ahmad Nurudin Junko Komura
Evil Torga berhasil menerobos dunia satria dengan kekuatan anti satria dan menghancurkannya. Penjaga dunia satria tidak tinggal diam. Terutama BIMA Legend yang sudah bersiap menghadapi Evil Torga atau Satria Harimau masa lalu, musuh lamanya tersebut. Ternyata tidak mudah menghadapi Evil Torga yang saat ini sudah bertambah kuat. Bima Legend pun kewalahan menghadapinya. Ia segera mengirimkan Helios kepada Ray dengan membawa loncengnya. Ray dan teman-temannya sedang melihat power stimulus yang mendadak sering muncul di bumi. Dengan kemunculan Helios, Ray dan Dimas segera pergi ke dunia satria. BIMA Legend mengalami kekalahan saat bertarung melawan Evil Torga. BIMA-X dan Torga akhirnya menggabungkan kekuatan dengan Bima Legend yang telah mati untuk mengalahkan Evil Torga.
39 "Bumi yang Memiliki Dark Power" 7 Juni 2015 Hiroki Asai, Ahmad Nurudin Junko Komura
Rexor meminta Topeng Besi untuk mencari Dark Power di Bumi. Saat salah satu tempat sudah berhasil di kelilingi Dark Power, BIMA-X dan Torga mencoba untuk memasuki tempat tersebut untuk melawan Topeng Besi yang sudah berubah menjadi Evil Torga, namun mereka tidak mampu melawan kekuatan kegelapan tersebut. Kekuatan para satria diserap oleh Dark Power seperti Black Hole. Saat sedang melawan Evil Torga, BIMA-X dan Torga baru menyadari bahwa ada dua anak kecil yang mengikuti mereka dan terjebak dalam Dark Power. Demi menyelamatkan anak tersebut, BIMA-X dan Torga melepaskan power stone untuk melindunginya. Di tengah gempuran yang hebat dari Evil Torga, ternyata Azazel yang memiliki power stone hitam mengirimkan kekuatan dari dunia paralel kepada BIMA-X dan Torga. Akhirnya BIMA-X dan Torga berhasil mengendalikan Dark Power. Karena inti dari kekuatan Dark Power adalah kita tidak boleh menyerah, agar harapan dapat terwujud.
40 "Pertemuan Kembali Keluarga yang Terpisah" 14 Juni 2015 Hideki Oka, Alam Putra K.W Daisuke Kihara
Ibu dan ayah dari Rena dan Randy, berhasil menembus pintu dunia paralel. Namun sayangnya di detik-detik terakhir Rexor mengetahui keberadaan ayah Randy di dunia paralel. Mereka segera meninggalkan tempat di mana mereka memasuki dunia paralel dan segera menghilangkan jejak. Setelah 20 tahun berpisah Ayah Randy menghubungi Randy dan mengajaknya untuk bertemu. Sayangnya rancana tersebut segera diketahui oleh pasukan Black Lord. Saat pertemuan berlangsung, ayah Randy memberitahukan rahasia yang selama ini mereka simpan mengenai portal menuju dunia paralel. Tapi dengan cepat pasukan Black Lord menyerang tempat tersebut dan Rexor menghancurkan portal untuk masuk ke dunia paralel yang telah Ayah dan Ibu Randy buat. Sedangkan Lady Mossa bertugas menculik Ibu Randy dan membawanya ke dunia paralel, namun Rena yang mengajukan diri untuk dibawa ke dunia paralel. Dengan segera mereka menghilang dan BIMA-X tidak bisa berbuat apa-apa saat itu, karena keadaan sangat kacau. Di sisi lain, Satria Naga merasakan kesedihan yang begitu mendalam saat BIMA-X kehilangan Rena yang diculik ke dunia paralel.
