Daftar episode Miss Kobayashi's Dragon Maid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Serial anime Miss Kobayashi's Dragon Maid didasarkan pada serial manga Jepang dengan nama yang sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Coolkyousinnjya yang diterbitkan di majalah Monthly Action Futabasha.[1][2][3] Serial ini disutradarai oleh Yasuhiro Takemoto di Kyoto Animation[4] dan ditayangkan di Jepang antara 12 Januari dan 6 April 2017. Yuka Yamada menangani komposisi seri, Miku Kadowaki mendesain karakter, Nobuaki Maruki menjabat sebagai direktur animasi utama, dan musiknya dikomposisikan oleh Masumi Itō.[5] Crunchyroll menyiarkan serial ini secara bersamaan saat ditayangkan sementara Funimation merilis versi sulih suara bahasa Inggris mulai 1 Februari 2017.[6] Sebuah video episode animasi asli dirilis pada volume kompilasi Blu-ray/DVD ketujuh pada 20 September 2017. Lagu pembuka adalah "Aozora no Rhapsody" (青空のラプソディ, "Blue Sky Rhapsody") oleh Fhána, dan lagu penutupnya adalah "Ishukan Communication" (イシュカン・コミュニケーション, "Interspecies Communication") oleh Yūki Kuwahara, Maria Naganawa, Minami Takahashi, dan Yūki Takada. Madman Entertainment akan mengimpor perilisan Funimation ke Australia dan Selandia Baru.[7]

Sebuah musim kedua berjudul Miss Kobayashi's Dragon Maid S (小林さんちのメイドラゴンS, Kobayashi-san Chi no Meidoragon S), musim ini ditayangkan antara 8 Juli dan 23 September 2021.[8][9] Yang diumumkan dengan perilisan volume manga kedelapan pada 12 Februari 2019.[10] Statusnya tidak diketahui untuk beberapa waktu setelah kematian Takemoto dalam serangan pembakaran Kyoto Animation.[11] Kyoto Animation kembali untuk memproduksi musimnya.[12] Tatsuya Ishihara menggantikan Takemoto sebagai sutradara, meskipun Takemoto dikreditkan sebagai "sutradara serial" di bawah Ishihara. Yuka Yamada kembali untuk mengawasi naskah seri, Masumi Itō kembali sebagai komposer musik, dan Miku Kadowaki dan Nobuaki Maruki masing-masing kembali sebagai desainer karakter dan kepala direktur animasi. Anggota pemeran juga kembali untuk memerankan kembali peran mereka.[13] Sebuah video animasi asli dirilis dengan spesial "Volume S" di Blu-ray/volume DVD pada 19 Januari 2022.[14] Lagu pembuka adalah "Ai no Supreme!" (愛のシュプリーム!, Ai no Shupurīmu!) oleh Fhána, dan lagu penutup untuk 11 episode pertama adalah "Maid With Dragons" oleh Super Chorogons.[15] Pada finale musim, "Aozora no Rhapsody" dimainkan sebagai tema penutup.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Musim 1: Miss Kobayashi's Dragon Maid (2017)[sunting | sunting sumber]

No.Judul [16][17]Sutradara [16]Penulis skenario [16]Tanggal tayang asli [18]
1"Pelayan Terkuat dalam Sejarah, Tohru! (Yah, Dia adalah Naga)"Haruka FujitaYuka Yamada12 Januari 2017 (2017-01-12)
Setelah mabuk, pekerja kantor Kobayashi didekati oleh seekor naga bernama Tohru, yang menyatakan bahwa dia telah menyelamatkan hidupnya malam sebelumnya dan menawarkan untuk membiarkannya tinggal bersamanya sebagai pelayan. Meskipun awalnya enggan melakukannya, Kobayashi memutuskan untuk membiarkan Tohru tinggal bersamanya setelah dia membantunya bekerja tepat waktu, meskipun dengan cepat mendapati Tohru tidak memiliki pengalaman sebagai pelayan. Saat Kobayashi pergi bekerja keesokan harinya, Tohru tetap menjaga apartemennya, mempertahankannya dari dua pencuri. Kemudian, Tohru menjadi cemburu pada rekan kerja Kobayashi, Makoto Takiya, hanya untuk mengetahui bahwa dia tidak lebih dari seorang teman minum dan sesama otaku pembantu. Setelah itu, Tohru menggunakan sihirnya untuk meledakkan awan yang menghalangi matahari sehingga cucian akan lebih cepat kering, menarik perhatian naga kecil lainnya.
