Daftar distribusi Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Garis waktu perkembangan berbagai distribusi Linux

Linux adalah kumpulan sistem operasi mirip Unix yang menggunakan kernel Linux sebagai kernelnya.[1] Kernel Linux adalah sebuah kernel sistem yang dibuat oleh Linus Torvalds dan dirilis pada 17 September 1991.[2][3] Linux merupakan sebuah proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka, sehingga bisa diubah, digunakan, dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Sejak dibuat, kernel Linux telah digunakan di berbagai sistem komputer, di antaranya sistem tertanam, peranti bergerak, komputer pribadi, peladen, komputer bingkai utama, dan superkomputer.

Sistem operasi yang dibangun dari kernel Linux, beserta perangkat-perangkat lunak lain dari sistem manajemen paket, disebut distribusi Linux. Pada awalnya, Linux tersedia hanya dalam bentuk kode sumber kernelnya. Karena prosedur instalasi sistem operasi merupakan hal yang rumit, dibuatlah distribusi-distribusi yang memudahkan proses instalasi.[4] Distribusi-distribusi yang dibuat pada awal perkembangan Linux di antaranya adalah MCC Interim Linux, Softlanding Linux System (SLS), dan Yggdrasil Linux/GNU/X.

Dalam perkembangannya, distribusi Linux baru biasanya dibuat berdasarkan distribusi Linux yang sudah tersedia. Kebanyakan distribusi Linux bisa dikelompokkan menurut distribusi Linux yang menjadi dasarnya: Debian, Gentoo, dan Slackware; atau kesamaan manajer paket: RPM Package Manager dan Pacman. Terdapat pula distribusi Linux yang tidak bisa dikelompokkan ke dalam kelompok tersebut, misalnya Android dan Linux from Scratch.

Berdasar RPM[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Red Hat

Pada awalnya, Red Hat Linux dan SUSE Linux adalah distribusi utama yang menggunakan format berkas .rpm, yang sekarang digunakan dalam beberapa sistem manajemen paket. Keduanya kemudian dibagi menjadi distribusi komersial dan distribusi yang didukung oleh komunitas. Red Hat Linux dibagi menjadi Fedora, distribusi yang didukung oleh komunitas dan disponsori oleh Red Hat, dan Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang didukung secara komersial; sedangkan SUSE dibagi menjadi openSUSE dan SUSE Linux Enterprise

Distribusi Deskripsi
Red Hat Linux Dibagi menjadi Fedora Core dan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Rilis resmi terakhir dari distribusi ini sebelum dibagi adalah Red Hat Linux 9 pada Maret 2003.
CentOS Distribusi Linux yang didukung oleh komunitas, dirancang sebagai versi sumber terbuka dari RHEL dan cocok untuk peladen. Sekarang disponsori oleh Red Hat.[5]
Fedora Distribusi Linux yang didukung oleh komunitas dan disponsori oleh Red Hat.
openSUSE Distribusi Linux yang didukung oleh komunitas dan disponsori oleh SUSE. Distribusi ini memilki kebijakan ketat untuk memastikan semua kode dalam pemasangan standarnya berasal dari kode FOSS, termasuk modul kernel Linux. Produk Linux perusahaan SUSE didasarkan pada basis kode yang dihasilkan oleh proyek openSUSE.
Mandrake Linux Rilis pertamanya berdasarkan pada Red Hat Linux (versi 5.1) dan KDE 1 pada Juli 1998. Distribusi ini lalu meninggalkan distribusi Red Hat dan menjadi distribusi yang sepenuhnya terpisah. Namanya diubah menjadi Mandriva, yang mengandung beberapa peralatan buatan sendiri untuk mempermudah konfigurasi sistem. Mandriva Linux dibuat oleh Gaël Duval, yang ingin berfokus memudahkan pengguna baru menggunakannya.

Berdasar CentOS/RHEL[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
Asianux Sebuah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Red Flag Software Co., Ltd., Miracle Linux Corp. dan Haansoft, INC., dengan fokus pada dukungan bahasa Tionghoa, Jepang dan Korea.
ClearOS Distribusi Linux yang dikembangkan oleh ClearFoundation dan didukung oleh ClearCenter. Distribusi ini dirancang sebagai gerbang jaringan dan peladen jaringan untuk digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah.
Fermi Linux LTS Distribusi yang didasarkan pada Scientific Linux.[6]
Miracle Linux Distribusi yang dikembangan oleh vendor perangkat lunak Jepang yang bernama Miracle Linux Co., Ltd
Oracle Linux Distribusi yang didukung oleh Oracle. Distribusi ini memiliki sasaran bisa sepenuhnya kompatibel dengan Red Hat Enterprise Linux.
Red Flag Linux Distribusi Linux yang dikembangkan di Tiongkok dan dioptimalkan untuk pasar Tiongkok. Distribusi ini didasarkan pada Asianux.
Rocks Cluster Distribution Distribusi Linux untuk membuat kluster komputer dengan performa tinggi. Distribusi ini awalnya didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux, tetapi kemudian berganti menjadi didasarkan pada CentOS.
Scientific Linux Distribusi Linux yang sudah tidak berlanjut, dahulu dikembangkan oleh Fermi National Accelerator Laboratory dan European Organization for Nuclear Research (CERN). Distribusi ini didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux dan memiliki sasaran kompatibel dengan RHEL.