41 "Pertempuran Reza di Dunia Paralel" 21 Juni 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Daisuke Kihara
Di dunia paralel Reza bertemu dengan Satria Naga, mereka sama-sama dipenjara oleh pasukan Vudo karena ketahuan sebagai pemberontak yang ingin menghancurkan kerajaan Vudo. Pasukan Vudo membuat mereka sebagai hiburan dengan cara membuat pertarungan, di mana yang kalah akan dieksekusi oleh pasukan Vudo. Awalnya Reza dan Sang Satria Naga benar-benar bertarung, hingga akhirnya Reza mengakui kekuatan Satria Naga. Di tengah pertarungan Satria Naga memberi kekuatan pada Reza dan mereka sama-sama menghabisi Kuranion serta menyelamatkan orang - orang yang ditahan pasukan Vudo. Karax yang bertugas mengeksekusi Reza dan Satria Naga, akhirnya harus berhadapan dengan Satria Garuda Azazel. Sedangkan Satria Naga menghancurkan kapal perang Vudo. Azazel yang memiliki kekuatan baru yaitu Naga Black Thunder berhasil menghancurkan monster Karax. Setelah berhasil menghancurkan kapal perang Vudo, Satria Naga melanjutkan pengelanaannya lalu menemui Ray dan memberikan kekuatannya juga. Ray ingat ia pernah bertemu dengan Naga tersebut. Pesan yang akan selalu ia ingat dari Satria Naga adalah Satria harus bersatu.
42 "Rena yang Mencurigakan" 28 Juni 2015 Ahmad Nurudin Daisuke Ishibashi
Rena akhirnya berhasil kembali ke rumah setelah diculik oleh Lady Mosa ke dunia paralel. Tetapi sikap Rena sedikit mencurigakan, yang disadari oleh Dimas. Dengan bantuan Ricca, Dimas berhasil mendapatkan data yang menyebutkan bahwa Rena berteleportasi dengan manusia bermantel hitam. Saat sudah diketahui oleh Ray dan Randy, Rena menunjukkan wujud aslinya sebagai manusia bermantel hitam. Ternyata Rena berada di bawah pengaruh Lady Mosa, dimanfaatkan untuk mengambil power stone milik para satria. Lady Mosa berhasil mengambil power stone biru, hijau dan ungu milik BIMA-X serta power stone putih milik Torga. Disaat keadaan yang hanya memiliki satu power stone, Zacross menyerang secara bertubi-tubi.
43 "Mengembalikan Rena" 5 Juli 2015 Hiroki Asai, Alam Putra K.W Daisuke Ishibashi
Rena yang telah dicuci otaknya oleh Lady Mossa berhasil merebut empat power stone milik BIMA-X dan Torga. Kekuatan Rena pun semakin kuat dan tak sadarkan diri, ia juga tak segan-segan menyakiti kedua orang tuanya serta kak Randy. Randy dan Ibunya berusaha keras untuk menyadarkan Rena, dengan mengingatkan tentang masa lalunya. Randy yang sejak kecil selalu melindungi Rena, sang ibu yang sangat menyayangi Rena pun mengingatkan tentang cincin bunga pemberian Rena. Perlahan-lahan Rena mulai mengingat kembali tentang masa lalunya, kekuatan jahat dari Lady Mossa pun perlahan-lahan hilang. Pada waktu yang bersamaan, Lady Mossa mencoba menyerang Randy, namun Rena melindunginya hingga akhirnya Rena yang terkena serangan tersebut. Sekaligus Rena berhasil merebut kembali Power Stone dari tangan Lady Mossa. Lady Mossa yang hampir kalah melarikan diri dan bertemu dengan zombie Draconner, lalu merenggut nyawa serta merebut kekuatannya untuk bertahan.
44 "Serangan VUDO yang Berbahaya" 12 Juli 2015 Shinji Tomita, Ahmad Nurudin Shinji Tomita
Rena dan Ray terjebak dalam sebuah lift saat sedang jalan-jalan ke sebuah mall. Ray tak sadarkan diri karena melindungi Rena dan seorang anak kecil bernama Cinta dari ledakan di dalam gedung yang menyebabkan lift tersebut rusak parah. Di saat-saat genting tersebut, Rena harus menguatkan Cinta dan menolong Ray yang tak sadarkan diri. Di sisi lain, Dimas berjuang sendiri melindungi penduduk bumi dari serangan pesawat Lady Mossa. Beruntung akhirnya Torga mampu mengalahkan dan menghancurkan pesawat Lady Mossa. Rena memiliki ide untuk mencari Power Stone dan memasangkannya ke Changer yang dipakai Ray. Akhirnya Rena dan Cinta berhasil menemukan Power Stone Ungu, yang awalnya tidak menunjukan perubahan apapun. Namun di detik-detik terakhir, Ray berubah menjadi BIMA-X Magnetic Mode dan berhasil menyelamatkan Rena dan Cinta dari lift tersebut.