2"Naga Kedua, Kanna! (Kami benar-benar membuat kekacauan disini)"Shinpei SawaYuka Yamada19 Januari 2017 (2017-01-19)
Kobayashi pergi dengan Tohru ke distrik perbelanjaan, menemukan dia cukup ramah dengan orang-orang di sana bahkan setelah menghentikan pencopet dengan kekuatan ekstrim. Kemudian, Kobayashi didekati oleh teman Tohru dari dunia naga, Kanna Kamui, yang diasingkan karena melakukan lelucon. Karena Kanna tidak memiliki sihir yang dibutuhkan untuk kembali ke rumah, Kobayashi menawarkan untuk membiarkannya tinggal bersamanya juga. Menemukan tingkat "bermain-main" Tohru dan Kanna agak terlalu ekstrem, Kobayashi mengajari mereka cara bersenang-senang dalam skala manusia. Sementara Kobayashi sedang bekerja, Tohru mencoba untuk mengajari Kanna apa yang dia ketahui tentang dunia manusia, menjelaskan bagaimana dia ingin membayar hutangnya kepada Kobayashi.
3"Memulai Hidup Baru! (Tak berjalan lancar, tentu saja)"Noriyuki KitanoharaYasuhiro Takemoto26 Januari 2017 (2017-01-26)
Menyadari tidak ada cukup ruang untuk dirinya dan dua naga, Kobayashi memutuskan untuk membeli apartemen yang lebih besar dengan kamar tidur terpisah untuk Tohru dan Kanna. Terganggu oleh suara keras dari tetangga barunya saat mabuk, Kobayashi mengirim Tohru untuk mencoba dan membuat mereka lebih tenang, akhirnya menemukan solusi yang lebih damai sendiri. Kemudian, Kobayashi mengadakan pesta di apartemennya, dengan Tohru mengundang sesama naga, Fafnir yang sinis dan Quetzalcoatl, yang dikenal sebagai Lucoa.
4"Kanna Pergi ke Sekolah! (Bukan berati perlu)"Takuya YamamuraMasashi Nishikawa2 Februari 2017 (2017-02-02)
Melihat Kanna menatap penuh kerinduan pada siswa yang lewat, Kobayashi dan Tohru membuat arahan agar dia pergi ke sekolah, pergi bersamanya untuk membeli beberapa perlengkapan. Pada hari pertama sekolahnya, Kanna berhasil mendapatkan beberapa teman, termasuk teman sekelasnya Riko Saikawa, dan juga menerima gantungan kunci dari Kobayashi. Kemudian, Riko secara impulsif menantang beberapa berandalan taman untuk permainan dodgeball, mendorong Tohru dan naga lainnya untuk bergabung dengan timnya. Setelah menyeka lantai dengan tim lain, naga memutuskan untuk melawan satu sama lain di medan perang tanpa batas.
5"Pelajaran Dunia Nyata Tohru! (Ia kira sudah paham)"Taichi OgawaFumihiko Shimo9 Februari 2017 (2017-02-09)
Menggunakan sihir pengacak persepsinya, Tohru menyelinap ke kantor Kobayashi untuk melihat bagaimana dia melakukan pekerjaannya, membalas dendam terhadap kepala suku yang memaksa ketika dia terus memaksa Kobayashi melakukan pekerjaannya untuknya. Kemudian, Tohru membantu Fafnir mencari tempat tinggal setelah dia memutuskan untuk tinggal di dunia manusia, akhirnya menjebaknya untuk tinggal bersama Makoto. Setelah melihat trik sulap membengkokkan sendok di televisi, Tohru dan Kanna menjalani latihan yang agak sia-sia untuk belajar bagaimana melakukannya sendiri.
6"Kunjungan rumah! (Dan rumah yang tak dikunjungi)"Ichirō MiyoshiYuka Yamada16 Februari 2017 (2017-02-16)
Riko mengundang Kanna, Tohru, dan Kobayashi ke rumahnya untuk bertemu dengan kakak perempuannya yang fanatik, Georgie. Sementara yang lain berbicara tentang pelayan, Kanna dan Riko menjadi sangat dekat saat bermain permainan bersama. Kemudian, Lucoa memberi tahu yang lain bahwa dia sekarang tinggal dengan seorang penyihir muda bernama Shōta Magatsuchi setelah dia muncul selama ritual pemanggilan iblis. Dia membawa Kobayashi dan Tohru ke rumah Shouta untuk mencoba dan membuktikan bahwa dia sebenarnya bukan iblis, tetapi usahanya untuk membuktikan dirinya layak untuk tetap tinggal gagal meyakinkannya sebaliknya. Sementara itu, Fafnir terbiasa tinggal bersama Makoto karena mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain permainan bersama.
