Daftar episode Gate: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Serial televisi anime Gate diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Takahiko Kyōgoku.[1] Desain karakter seri ini didasarkan pada ilustrasi novel ringan. 12 episode pertama ditayangkan di Jepang antara 4 Juli dan 18 September 2015.[2] Paruh kedua ditayangkan di Tokyo MX dari 9 Januari hingga 26 Maret 2016.[3] Gate disiarkan secara online oleh Crunchyroll dan dilisensikan oleh Sentai Filmworks di Amerika Utara.[4] Dari episode 1 hingga 12, lagu tema pembukanya adalah "Gate (Sore wa Akatsuki no You ni)" (GATE~それは暁のように~) oleh Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets dan lagu tema penutupnya adalah "Prism Communicate" (ぷりずむコミュニケート, Purizumu Komyunikēto) oleh Hisako Kanemoto, Nao Tōyama, dan Risa Taneda. Sentai Filmworks merilis koleksi lengkap serial ini dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada 11 Juli 2017.[5] Untuk babak kedua, tema pembukanya adalah "Gate II (Sekai o Koete)" (GATE II ~世界を超えて~) oleh Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets,[6] dan tema penutupnya adalah "Itsudatte Communication" (いつだってコミュニケーション) oleh Kanemoto, Toyama, dan Taneda.[7]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Diarahkan oleh Ditulis oleh Tanggal siaran
1"The Self-Defence Force Goes to Another World"
"Jieitai, Isekai e Iku" (自衛隊、異世界へ行く)
Takahiko KyōgokuTatsuhiko Urahata4 Juli 2015 (2015-07-04)
Sebuah gerbang misterius tiba-tiba muncul di Ginza, Tokyo, di mana makhluk mitologis yang dipimpin oleh pria berbaju zirah Romawi muncul dan menyerang orang-orang. Yōji Itami, seorang tentara cadangan JSDF yang menghadiri konvensi doujin terdekat, membantu mengatur polisi untuk mengevakuasi warga sipil ke Istana Kekaisaran sebelum JSDF tiba untuk menghentikan penyerangan. Atas tindakannya, Itami dipromosikan menjadi Letnan Satu dan dirayakan sebagai pahlawan nasional. Munculnya Gerbang dan serangan terhadap warga sipil Jepang, yang dijuluki Insiden Ginza, mendorong Perdana Menteri yang sedang berkuasa untuk mengambil tindakan dengan menyatakan bahwa Jepang akan mengirim satuan tugas JSDF yang didukung oleh Amerika Serikat ke "Daerah Khusus", dunia di luar Gerbang, untuk tidak hanya menjelajahi dunia baru tetapi juga menangkap dan menuntut ganti rugi dari mereka yang bertanggung jawab atas serangan tersebut. Setelah tiga bulan persiapan, Perdana Menteri yang baru mengirim satuan tugas JSDF, termasuk Itami, dalam misi mereka ke Daerah Istimewa. Setelah tiba, gugus tugas bertemu dengan pasukan yang menunggu mereka, dan bersiap untuk pertempuran.
2"Two Military Forces"
"Futatsu no Gunzei" (二つの軍勢)
Ryō AndōTatsuhiko Urahata11 Juli 2015 (2015-07-11)
Tentara yang dikirim oleh Kekaisaran untuk menghadapi pasukan Jepang yang ditempatkan di Bukit Alnus, di mana Gerbang itu berada, dengan mudah dilenyapkan oleh artileri modern JSDF. Kaisar Molt menyerukan tentara negara-negara bawahan Kekaisaran untuk menyerang, hanya agar mereka dikalahkan dengan korban besar juga; sebuah langkah yang direncanakan oleh Kaisar untuk mencegah negara-negara bawahan mengambil keuntungan dari militer Kekaisaran yang melemah. Sementara Kaisar Molt memutuskan untuk menunda kemungkinan kemajuan dari JSDF, Itami ditugaskan untuk memimpin Unit Pengintaian ke-3, yang dibuat untuk mensurvei kota-kota dan tempat-tempat terdekat. Setelah melewati Desa Coda, Unit ke-3 menemukan Naga Api besar yang sedang membakar dan menghancurkan pemukiman di dalam hutan terdekat. Saat mencari korban selamat, Itami menemukan wanita Elf yang tidak sadarkan diri di dalam sumur.
3"Fire Dragon"
"Enryū" (炎龍)
Shigeki KawaiTatsuhiko Urahata18 Juli 2015 (2015-07-18)
Unit ke-3 membawa Elf bersama mereka dan kembali ke Desa Coda, dan setelah mengetahui naga api, penduduk desa memutuskan untuk mengungsi, dibantu oleh tentara Jepang. Kelompok itu, sekarang termasuk semua penduduk desa, kemudian bergabung dengan dua penyihir, Lelei la Lalena dan gurunya Kato El Altestan. Berharap untuk mengambil keuntungan dari situasi tersebut, sekelompok bandit memutuskan untuk menyerang penduduk desa, namun dibantai oleh Rory Mercury, seorang rasul dari Dewa Kegelapan Emroy. Saat mengawal para pengungsi, rombongan Itami bertemu Rory, yang memutuskan untuk menemani mereka juga. Namun, Naga Api muncul dan menyerang konvoi, membunuh banyak penduduk desa sampai Unit ke-3 meledakkan salah satu kaki depannya dengan sebuah roket anti-tank, dan membuat naga mundur. Setelah Unit ke-3 berpisah dengan penduduk desa, Itami memutuskan untuk membawa para pengungsi yang tersisa, serta Rory, wanita Elf, dan Lelei, kembali ke Bukit Alnus.
