Daftar episode Patlabor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sampul Blu-ray wilayah A dari OVA Patlabor yang pertama yang dirilis oleh Maiden Japan.

Patlabor, sebuah serial yang diciptakan oleh Headgear telah diadaptasi menjadi tiga versi anime antara tahun 1988 hingga 1992, termasuk serial OVA pertama Patlabor: The Early Days, Patlabor: The TV Series dan OVA kelanjutannya, Patlabor: The New Files.

Pada tahun 1988, Sunrise memproduksi serial OVA dengan 7 episode, OVA ini adalah latar dari 2 film yang akan dibuat selanjutnya. Setelah kesuksesan OVA tersebut, mereka memproduksi sebuah serial televisi yang ditayangkan di NTV dari tahun 1980 hingga 1990, yang dibuat berdasarkan manga yang dikarang oleh Masami Yuki, dan demikian itu adalah sebuah penceritaan kembali dari serial Patlabor. Sebuah serial OVA kedua, yang merupakan kelanjutan dari serial televisi dirilis dalam bentuk Laserdisc dan kaset VHS dari serial televisi tersebut, dari tahun 1990 hingga 1992.

Ketiga serial anime tersebut dilisensi di dalam format Wilayah 1 oleh Cental Park Media. Ketiganya dirilis dalam bentuk VHS dan DVD. Namun, CPM telah mengajukan pailit bab 11 ada April 2009 dan berhenti beroperasi. Pada tahun 2013, Maiden Japan melisensi ulang serial OVA pertama dan kemudian, serial televisinya dalam bentuk DVD dan Blu-ray.

Mobile Police Patlabor: The Early Days[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1988 hingga 1990, Sunrise memproduksi serial OVA dengan 7 episode. Serial ini didistribusikan oleh Bandai Visual dan Tohokushinsha Film di Jepang dan awalnya oleh Cental Park Media lalu dilanjutkan oleh Maiden Japan di Amerika Utara. Dub Inggris diproduksi oleh Matlin Recording di New York City, New York. Jalan ceritanya adalah awal dari serial Patlabor, yang akan diikuti oleh dua film Patlabor, Patlabor: The Movie dan Patlabor 2: The Movie.

Serial ini langsung dirilis kedalam bentuk Laserdisc dan kaset VHS dari 25 April 1988 hingga 25 Juni 1989. Serial ini dirilis dalam bentuk DVD dalam dua volume pada 20 April 2000, dan selanjutnya diterbitkan kembali dalam sebuah set kotak pada 25 Mei 2007. Sebuah set kotak Blu-ray dirilis pada 23 Juli 2010.

No. Judul Sutradara Tanggal Penayangan
01"Unit Dua, Meluncur!"
"Dainishoutai Shutsudou seyo" (第2小隊出動せよ)
Mamoru Oshii25 April 1988
Ini adalah hari pertama pembentukan Unit 2 dari Divisi Kendaraan Khusus 2 (SV2). Sayangnya unit tersebut terlihat hanya sebuah tim yang tidak cocok. Noa, seorang gadis yang menyukai labor seditikit berlebihan; Asuma, seorang kadet yang tak mau berada di sana; Ota, seorang maniak senjata; Shinshi, seorang suami yang penurut dengan istrinya; dan Hiromi, Pria besar yang baik. Unit ini dipimpin oleh Kapten Goto, pria yang cenderung santai, tetapi merupakan ahli siasat dan polisi yang luar biasa. Sayangnya labor patroli baru mereka (atau Patlabor) terjebak kemacetan, dan mereka harus menyiangi sekitar hangar. Mereka segera diluncurkan untuk menangkap labor teroris bersenjata, tetapi pertama-tama mereka harus mengambil labor mereka dan meluncur ke TKP dari tengah kemacetan. setelah pengambilang labor yang cukup bermasalah, mereka meluncur untuk menangkap labor di taman Ueno, namun kedua labor milik Ota dan Noa diserang. masing-masing kehilangan bagian tangan dan kepala. Asuma menyuruh Noa untuk mengalihkan kemarahannya kembali ke kriminal. Kriminal tersebut sekarang tidak memiliki kesempatan untuk kabur dari amarah Noa.
02"Longshot"
 (ロングショット)
Mamoru Oshii25 Juni 1988
Walikota New York akan datang ke Tokyo untuk melihat Proyek Babylon - sebuah proyek reklamasi jangka panjang di teluk tokyo. Semua pasukan Kepolisian Tokyo ditugaskan untuk melindungi walikota termasuk juga SV2. Untuk menolong mereka, Kepolisian New York mengirim Kanuka Clancy, seorang wanita keturunan Amerika-Jepang yang menyebabkan kecurigaan didalam SV2, dan menarik perhatian kebanyakan anggota pria. Tugas dari SV2 sebagian besar hanya untuk dipamerkan, tetapi mereka segera menemukan adanya rencana teroris. Asuma menemukan sebuah Kendaraan Pusat Komando Polisi palsu yang berisi misil. Sekarang tergantung kepada Asuma untuk menjinakkannya, dengan bantuan instruksi dari Kanuka lewat radio polisi, tetapi ia hanya memiliki 10 menit dan tidak mempunyai pengalaman.
03"Jebakan Berumur 450 Tahun"
"Yon oku go-sen man nen no Wana" (4億5千万年の罠)
Mamoru Oshii25 Juli 1988
Serangkaian peristiwa terjadi di teluk Tokyo termasuk kabel bawah laut yang rusak, dan sebuah mobil yang ditarik dari pinggir dermaga. Apakah ini adalah perbuatan dari monster laut yang sebenarnya? Detektif Matsui dari Kepolisian Metropolitan Tokyo meminta bantuan dari Goto. Shige dan Sakaki membantu mempilotkan sebuah labor kendali jarak jauh, untuk mencari penyebab dari insiden-insiden tersebut. Labor itu hancur, dan Shige yakin bahwa monster itu ada. SV2 ditugaskan untuk membunuh monster tersebut, tetapi mereka menemukan sesuatu yang lebih aneh. Catatan: Episode ini menghormati film Godzilla tahun 1954, dan film-film Kaiju klasik lainnya.
04"Tragedi L"
"L no Higeki" (Lの悲劇)
Mamoru Oshii25 September 1988
Unit 2 dipanggil untuk membantu menangani penyanderaan disebuah toko video, namun amarah Ota mulai tak terbendung, dan ia menembak setengah toko itu dan menghentikan para kriminal. Goto memutuskan bahwa unitnya perlu latihan ulang dan mengirim mereka kembali ke akademi. Mereka sampai namun anehnya tidak ada kadet di sana. Mereka memutuskan untuk mandi, tetapi airnya menjadi berwarna darah. Mereka mengetahui bahwa air itu adalah cat dari peluru cat, yang anehnya menakuti instruktur. Malamnya, Ota dihantui oleh gadis hantu yang hanya bilang "Jangan Tembak", dan yang lain melihat sebuah labor berisi kerangka yang berkeliaran dipekarangan akademi. Keesokan harinya, Asuma dan Noa bolos dari pelatihan dan pergi ke warung. Di sana Asuma bertemu dengan pemilik warung yang ia kenal sejak masuk menjadi kadet di akademi. Pemilik warung itu menceritakan bahwa ada kejadian disana beberapa bulan yang lalu. Seorang gadis yang kebetulan menjadi penonton di pertempuran palsu tertembak dan terbunuh oleh sebuah peluru cat dari sebuah pistol labor. Apakah akademi tersebut memang dihantui oleh jiwa gadis tersebut?
05"Hari Terpanjang SV2 (Bagian 1)"
"Nika no ichiban nagai Hi (Zenpen)" (二課の一番長い日(前編))
Mamoru Oshii10 November 1988