7"Liburan musim panas! (Episode layanan pengeemar, faktanya)"Noriyuki KitanoharaYasuhiro Takemoto23 Februari 2017 (2017-02-23)
Kobayashi dan yang lainnya melakukan perjalanan ke pantai, di mana Tohru bertanya kepada Kobayashi tentang keluarganya sambil mengkhawatirkan keluarganya sendiri. Kemudian, saat Kobayashi dan Tohru dipanggil untuk membantu Makoto menjual dōjinshi miliknya di Comiket, mereka menemukan bahwa banyak cosplayer yang menghadiri acara tersebut sebenarnya adalah makhluk ajaib dari dunia Tohru menggunakan kesempatan dikelilingi oleh cosplayer untuk menikmati wujud aslinya tanpa menarik perhatian yang tidak diinginkan.
8"Naga Baru, Elma! (Ia akhirnya muncul, Huh?)"Naoko YamadaFumihiko Shimo2 Maret 2017 (2017-03-02)
Kobayashi dan Tohru menantang satu sama lain untuk menjadi juru masak untuk memutuskan siapa yang akan membuat kotak makan siang untuk kunjungan lapangan Kanna, dengan Tohru akhirnya didiskualifikasi karena menggunakan buah dunia lain untuk pencuci mulut. Malamnya, saingan Tohru dari faksi lawan, Elma, datang untuk mencoba dan memaksa Tohru kembali ke rumah, tetapi Tohru mengakhiri pertempuran mereka dengan tiba-tiba. Tidak dapat kembali ke dunianya, Elma mulai bekerja di bawah Kobayashi di perusahaannya, memicu kecemburuan dari Tohru.
9"Festival olahraga! (Tak ada dukungan atau apa pun)"Shinpei SawaYasuhiro Takemoto9 Maret 2017 (2017-03-09)
Kanna menjadi putus asa ketika Kobayashi menyebutkan bahwa dia tidak dapat menghadiri festival olahraga sekolahnya karena pekerjaan. Setelah melihat Kanna menahan keegoisannya setelah melihat betapa kerasnya dia bekerja, Kobayashi bekerja lembur untuk mendapatkan hari libur untuk festival olahraga. Selama festival, Kanna, Riko, dan Shouta semua ambil bagian dalam berbagai acara. Selama perlombaan estafet terakhir, Riko tertinggal setelah menjatuhkan tongkatnya, tetapi Kanna berhasil menempuh jarak yang hilang dan memenangkan festival untuk kelasnya.
10"Pasukan naga, di atas panggung! (Mereka punya nama pasukan, huh)"Haruka FujitaMasashi Nishikawa16 Maret 2017 (2017-03-16)
Menjelang Natal, Tohru diminta oleh salah satu pengecer distrik perbelanjaan untuk mengadakan pertunjukan Natal untuk orang tua setelah dia melukai dirinya sendiri. Mengikuti saran Riko, Tohru dan yang lainnya memutuskan untuk memainkan The Little Match Girl, dengan Kanna berperan sebagai pemeran utama. Merasa cerita tidak akan cukup menarik seperti itu, naga mengambil beberapa kebebasan kreatif dengan naskah, menghasilkan cerita over-the-top yang melibatkan gadis penyihir dan raja iblis yang tetap membuktikan hit dengan penonton. Setelah itu, Kobayashi dan Tohru melakukan penerbangan Natal, di mana mereka bertukar hadiah.
11"Akhir tahun, tahun baru! (Tak ada konvensi komik kali ini)"Takuya YamamuraYuka Yamada23 Maret 2017 (2017-03-23)
Menjelang akhir tahun, Kobayashi dan yang lainnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bersantai di bawah kotatsu yang telah mereka menangkan dalam lotre. Pada Malam Tahun Baru, semua orang berkumpul di kuil untuk melihat tahun baru sebelum kembali ke apartemen Kobayashi untuk menyaksikan matahari terbit pertama.
12"Pertemuan yang berdampak antara Tohru dan Kobayashi! (Kita akan menjadi lebih baik)"Taichi OgawaMasashi Nishikawa30 Maret 2017 (2017-03-30)
Sementara Tohru menyiapkan omurice spesial untuk makan malam, Kobayashi mengingat malam pertama kali dia bertemu Tohru. Setelah mabuk dan berakhir di pegunungan, Kobayashi menemukan Tohru, menyelamatkan hidupnya dengan menarik pedang suci dari punggungnya, yang menurut Tohru hanya mungkin karena Kobayashi tidak percaya pada Tuhan, atau upaya itu akan membunuhnya. Setelah terikat satu sama lain sambil minum-minum dan menyadari bahwa mereka berdua sendirian, Kobayashi mengundang Tohru untuk tinggal bersamanya sebagai pembantu. Kemudian, Tohru memberi tahu Kobayashi tentang bandit manusia yang dia temui saat berada di dunia naga, yang memengaruhinya untuk memilih kebebasannya sendiri dan menjadi pelayan. Sementara itu, naga lain memasuki dunia manusia.