Berdasar Fedora[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Fedora

Fedora adalah sebuah distribusi Linux yang didukung oleh komunitas. Sasarannya adalah menyediakan perangkat lunak terkini dengan tetap menjaga sistem sepenuhnya terdiri dari perangkat lunak bebas.[7]

Distribusi Deskripsi
Berry Linux Distribusi Linux Live CD berdasarkan Fedora yang menyediakan dukungan dalam bahasa Jepang dan Inggris.
BLAG Linux and GNU Distribusi Linux yang sudah tidak berjanjut, dinilai sepenuhnya bebas oleh Free Software Foundation.
EnGarde Secure Linux Distribusi Linux khusus peladen yang dirancang agar aman.[8]
Fuduntu Distribusi yang dirancang sebagai pertengahan antara Fedora dan Ubuntu.
Hanthana Distribusi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna komputer Sri Lanka yang tidak mampu mengakes Internet, dengan kebanyakan aplikasi yang diinginkan sudah dipasang.
Korora Distribusi yang awalnya dirancang sebagai pemasangan sistem Gentoo yang lebih mudah dengan menggunakan skrip instalasi dan bukannya konfigurasi manual. Dari 2010 sampai 2017, Korora berubah menjadi distribusi berdasarkan Fedora.
Linpus Linux Distribusi yang berfokus pada market Tiongkok, beserta Linpus Lite yang berdasar pada pasar netbook.
Linux XP Distribusi kongsi berbahasa Rusia, berdasarkan Fedora yang dirancang agar menyerupai lingkungan desktop Windows dengan menggunakan GNOME.
MeeGo Distrbusi Linux yang dibauat oleh Intel dan Nokia, dimaksudkan untuk ponsel (utamanya Nokia N9) dan tablet. MeeGo didasarkan pada Moblin dan Maemo.
Moblin Distribusi yang dibangun menyesuaikan dengan prosesor Intel Atom; digantikan oleh Meego ketika Intel dan Nokia menggabungkan sistem operasi mereka.
Network Security Toolkit Distribusi Live CD/DVD yang berisi peralatan keamanan dan jaringan untuk melakukan pemantauan jaringan secara rutin.
Qubes OS Distribusi yang berfokus pada keamanan bagi pengguna desktop dengan menggunakan cara isolasi.
Russian Fedora Remix Remix versi Rusia dari Fedora.
Sugar-on-a-Stick Linux Sebuah sistem operasi edukasi untuk anak-anak, awalnya dirancang untuk proyek One-Laptop-Per-Child.
Trustix Distribusi Linux yang berfokus pada keamanan.[9]
Yellow Dog Linux Distribusi untuk platform PowerPC.

Berdasar openSUSE[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
SUSE Linux Enterprise Desktop Distribusi Linux untuk desktop yang disediakan oleh SUSE untuk pasar perusahaan. Distribusi ini awalnya dinamai Novell Linux Desktop.
SUSE Linux Enterprise Server Distribusi Linux untuk peladen yang disediakan oleh SUSE untuk pasar bisnis.
SUSE Studio Alat pembuatan sistem operasi yang disediakan oleh SUSE.
GeckoLinux Distribusi dengan pemasangan Live-USB/DVD luring dan memiliki program yang sudah dipasang seperti pemacu proprietary.

Berdasar urpmi[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
Mandriva Linux Distribusi sumber terbuka (dengan beberapa pengecualian), sudah tidak berlanjut sejak 2011.
Mageia Distribusi komunitas yang awalnya di-fork dari Mandriva Linux setelah versi gratis Mandriva Linux dihentikan.
ROSA Linux Distribusi Rusia yang tersedia dalam tiga edisi berbeda: ROSA Desktop Fresh, ROSA Enterprise Desktop and ROSA Enterprise Linux Server, dengan edisi Enterprise merupakan edisi komersial. Edisi desktopnya berisi perangkat lunak proprietary seperti Adobe Flash Player, kodek multimedia dan Steam.
OpenMandriva Distribusi yang dibentuk komunitas dan mantan pengembang Mandriva sebagai penerus Mandriva Linux setelah Mandriva berhenti melanjutkannya.

Berdasar apt-rpm[sunting | sunting sumber]

PCLinuxOS Distribusi Live CD Linux dengan rilis bergulir. Awalnya didasarkan pada Mandrake 9.2.
Vine Linux Distribusi berbahasa Jepang yang awalnya didasarkan pada Red Hat Linux.
ALT Linux Seperangkat sistem operasi berdasarkan RPM yang ditopang oleh kernel Linux dan repositori paket Sisyphus. ALT Linux dikembangkan bersama oleh komunitas pengembang ALT Linux Team dan ALT Linux Ltd.

Distribusi RPM lainnya[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
Caldera OpenLinux Distribusi Linux yang awalnya diperkenalkan oleh Caldera dan kemudian dikembangkan oleh anak perusahaannya Caldera Systems (yangk kemudian membeli Santa Cruz Operation dan berganti nama menjadi The SCO Group). Distribusi ini tidak lagi diproduksi setelah rilis terakhirnya pada 30 Januari 2002.
Turbolinux Distribusi Linux yang menarget pengguna Asia.

Berdasar Debian[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Debian

Debian GNU/Linux merupakan distribusi yang menekankan perangkat lunak bebas. Debian mendukung banyak platform perangkat keras. Debian dan distribusi yang didasarkan padanya menggunakan format paket .deb[10] dan manajer paket dpkg dan bagian depannya (seperti apt-get atau synaptic).[11]

Berdasar Debian (Testing)[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
BackTrack Distribusi yang dikembangkan oleh Offensive Security dan dirancang untuk uji coba keamanan.[12] Pada Maret 2013, tim Offensive Security membangun kembali BackTrack berdasarkan distribusi Debian dan merilisnya dengan nama Kali Linux.[13]
gLinux Distribusi Linux yang digunakan oleh karyawan Google.
Kali Linux Distribusi yang dirancang sebagai OS yang bisa sepenuhnya disesuaikan dan digunakan untuk uji coba keamanan. Distribusi ini didasarkan pada Debian GNU/Linux dan biasanya digunakan oleh ahli keamanan.[14]
Parsix Distribusi yang dioptimalkan untuk komputer pribadi dan laptop. Distribusi ini didasarkan pada cabang testing Debian dan memiliki dukungan keamanan.[15]
PureOS Distribusi GNU/Linux berdasarkan Debian yang difokuskan pada privasi, keamanan, dan kenyamanan.[16][17][18][19]
Astra Linux Sistem operasi komputer berdasarkan Linux dan berbahasa Rusia yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat Rusia, serta angkatan bersenjata dan badan intelijen lainnya.[20] Distribusi ini menyediakan proteksi data dengan tingkat "rahasia tingkat atas" dalam tingkatan informasi rahasia Rusia. Distribusi ini secara resmi disertifikasi oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Federal Service for Technical and Export Control[21] dan Federal Security Service.[22]
Ubuntu Sebuah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. dan didasarkan pada Debian.