4"To Unknown Lands"
"Mishiranu Chi e" (見知らぬ地へ)
Nao UmakawaTatsuhiko Urahata25 Juli 2015 (2015-07-25)
Unit Pengintaian ke-3 kembali ke Bukit Alnus, sekarang telah berubah menjadi pangkalan JSDF tingkat lanjut, dan Itami memperoleh otorisasi untuk menyediakan perlindungan bagi para pengungsi. Sementara itu, Putri Piña Co Lada dari Kekaisaran belajar lebih banyak tentang eksploitasi JSDF dan memutuskan untuk menyelidikinya secara pribadi. Kembali di Alnus, para pengungsi terbiasa dengan kehidupan baru mereka di antara tentara Jepang, tetapi untuk beberapa alasan Tuka Luna Marceau, gadis Elf, terus meminta persediaan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi untuk pria lain yang tidak dikenal yang tidak terdaftar di antara para pengungsi. Mengetahui bahwa mereka tidak dapat bergantung pada jasa JSDF selamanya, Lelei menunjukkan bahwa mereka dapat mengumpulkan sisik dari mayat naga yang dibunuh oleh JSDF, yang akan mendapatkan harga yang mahal di pasar lokal. Sementara itu, di sisi lain gerbang, Parlemen Jepang meminta pertemuan kepada Itami mengenai pertempuran melawan Naga Api. Namun, pada saat panggilan untuk Itami tiba, dia telah pergi bersama Rory, Lelei, Tuka, dan Unit ke-3 menuju Kota Italica untuk menukarkan sisik naga yang sudah dikumpulkan. Piña dan Ksatrianya juga ke Italica untuk informasi lebih lanjut tentang JSDF.
5"The Battle of Italica"
"Itarika Kōbōsen" (イタリカ攻防戦)
Naoya AndōKurasumi Sunayama1 Agustus 2015 (2015-08-01)
Rombongan Itami tiba di Italica, tepat saat pasukan kota, yang dipimpin oleh Putri Piña, menangkis serangan oleh pasukan bandit penyerang yang terdiri dari para pembelot dari pasukan yang dikalahkan di Alnus. Mengetahui bahwa ksatria dan milisi lokalnya tidak memiliki kekuatan untuk terus menahan bandit sampai bantuan tiba, Piña menemukan dirinya dalam kesulitan sampai dia bertemu dengan Unit Pengintaian ke-3. Setelah diberitahu tentang situasinya, Itami memutuskan untuk membantu mempertahankan kota dan setuju dengan rencana Piña untuk memposisikan dirinya dan tentaranya di sisi tembok yang paling tidak dijaga (Gerbang Selatan) untuk bertindak sebagai umpan. Namun, musuh tidak jatuh karena jebakan mereka dan malah melancarkan serangan ke pasukan utama di Gerbang Timur. Saat pertahanan kota rusak, sang Putri mendapati dirinya di ambang keputusasaan.
6"Ride of the Valkyries"
"Ikusa Megami no Kikō" (戦女神の騎行)
Ryō AndōTakaaki Suzuki8 Agustus 2015 (2015-08-08)
Rory, Itami dan dua bawahannya, Akira Tomita dan Shino Kuribayashi, menuju ke lokasi Piña untuk membantu pasukannya. Sementara itu, JSDF mengirim unit helikopter untuk membantu Unit Pengintaian ke-3 dalam mempertahankan Italica, yang tiba tepat pada waktunya, meledakkan Ride of the Valkyrie Wagner dari pengeras suara dan memusnahkan penyerang dengan mudah. Setelah Lelei menjual sisik naga dan Itami telah bernegosiasi dengan Piña dan Italica untuk persyaratan kompensasi yang agak sepele sebagai imbalan untuk mempertahankan kedaulatan mereka, Unit Pengintaian ke-3 berangkat kembali ke Bukit Alnus, hanya untuk menghadapi Pasukan Kesatria Mawar dari Piña dalam perjalanan mereka. Setelah menemukan identitas mereka sebagai anggota JSDF, para ksatria menangkap Itami, tidak menyadari perjanjian damai yang baru saja dibuat. Untuk menghindari konflik lebih lanjut, Itami memerintahkan unitnya untuk pergi tanpa daripada bertarung.