13"Kaisar kematian tiba! (Ternyata ini episode terakhirnya)"Ichirō Miyoshi
Shinpei Sawa
Yuka Yamada6 April 2017 (2017-04-06)[a]
Saat Tohru dihadapkan dengan gejolak batin tentang apa yang akan terjadi jika dia terpisah dari Kobayashi, ayahnya, Kaisar Kematian, tiba-tiba muncul dan menyeretnya kembali ke dunianya. Setelah Kanna memberi tahu dia bahwa Tohru kemungkinan besar tidak akan dapat kembali, Kobayashi berjuang untuk terbiasa dengan kehidupan tanpa Tohru. Beberapa waktu kemudian, Tohru melarikan diri dari dunia lain untuk bersatu kembali dengan Kobayashi, tetapi dengan cepat dikejar oleh ayahnya. Melihat keinginan Tohru untuk tetap di sisinya, Kobayashi berdiri di hadapan ayahnya meskipun kekuatannya luar biasa. Didorong oleh tekad Kobayashi, Tohru bersiap untuk menghadapi ayahnya dalam pertempuran, tetapi Kobayashi berada di antara mereka, meminta sang ayah untuk percaya pada keinginan putrinya dan meyakinkannya untuk membiarkannya. Saat kehidupan kembali normal, Kobayashi mengundang Tohru dan Kanna untuk bertemu orang tuanya.
14 (OVA)"Valentine, dan pemandian air panas! (Tolong jangan terlalu berharap)"Noriyuki KitanoharaMasashi Nishikawa20 September 2017 (2017-09-20)[19]
Pada Hari Valentine, Tohru mencoba memberi Kobayashi beberapa cokelat berisi ramuan cinta, tetapi dia dengan cepat melihat rencananya. Namun, Kobayashi akhirnya memakannya setelah mengira itu sebagai cokelat yang diterima Kanna, meskipun ramuan cinta itu dibatalkan oleh alkohol yang dimasukkan ke dalam cokelat. Kemudian, Makoto mengundang semua orang dalam perjalanan ke penginapan sumber air panas, di mana Tohru memberi Kobayashi beberapa cokelat biasa.

Musim 2: Miss Kobayashi's Dragon Maid S (2021)[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
Judul [17][20]Sutradara [20]Penulis skenario [20]Tanggal tayang asli [21]
151"Naga baru, Ilulu! (Jangan kasar kepadanya lagi, ya)"Tatsuya IshiharaYuka Yamada8 Juli 2021 (2021-07-08)
Tohru mengetahui tentang Kafe Pelayan baru telah dibuka di dekatnya dan memutuskan untuk bekerja di sana selama waktu luangnya. Kobayashi dan Kanna kemudian mampir ke kafe untuk memeriksanya hanya untuk mengetahui bahwa dia telah menjadi juru masak mereka. Tohru menggunakan sihir hitam untuk mempesona hidangan yang disajikan di sana, yang membuat kafe itu sukses, sampai dia memutuskan untuk berhenti, tapi sebelum pergi, dia mengajari pelayan lain untuk menggunakan sihir hitam juga. Beberapa hari kemudian, Tohru dan Kobayashi diserang oleh Ilulu, seorang ekstrimis dari Fraksi Chaos yang mencaci maki Tohru karena hidup berdampingan dengan manusia. Tohru mendapatkan dirinya dalam kerugian melawan Ilulu saat dia melindungi kota dari serangannya sampai Kobayashi meminta bantuan Elma dengan menyuapnya dengan permen, memungkinkan Tohru bertarung dengan seluruh kekuatannya dan mengalahkan Ilulu. Ilulu kemudian kembali dan mencoba merayu Kobayashi tetapi gagal. Yakin bahwa Kobayashi tidak jatuh cinta padanya karena dia juga perempuan, Ilulu mundur untuk sementara, tapi tidak sebelum mengubah Kobayashi menjadi laki-laki.