Unit 2 sedang liburan. kebanyakan anggota memiliki kegiatan kecuali Goto, yang ingin berduaan saja dengan Shinobu di kantor, dan Asuma yang memutuskan untuk pergi ke pabrik ayahnya. Ia bertemu Jitsuyama, manajer dari pabrik tersebut, dan teman keluarga. Ia mengetahui bahwa Shinohara Heavy Industries sedang mengembangkan sebuah labor militer. Asuma muak dengan hal ini. Jitsuyama menyarankannya untuk menemui ayahnya lebih sering, tetapi Asuma mengatakan bahwa ia sudah bertemu ayahnya hari ini, dan mereka sudah bertengkar. Ia memutuskan untuk mengunjungi Shinshi, lalu Kanuka, namun mendapat perasaan bahwa ia tidak diinginkan ada disana. Pilihan terakhir hanya Noa, Ia menelepon hanya mengetahui bahwa Noa tinggal di Hokkaido, dan ia harus naik kereta untuk ke sana. Sementara itu di Tokyo, polisi memblokir jalan sebuah truk. Salah satu polisi curiga setelah melihat sebuah labor di balik terpal. Ia menanyakan izin labor, tetapi truk itu menabrak blokir jalan. Para polisi mengejarnya, namun labor yang berada dibalik truk menembak dan menghancurkan semua mobil. Labor itu milik militer Jepang. Asuma menunggu Noa di restoran. Seorang pria berumur 40-an masuk ke sana dan memesan semangkuk mie dingin, dan dibubuhi dengan cabai rawit. Ia dengan cepat menghabiskannya dan melihat Asuma dengan tatapan dingin. Noa akhirnya datang menjemputnya dan pergi ke rumah orang-tuanya. Di Tokyo, Goto mengatakan alasannya untuk berdua bersamanya adalah karena beberapa orang yang mencurigakan sedang mengawasi SV2. orang tersebut menyadari bahwa mereka diawasi balik oleh Goto. Agar selangkah didepan, Goto meminta Sakaki untuk mengirim satu labor ke pabrik. Malamnya, Goto menelepon Shinobu dari luar rumahnya. Ia memberitahukan Shinobu bahwa ada sebuah truk membawa labor menabrak blokir polisi dan menembak mobil polisi. Dengan militer jepang yang berada ditengah perang, akan butuh waktu beberapa hari untuk menghitung semua labor mereka. Apakah militer sedang merencanakan kudeta? Goto meminta bantuan Shinobu untuk membantunya menggagalkannya.

Keesokan harinya, militer pemberontak menginvasi Tokyo. mereka mengambil alih SV2, tetapi sudah mengirimkan labornya lewat teluk. Shinobu dan divisi 1 bersiaga di markas besar dan menghadang jalan militer. Ia mengatakan ia tidak akan pergi sampai pengepungan berakhir. Noa dan Asuma menonton keadaan di Tokyo lewat Televisi. mereka menunjukkan foto sang pemimpin. Asuma terkejut melihat bahwa dia adalah orang yang sama dengan yang di restoran. Dia adalah Kiyoteru Kai, orang yang Goto kenal cukup lama. Sama dengan yang lainnya, Noa dan Asuma kembali ke Tokyo untuk membantu.
06"Hari Terpanjang SV2 (Bagian 2)"
"Nika no ichiban nagai Hi (Kouhen)" (二課の一番長い日(後編))
Mamoru Oshii10 Desember 1988

Unit 2 membuat markas sementara disebuah restoran Shanghai. Hari itu adalah hari kedua pengepungan, tetapi para pemberontak belum menuntut apapun. Kanuka menyamar sebagai kurir restoran Shanghai, meminta bantuan dari para mekanik. Sakaki memberitahukan Kanuka bahwa ada labor purwarupa yang dipajang di akademi yang bisa mereka gunakan. Salah satu mekanik mendengar bahwa mereka memiliki senjata nuklir. Kanuka kembali ke restoran dan memberitahukan berita tersebut. Sementara itu, Shinobu sedang berbicara dengan petinggi kepolisian melalui konferensi video. Mereka bilang kepadanya bahwa militer Amerika akan datang mengakhiri pengepungan sebelum terjadi perang sipil, dan ia harus mundur. Ia mengatakan bahwa ia tidak akan menuruti perintah mereka. Para petinggi mencurigai Goto karena dia tahu tentang penyergapan dan dia pernah berteman dengan Kiyoteru Kai pada saat kuliah. Polisi mengeluarkan surat perintah penangkapannya. Muak dengan aksi mereka, Shinobu terpaksa meninggalkan ruang konferensi setelah seorang perwira berusaha menahannya. Ota, Kanuka dan Shinshi memutuskan untuk membuat kekacauan dengan labor polisi yang mereka curi dan sebuah senapan helikopter yang Kanuka pinjam dari koneksinya di militer Amerika. Mereka tidak berbuat banyak dan tertangkap. Labor yang mereka curi telah hancur.

Asuma dan Noa tiba di Tokyo. Asuma memberitahukan Goto bahwa ia melihat Kai di sebuah restoran di Hokkaido. mendengar berita tersebut, Goto berpikir bahwa ia mengetahui rencana Kai. Goto meminta bantuan dari Matsui. Mereka menghubungi Otoritas Maritim yang memberitahukan mereka bahwa sebuah kapal bernama Safflower telah bertindak mencurigakan di laut. Kapal lain bernama Pasific berada di area yang sama, dan menilai dari foto kapal yang didapat dari mata-mata Amerika, keduanya memiliki peluncur misil. Artinya yang satunya adalah palsu, tapi yang mana? Goto menelepon kapal yang Kai naiki dan menggertaknya. Namun gagal, dan Kai mengirim ultimatum kepada pemerintah; Bubarkan Diet (Parlemen Pemerintah Jepang), larang semua partai politik, dan cabut konstitusi. Jika mereka tidak melakukannya, maka ia akan menembakkan misil. Namun Goto punya rencana. Ia mendapatkan bantuan dari Militer Amerika dan Shinohara Heavy Industries. Apakah ia dapat menghentikan rencana Kai?
07"Ke Utara, SV2!"
"Tokushatai, Kita e" (特車隊、北へ)
Naoyuki Yoshinaga25 Juni 1989
Sebuah Truk di Pom bensin telah dicuri, ketika seorang saksi melapor ke polisi yang lewat. Supir truk tersebut tampaknya tidak mau dikejar. Polisi mencium sesuatu yang mencurigakan dan menahannya. Ia rupanya adalah simpatisan dari grup teroris Rumah Pantai. Ia mencuri truk yang membawa labor dari Pameran Labor Tokyo. Sayangnya Perusahaan pembuatnya, Shaft Enterprises Europe, tutup mulut tentang apa yang ada di dalam truk. SV2 mencoba menangkap truk di depan sebuah terowongan. Truk tersebut berhasil melarikan diri berkat bantuan simpatisan teroris di dalam labor, yang memaksa masuk kedalam kontainer setelah tidak ada respon dari temannya. Pencuri yang mencuri truk tersebut hanyalah seorang pencuri yang ingin pulang. Ia hanyalah pekerja musiman, ia tidak mau terlibat dalam hal ini. Namun sang teroris membujuknya untuk membantunya. Sayangnya bagi mereka Shaft akan melakukan apapun untuk menyelamatkan isi truk tersebut.

Patlabor: The TV Series[sunting | sunting sumber]