7"The Princess's Decision"
"Kōjo no Ketsudan" (皇女の決断)
Ayako KawanoKurasumi Sunayama15 Agustus 2015 (2015-08-15)
Kembali di Italica, Piña menegur ksatrianya Bozes dan Panache karena telah menangkap Itami, khawatir JSDF akan menggunakan insiden itu sebagai alasan untuk menyerang dikarenakan melanggar perjanjian. Saat staf keluarga Formal mengobati luka Itami, Rory, Lelei, Tuka, dan beberapa Unit ke-3 menyelinap kembali ke Italica untuk menyelamatkan Itami, tetapi mendapati diri mereka disambut oleh pelayan Formal dan bergabung dengan Itami untuk pesta sosialisasi kecil. Sementara itu, Piña memerintahkan Bozes untuk tidur dengan Itami dengan harapan mendapatkan pengampunannya, tetapi Bozes menjadi marah dan menyerang Itami setelah melihatnya menikmati dirinya sendiri dan tampaknya mengabaikannya. Terkejut bahwa Bozes mungkin telah memusuhi Itami lebih jauh, Piña dan Bozes bergabung dengan perjalanan Unit Pengintaian ke-3 kembali ke Bukit Alnus untuk secara pribadi meminta maaf kepada atasan Itami atas tindakan Bozes. Sementara Piña dan Bozes bertemu dengan komandan Itami Letnan Jenderal Hazama dengan Lelei sebagai juru bahasa, Itami mengundang Tuka untuk datang bersamanya ke Jepang untuk bertemu dengan Parlemen Jepang sebagai perwakilan Daerah Istimewa. Keesokan harinya, Itami, Shino dan Akira menemani Rory, Lelei, Tuka, Piña dan Bozes melalui Gerbang ke Jepang.
8"Japan, Beyond the Gate"
"Mon no Mukō no Nihon" (門の向こうのニホン)
Toshimasa IshiiKurasumi Sunayama22 Agustus 2015 (2015-08-22)
Itami dan kelompoknya tiba di Tokyo, di mana Lelei, Piña, dan yang lainnya terpesona oleh kota dan penduduknya. Setelah bertemu dengan agen Keamanan Publik bernama Komakado, Itami, Rory, Lelei, dan Tuka menuju ke Parlemen Jepang sementara Piña dan Bozes bertemu dengan anggota Kementerian Luar Negeri untuk membahas rincian mengenai perjanjian perdamaian yang akan datang. Di Parlemen Jepang, Itami, Rory, Lelei, dan Tuka diinterogasi oleh ketua Komite Investigasi tentang serangan Naga Api, yang menuduh JSDF gagal melindungi para pengungsi yang dibunuh oleh Naga Api. Rory, Lelei, dan Tuka membela JSDF, menceritakan bagaimana tentara Jepang membantu menyelamatkan banyak nyawa dari Naga Api. Setelah itu, kelompok Itami dan Piña bertemu kembali di kereta bawah tanah untuk melarikan diri dari pers serta kelompok misterius yang tampaknya menargetkan gadis-gadis Daerah Istimewa. Karena Komakado membocorkan rencana perjalanan mereka, Itami mengubah rencana dan membawa kelompok tersebut untuk tinggal bersama mantan istrinya.
9"The Hakone Mountain Night Battle"
"Hakonesanchū Yasen" (箱根山中夜戦)
Shigeki KawaiTakahiko Kyōgoku29 Agustus 2015 (2015-08-29)
Itami menjelaskan semuanya kepada mantan istrinya Risa, yang setuju untuk membantunya dengan membawa Rory, Lelei, dan Tuka dalam perjalanan belanja keesokan harinya, sementara Akira menemani Piña dan Bozes ke perpustakaan setelah keduanya tertarik pada boys-love manga dari Risa. Sementara itu, Itami bertemu dengan teman lamanya, Menteri Pertahanan Kanou Tarou, yang menginstruksikannya untuk membawa tamu Daerah Istimewa ke penginapan air panas yang dijaga oleh SFG Jepang. Saat kelompok Itami tinggal di penginapan untuk bersantai, tiga tim Black Ops yang berbeda memasuki area dan bertarung dengan SFG. Sementara SFG mengidentifikasi dua operasi Black Ops sebagai orang Amerika, Perdana Menteri Jepang diperas oleh Presiden AS, yang ingin SFG berhenti menyerang tim Black Ops-nya sehingga mereka dapat membawa tamu Daerah Khusus bersama mereka. Perdana Menteri memerintahkan Tarou untuk memberitahu anak buahnya untuk mundur, tetapi tidak sebelum mengungkapkan bahwa dia akan mengundurkan diri untuk membatalkan pengaruh Presiden. Saat ketiga tim Ops menuju ke penginapan, Itami bertemu dengan Rory yang mabuk dan terangsang.