162"Kobayashi yang tampan! (Dalam Banyak Pengertian)"Taichi OgawaYuka Yamada15 Juli 2021 (2021-07-15)
Setelah berubah menjadi laki-laki, Kobayashi menghabiskan hari melawan dorongan seksualnya sampai mantra yang diberikan Ilulu padanya habis. Setelah itu, Ilulu diincar oleh Cremene, seorang pemburu naga dari Fraksi Harmoni dan Kobayashi turun tangan untuk melindunginya. Setelah melarikan diri beberapa saat, Ilulu mengaku kepada Kobayashi bahwa dia selalu ingin hidup berdampingan dengan manusia, tetapi naga lain selalu menghalanginya, terutama setelah orang tuanya dibunuh oleh manusia. Cremene menemukan keduanya dan memutuskan untuk membunuh keduanya, ketika Tohru tiba dan mengalahkannya. Setelah pulih di rumah, Kobayashi berteman dengan Ilulu, yang pindah ke apartemennya.
173"Kegiatan ekstrakurikuler (Tentu saja tidak normal)"Noriyuki KitanoharaYuka Yamada
Masashi Nishikawa
22 Juli 2021 (2021-07-22)
Kanna brings Riko home to play and introduces her to Ilulu. Ilulu wants to play with them, but is too shy to ask, until Lucoa pays a visit and encourages her. During a meet with the others, Kobayashi's friends decide to design a maid uniform for her and in the occasion, she reveals the reason of her fondness for maid uniforms, despite not feeling pretty enough while wearing one. Bored with nothing to do when she is alone at home, Tohru looks for a new hobby until she is introduced to idol culture and decides to make merchandise and songs idolizing Kobayashi, much to Kobayashi and Kanna's chagrin.
184"Saat di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang romawi (Sulit mencocokan orang lain)"Shinpei SawaMasashi Nishikawa29 Juli 2021 (2021-07-29)
Elma menantang Kobayashi untuk berduel di tempat kerja, sampai Kobayashi menyadari bahwa Elma khawatir tentang kesejahteraannya karena kesalahpahaman dan meyakinkannya. Kemudian, Tohru dan Elma mengambil bagian dalam pengawasan lingkungan sampai bertemu dengan beberapa preman, yang memperbaiki jalan mereka setelah Tohru dengan mudah mengalahkan pemimpin mereka. Setelah itu, Tohru dan Kobayashi membawa Kanna, Riko, dan Ilulu ke taman hiburan dan menikmati waktu yang menyenangkan bersama.
195"Bersama denganmu (Yah, kalau akur)"Noriyuki KitanoharaFumihiko Shimo5 Agustus 2021 (2021-08-05)
Tohru dan Elma memberi tahu Kobayashi kisah tentang bagaimana mereka bertemu dan bepergian bersama sampai akhirnya berpisah karena perbedaan mereka. Kemudian, Ilulu mulai bekerja di toko permen setelah direkomendasikan oleh Tohru. Taketo Aida, cucu pemilik toko, ditugaskan untuk mengajari Ilulu cara-cara pekerjaan barunya dan keduanya dengan cepat menjadi dekat.
206"Hubungan luar biasa (satu sisi adalah naga)"Takuya YamamuraYuka Yamada12 Agustus 2021 (2021-08-12)
Muak digoda oleh Lucoa, Shouta mencari titik lemah dirinya untuk mendapatkan keuntungan, tetapi tidak berhasil. Lucoa kemudian menjelaskan kepada Shouta bahwa kelemahannya yang sebenarnya adalah kehilangan tempat yang dia sebut rumah, mengungkapkan bahwa dia hanya berada di samping Shouta karena dia menyukainya. Sementara itu, Takiya berusaha agar Fafnir mengosongkan apartemennya selama kunjungan orang tuanya tetapi dia menolak. Berkonsultasi dengan Shouta, Takiya memperoleh bola ajaib untuk memaksa Fafnir membuat kontrak, tetapi dia menolak untuk mencoba menaklukkan temannya, dan mereka memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan permainan. Setelah mendengar dari teman sekelasnya bahwa dia pernah berjalan jauh dari rumah, Saikawa dan Kanna memutuskan untuk berjalan di jalan yang sama bersama-sama, tetapi dalam perjalanan mereka menemukan Elma dalam bentuk naga dan Kanna meyakinkan Saikawa bahwa itu hanya ilusi.