No. Judul Ditulis Oleh Tanggal Penayangan Asli Tanggal Penayangan Bahasa Inggris
01"Ingram Aktif"
"Ingram kidō" (イングラム起動)
Kazunori Ito11 Oktober 19896 Agustus 2001
Setelah Divisi 2 merusak labor terakhirnya dalam sebuah penangkapan, waktunya untuk peningkatan. Kapten Goto mengirim Asuma dan Ota ke Pabrik Shinohara Heavy Industries di Hachioji untuk mengantarkan labor lama mereka untuk diperbaiki. Mereka bertemu seorang kadet polisi bernama Noa Izumi yang ingin mengikuti tes kemampuan labor patroli. Itu jika dia bisa menemukan gedungnya. Sementara itu seseorang mencuri patlabor yang baru, yaitu AV-98 Ingram dan pengangkutnya. Tentunya Noa tidak ingin seseorang mencuri "pato-chan" miliknya, dan mengerjarnya diikuti oleh Asuma dan Ota.
02"Datangnya Kanuka"
"Kanuka ga kita!" (香貫花が来た)
Kazunori Ito11 Oktober 19896 Agustus 2001
Divisi 2 dikirim ke Akademi Kepolisian untuk pelatihan Labor Ingram. Seorang wanita dari Kepolisian New York telah tiba, tampaknya untuk pelatihan labor bersama Divisi 2 selama enam bulan kedepan. Namanya adalah Letnan Kanuka Clancy, wanita Amerika kelahiran jepang. Pelatihan terakhir melibatkan sebuah Turnamen Pertarungan Labor yang akan menentukan siapa yang akan mengendarai kedua patlabor Ingram. Apakah Kanuka bersaing untuk mendapatkan posisi pilot labor? Dengan Kanuka dan Noa berhadapan di ronde terakhir, akankah Noa kehilangan mimpinya untuk mengendarai "Alphonse"?
03"Ini Adalah SV2"
"Kochira tokusha nika" (こちら特車二課)
Mamoru Oshii1 November 19896 Agustus 2001
Noa diperkenalkan dengan kehidupan di SV2. Dimulai dengan memuat labornya ke pengangkut, dan hampir gagal melakukannya. Dengan hangar SV2 yang berada di tanah kosong di tengah tanah reklamasi, SV2 harus berimprovisasi dalam mencari makan. Ketika para kru sedang pergi memancing ikan, beternak ayam, menanam tomat, dan menyiangi kebun. Sayangnya ketika para mekanik sedang memancing dengan kapal motor mereka, kapal mereka kandas. Ota berusaha membebaskannya, tetapi malah menenggelamkan labornya. Sekarang tergantung pada Noa untuk menarik kedua labor dan kapal motornya, namun Sakaki, sang kepala mekanik, tiba-tiba kembali ke hangar dan curiga terhadap apa yang mereka lakukan. Divisi 2 harus berusaha untuk memperlambat Sakaki.
04"Menuju Gunung yang Misterius!"
"Ma no yama e ike!" (魔の山へ行けっ!)
Kazunori Ito8 November 19896 Agustus 2001
Sekelompok pendaki menemukan sejumplah pohon tumbang dan sebuah labor rusak di tengah hutan di sebuah gunung. Namun kemudian mereka melihat mahluk besar, yang sepertinya menjadi penyebab kerusakan tersebut. Mereka melaporkan hal itu ke polisi, tetapi para polisi merasa tidak yakin karena labor yang rusak telah menghilang. Sampai mahluk misterius itu kembali. Kepolisian Metropolitan Tokyo menyerahkan kasus tersebut kepadan SV2. Namun apakah itu hanyalah labor yang menyamar ataukah itu monster sungguhan? para polisi setempat ingin Divisi 2 menangkap monster itu hidup-hidup agar dapat dijadikan objek wisata. Namun dengan Ota yang gatal ingin membunuh mahluk tersebut mereka mungkin hanya akan mendapatkan boneka monster.
05"Pelarian Labor X-10!"
"Bōsō reiba X-10!" (暴走レイバーX10(エックステン))
Hiroyuki Hoshiyama15 November 19896 Agustus 2001
Divisi 2 dipanggil menuju Gunung Fuji oleh markas besar, namun tidak ada penugasan. Kendati bahwa kenyataanya militer mencoba untuk menyamarkan labor mereka dengan menembakkan cat kuning, dan hal semakin jelas bahwa labor tersebut adalah labor percobaan tanpa awak. Sekarang tergantung pada Divisi 2 untuk menghentikannya karena labor tersebut diprogram untuk menghancurkan kota pertama yang ditemui. Namun, jika militer gagal untuk menghentikannya, bagaimana dengan mereka?
06"Menara: SOS"
"Za tawa S.O.S." (ザ・タワーSOS)
Naoto Kimura22 November 198911 Juni 2002
Seorang menteri luar negeri sedang melihat proyek menara kota Tokyo, menara dengan ketinggian 1 kilometer yang sedang dalam pengerjaan, ketika sebuah ledakan dan kebakaran melanda. Sayangnya 2 labor pemada kebakaran tersangkut di celah dimana labor bisa masuk, satu-satunya cara adalah turun dari derek atas. Ota membuat masalah, mencoba untuk memaksa masuk dan hampir melukai wartawan dan tim penyelamat dibawah dan tersangkut. Media internasional pun meliput Divisi 2. Sepertinya petinggi kepolisian menganggap hal ini akan menjadi berita baik jika mereka dapat menyelamatkan menteri. Sekarang tergantung kepada Noa untuk menyelamatkan para penyintas.
07"Tipe 97 yang Terkenal Diperbarui"
"Eicō no 97 shikikai" (栄光の97(きゅうなな)式改)
Kazunori Ito11 Oktober 198911 Juni 2002
Divisi 1 tengah bersiap untuk mendapatkan Labor Patroli Purwarupa terbaru, yairu SRX-70. Dilengkapi dengan senapan 42mm, labor ini lebih baik dari Ingram dalam segi apapun. Anehnya, perusahaan mengirimkan tim mekaniknya sendiri untuk memperbaiki labor tersebut daripada membiarkan mekanik SV2 memperbaikinya. Kapten Goto mencium hal yang mencurigakan. Tentunya ia mengetahui dari Asuma bahwa perusahaan penyedia labor tersebut, Toyohata, adalah kedok dari perusahaan labor Shaft. Mereka ingin mencuri pola gerakan labor dan data untuk membantu mengembangkan labor militer. Kaptem Nagumo dari Divisi 1 terpaksa harus memutuskan antara menggunakan patlabor model 97 yang sudah usang, atau labor yang baru, yang kemungkinan datanya akan digunakan untuk kebutuhan militer.
08"Padang Rumput Misterius"
"Maboroshi no midori" (まぼろしの緑)
Naoto Kimura6 Desember 198911 Juni 2002
Asuma, Hiromi, dan Noa dikirim oleh Kapten Goto menuju desa Onifuri untuk menyelidiki kemungkinan sabotase dalam pengerjaan jalan tol yang baru. Mereka segera mengetahui bahwa sepertinya ada pohon suci di tengah jalan tol yang harus ditebang. Penduduk desa mengatakan ada iblis yang menjaga pohon itu dan mereka akan dikutuk jika memindahkannya, tetapi Asuma mencurigai adanya labor yang terlibat. Apakah ini hanya penipuan oleh pemilik tanah agar pemerintah membeli tanah lebih banyak dan membuat jalan tol mengelilingi phon itu, atau apakah ada hal lain didalam kutukan itu?
09"Pendaratan Labor Merah"
"Jōriku akai reiba" (上陸 赤いレイバー)
Mamoru Oshii13 Desember 198911 Juni 2002
Pihak Keselamatan Publik mendatangi SV2 dan meminta bantuan dalam sebuah kasus. Itchoku Inubashiri, seorang mantan pilot Labor militer yang menjadi teroris grup militan anti proyek Babylon "Rumah Lautan", telah melukai salah satu agen mereka, mencuri senjatanya, dan membajak sebuah taksi menuju Sakata. Mereka memberitahukan Kapten Goto bahwa inubashiri ingin membajak Labor Penyerang milik Soviet, Yaitu L99, dengan nama sandi Doshka, yang secara rahasia berlabuh di kapal di Sakata dalam perjalanan kembali ke Rusia. Rumah Lautan ingin mencurinya untuk tujuan mereka. Para agen membutuhkan bantuan SV2 karena hal ini melibatkan labor. Goto mencium hal yang mencurigakan dengan cerita dari Keselamatan Publik namun meminjamkan Noa dan Asuma, dan memerintahkan mereka untuk membeli Hatahata. Hal ini semakin jelas ketika seluruh mata-mata di Jepang, berada di Sakata, dan mereka disini bukan untuk membeli Hatahata. Apakah ada hal yang dirahasiakan oleh pihak Keselamatan Publik?
10"Jebakan di Malam Natal"
"Ivu no wana" (イヴの罠)
Kazunori Ito20 Desember 198911 Juni 2002
Hari itu adalah Malam Natal. Nenek Kanuka telah menghilang. Ia meninggalkan sebuah catatan untuk Kanuka bahwa ia sedang mencari Natal 50 tahun yang lalu. Takut akan hal buruk akan terjadi, Noa, Asuma dan Kanuka pergi mencarinya, tetapi harus kembali ke SV2 karena panggilan tugas. Detektif Matsui meminta SV2 untuk membantunya dalam sebuah kasus. Kendaraan yang pergi menuju Terowongan Dermaga Tokyo telah menghilang, termasuk mobil patroli. Dan juga seseorang mencoba untuk mengganggu hubungan disekitar area tersebut. Matsui ingin SV2 berbuat sesuatu sebelum militer terlibat. Namun militer sudah dikerahkan. Divisi 1 mencoba memasuki area tersebut, tetapi gagal untuk merespon pada waktu yang sudah ditentukan. Noa dan Ota memasuki terowongan namun hanya menemukan sisa-sisa dari labor Divisi 1. dan tidak ada jejak dari kru mereka. Tiba-tiba Labor Brocken milik Shaft mengepung mereka dan mulai menyerang...