Berdasar Ubuntu[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Ubuntu

Ubuntu adalah distribusi yang didasarkan pada Debian, dirilis secara reguler, dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan dukungan komersial bagi desktop dan peladen.[23]

Distribusi resmi[sunting | sunting sumber]

Varian Ubuntu berikut hanya memasang seperangkat paket yang berbeda dari yang dipasang Ubuntu biasa, tetapi karena mereka mendapatkan paket tambahan tersebut dari repositori yang sama dengan Ubuntu, semuanya bisa memasang perangkat lunak yang sama.[24]

Distribusi Deskripsi
Goobuntu Goobuntu adalah distribusi Linux yang didasarkan pada Ubuntu LTS. Distribusi ini digunakan oleh hampir 10.000 karyawan Google.
Kubuntu Turunan resmi dari Ubuntu Linux yang menggunakan KDE bukannya antarmuka GNOME (atau Unity) sebagaimana yang digunakan oleh Ubuntu standar.[25]
Lubuntu Lubuntu adalah proyek turnan resmi dari Ubuntu yang "lebih ringan, lebih sedikit memakan sumber daya dan lebih hemat energi", menggunakan lingkungan desktop LXQt (sebelum 18.10 menggunakan LXDE).[26][27][28]
Ubuntu Budgie Turunan resmi Ubuntu yang menggunakan Budgie.
Ubuntu Kylin Turunan resmi yang menyasar pasar Tiongkok.
Ubuntu MATE Turunan resmi Ubuntu yang menggunakan MATE, lingkungan desktop yang di-fork dari basis kode GNOME 2, dengan penekanan pada perumpamaan meja.[29]
Ubuntu Server Turunan resmi untuk digunakan di peladen dan bingkai utama IBM. Ubuntu Server mengurus pesan, mengendalikan pencetak, bertindak sebagai peladen berkas, bisa menghos LAMP dan lain-lain.[30]
Ubuntu Studio Turunan Ubuntu yang berfokus pada produksi multimedia.[31]
Xubuntu Turunan resmi Ubuntu yang menggunakan Xfce. Xubuntu dimaksudkan untuk digunakan di komputer yang kurang kuat atau bagi orang-orang yang menginginkan lingkungan desktop yang lebih efisien, dan menggunakan aplikasi GTK+.[32]
Distribusi resmi yang tidak dilanjutkan[sunting | sunting sumber]
Distribusi Deskripsi
Edubuntu Sistem operasi berdasarkan Linux yang ditargetkan untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah.[33]
Gobuntu Gobuntu adalah turunan resmi dari Ubuntu, dengan tujuan menyediakan distribusi yang hanya terdiri dari perangkat lunak bebas. Gobuntu secara resmi diumumkan oleh Mark Shuttleworth pada 10 Juli 2007 dan berakhir pada rilis versi 8.04. Sejak saat itu, Gobuntu diserap ke Ubuntu standar sebagai pilihan 'perangkat lunak bebas'.[34]
Mythbuntu Distribusi yang didasarkan pada Ubuntu dan MythTV, menyediakan aplikasi untuk merekam TV dan berperan sebagai pusat media.[35] Pada 4 November 2016, tim pengembang mengumumkan berakhirnya Mythbuntu sebagai distribusi terpisah, dengan alasan kurangnya pengembang.
Ubuntu for Android Distribusi yang dirancang untuk digunakan telepon Android.[36]
Ubuntu GNOME Dahulu merupakan varian resmi Ubuntu,[37] tetapi sejak Ubuntu 17.10, yang menggunakan GNOME Shell sebagai desktop utamanya dan GDM sebagai manajer tampilannya, distribusi ini telah diserap ke rilis utama.[38]
Ubuntu JeOS Ubuntu JeOS ("Just Enough OS") merupakan varian yang dirancang secara khusus untuk perabot virtual.[39] Sejak rilis Ubuntu 8.10 varian ini dijadikan bagian dari Ubuntu Server Edition standar.
Ubuntu Mobile Sistem operasi tertanam yang dirancang untuk peranti bergerak. Ubuntu Touch merupakan penerus Ubuntu Mobile.
Ubuntu Netbook Edition Netbook Edition merupakan turunan resmi Ubuntu yang dirancang untuk netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom. Sejak Ubuntu 11.04, Ubuntu Netbook Edition telah diserap ke edisi desktop.[40]
Ubuntu Touch Distribusi yang dirancang untuk perangkat layar sentuh.
Ubuntu TV Distribusi yang dirancang untuk TV.[41]
Distribusi tidak resmi[sunting | sunting sumber]

Varian dan turunan tidak resmi tidak dikendalikan atau diatur oleh Canonical Ltd. dan biasanya memiliki tujuan yang berbeda.