217"Akal sehat (ini berbeda untuk semua)"Minoru ŌtaFumihiko Shimo
Masashi Nishikawa
19 Agustus 2021 (2021-08-19)
Fafnir meminta bantuan Lucoa untuk membuat model manga yang dia gambar untuk konvensi doujinshi yang akan datang. Dia setuju untuk membantu, meskipun dia menemukan ceritanya membingungkan (tidak menyadari hubungan hubungannya dengan Shouta), dan seninya tidak menarik. Dia memutuskan untuk bergabung dengan Fafnir dan Takiya menjual buku foto cosplay, yang benar-benar terjual habis sementara Fafnir masih tidak dapat menjual apa pun. Setelah tidur di hari liburnya, Kobayashi berbicara dengan Tohru tentang seperti apa tidur bagi naga, menuntunnya untuk merenungkan dengan naga lain tentang mengapa mereka mulai lebih sering tidur di dunia manusia. Kanna, Riko, dan tiga teman sekelas mereka memutuskan untuk menyelidiki hantu untuk proyek kelas, setelah mendengar desas-desus bahwa salah satunya ada di sekolah. Para siswa mencari sepulang sekolah di mana mereka mengetahui bahwa suara itu hanyalah jendela yang pecah, namun Kanna menemukan pelakunya yang sebenarnya adalah peri yang terjebak di dunia mereka. Ilulu menggunakan sihirnya untuk mengirim peri kembali, dan para siswa memutuskan untuk menyelidiki ruang berikutnya.
228"Hanya dunia (masukan frase yang kamu sukai di sini)"Shinpei SawaMasashi Nishikawa26 Agustus 2021 (2021-08-26)
Shouta mencoba membuat jimat untuk ayahnya untuk Hari Ayah, yang membingungkan Lucoa saat dia menjadikannya hadiah untuk "Hari Payudara". Lucoa meminta untuk membantu tetapi Shouta bersikeras untuk melakukannya sendiri. Setelah beberapa kali gagal, ia meminta saran dari Takiya, yang kata-katanya menginspirasi Shouta untuk melakukan pendekatan yang berbeda, berhasil menciptakan jimat. Kobayashi terserang flu, menyebabkan Tohru khawatir tentang bagaimana merawatnya. Khawatir dengan kondisinya yang semakin memburuk, Tohru kembali ke dunianya untuk mencari obat. Pada saat dia kembali, Kobayashi sudah mulai merasa lebih baik, dan tidak ingin dia khawatir, mengambil obat yang dia temukan, yang secara tidak sengaja memberikan telinga dan ekor kucingnya. Di pekerjaannya, Ilulu melihat sebuah boneka tertinggal dan memutuskan untuk mencari pemiliknya ketika mereka tidak kembali. Selama pencarian, Take bertemu Kobayashi untuk pertama kalinya dan menjadi bingung dengan hubungan mereka. Meskipun tampaknya sia-sia, Ilulu masih bertahan, karena perasaan menyesalnya sendiri meninggalkan boneka yang diberikan teman-teman lamanya; melihat ini Take terus membantu. Mereka berhasil melacak pemiliknya yang meminta maaf karena awalnya meninggalkannya dan berterima kasih kepada Ilulu karena mengembalikannya.
239"Ada Berbagai Alasan (Aku Tergila-gila pada Elma)"Minoru ŌtaYuka Yamada2 September 2021 (2021-09-02)
Elma mencoba memperjuangkan kondisi kerja yang lebih baik di pekerjaannya dan Kobayashi, terus-menerus menulis ulang proposalnya setiap kali dikritik atau ditolak. Upayanya membuat mereka bertemu dengan bos mereka, ayah Shouta, yang tahu tentang naga yang hidup di dunia mereka. Pada akhirnya, bahkan setelah memulai serikat pekerja, semua proposal segera ditutup oleh bos mereka, meskipun terungkap bahwa Elma hanya ingin menggunakannya agar dia bisa mendapatkan permen terbatas stasiun. Kanna, Riko, dan Shouta meminta Elma untuk menemani mereka piknik, karena Kobayashi dan Tohru sedang sibuk. Ketiganya menyelinap pergi di beberapa titik, dan khawatir disebut tidak berguna oleh Tohru, Elma dengan cemas mencoba menemukan mereka, menuntunnya untuk sekali lagi hampir mengungkapkan dirinya sebagai naga di depan Riko. Beberapa waktu kemudian, Tohru dan Elma melakukan duel latihan yang diawasi oleh Fafnir dan Kobayashi. Keduanya melepaskan agresi terpendam mereka terhadap satu sama lain, membuat Elma mengakui betapa dia merindukan Tohru dan hanya ingin berteman dengannya lagi. Keduanya berdamai dan kembali ke pertempuran main-main mereka.