11"Teror di Malam Natal"
"Ivu no senritsu" (イヴの戦慄)
Kazunori Ito27 Desember 19893 Desember 2002
Noa bertarung dengan labor Brocken, namun Ota dan Kanuka dikalahkan. Labor Phantom telah muncul dan menggunakan gelombang elektromagetik menyebabkan Ingram berhenti berfungsi. Labor itu juga memiliki senjata sinar yang menghancurkan tangan labor milik Ota. Ota tertangkap dan dibawa oleh Labor Brocken. Noa terpaksa mundur karena kala jumlah. Ia lalu bertemu dengan Kapten Fuwa dari militer. Fuwa sedang melaksanakan misi rahasia untuk menghentikan labor-labor yang menyerang. Ota lalu menemukan dirinya terkunci di dalam sebuah ruangan hotel bersama dengan anggota Divisi 1, polisi, dan warga sipil lainnya. Sementara itu sisa dari Divisi 2 berkumpul kembali dan Goto memutuskan untuk menggunakan strategi baru. Goto yakin bahwa biang dari operasi ini sedang bersembunyi disana dan memerintahkan SV2 untuk menemukannya. Detektif Matsui dan Shinshi yang ditugaskan untuk mencari nenek Kanuka telah menemukannya. Ia bilang kepada mereka bahwa ia tidak ingin melihat Kanuka tewas dalam pertempuran seperti suaminya dalam perang Korea, dan ingin membawa Kanuka kembali ke Hawaii. Noa kembali bertarung untuk membantu militer, tetapi ia harus berhadapan dengan Labor Phantom sendirian...
12"Siang Ota yang Bermasalah"
"Ota madoi no gogo" (太田 惑いの午後)
Michiko Yokote10 Januari 19903 Desember 2002
Ota disiapkan oleh bibinya untuk bertemu dengan seorang gadis. Ayano Fuji adalah seorang gadis yang sangat cantik yang menyukai labor. Setelah pertemuan pertama yang bermasalah, Ota terkejut karena dia ingin melihatnya lagi. Apakah ini awal dari kisah romantis? Apa yang dia lihat dari Ota? Walau seperti biasanya, Cinta tidak pernah berjalan mulus.
13"Pelan-Pelan, Yang Mulia"
"Tenka oteyawarakan!" (殿下 お手柔らかに)
Naoto Kimura17 Januari 19903 Desember 2003
SV2 menerima tamu seorang Pangeran muda dari negeri Oasis, negeri timur tengah yang kaya akan minyak. Pangeran tersebut disana untuk melihat bagaimana Labor Patroli bekerja, dan berharap untuk menirunya di negerinya. Keberadaan pangeran cukup mengganggu di SV2, tetapi Noa dan Alphonse menarik perhatiannya, dan mereka segera berteman. Sementara itu seseorang telah mencuri labor Brocken yang ditahan dari kasus Terowongan Dermaga Tokyo. Apakah ini berhubungan dengan kedatangan Pangeran? Apakah seseorang ingin melukai sang pangeran?
14"Kau Menang!"
"Anta no kachi!" (あんたの勝ち!)
Mamoru Oshii24 Januari 19903 Desember 2003
Divisi 2 dipaksa untuk mengikuti Turnamen Judo Kepolisian dan kalah. ditengah pertarungan mereka dipanggil untuk bertugas. Masalahnya adalah pergelangan kaki Ota terkilir, dan Asuma tidak bisa berbicara. Kapten Goto memerintahkan Kanuka untuk menjadi komando Noa. Hal ini tidak berjalan baik, dan Noa membangkang perintah Kanuka untuk menembak dan keadaan menjadi lebih buruk. Noa dan Kanuka bertengkar lebih hebat setelah kejadian itu. Kapten Goto memiliki satu rencana agar mereka kembali bersatu, yaitu mengajak mereka ke Rumah Minum. Sebuah pertandingan minum dimulai antara Noa dan Kanuka, dan anggota Divisi 2 lainnya juga mabuk. Apakah rencana Goto akan berhasil?
15"Paus yang Menyanyikan Lagu"
"Uta wo utatta kujira" (歌を唄ったクジラ)
Michiko Yokote31 Januari 199011 Februari 2003
Seekor Paus Bungkuk memasuki Teluk Tokyo dan membuat media dan masyarakat heboh. Dibawah tekanan publik, pemerintah memutuskan untuk menyelamatkan paus itu dan membentuk sebuah komite. Divisi 2 dipanggil untuk menyediakan pengamanan karena ratusan penonton berada di pinggir teluk. Komite penyelamatan mencoba beberapa kali untuk memancing paus itu keluar, tetapi tetap saja kembali lagi. Kenapa paus itu tetap kembali ke air yang tercemar di teluk itu?
16"Divisi 2 Menyeberangi Lautan"
"Shōtai umi wo wataru" (小隊 海を渡る)
Tetsuko Takahashi7 Februari 199011 Februari 2003
Divisi 2 sedang menjalankan tugas di Festival Salju Sapporo di Hokkaido. Sekelompok teroris bernama "Pasukan Pelindung Bumi" merencanakan penyerangan di festival tersebut. Dua labor telah dicuri, ada kemungkinan akan digunakan dalam penyerangan. Selain berhadapan dengan teroris, SV2 harus mengatasi masalah dengan anak kecil yang mengganggu mereka. Dia baru saja pindah dari Tokyo karena rumahnya dihancurkan oleh Labor. Dahulu, ia menyukai Labor, sekarang ia membencinya. Noa cukup kecewa menyadari bahwa mungkin Alphonse lah yang merusak rumahnya.
17"Target, Kapten Goto"
"Mokuhyō ha Gotō taichō" (目標は後藤隊長)
Michiko YokoteFebruary 14, 1990February 11, 2003
Kapten Goto menerima surat ancaman, seseorang merusak makan siangnya dan ia menemukan kotoran kucing di dalam sepatunya. Untuk mencari tahu siapa yang melakukannya dan mengapa, para anggota Divisi 2 mencoba untuk mengingat perilaku anehnya, dengan mengetesnya dengan tujuan melihat apa ada yang salah dengannya. Hal ini menjadi serius ketika seseorang menjatuhkan pot bunga ke mobil Kapten Goto dan salah satu misi SV2 disabotase ketika salah satu pengangkut mengalami kerusakan pada hidroliknya. Divisi 2 sekarang tahu bahwa ada orang ingin melukai Goto, tetapi hanya Goto yang tahu siapa orang tersebut, tampaknya ia tidak takut sama sekali.
18"Aku Suka Noa-senpai"
"Suki suki Noah senpai" (スキスキ野明先輩)
Hibari Arisu21 Februari 199011 Februari 2003
Penyanyi idola Kana Matsumoto bergabung dengan SV2 selama seminggu untuk belajar mengoperasikan labor. Ini adalah rencana bagian Humas yang ramai dibicarakan oleh petinggi kepolisian, tetapi Noa sedikit gelisah melihat Kana mengendarai Alphonse. Yang lain terlihat senang melihat bintang besar tinggal sebagai anggota SV2, terutama Ota, yang merupakan penggemar nomor satu. Setelah Kana hampir merusak Alphonse, ia memohon kepada Noa agar mau melatihnya. Noa awalnya enggan, tetapi akhirnya melakukannya dengan serius. Sayangnya, sekelompok kriminal ingin menculik Kana, namun tak sengaja menculik Noa. Mereka ingin menukarnya dengan salah satu Ingram. Divisi 2 harus menyelesaikan masalah ini sebelum Kapten Goto mengetahuinya.
19"Bayangan di Geo-Front"
"Jiofuronto no kage" (ジオフロントの影)
Yutaka Izubuchi28 Februari 199013 Mei 2003
Pekerja di proyek Kota Bawah Tanah Tokyo menemukan beberapa gua kapur. Namun salah satu pekerja adalah anggota dari Pasukan Pelindung Bumi, kelompok teroris militan anti proyek Babylon. Ia telah memasang sebuah bom dan mengancam akan memasang lebih banyak lagi dengan tujuan menghancurkan proyek tersebut. SV2 dipanggil untuk membantu. Noa dan Kanuka yang berpengalaman dalam penjinakan bom dan teroris pergi bersama dengan labor mereka untuk menjinakkan bom tersebut dan menangkap pelakunya. Ketika sedang mencari bom mereka diserang oleh mahluk laut. Sementara itu Kapten Goto berhasil menangkap pelakunya. Ia mengetahui bahwa pelaku tersebut memasang bom dengan daya ledak besar di jalan masuk laut agar seluruh area tersebut tenggelam. Sayangnya Divisi 2 kehilangan kontak dengan Noa dan Kanuka dan mereka tidak bisa memberitahu tentang bom tersebut. Sementara itu Noa dan Kanuka tengah sibuk mengatasi monster yang terus menyerang mereka.
20"Pergerakan di dalam Kegelapan"
"Kuroi taidō" (黒い胎動)
Kazunori Ito7 Maret 199013 Mei 2003
Perusahaan pengamanan swasta mulai menggunakan labor dalam pengamanan mereka. salah satunya adalah perusahaan Holly Security Services, yang diundang untuk menguji Labor Saturn baru mereka (yang awalnya SRX-70 milik Schaft) melawan militer. Namun Holly Security Services (HSS) merupakan kedok lain dari Schaft. Kurosaki menyamar sebagai negosiator HSS untuk menguji Phantom versi terbaru, yang merupakan sebuah alibi yang sempurna. Hancurnya Labor militer oleh Labor Phantom menjadi berita utama disetiap surat kabar. Sementara itu di SV2, Labor cadangan dibawa kembali ke pabrik untuk peningkatan. Jitsuyama bertugas mengambil Labor tersebut, dan menyarankan Asuma untuk mengunjungi ayahnya. Asuma sedikit terganggu dengan hal ini dan pergi dengan perasaan yang buruk. Noa mencoba membahas masalah ini dengan Asuma, tetapi ia tutup mulut dan menyebabkan perkelahian besar diantara mereka. Sementara itu Labor Phantom muncul di pesisir pantai Oshima. Kapten Fuma dari militer dipanggil kembali untuk melawan Labor tersebut secara rahasia. Divisi 2 ditugaskan untuk melawan labor itu, walaupun Kapten Goto tahu bahwa hal ini akan memberikan data pertarungan untuk Labor Phantom. Sebelum berangkat ke Oshima, Goto memerintahkan Asuma untuk pergi ke pabrik untuk mengambil kembali Labor cadangan. Ia tidak akan ada disana untuk membantu Noa. Noa cukup kecewa karena ia belum berbaikan dengannya, dan dia tidak akan bersamanya.