Distribusi Deskripsi
BackBox Distribusi Linux yang didasarkan pada Ubuntu. BackBox dikembangkan untuk melakukan uji coba dan penilaian keamanan.[42]
BackSlash Linux Sistem operasi berdasarkan Ubuntu dan Debian yang dikembangkan untuk komputer pribadi 64-bit oleh Kumar Priyansh.[43]
Bodhi Linux Distribusi Linux berdasarkan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Moksha dan menarget pengguna yang menginginkan sedikit perangkat lunak yang sudah terpasang.[44]
Cub Linux Distribusi berdasarkan Ubuntu yang dirancang untuk meniru penampilan desktop dan fungsionalitas Chrome OS.[45][46][47]
dyne:bolic Distribusi Live CD yang difokuskan pada produksi multimedia (audio dan video).[48]
EasyPeasy Fork dari Ubuntu yang dirancang untuk netbook.[49]
Eeebuntu Distribusi tidak berlanjut yang ditujukan untuk netbook Eee PC. Distribusi ini diganti nama menjadi Aurora OS.[50]
Element OS Distribusi yang didasarkan pada Xubuntu, ditujukan untuk PC teater rumah[51]
elementary OS Distribusi yang berfokus pada pengguna non-teknis, memiliki model pembayaran bayar semaunya.[52]
Emmabuntüs Distribusi yang didasarkan pada Xubuntu dan dirancang untuk memfasilitasi pengemasan ulang komputer yang didonasikan ke komunitas Emmaüs.[53]
GalliumOS Distribusi Linux yang ditujukan kepada peranti Chrome OS, dikembangkan oleh proyek GalliumOS yang didukung oleh komunitas. Gallium didasarkan pada Xubuntu dan kompatibel dengan repositori Ubuntu.[54]
GendBuntu Versi yang diadaptasi untuk digunakan Gendarmerie Nasional Perancis.
Goobuntu Distribusi berdasar Ubuntu yang dulu digunakan Google (sebelum berganti ke GLinux yang berdasar Debian, bukan Ubuntu); tidak tersedia di luar Google.
gOS Distribusi tidak berlanjut yang menggunakan lingkugan desktop GNOME dengan perubahan antarmuka pengguna agar menyerupai Mac OS X. Distribusi ini juga memilki Google Apps, Picasa, Google Gadgets dan aplikasi web lainnya, dan dengan Wine 1.0 sudah dipasang.
Joli OS Joli OS (dahulu bernama Jolicloud) adalah distribusi ber Ubuntu Netbook Edition yang dirancang untuk netbook yang bertenaga relatif rendah.[55]
Karoshi Distribusi yang awalnya berbasis PCLinuxOS, dirancang untuk digunakan di sekolah.[56]
KDE neon Distribusi berbasis Ubuntu yang berfokus pada KDE. Yang ditekankan distribusi ini adalah disediakannya paket perangkat lunak dengan versi terbaru yang bersumber langsung dari KDE dan menawarkan pemrogram akses fitur baru lebih awal, tetapi dengan kemungkinan menemui kutu perangkat lunaknya lebih besar.[57]
LiMux Proyek yang dibuat oleh kota München, Jerman
Linux Lite Distribusi yang dibuat dengan tujuan memperkenalkan pengguna Windows kepada Linux, dan menyediakan mereka pengalaman pengguna yang nyaman dan bermanfaat. Distribusi ini dirancang agar sederhana dan cocok bagi pengguna baru Linux yang menginginkan sistem operasi yang ringan, responsif, dan sepenuhnya bekerja.[58]
Linux Mint Linux Mint mensinkronisasikan siklus rilisnya dengan dukungan jangka panjang Ubuntu, dan disesuaikan agar ramah pengguna bagi pengguna desktop.[59] Linux Mint Debian Edition (LMDE) adalah Mint versi berbasis Debian stable.
LinuxMCE Linux Media Center Edition adalah distribusi berbasis Kubuntu yang menyediakan fungsionalitas PC teater rumah.[60]
LinuxTLE Distribusi Linux berbahasa Thailand.[61]
LliureX Distribusi Linux yang dibuat oleh Generalitat Valenciana[62]
MAX Kependekan dari Madrid LinuX[63]
Molinux Distribusi berbasis Ubuntu untuk memperkenalkan masyarakat informasi kepada komunitas Castile-La Mancha di Spanyol.[64]
Netrunner Distribusi berbasis Kubuntu dengan perangkat lunak dan kodek seudah lengkap diinstal, dikembangkan oleh Blue Systems.[65]
Nova Distribusi dari Kuba yang disponsori oleh negara dan dikembangkan di Universitas Ilmu Komputer, Havana. Dulunya berbasis Gentoo.
OpenGEU Distribusi berbasis Ubuntu dengan manajer jendela Enlightenment, sebelumnya dikenal sebagai Geubuntu.[66]
Peppermint OS Distribusi LXDE ringan untuk aplikasi awan melalui kerangka kerja Ice menggunakan penjelajah web Chromium. Distribusi ini didasarkan pada Lubuntu.[67]
Pinguy OS Distribusi berbasis Ubuntu yang ditujukan kepada orang-orang yang belum pernah menggunakan Linux atau orang-orang yang menginginkan OS yang langsung bekerja tanpa perlu banyak konfigurasi.[68]
Pop! OS Distribusi berbasis Ubuntu yang dikembangkan oleh System76 utamanya untuk digunakan di perangkat keras yang mereka buat.
Poseidon Linux Distribusi yang ditujukan untuk penggunaan akademik dan ilmiah. Dasarnya dari Ubuntu, tetapi ditambahkan dukungan untuk sistem informasi grafis/peta, pemodelan numerik, visualisasi 2D/3D/4D, statistik, peralatan untuk membuat grafik, bahasa pemrograman.
Sabily Distribusi berbasis Ubuntu yang ditujukan untuk orang-orang Muslim (dulunya disebut Ubuntu Muslim Edition)[69]
Trisquel GNU/Linux Sistem yang sepenuhnya terdiri dari perangkat lunak bebas dan menggunakan kernel Linux-libre, serta didasarkan pada rilis Ubuntu LTS[70]
UberStudent Distribusi yang ditujukan kepada murid-murid di tingkat pendidikan tinggi, para pengajar mereka, dan pelajar-pelajar lainnya.[71]
Ubuntu Unity Distribusi yang menggunakan antarmuka pengguna Unity.[72]
Ututo Distribusi pertama yang diakui GNU Project sebagai sistem yang sepenuhnya bebas. Sekarang dikembangkan dalam bentuk Ututo UL ("Ubuntu-Libre") yang berbasis Ubuntu.[73]
Vinux Distribusi Linux yang dirancang untuk pengguna tunanetra.[74]
Zorin OS Distribusi ramah pengguna yang mencoba mengemulasi Microsoft Windows atau Mac OSX. Distribusi ini ditujukan kepada pengguna yang masih asing terhadap Linux.[75]