2410"Liburan Musim Panas Kanna (Penyiaran dwibahasa?!)"Taichi OgawaMasashi Nishikawa9 September 2021 (2021-09-09)
Setelah bertengkar dengan Kobayashi, Kanna melarikan diri dan berakhir di New York City. Sementara di sana dia bertemu dengan seorang gadis bernama Chloe, putri seorang pengusaha kaya, yang dia selamatkan dari sekelompok mafia. Keduanya menghabiskan hari bermain-main bersama, sampai Kanna menyadari dia harus kembali ke rumah dan meminta maaf kepada Kobayashi. Chloe tiba-tiba diculik oleh orang-orang mafia, jadi Kanna berubah menjadi naga dan menakuti mereka semua, sebelum menerbangkan Chloe pulang, yang awalnya juga kabur. Kanna kembali ke rumah ke Kobayashi dan Tohru yang sedang tidur (yang diam-diam mengawasi Kanna sepanjang waktu). Selama Liburan Musim Panas, dengan Tohru dan Ilulu di tempat kerja dan Saikawa dalam perjalanan keluarga, Kobayashi dan Kanna ditinggal sendiri untuk bersantai di rumah. Mereka memutuskan untuk pergi ke luar di mana mereka menghabiskan hari menjelajahi, mempelajari lubang gorong-gorong, dan mengawasi hujan, sebelum kembali ke rumah.
2511"Tempat duduk premium (Tanpa tambahan biaya)"Noriyuki KitanoharaFumihiko Shimo16 September 2021 (2021-09-16)
Kobayashi menderita nyeri punggung bawah karena beban kerja yang berat dan postur duduk yang buruk dan mencoba meredakannya dengan membeli banyak alat pijat dan dipijat oleh Ilulu dan Kanna. Tohru juga mencoba membantu dengan memberi makan ekornya dan obat-obatan dari dunianya tetapi menyerah setelah meminta Takiya dan Elma. Akhirnya, dia mengetahui bahwa ekornya adalah kursi pijat terbaik untuk Kobayashi. Setelah mengetahui kesamaan antara mantra dan bahasa pengkodean, Kobayashi disarankan oleh ayah Shouta untuk mempelajari cerita Tohru. Dia kemudian bertemu Kaisar Demise, yang menceritakan kisah Tohru dari sudut pandangnya sebagai pemimpin faksi Kekacauan. Setelah itu, Kobayashi mendengar cerita itu lagi dari Tohru sendiri untuk memahami perasaannya.
2612"Kehidupan selalu berubah (Tidak apa untuk berhenti dan hargailah)"Tatsuya IshiharaYuka Yamada23 September 2021 (2021-09-23)
Setelah mendengar semuanya tentang cerita Tohru, Kobayashi mulai merasa cemas tentang apakah dia pantas untuk dicintai oleh orang seperti Tohru, terutama dengan seberapa baik dia mengintegrasikan dirinya ke dunia manusia. Kelompok tersebut menghadiri Festival Musim Panas di mana Tohru membantu kafe pelayan dengan kios mereka. Kanna dan Saikawa ingin terus tumbuh bersama, Ilulu memberi tahu Take tentang bagaimana Kobayashi membantunya menemukan kembali sisi kekanak-kanakannya,dan Elma dan Lucoa berbicara tentang perbedaan antara festival dunia mereka. Ketika Tohru selesai bekerja, Kobayashi memintanya untuk berjalan sendiri bersama, di mana dia mengungkapkan kekhawatirannya. Tohru sekali lagi menyatakan cintanya pada Kobayashi saat kembang api berlangsung. Beberapa waktu kemudian, Lucoa mengundang semua orang untuk melihat bunga di dunia naga. Tohru mendirikan pesta dalam dedikasi untuk Kobayashi, termasuk minum-minum, makan-makan, dan kontes panco. Pada akhirnya, Tohru mengungkapkan pesta itu sebagai persiapan untuk upacara pernikahannya dan Kobayashi, mengubah keduanya mengenakan gaun pengantin. Kobayashi melarikan diri, karena semua orang mengejar.
27 (OVA)13 (OVA)"Keramahtamahan Jepang (Kehadiran adalah Naga)"Shinpei SawaMasashi Nishikawa19 Januari 2022 (2022-01-19)

Miss Kobayashi's Dragon ○○[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradara [b]Penulis skenario [b]Tanggal rilis asli [22]
1"Miss Kobayashi's Dragon ○○"Takuya YamamuraYuka Yamada15 Maret 2017 (2017-03-15)
2"Hewan Miss Kobayashi's Dragon"Shinpei SawaMasashi Nishikawa19 April 2017 (2017-04-19)
3"Seragam Miss Kobayashi's Dragon"Shinpei SawaMasashi Nishikawa17 Mei 2017 (2017-05-17)
4"Pertarungan Miss Kobayashi's"Noriyuki Kitanohara
Shinpei Sawa
Masashi Nishikawa21 Juni 2017 (2017-06-21)
5"Olahraga Miss Kobayashi's Dragon"Shinpei SawaMasashi Nishikawa19 Juli 2017 (2017-07-19)
6"Misteri Miss Kobayashi's Dragon"Shinpei SawaMasashi Nishikawa18 Agustus 2017 (2017-08-18)
7"Pernikahan Miss Kobayashi's Dragon"Shinpei SawaMasashi Nishikawa20 September 2017 (2017-09-20)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Episode ini ditayangkan pada 01:05 JST, satu jam dan 5 menit setelah waktu tayang asli di Tokyo MX.