21"Phantom Lagi"
"Bōrei futatabi" (亡霊(ファントム)ふたたび)
Kazunori Ito14 Maret 199013 Mei 2003
Labor Phantom telah mendarat dan pergi menuju Sashiki. Labor itu sudah menghancurkan satu Labor milik Holly Security Services. Kapten Fuwa dan timnya berencana untuk memancing Labor itu menuju tempat latihan militer dan menghancurkannya. Divisi 2 tiba, tetapi diperintahkan untuk tidak terlibat, jika keadaan memungkinkan. Selagi Kapten Fuwa dan timnya diterjunkan dari pesawat militer mereka diserang oleh senjata sinar dari Labor Phantom, bahkan sebelum mereka mendarat. Salah satu labor mereka mengalami kerusakan namun mereka tetap melanjutkan rencananya. Kanuka memutuskan bahwa merekalah yang seharusnya memancing labor itu ke daerah latihan. Rencana itu berhasil namun Ota diserang dan dihantam habis-habisan. Kapten Fuwa berhasil menyelamatkan Ota dengan menekan Labor Phantom itu. Ota menyadari ada Labor lain yang bersembunyi dan membantu Phantom. Sementara itu Kurosaki memutuskan bahwa ia butuh lebih banyak data. Ia memerintahkan timnya untuk mencuri cakram pergerakan Noa dengan cara apapun. Noa sekarang menjadi target Labor Phantom. Ia harus mengalahkannya sendirian tanpa bala bantuan. Bahkan jika ia berhasil ia masih harus berhadapan dengan Labor kedua.
22"Labor dan Bunga"
"Hana to reiba" (花とレイバー)
Michiko Yokote21 Maret 199013 Mei 2003
Kepolisian Metropolitan Tokyo sedang mengadakan Minggu Kesadaran Keselamatan Kerja. Divisi 2 mengadakan seminar tentang keselamatan Labor ketika seorang bos Yakuza datang dan tertarik dengan kegiatan mereka. Ia memperkenalkan dirinya kepada Noa dan Kanuka. Apakah Yakuza itu sedang mengintimidasi mereka? Namun ia kelihatan cukup ramah dan bahkan mengundang mereka untuk memamerkan koleksi Labornya. Yang dia inginkan hanyalah ia ingin tahu cara mengendalikan labor agar ia bisa menggunakannya. Noa menunjukkannya namun sedikit khawatir. Bos itu mengirimkan hadiah untuk SV2, tetapi jika polisi ketahuan menerima hadiah dari bos Yakuza, akan menjadi masalah. Hubungan mereka semakin erat dan bos itu menjadi sangat terpesona dengan labor dan memutuskan untuk membantu SV2! Yakuza sekarang membantu membasmi kejahatan. Masalah dimulai ketika bos Yakuza saingannya iri dan ingin melakukannya juga. Hal ini dapat berujung dengan perang geng. Noa dan Kanuka harus menghentikannya sebelum ada darah yang ditumpahkan.
23"Laporan Kanuka"
"Kanuka repōto" (香貫花レポート)
Hibari Arisu
Naoyuki Yoshinaga
4 April 199012 Agustus 2003
Waktu Kanuka dengan SV2 telah selesai. Ia harus kembali ke Kepolisian New York. Ia dengan tegas mengatakan tidak mau ada pesta perpisahan. Namun anggota Divisi 2 yang lain memiliki rencana. Mereka diam-diam masuk ke apartemennya dan memberikannya pesta kejutan. Namun Shinshi tanpa sengaja menemukan laporan yang Kanuka kerjakan untuk NYPD. Laporan itu berisi tentang Divisi 2 dan pengamatan setiap anggotanya. Laporan tersebut tidak menunjukkan ulasan yang baik. Bahkan jauh dari baik. Sampai mereka melihat pengamatan terhadap Ota, sangat buruk sehingga ia menghancurkan ruang tengah dan komputer itu, dan Kanuka akan kembali dalam beberapa menit. Sebagian episode ini berisi cuplikan lama, tetapi banyak pula adegan baru. Catatan: Komputer portabel milik Kanuka berbentuk seperti Macintosh Portable dari Apple; Perbedaannya hanyalah warna. hitam dibanding putih
24"Selamat Jalan Kanuka"
"Saraba Kanuka" (さらば香貫花)
Kazunori Ito11 April 199012 Agustus 2003
Kanuka akhirnya kembali ke New York. Divisi 2 merasa malu dengan mereka sendiri jadi hanya Noa yang bertemu dengannya sebelum pergi. Sebelum pesawat lepas landas seorang pria mencurigakan (yang bermuka seperti kucing) bernama Ginji Nekowatari memasuki kokpit dan mengatakan kepada pilot bahwa ia memiliki bom di dalam pesawat. Ia menuntut dibebaskannya salah satu anggota dari teroris "Rumah Lautan" yang saat ini ditahan. Sayangnya Kanuka harus memberikan pistolnya kepada pilot sebelum masuk pesawat. Ia memutuskan untuk menyamar sebagai salah seorang pramugari untuk mendekati teroris itu dan agar dapat bergerak bebas di dalam pesawat. Walaupun ia tidak perlua berbuat banyak untuk membodohi teroris itu.
25"Badai di Musim Semi"
"Haru no arashi" (春の嵐)
Michiko Yokote18 April 199012 Agustus 2003
Dengan kepergian Kanuka, Shinshi diberikan tugas yang tidak bisa ia hindari yaitu menjadi komando Ota. Hal ini tidak berjalan baik. Shinshi tidak bisa mengendalikan Ota dan Ota tidak mau menerima perintahnya. Mungkin ia tidak cocok untuk tugas ini. Sebuah kesempatan datang untuknya untuk kembali ke pekerjaan lamanya; memprogram komputer. Pekerjaan tersebut terdengar bagus, dan ia akan mendapatkan gaji tiga kali lipat dari yang ia dapatkan sekarang dan akan menjadi kepala departemennya sendiri. Namun apakah ia bisa pergi dari rekan-rekan, pekerjaannya, dan mengundurkan diri dari kepolisian?
26"Aku Takeo Kumagami"
"Watashi ga Kumagami Takeo desu" (私が熊耳武緒です)
Michiko Yokote25 April 199012 Agustus 2003
Seorang anggota baru akan bergabung dengan Divisi 2. Namanya adalah Takeo Kumagami. Ia seorang polisi yang hebat, pandai memasak, pengetik yang hebat, ahli dalam komputer, telah mampu menguasai pola gerakan dasar Ingram dalam kurang dari sehari dan bahkan diincar oleh Interpol namun ia menolaknya. Kenapa ia memilih SV2? Kapten Goto berpikir untuk mengubah beberapa posisi didalam tim. Apakah kumagami akan mengambil posisi Noa? Akankah mengubah posisi menjadi masalah?
27"Suara yang Memanggil didalam Kegelapan"
"Yami ni yobu koe" (闇に呼ぶ声)
Kazunori Ito2 Mei 199013 Januari 2004
Divisi 2 sedang dalam latihan disebuah gedung yang akan dipugar. Mereka melatih pertarungan didalam kota dan mengatasi penyanderaan. Semua berjalan lancar sampai jam malam tiba. Penduduk setempat mengaku bahwa gedung tersebut berhantu. Suara-suara dapat didengar di malam hari dan sekelompok hantu samurai kadang dapat terlihat. Shinji mengetahui bahwa bencana dan kematian selalu menghantui area itu, dengan kebanyakan kematian berasal dari gempa, terutama gempa besar yang terjadi empat tahun yang lalu. Satu malam komputer Kapten Goto malfungsi dan kata "Tolong!" muncul di layar. Lalu ia diserang dengan pedang oleh seseorang yang tiba-tiba menghilang! Selanjutnya, Ota merasa seseorang "menarik" labornya dan Noa melihat hantu anak laki-laki. Apakah kejadian misterius ini perbuatan para roh? Atau tempat itu benar-benar terkutuk?
28"Dua Orang Mencurigakan"
"Ayashii futari" (怪しいふたり)
Kazunori Ito9 Mei 199013 Januari 2004
Ketika mereka cuti, Noa dan Asuma pergi ke kota dan bermain di Arcade. Asuma melihat game Patlabor, tetapi Noa dan Asuma selalu kalah. Seorang pria bernama Utsumi muncul dan mengaku bahwa perusahaannya yang menciptakan permainan tersebut dan menyelesaikan semua tingkatan. Noa memutuskan ia tidak akan kalah lagi dan mencobanya lagi, tetapi gagal. Seorang laki-laki bernama Bud muncul dan ia berkata akan membalaskan dendam Noa. Noa tak percaya bahwa anak kecil dapat bermain lebih baik darinya. Utsumi dan Bud sebenarnya adalah karyawan Schaft. Mereka sedang menyusun strategi untuk langkah selanjutnya. Utsumi dan Kurosaki memimpin proyek Griffin. Sebuah Labor percobaan dengan kemampuan bertarung yang lebih tinggi dari labor militer lainnya. Labor itu diciptakan untuk mengembangkan bagian labor lainnya. Tahap pertama dari rencana mereka termasuk menguji Divisi 2. Utsumi mengirim sebuah Labor Saturn untuk membuat kerusakan disebuah tempat konstruksi, berharap Divisi 2 akan muncul.
29"SV2 Binasa!"
"Tokusha nika kaimetsu su!" (特車二課 壊滅す!)
Mamoru Oshii23 Mei 199013 Januari 2004