10"Despair and Hope"
"Zetsubō to Kibō" (絶望と希望)
Takahiko TakaoTatsuhiko Urahata5 September 2015 (2015-09-05)
Upaya Rory untuk merayu Itami terganggu oleh panggilan telepon dari Tarou. Tim Black Ops Amerika Serikat tiba di Penginapan, dan berhadapan dengan dua tim saingan dari Rusia dan Tiongkok, yang mengarah ke baku tembak tiga arah yang segera diikuti Rory, berakhir dengan semua orang selain Rory tewas. Setelah mengambil van dari Rusia, kelompok Itami kembali ke Ginza, tetapi, khawatir agen asing akan menyerang lagi, Risa memposting pesan di internet bahwa gadis-gadis Daerah Istimewa akan mengunjungi Peringatan Ginza. Akibatnya, kerumunan besar berkumpul di Ginza untuk bertemu gadis-gadis itu, menghalangi rencana agen asing untuk menculik mereka. Keamanan Publik dapat secara tidak mencolok menangkap semua agen asing di tempat kejadian, dan setelah Shino mempublikasikan upaya penculikan sebelumnya di TV langsung melalui saudara perempuan reporter beritanya Nanami, para pemimpin Amerika Serikat, Tiongkok, dan Rusia membatalkan operasi penculikan tersebut. Setelah mengucapkan selamat tinggal pada Risa dan memberi penghormatan di peringatan Ginza, para gadis Daerah Istimewa kembali ke Gerbang. Menyadari perang Kekaisaran dengan Jepang akan menyebabkan kehancurannya, Piña membuat rencana untuk kembali ke Ibukota untuk mengatur pembicaraan damai antara kedua belah pihak.
11"Visitor"
"Raihō-sha" (来訪者)
Tatsuma NamikawaKurasumi Sunayama12 September 2015 (2015-09-12)
Lima bulan sejak Gerbang terbuka, kamp pengungsian Alnus telah berkembang menjadi kota kecil dan pusat perdagangan barang-barang dari Bumi. Di ibukota Kekaisaran, Piña memperkenalkan Kouji Sugawara, duta besar baru Kementerian Luar Negeri Jepang untuk Kekaisaran, kepada Lord Cicero, salah satu bangsawan terpenting dalam faksi pro-perang Kekaisaran, dan mendapatkan kerjasamanya dengan pembicaraan damai pada pertukaran untuk pembebasan keponakannya, yang saat ini dalam tahanan Jepang sebagai Tahanan perang. Kembali di Alnus, Tuka terus berkeliaran di kota mencari ayahnya dan menolak untuk menerima kenyataan bahwa dia sudah meninggal. Saat Itami dan teman-temannya mendiskusikan kepedulian mereka terhadap Tuka di sebuah kedai, Mari mengklaim bahwa mereka harus membuatnya menghadapi kebenaran, tetapi Itami menolak, yakin bahwa mereka tidak dapat bertanggung jawab atas Tuka selamanya. Ditinggal sendirian dengan Rory, Itami terus minum bersamanya sampai seorang wanita Dark Elf bernama Yao Haa Dushi muncul dan, mengira Rory sebagai seorang anak kecil, menegur Itami karena memberinya alkohol. Dengan rencananya untuk menghabiskan malam dengan Itami hancur, Rory yang kesal bermain nakal bersama dengan kesalahpahaman Dark Elf, memaksa Itami untuk melarikan diri, dengan Elf yang tidak menyadari Itami adalah salah satu "Pria Berbaju Hijau" yang dia cari, yang dia inginkan. Untuk meminta bantuan untuk orang-orang di desanya, yang diserang oleh Naga Api. Keesokan harinya, saat dia bersiap untuk mengunjungi markas JSDF di Alnus, Itami menuju ibukota Kekaisaran.
12"What Would Itami Do"
"Itami nara" (伊丹なら)
Naoya AndōTatsuhiko Urahata19 September 2015 (2015-09-19)
Upaya awal Yao untuk meminta bantuan JSDF gagal, karena sebagian besar tentara hanya tahu sedikit tentang bahasa lokal, dan dia ditangkap oleh Polisi Militer setelah menyerang beberapa preman yang mengira dia sebagai pelacur. Lelei, yang telah meningkatkan sihirnya berkat pengetahuan ilmiah Bumi yang canggih, dipanggil oleh JSDF untuk menjadi penerjemah Yao. Setelah mendengarkan ceritanya Yao, Jenderal Hazama memberi tahu Yao bahwa dia tidak dapat membantunya, karena rumahnya, Hutan Schwartz, terletak di Kerajaan Elbe, yang berada di luar perbatasan Kekaisaran. Karena Jepang saat ini sedang dalam pembicaraan damai dengan Kekaisaran, mengirim pasukan melewati perbatasan mereka berarti deklarasi perang dan menyalakan kembali konflik. Dengan Yao yang hancur setelah mendengar hal tersebut, beberapa tentara bersimpati padanya, dan Letnan Akira Yanagida menyarankan agar Yao meminta bantuan Itami. Di tempat lain, Itami dan anak buahnya mengirimkan barang dari Bumi ke Piña dan Hamilton, sebagai bagian dari rencana mereka untuk memenangkan lebih banyak bangsawan untuk mencari perdamaian dengan Jepang. Sebelum pergi, Itami memberi Piña sebuah Yaoi doujin yang diterjemahkan oleh Bozes dan Panache, yang tanpa dia ketahui, berisi kliping koran tentang tindakan heroiknya sebelumnya. Saat Itami kembali ke pangkalan berharap untuk mencapai perdamaian antara kedua belah pihak, Lelei menceritakan bahwa perang masih jauh dari selesai.