Berdasar Debian (Stable)[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
Astra Linux OS yang dikembangkan oleh Angkatan Darat Rusia dengan keamanan yang ditingkatkan.[76]
Bharat Operating System Solutions (BOSS) Distribusi Linux dari India.[77]
Canaima Distribusi Linux dari Venezuela.[78]
Corel Linux Distribusi Linux komersial untuk desktop. Distribusi ini dibuat oleh Corel dan tidak bertahan lama sebelum dibeli oleh Xandros Linux.[79]
CrunchBang Linux Distribusi ringan yang didasarkan pada Debian Stable, menggunakan manajer jendela Openbox dan panel tint2 beserta aplikasi GTK+.[80] Development has ended for CrunchBang as of February, 2015.[81]
Deepin Distribusi Linux dari Tiongkok yang dikembangkan oleh Wuhan Deepin Technology Co.
Devuan Fork dari Debian yang menggunakan sysvinit atau OpenRC untuk inisialisasi, bukannya menggunakan systemd seperti yang digunakan Debian standar.[82]
Dreamlinux Distribusi Linux dari Brazil yang sudah tidak berlanjut.
Emdebian Grip Distribusi Linux ringan yang didasarkan pada dan kompatibel dengah Debian, dimaksudkan untuk sistem tertanam yang terbatas sumber dayanya.[83]
Finnix Sistem operasi Live CD untuk administrasi sistem yang tersedia di beberapa arsitektur.[84]
gNewSense Distribusi yang dikembangkan dengan sponsor Free Software Foundation. Sasarannya adalah menjadi distribusi ramah pengguna, tetapi tanpa mengandung perangkat lunak tidak bebas (milik perorangan). Awalnya distribusi ini didasarkan pada Ubuntu sebelum berganti ke Debian,
grml Distribusi Live CD untuk pemulihan sistem.[85]
HandyLinux Distribusi yang dirancang untuk orang tua yang menjalankan komputer tua yang terlalu lambat untuk menjalankan Windows.[86]
Kanotix Distribusi live DVD/CD yang juga bisa dipasang di harddisk, dengan fokus pada skrip dan GUI untuk mempermudah penggunaan.[87]
Knoppix Distribusi Live CD atau Live USB dari Debian, salah satu distribusi Live CD Debian pertama yang populer.[88]
Kurumin Sebuah versi dari distribusi Knoppix yang ditujukan untuk pengguna dari Brazil.
LEAF Project Singkatan dari Linux Embedded Appliance Framework. Distribusi kecil utamanya untuk dipasang di disket dan untuk digunakan sebagai perute dan tembok api.[89]
LiMux Distribusi Linux yang dibuat untuk kota München, Jerman.[90]
Maemo Platform pengembangan untuk peranti genggam seperti Nokia N800, N810, dan Nokia N900 dan perangkat berbasis kernel Linux lainnya.[91]
MEPIS Distribusi yang berfokus pada kemudahan penggunaan.
MintPPC Distribusi untuk komputer PowerPC. Meskipun MintPPC menggunakan beberapa kode Mint LXDE, distribusi ini bukanlah Linux Mint.[92]
Musix GNU+Linux Distribusi yang dimaksudkan untuk produksi musik, desain grafis, penyuntingan audio dan video, dan lain-lain. Distribusi ini hanya terdiri dari perangkat lunak bebas.[93]
NepaLinux Distribusi berbasis Debian dan Morphix yang berfokus kepada penggunaan komputer desktop berbahasa Nepal.[94]
OpenZaurus Distribusi untuk asisten digital pribadi Sharp Zaurus. Digantikan oleh distribusi Ångström.[95]
Pardus Distribusi yang dikembangkan dengan dukungan dari pemerintah Turki. Sebelum 2013, Pardus menggunakan PISI sebagai manajer paket, dengan COMAR sebagai kerangka kerja konfigurasi. Mulai Pardus 2013, Pardus menjadi berbasis Debian.
PelicanHPC Distribusi untuk membuat kluster komputer.[96]
Raspberry Pi OS Distribusi untuk desktop, sebelumnya bernama Raspbian. Distribusi ini dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation sebagai OS resmi dari komputer satu papan mereka.
Sacix Distribusi Debian Pure Blend yang awalnya dibuat untuk mendukung proyek telecentre di kota São Paulo, Brazil.
Skolelinux Distribusi Linux dari Norwegia, sekarang menjadi dasar Debian EDU. Distribusi ini merupakan distribusi klien tipis untuk sekolah.[97]
Slax (sejak versi 4) Distribusi Linux ringan untuk komputr bertenaga rendah. Distribusi ini bisa dijalankan dari RAM, Live CD, USB ataupun Hard drive. Sebelumnya distribusi ini berbasis Slackware.
SolydXK Desktop Xfce dan KDE yang berfokus pada kestabilan, keamanan dan kemudahan penggunaan.[98]
SparkyLinux Distribusi Linux berbasis Debian yang menyediakan sistem operasi siap pakai dan ditargetkan kepada pengguna komputer yang ingin mengganti OS proprietary mereka dengan OS sumber terbuka.
SteamOS Distribusi berfokus permainan yang dikembangkan oleh Valve dan dirancang untuk platform distribusi digital Steam.
Sunwah Linux Distribusi Linux berbahasa Tionghoa.[99]
Symphony OS Distribusi yang dikenal karena lingkungan desktop Mezzo. Versi sebelumnya didasarkan pada Knoppix.[100]
The Amnesic Incognito Live System (TAILS) Distribusi yang memiliki sasaran menjaga privasi dan anonimitas, dengan semua koneksinya harus melalui Tor.[101]
TurnKey GNU/Linux Proyek sumber terbuka yang mengembangakan kumpulan perabot berbasis Debian.[102] Based on Debian since 2012; previously based on Ubuntu.
Univention Corporate Server Distribusi perusahaan dengan infrastruktur IT dan sistem manajemen identitas terpadu yang dibuat oleh perusahaan Univention GmbH, Jerman. Versi penuh bagi 5 pengguna untuk uji coba dan untuk penggunaan pribadi bisa diunduh secara gratis.[103]
Webconverger Distribusi khusus untuk menjelajah web, mirip dengan Google Chrome OS, tetapi menggunakan Firefox dan dwm, tidak perlu pendaftaran, tidak perlu perangkat keras khusus dan dirancang untuk tempat-tempat umum.[104]
Vyatta Sistem operasi jaringan komersial dan sumber terbuka yang menyediakan perute, dinding api, VPN, dan lain-lain. Dirancang sebagai pengganti Cisco.[105]
VyOS Plarform perute gratis.