Dengan hangar SV2 yang terletak di tengah tanah reklamasi yang terisolasi, mencari makanan selalu menjadi masalah. Restoran Shanghai adalah satu-satunya yang mau mengirimkan makanan ke mereka. dalam sebuah pesanan yang biasa, makanan yang dipesan tak kunjung datang.

sang kurir menghilang dengan makanannya. Ota menelepon restoran itu dan berakhir dengan memaki mereka. Mereka sangat kelaparan dan memaksa Ota untuk minta maaf. Namun restoran itu tidak mau pergi dimalam hari karena banyak anjing liar di sana dan tak ada yang mengantar. Setelah lelah menunggu berjam-jam, Ota berkata ia akan mengawal sang kurir namun ia tidak kunjung kembali. Beberapa jam setelahnya para mekanik pergi untuk mencari Ota, tetapi mereka juga tak kembali. Kemana mereka pergi dan mengapa mereka tak kembali?
30"Griffin Sudah Di sini!"
"Gurifon sanjō!" (グリフォン参上!)
Kazunori Ito30 Mei 199013 Januari 2004
Tim Fuwa. Cakram pergerakan Labor miliknya telah diambil. Labor hitam misterius menulis pesan di pasir: "Griffin telah datang". Tim Schaft puas dengan hasilnya, walaupun beberapa orang berpikir Bud adalah pilot yang terlalu mengambil risiko. Utsumi sekarang ingin melawan Divisi 2 agar ia dapat mengambil Ingram untuk dipelajari dan untuk mengambil data pergerakannya. Shinobu bertemu dengan teman lamanya fuwa untuk makan. Kapten Fuwa mengambil kesempatan untuk bertanya kepada Shinobu apakah ia tahu tentang Labor bernama Griffin yang mampu meniru gerakan manusia. Sementara itu muncul berita bahwa kepala polisi ingin membentuk dua divisi baru. Namun semua divisi akan mendapatkan Ingram versi ekonomis yang sedang dikembangkan oleh Shinohara Heavy Industries. Artinya Ingram milik Divisi 2 harus diganti. Kapten Goto tidak yakin bahwa ini ide yang bagus. Apakah labor itu lebih buruk dari yang sekarang? Hanya ada satu tempat untuk mengetahuinya; Pameran Labor Internasional Tokyo.
31"Tragedi saat Hujan"
"Ame no sangeki" (雨の惨劇)
Satoshi Namiki6 Juni 19906 April 2004
Divisi 2 sedang bertugas dalam penjagaan Pameran Labor Internasional Tokyo. Utsumi dan Bud bertemu Noa dan Asuma lagi selagi mereka melihat Ingram Ekonomis yang baru. Utsumi menyadari untuk pertama kalinya bahwa mereka dari Divisi 2. Bud dan Utsumi berada disana untuk melancarkan serangan. Asuma memutuskan untuk menguji Ingram yang baru tanpa melapor kepada Kapten Goto. Ota yang tidak senang dengan keadaanya menantangnya dengan Ingram miliknya. Tiba-tiba sebuah truk menabrak labor dan mengeluarkan gas atau bom asap. Labor Griffin keluar dari truk itu dan menyerang Ota. Noa tidak dapat membantu karena cakram pergerakan miliknya digunakan oleh Asuma untuk Ingram Ekonomisnya. Kedua Ingram dikalahkan dan Asuma mengembalikan cakramnya ke Noa. Griffin mencoba mengambil cakram Ota, tetapi Noa mulai menyerang. Hujan membuat asap menghilang dan Bud diperintahkan untuk mundur. Semua orang terkejut melihat Labor Griffin mengeluarkan sayap dan terbang seperti pesawat. Sementara itu Kumagami melihat sebuah mobil dan menyuruh mobil itu pergi. Di dalam mobil itu Utsumi sedang memberi arahan kepada Bud. Kumagami mengenalnya sebagai Richard Wong. Supir Utsumi panik dan menembak Kumagami dan pergi dari sana.
32"Reuni"
"Saikai" (再会)
Kazunori Ito13 Juni 19906 April 2004
Para anggota Divisi 2 membicarakan peristiwa kemarin. Bagaimana labor itu bisa terbang, dan siapa yang membuatnya? Yang pasti mereka sudah memperlihatkan kepada Mabes bahwa Ingram Ekonomis tidak bagus untuk polisi, dan untungnya Asuma dan Kumagami keduanya dalam kondisi baik di rumah sakit. Sementara itu sisa-sisa dari Griffin ditemukan di Pegunungan Chiba. Padahal sebenarnya, Schaft memalsukan jatuhnya, dan hancurnya Labor itu dan menjemput Bud dan Griffin ke tempat yang aman. Kumagami memberikan Detektif Matsui ciri-ciri Richard Wong dengan sketsa wajah. Asuma yang datang menjenguk Kumagami melihat sketsa itu dan mengenalinya sebagai Utsumi. Asuma tiba-tiba membuat hubungan antara Utsumi, Schaft, dan Griffin. Matsui pergi ke Schaft untuk berbicara kepada Utsumi. Sang manajer mengetahui bahwa polisi mengincar Utsumi dan segera memerintahkan pembatalan proyek tersebut. Namun ia tahu Utsumi tak akan menyerah tanpa pertarungan dan memanggil Schaft Security Systems, atau singkatnya Three-S. Mereka sebenarnya adalah kontraktor swasta untuk Schaft dan terkenal akan melakukan apapun dalam menyelesaikan tugas. Dengan datangnya Three-S ke Jepang, Kanuka kembali ke SV2 untuk menyelidiki mengapa Three-S ada di sana. Dengan Asuma yang tidak bisa bertugas, Kanuka akan menjadi komando Noa.
33"Pesuruh dari Schaft"
"Shafuto no inu tachi" (シャフトの犬たち)
Kazunori Ito20 Juni 19906 April 2004
Utsumi dan Kurosaki terpojok oleh Three-S, namun melarikan diri dengan Griffin. Manajer Divisi Schaft memerintahkan mereka untuk menangkap keduanya. Kapten Goto mengetahui bahwa jatuhnya Griffin adalah palsu, dan Labor Griffin masih ada di luar sana. Noa kesal mendengar berita tersebut. Ia tidak mau melawannya. Setelah Three-S melacak Utsumi, ia memutuskan untuk membawa Griffin and pergi ke Tokyo untuk menunjukkan kemampuannya. Matsui sedang mengejarnya dan memberitahukan Goto bahwa mereka akan masuk kapal melalui "Castle Gate", pintu masuk menuju Proyek Babylon. Three-S mengetahuinya juga dan berencana untuk menghentikan utsumi di sana. Divisi 2 berencana untuk menghadang Three-S sebelum mereka punya kesempatan untuk menyerang. Sayangnya Ingram Ota masih dalam perbaikan, dan Noa harus melawan sendirian.
34"Pertarungan di Castle Gate"
"Jōmon no tatakai" (城門の戦い)
Kazunori Ito27 Juni 19906 April 2004
Griffin mendarat jauh dari lokasi Divisi 2, dan mereka harus bergegas ke sana. Sementara itu Three-S mencoba untuk menyerang Griffin namun beberapa labor mereka hancur. Asuma, yang sudah keluar dari rumah sakit, menonton kejadian tersebut dari televisi dan mencari cara untuk pergi ke sana. Ia diperintahkan untuk tinggal. Sasaki memutuskan ia boleh ikut dengannya untuk mengantarkan baterai cadangan dengan helikopter. Noa ingin menyerang namun kru televisi Momoko Sakurayama datang dan ia tidak bisa menembak karena mereka dapat terkena. Three-S memutuskan untuk meledakkan Griffin dengan menempelkan alat peledak dengan labor mereka. Griffin menyerang Noa, ia merespon dengan memukulnya dengan shotgun, yang menembak sendiri dan hampir mengenainya. Pertarungan antara Noa dan Griffin terus berlanjut. Kanuka akhirnya menyingkirkan Momoko dan krunya agar Noa bisa menembak Griffin. Ia menembak dan Griffin menghindarinya dan pelurunya mengenai Labor Three-S yang membawa peledak, menciptakan kebakaran hebat.
35"Griffin Jatuh"
"Gurifon otsu" (グリフォン墜つ)
Kazunori Ito4 Juli 19906 Juli 2004
Pertarungan berlanjut, dan Noa berhasil untuk menjatuhkan Griffin. Sekarang Griffin mulai rusak. Namun masih bisa menyerang, mengenai kamera utama Noa. Ota mencoba membantu Noa dengan menembakkan pistol labornya dengan bantuan Yamazaki, dan berhasil mengenai kamera utama Griffin. Kedua mesin rusak berat, dan pertarungan kemungkinan tidak akan berlangsung lama lagi. Utsumi memerintahkan Bud untuk kabur. Griffin terbang namun jatuh di Teluk Tokyo. Bud selamat, tetapi Griffin tenggelam di tengah laut. Asuma, yang selama ini memberi instruksi kepada Noa, pergi ke Ingram Noa yang rusak parah dan menemukannya sedang menangis. Utsumi membuat kesepakatan dengan Schaft agar dapat menghindari Three-S, dan kabur dari Jepang dengan Bud. Walaupun investigasi Kanuka tidak selesai, tetapi sekarang harus berakhir, dan ia mengucapkan salam perpisahan kepada SV2 lagi.
36"Petualangan Noa"
"Noa no bōken" (野明の冒険)
Satoshi Namiki11 Juli, 19906 Juli, 2004
Divisi 2 kembali ke Akademi Polisi untuk menajamkan kemampuan mereka. Noa sedikit depresi melihat Ota lebih baik darinya, dan ia tidak mendapat banyak pujian karena pekerjaannya. Satu malam ia pergi membeli makanan untuk yang lain, dan melihat uang ¥10,000 hanyut di sungai. Ia melihat ini sebagai kesempatannya untuk membuktikan diri dan menyelidiki uangnya. Noa tidak kembali ke are pelatiha, dan tim khawatir. Mereka bertemu polisi setempat yang lewat dan memberitahukan mereka sebuah pencurian telah terjadi. Perilaku ini tidak seperti Noa yang biasanya dan Divisi 2 khawatir dan mulai mencarinya.
37"Keselamatan Dijual"
"Anshin uri masu" (安心売ります)
Satoshi Namiki18 Juli 19906 Juli 2004