13"The Banquet Begins"
"Kaien" (開宴)
Ryō AndōTatsuhiko Urahata9 Januari 2016 (2016-01-09)
Di Ibukota Kekaisaran, pesta pribadi yang diselenggarakan oleh Piña dihadiri oleh sekelompok Senator dan keluarga mereka yang dipimpin oleh Lord Cicero, yang, setelah melihat demonstrasi senjata Recon ke-3, menyadari kesia-siaan memerangi Jepang dan berusaha bernegosiasi untuk perdamaian. Namun, Putra Mahkota Zorzal, kakak laki-laki Piña, mengetahui pertemuan tersebut dan mengendarai rombongannya untuk menghadapi para senator karena pengkhianatan. Pengintai Itami melihat sang pangeran mendekat, dan Recon ke-3 membantu para senator melarikan diri tanpa terdeteksi sebelum dia tiba. Di Akusho, Mari bergabung dengan tim JSDF yang ditempatkan di sana, menggunakan pelatihannya sebagai perawat untuk membantu penduduk setempat yang muncul di pos terdepan. Sementara itu, Yao mencoba belajar tentang orang-orang yang penting bagi Itami dari penduduk setempat, sementara Itami, Shino, dan Akira tinggal di istana Pina. Kembali di pos terdepan Akusho, para pelacur setengah manusia memperingatkan Mari bahwa mereka merasakan "Gempa Bumi" akan datang. Mengenalinya sebagai tanda yang mirip dengan bagaimana hewan di Bumi dapat mendeteksi gempa sebelum terjadi, Nyuutabaru, komandan di pos terdepan, memperingatkan tentara di Daerah Istimewa untuk mengevakuasi warga sipil sebelum gempa dimulai.
14"The Imperial Capital Quake"
"Teito Gekishin" (帝都激震)
Yūki ItōKurasumi Sunayama16 Januari 2016 (2016-01-16)
Piña mengundang Sugawara, Itami, Shino, dan Akira untuk bertemu dengan ayahnya Kaisar di Istana Kekaisaran untuk memberi tahu mereka cara menangani gempa bumi. Namun, Zorzal juga datang untuk memperingatkan ayahnya tentang gempa bumi lain yang diramalkan oleh budaknya Noriko, yang akan menjadi Piña dan keterkejutan delegasi Jepang terungkap sebagai warga negara Jepang. Marah dengan perlakuan kejam Zorzal terhadap Noriko, Itami meninjunya dan menyelamatkan gadis itu. Anak buah Zorzal mencoba menyerang, hanya untuk ditembak mati oleh Shino, dan Itami dan Shino menyiksa Zorzal untuk mendapatkan informasi tentang tawanan Jepang lainnya, dan dihentikan oleh Tyuule, budak Zorzal lainnya. Sugawara memperingatkan Kaisar akan ada akibat jika warga Jepang yang diculik tidak dikembalikan ke Jepang sebelum pergi, dan Jepang melancarkan serangan udara di gedung Senat Kekaisaran sebagai pesan lebih lanjut untuk berdamai. Sementara Tyuule menyembuhkan luka Zorzal, adik Zorzal, Diabo, mengetahui bahwa ayah mereka ingin menjadikan Zorzal sebagai ahli warisnya, karena dia percaya bahwa dia dapat dengan mudah mengendalikan Zorzal dari bayang-bayang begitu dia turun tahta. Sementara itu, Noriko tiba di pangkalan JSDF Alnus, berharap untuk kembali ke Jepang, ia tidak menyadari bahwa orang tuanya tewas dalam insiden Ginza. Di tempat lain, Tuka terus mencari ayahnya tanpa hasil.
15"Tuka Luna Marceau"
"Tyuka Runa Marusō" (テュカ・ルナ・マルソー)
Ayako KawanoKurasumi Sunayama23 Januari 2016 (2016-01-23)
Di ibukota Kekaisaran, Diabo dan Piña mengetahui bahwa Zorzal telah resmi menjadi pewaris takhta dan, menyadari rencana ayahnya, tidak akan menjadi boneka ayahnya. Tanpa mereka ketahui, Zorzal sedang dimanipulasi oleh Tyuule, yang berusaha membalas dendam terhadap Kekaisaran dan merencanakan penghancurannya oleh JSDF dengan membuat Noriko terbunuh dan Piña dijebak untuk itu. Di Alnus, Yanagida meminta Itami untuk pergi ke Kerajaan Elbe untuk membunuh Naga Api, tetapi Itami menolak karena dia tidak akan mengorbankan nyawa anak buahnya. Tuka menjadi gila dan sekarang percaya Itami adalah ayahnya setelah Yao memaksanya untuk menerima bahwa ayahnya dibunuh oleh Naga Api. Dihadapannya, Yao mengungkapkan bahwa dia sangat membutuhkan bantuan Itami untuk menyelamatkan desanya, bahkan jika itu berarti menyakiti orang-orang yang dekat dengannya. Itami berpura-pura menjadi ayah Tuka untuk saat ini, tetapi Tuka masih terus tergelincir ke dalam jurang kegilaan. Setelah berbicara dengan Raja Duran dari Elbe yang menyamar, yang sedang memulihkan diri di Alnus, Itami akhirnya memutuskan untuk membantu Tuka menghadapi dan membalas dendam terhadap Naga Api, yang akan mengakhiri delusinya. Daripada pergi ke ibukota Kekaisaran dengan anak buahnya, Itami berangkat dengan Tuka, Rory, Lelei dan Yao di Humvee dengan persediaan yang disediakan oleh Yanagida.