45 "Harga Diri Lady Mossa" 19 Juli 2015 Arnandha Wyanto Junko Komura, Daisuke Ishibashi
Black Lord murka pada Lady Mossa, lalu Rexor memasukan sepuluh power stone sintetis ke dalam tubuh Lady Mossa. Ia pun semakin tak terkendali karena adanya power stone sintetis tersebut. Lady Mossa menyerang seluruh kota, hingga muncullah BIMA-X dan Torga. Tubuh Lady Mossa pun sebenarnya tak sanggup menerima sepuluh power stone sekaligus. Perlahan-lahan tubuhnya melemah dan hancur. BIMA-X dan Torga ingin membantu Lady Mossa untuk mengeluarkan sepuluh power stone sintetis tersebut. Dibantu oleh Rena, Randy, dan Ricca. Tapi sayang Lady Mossa menolaknya, tubuhnya pun hancur seketika akibat power stone sintetis yang ditanamkan oleh Rexor. Rexor membuat penelitian baru yang dipersembahkan untuk Black Lord, yaitu Vudo Stone.
46 "Kemunculan Dunia Baru" 26 Juli 2015 Arnandha Wyanto Junko Komura, Daisuke Ishibashi
Reza yang berada di dunia paralel mencoba menyusup untuk mencari kedua orang tuanya. Namun sayang, hal tersebut diketahui oleh Rexor dan Dark Lord. Dengan segera Rexor menyuruh Topeng Besi untuk menghentikan langkah Reza dalam mencari kedua orang tuanya. Awalnya dia menolak, tetapi akhirnya dia menuruti permohonan Rexor. Tanpa sengaja dia mendengar percakapan Rexor dan Kranion tentang Vudo Stone. Dia pergi dan menemui Satria Azazel. Sempat terjadi konflik antara mereka, namun Azazel terpancing kata-kata topeng besi dan pergi ke tempat yang dia bilang. Topeng Besi pun mengutus Zacross untuk menghabisi Azazel. Zacross menyamar menjadi Ibu Reza dan mengambil power stone milik Reza. Tanpa memiliki power stone, Zacross mengira akan mudah mengalahkan Reza. Di saat ingin menghabisi kedua orang tua Reza, ternyata Reza memiliki kekuatan yang tak disangka-sangka oleh Zacross. Kekuatan tersebut muncul karena rasa kasih sayang kepada keluarganya. Reza pun berhasil merebut kembali power stone miliknya dan mengalahkan Zacross. Reza akhirnya bisa berkomunikasi dengan Ray di Bumi melalui alat yang dibuat oleh orang tua mereka. Orang tua mereka pun bisa menampakkan wajahnya di hadapan Ray dan memberikan peringatan pada semua bahwa Black Lord memiliki rencana yang sangat mengerikan. Semua terlambat, Power Spot telah diaktifkan Rexor.