Setelah Ota merusak beberapa mobil dalam tugas, perusahaan asuransi SV2 mengirim seorang investigator ke SV2 karena tingginya klaim atas nama mereka. Naoyo Yamada, seorang wanita paruh baya dari perusahaan asuransi meminta Divisi 2 me reka ulang kejadian tersebut. Setelah me reka ulang, ia tidak bisa memutuskan apakah harus memperbarui asuransi mereka atau tidak, jadi ia memutuskan untuk tinggal bersama SV2 sampai misi selanjutnya. Walaupun mereka menangkap penjahat tanpa ada kerusakan, sayangnya pembersihannya menjadi bencana. Ota diperintahkan untuk memindahkan truk penjahat, tetapi selagi memindahkannya membuat kecelakaan besar. lalu Ota tanpa sengaja menginja sepeda seorang anak kecil. Apakah SV2 akan kehabisan asuransi, atau masih ada harapan?
38"Kasus Labirin Bawah Tanah"
"Chika meikyūbukken" (地下迷宮物件)
Mamoru Oshii25 Juli 19906 Juli 2004
Kejadian misterius telah terjadi di SV2. Makanan dan Minuman keras hilang satu-persatu. Satu malam seseorang mencuri 2 ekor ayam. Hal ini menyebabkan perkelahian antara mekanik, beberapa bahkan menyalahkan satu sama lain. Namun siapa pelakunya? Patroli malam dilakukan dan seorang pria ditemukan sedang melarikan diri dari rumah kaca yang menyimpan tanaman tomat. Seluruh SV2 mengerjar, tetapi ia menghilang secara misterius. Paginya mereka menemukan sebuah lubang. Tampaknya terowongan labirin dibawah tanah reklamasi itu digunakan untuk mengirim bahan ke tempat itu bertahun-tahun yang lalu. Mereka meninggalkan lubang itu dan lama tidak digunakan, tetapi penjahat menggunakannya untuk kabur. Ota dan Shinshi diturunkan untuk megerjarnya, namun setelah beberapa jam mereka gagal untuk melakukan kontak. Anggota Divisi 2 menyusulnya, tetapi memiliki masalah dengan kucing dan tikus disana, dan mereka juga tersesat. namun menambah kengerian di sana ada sesuatu di dalam air...
39"Rencana Produksi Masal"
"Ryōsanki keikaku" (量産機計画)
Satoshi Namiki1 Agustus 19908 Maret 2005
Shinohara Heavy Industries menyelesaikan prototipe baru dari Ingram Ekonomis. Noa, Gomika, dan Ota dikirim untuk mengujinya dan memberi umpan balik kepada teknisinya. Noa memberi nilai rata-rata untuk model itu, dan Ota menuduh kebenciannya terhadap model itu, karena ia sangat menyukai Ingramnya. Namun Ingram itu adalah peningkatan dari yang sebelumnya, tetapi butuh peningkatan lagi. Jitsuyama, yang memimpin proyek tersebut, memasang perubahan dan ketiga pilot merasakannya langsung, walaupun Noa masih ragu. Shinohara Heavy Industries sangat puas dengan hasilnya. mereka sangat percaya diri sehingga mereka menyarankan diadakannya pertarungan antara Labor itu dengan Ingram. Noa dipilih untuk bertarung dengan Ingram Ekonomis yang baru daripada Ota.
40"Perintah Pengawasan Pesisir"
"Engan keibi meirei" (沿岸警備命令)
Shigeyoshi Sugama8 Agustus 19908 Maret 2005
Di dekat sebuah kuil di desa pesisir Shikura, sebuah kapal nelayan karam dan terbakar. Penduduk setempat meyakini sebuah monster laut bernama Plessie menjadi penyebab hal tersebut. Penjaga Pantai memerintahkan Divisi 2 untuk melihat masalah tersebut. Media segera terlibat (termasuk Momoko Sakurayama), dan turis berdatangan ke daerah itu berharap dapat melihat sekilas monster itu. Penduduk setempat terlihat sangat siap menghadapi masalah ini. Apakah ini hanya berita palsu untuk menarik wisatawan?
41"Selamatkan Para Teroris"
"Terorisuto wo sukue" (テロリストを救え)
Satoshi Namiki15 Agustus 19908 Maret 2005
Divisi 2 menyediakan pengamanan untuk Konferensi Proyek Babilon, yang sudah pasti menjadi target teroris. Goto melihat dua pria lari menuju koridor setelah mendengar teriakan dari seorang pembersih yang menemukan mereka tidur di dalam toilet. Goto mencoba menghentikan mereka namun mereka masuk ke dalam lift dan pergi menuju lantai teratas. Sayangnya kedua teroris tak sengaja menyalakan bom mereka, dan meledakkan restoran yang ada di atas gedung, membuatnya tidak stabil. Kedua Labor Divisi 2 dikirim keatas untuk menangkap teroris itu. Namun mereka telah menyandera seorang bartender. buruknya, salah satu dari mereka mengancam Divisi 2 dengan sebatang dinamit, tetapi meledak. Restoran itu menjadi sangat tidak stabil dan dapat jatuh kapan saja. Mereka punya masalah tambahan. Jika restoran jatuh dari gedung, akan mengenai pipa bahan bakar pesawat yang ada dibawah yang tersambung dengan bandar udara dan dapat meledak. Noa dan Ota tak hanya harus menghentikan restoran itu jatuh, mereka juga harus menyelamatkan bartender dan para teroris didalamnya.
42"Kembalinya para Teroris"
"Kaette kita otoko tachi" (帰ってきた男たち)
Michiko Yokote22 Agustus 19908 Maret 2005
Kapten Goto dan Kepala Kepolisian Fukushima sedang menyelidiki pencurian beberapa mesin Automatic Teller Machine (ATM). Terlihat dengan jelas bahwa labor digunakan dalam pencurian. Coretan aneh ditinggalkan disetiap tempat pencurian. Goto yakin bahwa kejahatan ini berhubungan. Ia juga mengetahui bahwa teroris "Rumah Lautan" yang mereka lawan sebelumnya bisa jadi dalang pencurian tersebut. SV2 harus menghentikan penjahat itu sebelum terjadi perampokan lagi.
43"Wanita Karier"
"Hataraku ojōsan" (はたらくお嬢さん)
Hibari Arisu
Tetsuko Takahashi
29 Agustus 19909 Agustus 2005
Dibawah perintah Kepala Fukushima, Divisi 2 dipaksa untuk muncul dalam sebuah program televisi. Acara televisi Momoko Sakurayama "Wanita Karier" berfokus pada wanita pekerja di kantor mereka, dan Noa akan menjadi subyek mereka selanjutnya. Fukushima yakin ini akan menjadi relasi masyarakat yang baik bagi Divisi 2. Semuanya berjalan lancar sampai Divisi 2 dipanggil untuk menghentikan seseorang bunuh diri. Ia mengancam untuk menabrakkan labornya ke tempat penyimpanan bahan bakar. Sayangnya Momoko berdiri diantara Divisi 2 dan pelaku untuk melaporkannya, dan ia ditawan dengan labor pelaku. Semua tergantung pada Noa untuk menyelamatkannya, sebaliknya ini akan menjadi berita buruk bagi Divisi 2.
44"CLAT Selamanya"
"CLAT yo eien ni" (CLATよ永遠に)
Kazunori Ito5 September 19909 Agustus 2005
Shige dikirim untuk berlatih dengan Divisi Labor Kepolisian New York. Ketika ia sampai di New York, ia tidak sengaja menghina supir taksi, yang menembaknya dengan senapan mesin. Kanuka menyelamatkannya dengan menembak taksi itu dengan bazooka. Hal menjadi lebih aneh ketika sampai di hangar labor. Markas Tim Labor New York sebenarnya terletak di bawah teluk Hudson. Tim itu dipanggil Crime Labor Attack Team, atau singkatnnya CLAT. Dan anggotanya terlihat mirip dengan tim Labor Polisi di Jepang...
45"Kebebasan Memilih Pekerjaan"
"Shokugyōsentaku no jiyū" (職業選択の自由)
Michiko Yokote12 September 19909 Agustus 2005
SV2 diundang ke demonstrasi militer umum oleh tim labor penerjun Kapten Fuwa. Mereka dipandu oleh bawahannya menuju hangar labor. Noa tertarik dengan Helldiver, salah satu Labor Militer terbaik. Fuwa menyadarinya, dan menawarkan Noa kesempatan untuk mengendarainya. Militer sedang mencari pilot, dan Fuwa melihat potensi didalam diri Noa. Ia memberikan Noa buku instruksi Helldiver, dan memintanya untuk bertemu lagi. Noa cukup tertarik, tetapi apakah ia benar-benar ingin meninggalkan rekan dan temannya di SV2? Sebuah kesalahan dalam tugasnya membuatnya memikirkan tawaran ini dengan serius.
46"Namanya, Zero"
"Sono na ha zero" (その名はゼロ)
Kazunori Ito19 September 19909 Agustus 2005
Divisi 1 akhirnya mendapat labor baru; AV-Zero dari Shinohara. Setelah pertarungan bohongan dengan Ota dengan Ingramnya, dan Gomioka dengan Zero barunya, membuat semua orang terpesona dengan Labor yang baru. Dengan jaringan saraf, Labor itu dapat menghindari reruntuhan ditanah secara otomatis. Banyak pembicaraan tentang bagaimana labor itu mengalahkan Ingram. Selanjutnya Divisi 2 dikirimkan untuk menghentikan labor yang mengamuk. Labor itu berjalan melalui tempat perbelanjaan, tetapi Noa mampu menghentikan labor itu di sebuah tempat parkir tanpa kerusakan besar. Namun mobil seorang petinggi tergores dalam insiden itu, dan ia mengeluh kepada Kepala Polisi. Para anggota Divisi 2 membicarakan tentang apa yang terjadi sedikit khawatir karena ini bisa menjadi reformasi didalam SV2. Noa sangat kecewa dengan apa yang mereka katakan dan mengunci dirinya di dalam kokpit Alphonse.
47"Kondisi Hijau"
"Kondeishon gurīn" (コンディション・グリーン)
Kazunori Ito26 September 19909 Agustus 2005
Media menyampaikan banyak pujian kepada Divisi 1. Labor Zero merupakan sebuah kesuksesan dan menjadi populer di masyarakat. Kepercayaan Divisi 2 sangat goyah. Noa pergi ke kampungnya di Hokkaido untuk kabur dari masalahnya. Asuma yang khawatir dengannya, pergi untuk menyemangatinya dan membujuknya untuk kembali ke Tokyo. Asuma dan Noa kembali, dan langsung segera dikerahkan. Seorang teroris tengah bersembunyi di tempat penyimpanan bahan bakar. dengan kedua Divisi 1 dan 2 berada di lokasi, akankah Zero dapat menemukan labor teroris duluan, ataukah Ingram? Noa sangat bertekad untuk membuktikan dirinya sangat berharga sebagai seorang polisi wanita.