Berdasar MEPIS[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
antiX Distribusi yang relatif ringan dan bisa dipakai komputer lama, tetapi juga menyediakan kernel dan aplikasi terkini.
MX Linux OS dengan beban medium yang didasarkan pada Debian Stable dengan komponen inti dari antiX dan perangkat lunak tambahan yang dibuat atau dipaket oleh komunitas MX.[106]

Berdasar Knoppix[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Knoppix

Knoppix adalah distribusi yang didasarkan pada Debian. Knoppix merupakan distribusi live, dengan konfigurasi perangkat lunak otomatis dan pilihan perangkat lunak yang besar, yang diekstrak ketika dimuat dari drive.[107]

Distribusi Deskripsi
Damn Small Linux Distribusi Linux kecil yang dirancang agar bisa dijalankan oleh perangkat keras yang tua. Biasanya digunakan di mesin virtual karena memerlukan memori yang sedikit.[108]
Feather Linux Distribusi yang menggunakan pendeteksi perangkat keras menyerupai Knoppix dan manajer jendela Fluxbox. Distribusi ini bisa dibut dari CD atau diska lepas USB.[109]
Hikarunix Distribusi untuk bermain permainan Go.[110]

Berdasar Pacman[sunting | sunting sumber]

Pacman adalah manajer paket yang mampu mengurus dependensi serta mengunduh dan memasang semua paket yang diperlukan.

Distribusi Deskripsi
ArchBang Distribusi berbasis Arch Linux dan menggunakan Openbox sebagai manajer jendela standar.
Arch Linux Distribusi yang dioptimalkan untuk x86-64 dan ditargetkan kepada pengguna berpengalaman. Arch dijalankan dengan sistem rilis bergulir dan menggunakan utilitas Pacman untuk manajemen paket.
Artix Linux Distribusi berbasis Arch Linux, tetapi menggunakan OpenRC, Runit atau s6 untuk inisialisasi sistem bukannya systemd.
ArchLabs Distribusi berbasis Arch Linux dengan pemasang sistem AL-Installer.
BlackArch OS berbasis Arch Linux yang dirancang untuk menguji keamanan dan melakukan uji penetrasi.
Chakra Linux Distribusi yang awalnya berdasar Arch Linux, dengan fokus pada perangkat lunak KDE dan Qt.
EndeavourOS Distribusi berbasis Arch Linux yang merupakan penerus Antergos.
Frugalware Linux Distribusi Linux yang dirancang bagi pengguna yang berpengalaman menggunakan baris perintah. Distribusi ini dipengaruhi oleh Slackware, dan menggunakan versi pacman yang telah diubah, Pacman-G2, sebuah fork dari versi cvs dari Pacman-G1 oleh Aurelien Foret (Pacman-G1 monolitis yang lama ditulis oleh Judd Vinet). Paketnya berupa arsip tar yang dimampatkan menggunakan xz.[111]
Hyperbola GNU/Linux-libre Sistem operasi untuk i686 dan x64, turunan dari Arch dan Debian tanpa pemacu peranti milik perorangan, tanpa dukungan untuk systemd dan dengan OpenRC sebagai sistem init standarnya. Tidak seperti Arch, Hyperbola menggunakan model dukungan jangka panjang seperti Debian.
LinHES LinHES (Linux Home Entertainment Server) dirancang untuk digunakan di PC teater rumah, menyediakan aplikasi untuk merekam TV dan menjadi pusat suara dan video.
Manjaro Distribusi berdasar Arch Linux, menggunakan repositorinya sendiri dan menggunakan Xfce, KDE, GNOME, atau CLI sebagai lingkungan desktop.
Parabola GNU/Linux-libre Sistem operasi turunan Arch yang menggunakan kernel Linux-libre tanpa pemacu peranti milik perorangan, ditambah paket tambahan lainnya. Selain untuk i686 dan x64, paketnya juga dibuat untuk ARMv7.

Berdasar Gentoo[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Gentoo

Gentoo adalah distribusi yang dirancang agar memiliki perangkat lunak yang performanya optimal dan sering diperbarui.[112] Distribusi yang berdasar Gentoo menggunakan sistem manajemen paket Portage dengan emerge[113] atau salah satu manajer paket alternatif.

Distribusi Deskripsi
Calculate Linux Calculate Linux adalah keluarga distribusi-distribusi yang dioptimalkan untuk digunakan di lingkungan perusahaan.
Chrome OS[114] Chrome OS[115] digunakan di berbagai Chromebook, Chromebox dan komputer tablet. OS ini utamanya berbasis Internet, menjalankan setiap aplikasi di dalam peramban Chrome. OS ini menggunakan antarmuka pengguna yang lebih mirip dengan Chrome daripada dengan lingkungan desktop lainnya.
Chromium OS Chromium OS adalah sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang dirancang untuk menjalankan aplikasi web dan menjelajahi Waring Wera Wanua. OS ini merupakan versi pengembangan dari Chrome OS, sebuah distribusi Linux yang dibuat oleh Google.
Container Linux Distribusi Linux oleh CoreOS yang dirancang untuk kluster komputer dengan pembaruan FastPatch.
Pentoo Live CD untuk uji penetrasi.
Sabayon Linux Distribusi dari Italia yang memiliki filosofi "out of the box", jadi pengguna bisa memeroleh berbagai aplikasi yang siap digunakan serta sistem operasi yang sudah dikonfigurasi. Seperti Gentoo, Sabayon menggunakan rilis bergulir; dan selain menggunakan Portage, Sabayon menggunakan manajer paket khusus yang bernama Entropy.
SystemRescueCD Distribusi untuk memperbaiki sistem komputer yang tidak bisa dijalankan.
Ututo Distribusi dari Argentina dan merupakan distribusi pertama yang diakui GNU Project sebagai sistem yang sepenuhnya bebas.

Berdasar Slackware[sunting | sunting sumber]

Pohon keluarga Slackware

Slackware dikenal sebagai distribusi yang menekankan kemudahanan perawatan daripada perangkat lunak terbaru dan peralatan otomatis. Slackware biasanya dianggap sebagai distribusi bagi pengguna berpengalaman.