16"The Fire Dragon, Once More"
"Enryū Futatabi" (炎龍再び)
Shigeki KawaiTakaaki Suzuki30 Januari 2016 (2016-01-30)
Delilah, Kelinci Prajurit yang bekerja di bar di kota pengungsi Alnus, menerima perintah dari tuannya, Klan Formal, bahwa dia harus membunuh Noriko, yang, tanpa dia ketahui, sebenarnya ditempa oleh Tyuule, mantan Ratu sukunya. Ketika Jenderal Hazama mengetahui pencarian Itami ke Elbe, dia membentuk satuan tugas untuk membantunya melawan Naga Api, Yanagida dan Raja Duran membuat kesepakatan untuk mengizinkan JSDF menyeberangi Kerajaan Elbe. Delilah mencoba untuk membunuh Noriko, namun gagal ketika Yanagida menemukan mereka, yang berakhir dengan keduanya terluka berkelahi satu sama lain. JSDF menyelidiki upaya pembunuhan dan dengan bantuan dari Klan Formal, mengetahui kepala pelayan Klan Formal memalsukan surat di bawah perintah dari faksi Zorzal, dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, salah satu tentara Itami, Furuta Hitoshi, menyamar sebagai koki di ibukota, di mana dia mendapatkan pekerjaan dari Zorzal. Sementara itu, rombongan Itami akhirnya mencapai desa Yao. Sementara Yao pergi untuk menyambut orang-orangnya, Itami dan yang lainnya dikelilingi oleh sekelompok penjaga Dark Elf, tiba-tiba Naga Api muncul.
17"Decisive Battle"
"Kessen" (決戦)
Tomo ŌkuboTatsuhiko Urahata6 Februari 2016 (2016-02-06)
Setelah mengusir Naga Api dan bertemu dengan para tetua Dark Elf, Itami dan kelompoknya menuju sarang Naga Api di pegunungan dengan sekelompok sukarelawan Dark Elf. Dengan Rory menjaga pintu masuk sarang, Itami dan kelompoknya memasang bom fragmentasi di bawah sarang Naga Api menggunakan C4 dan senjata sihir yang tergeletak di sekitarnya untuk membunuh Naga Api secara mengejutkan. Namun, Naga Api datang dan membunuh sebagian besar Dark Elf. Saat pertempuran berkecamuk, Tuka akhirnya menerima bahwa ayahnya sudah mati, dan menggunakan sihir pencahayaan, yang menyalakan C4, yang akhirnya membunuh Naga Api. Ketika melarikan diri dari gunung, mereka menemukan Rory terluka parah setelah melawan Giselle, seorang rasul saingan. Giselle mengungkapkan bahwa dialah yang membangunkan Naga Api, yang menyebabkannya mengamuk, saat dia menggunakan dua tukik Naga Api sebagai bantuan untuk menangkap Rory untuk pelindungnya, dewi dunia bawah Hardy. Naga Giselle mengejar Itami dan kelompoknya, hanya untuk gugus tugas JSDF tiba dan membunuh naga, memaksa Giselle mundur.
18"The Magic City of Rondel"
"Mahō Toshi Ronderu" (魔法都市ロンデル)
Takahiko KyōgokuTatsuhiko Urahata13 Februari 2016 (2016-02-13)
Itami dihukum karena desersi dan pergi melawan Naga Api, tetapi setelah itu diberi hadiah oleh berbagai orang atas tindakan heroiknya dan diberi misi baru untuk mencari sumber daya dengan Lelei, Rory, Tuka, dan Yao. Kelompok tersebut menuju ke Kota Sihir Rondel, di mana Lelei berencana untuk mengadakan presentasi kepada sesama penyihir, jika berhasil, ia akan diberikan pangkat Master, dan di mana mereka bertemu dengan kakak perempuan Lelei, Arpeggio, dan mentornya Mimoza La Mer. Sementara itu di Ibukota Kekaisaran, pembicaraan damai antara Jepang dan Kekaisaran secara resmi dimulai, yang membuat Zorzal marah karena upaya pembunuhan terhadap Noriko dan menjebak Pina telah gagal. Saat semua orang merayakan kematian Naga Api, Kaisar senang mengetahui bahwa Lelei, yang seorang warga negara Kekaisaran, juga terlibat dalam membantu mengalahkan naga itu. Namun, Kaisar tiba-tiba jatuh sakit setelah minum anggur, yang sudah diracuni secara diam-diam dibawah perintah Tyuule.