Patlabor: The New Files[sunting | sunting sumber]

Episode-episode ini dirilis sebagai OVA bersamaan dengan serial televisinya dalam bentuk Laserdisc dan VHS dari Bandai Visual dari tanggal 22 November 1990 sampai 6 Juni 1992.[1][2] Mereka lalu merilisnya dalam bentuk DVD pada tanggal 25 Agustus 2000 dan Blu-ray pada tanggal 24 September 2010.[3][4] Central Park Media melisensi seri The New Files dan merilisnya dengan VHS berteks dibawah label U.S. Manga Corps. mereka lalu merilis satu volume DVD dengan suara Inggris merilis set kotak berisi semua 16 episode.[5] Hanya 4 episode yang di dub, sisanya diisi oleh teks. Maiden Japan telah melisensi seri OVA dan akan merilis kembali Blu-ray dan DVD pada tanggal 17 Februari 2015.[6]

No. Judul Ditulis Oleh Tanggal Perilisan
01"Griffin Bangkit Kembali"
"Gurifon fukkatsu" (グリフォン復活)
Kazunori Ito22 November 1990
02"Hari yang Buruk"
"Saiyaku no hi" (災厄の日)
Michiko Yokote25 Desember 1990
03"Serangan Balik Schaft"
"Gyakushū no shafuto" (逆襲のシャフト!)
Kazunori Ito24 Januari 1991
04"Rating Penonton 90%"
"Shichō ritsu 90%" (視聴率90%)
Hibari Arisu21 Februari 1991
05"Pertarungan Terhebat dalam Sejarah"
"Shijō saidai no kessen" (史上最大の決戦)
Kazunori Ito25 April 1991
06"Black Trinary"
"Kuroi sarensē" (黒い三連星)
Mamoru Oshii23 Mei 1991
07"Permainan Berakhir"Kazunori Ito23 Juni 1991
08"Tujuh Hari Bergejolak"
"Hi no nana nichikan" (火の七日間)
Mamoru Oshii25 Juli 1991
09"VS (Versus)"
"VS (Bāsasu)" (VS(バーサス))
Michiko Yokote22 Agustus 1991
10"Namanya Amnesia"
"Sono na wa amunejia" (その名はアムネジア)
Mamoru Oshii26 September 1991
11"Hari Goma Datang dari Hujan"
"Ame no hi ni ki ta goma" (雨の日に来たゴマ)
Kazunori Ito21 November 1991
12"Karuizawa Kami"
"Ni nin no karuizawa" (二人の軽井沢)
Kazunori Ito19 Desember 1991
13"Ruang Bawah Tanah Lagi"
"Danjon futatabi" (ダンジョン再び)
Mamoru Oshii23 Januari 1992
14"Snow Rondo"
"Yuki no rondo" (雪のロンド)
Yutaka Izubuchi20 Februari 1992
15"Wanita yang Datang dari Bintang-Bintang"
"Hoshi kara ki ta onna" (星から来た女)
Kazunori Ito19 Maret, 1992
16"Semua Hening dari SV2"
"Dai ni shōtai ijō nashi" (第二小隊異状なし)
Kazunori Ito23 April 1992
  1. ^ "機動警察パトレイバー S-1". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  2. ^ "機動警察パトレイバー(S-15)". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  3. ^ "機動警察パトレイバー NEW OVA SERIES [DVD]". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  4. ^ "機動警察パトレイバー NEW OVA BD-BOX". Amazon.co.jp. Diakses tanggal 8 April 2013. 
  5. ^ "Patlabor New Files on 3 DVDs". Anime News Network. Diakses tanggal 21 March 2013. 
  6. ^ "Maiden Japan Adds Patlabor The New Files OVA". Anime News Network. 2014-10-22.