47 "Penyerangan ke Istana Black Lord" 2 Agustus 2015 Arnandha Wyanto Riku Sanjo
Hologram raksasa Black Lord muncul di beberapa tempat di Bumi, mengumumkan bahwa planet Bumi dan Vudo akan menyatu dalam waktu 15 jam. Ray dan Dimas pergi ke Istana Black Lord, tapi mereka dihadang oleh delapan monster Vudo yang dulu telah mereka hancurkan. Para monster itu menyebut dirinya sebagai Castle Knights, yang bertugas melindungi Istana Black Lord. Monster-monster tersebut memiliki kekuatan yang bersumber dari Istana Black Lord, sehingga para Satria berencana menjauhkan mereka dari sana. Bachyura dan Zoik terpancing mengikuti BIMA-X dan Torga. Kekuatan mereka akhirnya melemah, sehingga keduanya berhasil dihancurkan. Reza mengabari bahwa Power Spot yang ada di Dunia Paralel tidak bisa dihentikan. Satu-satunya cara, BIMA-X dan Torga harus menghancurkan Istana Black Lord. Torga maju sendirian menghadapi Proteus, Guiro, Rafflesia, dan Magna. Sementara BIMA-X Storm Mode terbang ke langit dan menyerang kapal perang Rexor. BIMA-X merusak kapal perang Rexor dan berencana menabrakkannya ke Istana Black Lord. Namun BIMA-X dikalahkan oleh Rexor sampai kembali ke wujud manusia, dan menghancurkan Helios. Ray meminta Helios untuk bertahan dan terus bertarung bersamanya sampai akhir. Tiba-tiba muncul kekuatan yang pernah diberikan Kou pada Ray, hingga mengubah Helios menjadi Super God Helios. Ternyata Rexor tidak semudah itu untuk dikalahkan. Rexor semakin tak terbendung.
48 "Pertarungan Penentuan Dua Torga" 9 Agustus 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Riku Sanjo
Setelah berhasil dikalahkan, Rexor ternyata masih mampu bertahan. Sebagai ganti kekuatannya yang hilang, ia mengambil empat power stone sintetis milik empat Castle Knights yang ada di Bumi. Tapi tak berlangsung lama, Topeng Besi muncul ke bumi dan menghabisi Rexor. Pengkhianatan Topeng Besi didukung oleh Black Lord, karena yang ia butuhkan adalah prajurit perang yang tangguh, yang bisa membuat misinya menyatukan Kerajaan Vudo dengan Bumi berhasil. Setelah menghabisi Rexor, Topeng Besi berubah menjadi Evil Torga. Ketika dua Torga bertarung, BIMA-X menuju kerajaan Black Lord yang langsung dihadang oleh Nermean dan Azelot. Pertarungan sengit pun berlangsung di Bumi dan juga di kerajaan Black Lord. Satria Torga vs Evil Torga ternyata sama-sama kuat dan sama-sama kewalahan menghadapi pertarungan tersebut. BIMA-X berhasil menghabisi Nermean dan Azelot, yang akhirnya membawa ia bertemu dengan Black Lord. Penyatuan Bumi dan Kerajaan Vudo terus berlangsung, Bumi mulai mengalami kehancuran dengan semakin dekatnya Kerajaan Vudo ke Bumi.
49 "Pertarungan Final Melawan Black Lord" 16 Agustus 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Junko Komura
Black Lord semakin menguasai Bumi dan menghancurkannya. Orang-orang semakin ketakutan menghadapi apa yang terjadi akibat ulah Black Lord. BIMA-X bertarung dengan Black Lord dengan mengganti Power Stone-nya berkali-kali. BIMA-X terluka dan hampir dihabisi oleh Black Lord, kemudian datanglah Azazel dan kedua orang tuanya untuk menolong Bima-X. Black Lord berhasil menangkap Bima-X dan Azazel. Akhirnya, Torga datang untuk menyelamatkan mereka dan bersatu melawan Black Lord. Azazel melihat celah untuk mengalahkan Black Lord dan menusuk bagian tubuhnya yeng merupakan kelemahan Black Lord. BIMA-X dan Torga khawatir akan terjadi sesuatu pada Azazel. Di sisi lain, Rena terjatuh dari ketinggian saat menolong seorang anak.
50 "Pertarungan Terakhir Menuju Kedamaian" 23 Agustus 2015 Hideki Oka, Ahmad Nurudin Junko Komura
Waktunya BIMA-X Dark Mode melawan Black Lord yang masih belum kalah dan menyelamatkan Bumi. Reza tewas setelah pertarungan sebelumnya dan jiwanya diselamatkan oleh Power Stone Hitam. Sementara Ray, Rena, dan keluarga Ray meninggalkan Bumi untuk pergi ke Dunia Paralel.

Referensi[sunting | sunting sumber]