19"Dangerous Sisters"
"Kiken na Shimai" (危険な姉妹)
Ryō AndōKurasumi Sunayama20 Februari 2016 (2016-02-20)
Dengan Kaisar terbaring di tempat tidur, Zorzal mengambil alih takhta dan menyatakan niatnya untuk membalas penghinaan Kekaisaran oleh Jepang. Adanya jam malam di ibu kota Kekaisaran membuat pasukan JSDF di Akusho terjebak dan Duta Besar Jepang menjadi tahanan rumah. Piña marah karena Zorzal menangkap faksi pro-perdamaian dan memiliki pengikut setia yang berencana untuk menyerang Jepang dengan taktik yang tidak konvensional dan tidak etis, dan saudara laki-lakinya yang lain Diabo telah melarikan diri untuk mencari bantuan dari kekuatan negara lain yang lebih unggul untuk menggulingkan kekuasaan Zorzal. Sementara itu di Rondel, Mimoza mengungkapkan sesuatu yang menarik kepada Itami dan yang lainnya tentang Gerbang: Setiap beberapa abad atau milenium, para Dewa Daerah Istimewa akan membuka portal (Gerbang) ke dunia lain di Alnus, di mana ras dari dunia itu akan datang dan menetap, menjelaskan mengapa mereka memiliki berbagai jenis ras yang tinggal di sini. Ketika Arpeggio dengan marah mengetahui bahwa Lelei telah mencapainya di bidang apa pun yang mungkin (termasuk percintaan dengan Itami), kemudian mereka bertarung untuk menyelesaikan perselisihan mereka. Seorang pembunuh mencoba membunuh Lelei di akhir pertandingan tetapi dibunuh oleh Grey. Gray dan Ksatria Mawar lainnya, Shandy, mengungkapkan kepada Itami dan kelompoknya bahwa pembunuh itu dikirim oleh Zorzal karena kecemburuannya terhadap ketenaran Lelei dalam mengalahkan Naga Api, dan mereka berdua datang untuk melindungi mereka di bawah perintah Piña. Daripada tinggal dan melawan, bagaimanapun, Itami memutuskan bahwa yang terbaik adalah mereka melarikan diri dari para pembunuh.
20"Lover"
"Koibito" (こいびと)
Matsuo AsamiKurasumi Sunayama27 Februari 2016 (2016-02-27)
Saat Itami dan kelompoknya terus menghindari pembunuh Zorzal, polisi rahasia Zorzal terus menangkap faksi pro-perdamaian karena pengkhianatan di seluruh ibu kota. Meskipun demikian, Jepang diperintahkan oleh pemerintah mereka untuk tidak terlibat, termasuk menolak suaka bagi faksi pro-perdamaian. Marquess Casel mencari perlindungan dengan Keluarga Thierry, hanya untuk Oprichnina menyerang rumah mereka, memaksa putri mereka Sherry untuk membantu Casel melarikan diri sementara orang tuanya mengorbankan diri untuk menghentikan mereka. Sherry dan Casel menuju ke Istana, yang telah menjadi kedutaan Jepang, untuk mencari suaka, karena istana tersebut berada di bawah perlindungan Ksatria Mawar dan sebuah perjanjian mencegah Kekaisaran menginjakkan kaki di sana. Meskipun Sherry berharap Sugawara, yang dia lihat sebagai calon suaminya, untuk membantu mereka, Sugawara tetap patuh pada perintah negaranya untuk tidak terlibat. Namun, ketika Oprichnina tiba dan menangkap Casel dan Sherry, Sugawara berubah pikiran dan mengambil Sherry di bawah tahanannya, sehingga memulai pertempuran brutal antara Ksatria Mawar dan Oprichnina. Terlepas dari apa yang terjadi, Wakil Menteri Shirayuri mengizinkannya dan menghubungi pemerintah.
21"Deadline"
"Deddorain" (デッドライン)
Ayako KawanoTatsuhiko Urahata5 Maret 2016 (2016-03-05)
Ksatria Mawar berhasil mengusir Oprichnina dan membebaskan Senator Casel, tetapi ini menyebabkan eskalasi ketegangan antara Jepang dan Kekaisaran. Menteri Kanou dan anggota pemerintah lainnya menyarankan untuk mengevakuasi delegasi Jepang dari Istana, tetapi Perdana Menteri Morita menolak untuk memberikan lampu hijau, karena perwakilan dari negara lain dan media saat ini sedang mengunjungi Daerah Istimewa dan kamp Alnus, jadi demonstrasi kekuatan atau tidak memiliki kendali atas situasi dapat memiliki konsekuensi diplomatik yang buruk bagi Jepang. Namun, keadaan berubah buruk dengan cepat ketika Zorzal menahan Piña karena penolakannya untuk memerintahkan Ksatria Mawar untuk membiarkan tentaranya memasuki istana dan memerintahkan pasukannya untuk mengepung kedutaan, yang akhirnya mendorong Morita untuk mengizinkan pengerahan JSDF untuk mengevakuasi duta besar dan pengungsi politik. Sementara itu di Rondel, Itami dan yang lainnya berhasil menetralisir upaya pembunuhan lain terhadap mereka, dan menyiapkan rencana untuk menangkap Piper, pemimpin pembunuh yang dikirim untuk membunuh mereka.