  2. ^ a b Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Crayon Shin-chan's Action Kamen Hero Stars in His Own Manga". Anime News Network. 17 June 2013. Diakses tanggal 12 December 2015. 
  2. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 18 April 2016. Diakses tanggal 18 April 2016. 
  3. ^ Chapman, Paul (19 April 2016). ""Miss Kobayashi's Dragon Maid" Anime Heading to Japanese TV". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-14. Diakses tanggal 19 April 2016. 
  4. ^ "Kyoto Animation Makes Miss Kobayashi's Dragon Maid TV Anime for January Debut". Anime News Network. 24 October 2016. Diakses tanggal 29 November 2020. 
  5. ^ "Lucky Star & Hyōka's Yasuhiro Takemoto Directs Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime". Diakses tanggal 24 October 2016. 
  6. ^ "Crunchyroll, Funimation to Stream Saga of Tanya the Evil, Miss Kobayashi's Dragon Maid, Hand Shakers, More". Anime News Network. 3 January 2017. Diakses tanggal 3 January 2017. 
  7. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Complete Series DVD / Blu-Ray Combo". Madman Entertainment. Diakses tanggal 28 October 2018. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (June 5, 2021). "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime Reveals 2nd Promo Video, New Visual, July 7 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal June 5, 2021. 
  9. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime Unveils New Visual, July Premiere". Anime News Network. 14 January 2021. Diakses tanggal 14 January 2021. 
  10. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime Gets 2nd Season". Anime News Network. 11 February 2019. Diakses tanggal 11 February 2019. 
  11. ^ "「らき☆すた」武本監督の悲報、親族に 京アニ放火" [Bad news of Mr Takemoto's father from his family: The director of Lucky Star died from the Kyoto Animation fire]. The Nikkei (dalam bahasa Jepang). 26 July 2019. Diakses tanggal 26 July 2019. 
  12. ^ "Kyoto Animation Produces Miss Kobayashi's Dragon Maid Anime Season 2 for 2021 Debut". Anime News Network. 10 August 2020. Diakses tanggal 10 August 2020. 
  13. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime's 1st Promo Video Unveils Cast, Staff". Anime News Network. 23 February 2021. Diakses tanggal 23 February 2021. 
  14. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime to Add Unaired Episode on Home Video". Anime News Network. 8 July 2021. Diakses tanggal 21 October 2021. 
  15. ^ "Miss Kobayashi's Dragon Maid S Anime Reveals Theme Song Artists". Anime News Network. 28 March 2021. Diakses tanggal 28 March 2021. 
  16. ^ a b c "Intorodakushon | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon" Kōshiki Saito" Introduction | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴン」公式サイト [Introduction | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 September 2020. Diakses tanggal 21 September 2020. 
  17. ^ a b "Miss Kobayashi's Dragon Maid - Watch on Crunchyroll". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 January 2017. Diakses tanggal 6 January 2017. 
  18. ^ "On'ea | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon" Kōshiki Saito" Onair | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴン」公式サイト [On Air | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 September 2020. Diakses tanggal 21 September 2020. 
  19. ^ "Burūrei & Dībuidī Boryūmu Sebun | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon" Kōshiki Saito" Blu-ray & DVD Vol.7 | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴン」公式サイト [Blu-ray & DVD Vol.7 | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 September 2020. Diakses tanggal 21 September 2020. 
  20. ^ a b c "Sutōrī | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon Esu" Kōshiki Saito" Story | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴンS」公式サイト [Story | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid S" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 July 2021. Diakses tanggal 2 July 2021. 
  21. ^ "On'ea | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon Esu" Kōshiki Saito" OnAir | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴンS」公式サイト [On Air | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid S" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 February 2021. Diakses tanggal 23 February 2021. 
  22. ^ "Burūrei Bokkusu | Terebi Anime "Kobayashi-san Chi no Meidoragon" Kōshiki Saito" Blu-ray BOX | TVアニメ「小林さんちのメイドラゴン」公式サイト [Blu-ray BOX | TV Anime "Miss Kobayashi's Dragon Maid" Official Website]. maidragon.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 December 2020. Diakses tanggal 31 December 2020.