Distribusi Deskripsi
Absolute Linux Distribusi Linux ringan berdasar Slackware.
Austrumi Linux Live CD kecil yang dijalankan dari RAM.
Frugalware Linux Distribusi Linux yang dirancang bagi pengguna yang berpengalaman menggunakanb baris perintah. Versi awalnya berdasar Slackware, tetapi sekarang merupakan distribusi yang dikembangkan secara terpisah.
KateOS Distribusi untuk pengguna berpengalaman yang menggunakan paket TGZex (.tgz). Distribusi ini tidak lagi dikembangkan.
MuLinux Distribusi Linux berbasis disket yang dimaksudkan untuk komputer yang sangat tua.
NimbleX Distribusi ringan yang bisa disesuaikan di situs web NimbleX. Distribusi ini tidak lagi memproduksi versi baru.
Platypux Distribusi Linux dari Perancis.
Salix OS Fork dari Zenwalk yang sepenuhnya kompatibel mundur dengan Slackware. Distribusi ini menggunakan Xfce, KDE, LXDE, Fluxbox atau Ratpoison sebagai lingkungan desktop standar. Salix OS tersedia dalam versi 32 dan 64-bit, serta versi Live CD.
Sentry Firewall Distribusi untuk dinding api, peladen, atau sistem deteksi intrusi.
Slackintosh Port Slackware untuk arsitektur PowerPC.
Slax Distribusi live CD yang awalnya berdasar Slackware. Sejak Slax 9, Slax berganti menjadi berdasar Debian.
SuperGamer Distribusi Live DVD yang berfokus pada permainan video
Topologilinux Distribusi yang dirancang untuk dijalankan di dalam Microsoft Windows, Topologilinux bisa dipasang tanpa mengubah cakram keras. Distribusi ini sudah tidak diperbarui lagi.
VectorLinux Distribusi Linux ringan yang cocok untuk perangkat keras lama.
Zenwalk Distribusi ringan yang awalnya berdasar Slackware, kompatibilitasnya dengan Slackware masih dijaga.
ZipSlack Versi arsip ZIP dari Slackware, dirancang agar ringan dan portabel.

Berdasar Slax[sunting | sunting sumber]

Distribution Description
DNALinux Distribusi Linux yang dirancang untuk menjalankan perangkat lunak bioinformatika, seperti BLAST dan EMBOSS.
Porteus Distribusi Linux portabel yang dijalankan dari live CD atau USB.

Berdasar sumber[sunting | sunting sumber]

Distribusi Deskripsi
Linux From Scratch Distribusi dan buku cara membangun GNU/Linux dari kode sumbernya serta cara menbutstrap sumber rantai peralatan GNU.
Lunar Linux Distribusi di mana semua paket dibangun dari sumber. Bisa dipandang sebagai kerangka kerja Linux from Scratch.
GNU Guix System Distribusi yang dibangun dari manajer paket GNU Guix, yang menyediakan manajemen paket murni fungsional dengan pembangunan otomatis, pembangunan terisolasi, pembaruan dan pengembalian sistem mudah, dan penekanan pada perangkat lunak bebas.[116]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Distribusi-distribusi berikut tidak bisa digolongkan ke dalam kategori-kategori di atas