22"The Imperial Princess in Slave's Clothing"
"Dorei-fuku o kita kōjo" (奴隷服を着た皇女)
Shigeki KawaiKurasumi Sunayama12 Maret 2016 (2016-03-12)
Tentara Kekaisaran mencoba untuk menerobos kedutaan yang dijaga Ksatria Mawar, tetapi dengan perbedaan besar dalam jumlah itu hanya masalah waktu sampai Istana Kedutaan dikuasai. Sementara itu, di Rondel, Shandy mengetahui bahwa Piper sedang merencanakan upaya pembunuhan lain terhadap Lelei, jadi Itami dan yang lainnya bersiap untuk menghentikannya. Seperti yang diharapkan, selama presentasi Lelei, dua pembunuh lagi mencoba membunuhnya, tetapi mereka berdua digagalkan oleh Itami dan para penonton. Namun, pada saat-saat terakhir Shandy mencoba menusuk Lelei, tetapi diselamatkan berkat baju besi di bawah gaunnya. Diinterogasi tentang pengkhianatannya, Shandy mengungkapkan bahwa Piper memaksanya untuk membunuh Lelei untuk menyelamatkan Piña, yang secara resmi dituduh melakukan pengkhianatan tingkat tinggi. Akibatnya, Itami dan yang lainnya memutuskan untuk kembali ke ibukota Kekaisaran, sementara JSDF mempersiapkan diri untuk meluncurkan operasi besar-besaran terhadap ibukota untuk memecahkan pengepungan Istana Kedutaan.
23"Paradrop"
"Kūtei kōka" (空挺降下)
Takahiko KyōgokuTakaaki Suzuki19 Maret 2016 (2016-03-19)
JSDF memulai serangan mereka di Ibukota Kekaisaran, menyelamatkan faksi Pro-Perdamaian dari penjara dan Ksatria Mawar serta duta besar dari Istana Kedutaan. Saat JSDF mengevakuasi para pengungsi, Bozes dan Beefeater berusaha menyelamatkan Pina dari Istana Kekaisaran, tetapi terpaksa mundur dengan JSDF yang mengungsi karena jumlah Tentara Kekaisaran. Saat Itami dan kelompoknya berusaha mencapai ibu kota dengan cepat, Tyuule mendorong Zorzal untuk terus bertarung karena dia masih bisa mempekerjakan Piña sebagai sandera.
24"Thus, They Fought There"
"Kaku tatakaeri" (斯く戦えり)
Ryō AndōTatsuhiko Urahata26 Maret 2016 (2016-03-26)
Itami dan yang lainnya mencapai ibukota Kekaisaran, di mana mereka menerima bantuan dari Recon ke-3 lainnya untuk menyelamatkan dan melarikan diri bersama Piña, Hamilton, dan Kaisar. Sementara itu, Pina diseret ke ruang tahta untuk diadili oleh Zorzal sebagai pengkhianat, setelah itu dihentikan oleh kedatangan Itami, Lelei dan Rory. Meskipun Zorzal memiliki Ogre raksasa yang melawan mereka, Ogre dengan mudah dibunuh dan Zorzal terpaksa menyerahkan Piña setelah Itami mengancam akan membunuh Zorzal jika dia terus menyakiti teman-temannya. Dengan target mereka diselamatkan, Itami dan lainnya melarikan diri dari ibukota Kekaisaran. Setelah pulih dan menyadari bahwa Zorzal tidak akan pernah berdamai dengan Jepang, Kaisar memutuskan untuk menjadikan Piña penerus takhta, meskipun itu akan menyebabkan perang saudara di antara anak-anaknya. Zorzal dan para pendukungnya terpaksa meninggalkan ibukota Kekaisaran, dengan Zorzal bersumpah akan membalas dendam terhadap Jepang. Meskipun mencapai tujuannya untuk menghancurkan kekaisaran, Thule terlihat menangis. Sepuluh hari kemudian di Italica, Piña dinobatkan sebagai Putri Mahkota Kekaisaran, bersumpah untuk membawa perdamaian antara Kekaisaran dan Jepang. Itami melewatkan penobatan Piña untuk menghadiri konvensi doujin, tetapi yang membuatnya frustrasi adalah Lelei, Tuka dan Rory telah mengikutinya, menyebabkan keributan dengan kerumunan dan mereka dibawa ke tahanan pelindung oleh polisi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "スタッフ&キャスト - STAFF & CAST - TVアニメ『 GATE(ゲート) 自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり 』公式サイト". gate-anime.com (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal July 30, 2015. 
  2. ^ "A-1 Pictures' Gate Anime Casts Haruka Tomatsu, Yōko Hikasa, Maaya Uchida". Anime News Network. June 12, 2015. Diakses tanggal April 10, 2016. 
  3. ^ "GATE Anime Reveals Key Visual, Premiere Date for Show's 2nd Half". Anime News Network. December 5, 2015. Diakses tanggal December 5, 2015. 
  4. ^ "Sentai Filmworks Acquires Ushio & Tora, Gate, School Live, Wakaba Girl, Aoharu X Machinegun Anime". Anime News Network. Diakses tanggal July 2, 2015. 
  5. ^ "GATE Complete Collection". Sentai Filmworks. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2017. Diakses tanggal March 22, 2017. 
  6. ^ "GATE Anime Theme Song Artists Return for 2nd Season". Anime News Network. November 18, 2015. Diakses tanggal February 15, 2018. 
  7. ^ "GATE BD+DVD - Review". Anime News Network. Diakses tanggal February 15, 2018.