Distribusi Deskripsi
Alpine Linux Distribusi Linux ringan berorientasi keamanan yang berdasar musl dan BusyBox. Distribusi ini diturunkan menjadi postmarketOS yang dirancang untuk peranti bergerak.
Android Sistem operasi peranti bergerak yang dibeli dan sekarang dikembangkan oleh Google, berdasar kernel Linux yang diubah oleh Google dan dirancang utamanya untuk peranti bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan tablet.[117]
Billix Peralatan administrasis sistem live CD atau live USB yang mampu memasang distribusi manapun yang dimasukkan.
CRUX Distribusi Linux ringan, dioptimalkan untuk x86-64, dan ditargetkan kepada pengguna berpengalaman. Distribusi ini menggunakan sistem paket sederhana yang berdasar pada tar.xz, initscript bergaya BSD.
CyanogenMod/CyanogenOS Sistem operasi sumber terbuka yang telah dihentikan untuk peranti bergerak, berdasar pada platform peranti bergerak Android.
DD-WRT Distribusi berbasis Linux untuk dinding api dan perute nirkabel
Dragora GNU/Linux-Libre Distribusi Linux yang ditulis seluruhnya dari kosong[118] dan memiliki beberapa kemiripan dengan Slackware. Distribusi ini dinilai oleh GNU Project sebagai sistem operasi bebas.[119]
ELinOS Distribusi Linux untuk sistem tertanam oleh SYSGO. ELinOS berfokus pada penerapan industri dan menyediakan ekstensi waktu nyata.
Fire OS Sistem operasi peranti bergerak berdasarkan Android yang diproduksi oleh Amazon untuk Fire Phone dan tablet Kindle Fire, Echo dan Echo Dot, dan perangkat lainnya seperti Fire TV.
Firefox OS Sistem operasi sumber terbuka yang telah dihentikan–dibuat untuk telepon pintar, tablet dan TV pintar–dirancang oleh Mozilla dan kontributor dari luar.
fli4l Distribusi Linux untuk perute dan dinding api dari Jerman.[120]
Foresight Linux Distribusi rilis bergulir yang dibangun berpusat pada manajer paket Conary.
GeeXboX Distribusi Live CD pusat media, utamanya untuk menjalankan berkas video di teater rumah.
GNU Guix System Distribusi Linux deklaratif dengan pembaruan dan pengembalian atomik yang dibangun di atas manajer paket GNU Guix.
GoboLinux Distribusi Linux alternatif dengan hierarki sistem berkas yang berbeda, di mana semua hal yang dipasang untuk suatu aplikasi berada dalam satu direktori /Programs, dan menggunakan sysmlink dari /System dan subdirektorinya agar mengarah ke berkas yang sebenarnya.
Jlime Distribusi Linux untuk platform Jornada 6xx dan 7xx HP dan MobilePro 900(c) NEC.
KaiOS Sistem operasi peranti bergerak yang berdasarkan Linux, dikembangkan oleh KaiOS Technologies, perusahaan yang berpusat di Hong Kong.
Lightweight Portable Security (LPS)[121] Distribusi yang dibuat oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat yang seluruhnya dibut dari RAM
LineageOS Sistem operasi bebas dan sumber terbuka untuk telepon pintar, komputer tablet, dan set-top box, berdasarkan platform peranti bergerak Android.
Linux Router Project Distribusi kecil untuk jaringan, sekarang telah dihentikan.
MCC Interim Linux Salah satu distribusi Linux yang pertama dibuat, dibuat oleh Manchester Computing Centre pada Februari 1992.
MeeGo Distrbusi Linux tidak berlanjut yang dihos oleh Linux Foundation, menggunakan kode sumber dari sistem operasi Moblin (dibuat oleh Intel) dan Maemo (dibuat oleh Nokia).
MkLinux Distribusi Linux warisan untuk sistem PowerPC yang menjalankan kernel Linux sebagai peladen di atas mikrokernel Mach.
MontaVista Linux Distribusi tertanam yang dibuat oleh MontaVista Software
Nitix Distribusi yang dikembangkan oleh Net Integration Technologies Inc. dan diklaim sebagai sistem operasi peladen berbasis kernel Linux otonom pertama.
NixOS Distribusi Linux deklaratif yang dibangun di atas manajer paket Nix.
OpenWrt Distribusi Linux untuk perute dan dinding api, serta sistem tertanam lainnya.
paldo Sistem operasi desktop dengan manajer paket upkg dan format rilis bergulir.
Prevas Industrial Linux Distribusi Linux untuk sistem tertanam yang dibuat oleh Prevas.
PS2 Linux Distribusi Linux dari Sony Computer Entertainment yang dirilis secara resmi untuk menggunakan konsol permainan PlayStation 2 sebagai komputer pribadi.
Puppy Linux Distribusi Linux kecil dan ringan, bisa berjalan dalam RAM, yang berfokus pada kemudahan penggunaan.
Replicant Sistem operasi bebas berdasar Android yang bertujuan mengganti semua komponen milik perorangan Android dengan perangkat lunak bebas.
rPath Distribusi yang dibangun berpusat pada manajer paket Conary. Sekarang distribusi ini sudah dihentikan.
Sailfish OS Sistem operasi berbasis Linux yang berdasar pada proyek sumber terbuka seperti Mer dan mengandung UI sumber tertutup. Proyek ini dikembangkan oleh perusahaan Finlandia Jolla.
SliTaz Distribusi ringan berbasis komunitas, cocok digunakan di perangkat keras lama dan sebagai Live CD atau Live DVD.
Smallfoot Distribusi sistem tertanam yang dikembangkan oleh Santa Cruz Operation (SCO UNIX / SCO Group), sebelumnya Caldera International dan Caldera Systems.
SmoothWall Distribusi Linux perute dan dinding api.
Softlanding Linux System Salah satu distribusi Linux terawal, dikembangkan selama 1992–1994; Slackware awalanya berdasarkan distribusi ini.
Solus Distribusi Linux desktop yang menyediakan lingkungan desktop Budgie, GNOME, MATE dan KDE Plasma, dan manajemen paket eopkg.
Source Mage Distribusi Linux berbasis kode sumber, diturunkan dari Sorcerer.
Thinstation Distribusi Linux untuk klien tipis.
Tinfoil Hat Linux Distribusi Linux yang berfokus pada keamanan dan dikembangkan oleh The Shmoo Group.
Tiny Core Linux Sistem operasi minimalis yang berfokus pada menyediakan sistem dasar dengan BusyBox, FLTK dan perangkat lunak minimalis lainnya.
Tizen Sistem operasi peranti bergerak berbasis Linux yang didukung oleh Linux Foundation tetapi dikembangkan dan utamanya digunakan oleh Samsung Electronics
tomsrtbt Distribusi Linux disket yang sangat kecil.
Void Linux Distribusi Linux yang menggunakan manajer paket X Binary Package System (XBPS), yang dirancang dan diimplementasikan dari kosong, dan menggunakan runit sebagai sistem init.
Yggdrasil Linux/GNU/X Salah satu distribusi Linux tertua, tidak diperbarui sejak 1995.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eckert, Jason W. (2012). Linux+ Guide to Linux Certification (edisi ke-Third). Boston, Massachusetts: Cengage Learning. hlm. 33. ISBN 978-1111541538. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 9, 2013. Diakses tanggal April 14, 2013. The shared commonality of the kernel is what defines a system's membership in the Linux family; the differing OSS applications that can interact with the common kernel are what differentiate Linux distributions. 
  2. ^ "Twenty Years of Linux according to Linus Torvalds". ZDNet. April 13, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 19, 2016. Diakses tanggal September 19, 2016. 
  3. ^ Linus Benedict Torvalds (October 5, 1991). "Free minix-like kernel sources for 386-AT". comp.os.minix. (Web link). Diambil pada September 30, 2011.
  4. ^ Berlich, Ruediger (2001). "ALL YOU NEED TO KNOW ABOUT... The early history of Linux, Part 2, Re: distribution" (PDF). LinuxUser. Diakses tanggal 4 May 2013. 
  5. ^ Singh, Karanbir (7 January 2014). "[CentOS-announce] CentOS Project joins forces with Red Hat". Diakses tanggal 2020-08-09. 
  6. ^ "DistroWatch.com: Fermi Linux". distrowatch.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  7. ^ "Current 12-18 Month Community Objectives :: Fedora Docs Site". docs.fedoraproject.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-16. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  8. ^ "DistroWatch.com: EnGarde Secure Linux". distrowatch.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  9. ^ "DistroWatch.com: Trustix Secure Linux". distrowatch.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-25. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  10. ^ "Ubuntu Manpage: deb - Debian binary package format". Manpages.ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-07. Diakses tanggal 2013-07-05. 
  11. ^ "Ubuntu Manpage: dpkg - package manager for Debian". ManPages.Ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-07. Diakses tanggal 2013-07-05. 
  12. ^ "BackTrack Linux - Penetration Testing Distribution". www.backtrack-linux.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-30. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  13. ^ "Kali Linux Has Been Released!". 2013-03-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-09. Diakses tanggal 2013-03-18. 
  14. ^ "Our Most Advanced Penetration Testing Distribution, Ever". www.kali.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-04-02. Diakses tanggal 2013-03-28. 
  15. ^ "Parsix website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-07. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  16. ^ "GNU.org". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-16. 
  17. ^ "FSF adds PureOS to list of endorsed GNU/Linux distributions — Free Software Foundation — working together for free software". www.fsf.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-22. Diakses tanggal 2019-07-19. 
  18. ^ "DistroWatch.com: PureOS". distrowatch.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-06. Diakses tanggal 2019-07-19. 
  19. ^ "PureOS: One Linux for both PCs and smartphones". www.zdnet.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-25. Diakses tanggal 2019-07-19. 
  20. ^ "архив". old.computerra.ru (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2019-11-21. 
  21. ^ "Home - FSTEC Russia". fstec.ru. Diakses tanggal 2019-11-21. 
  22. ^ "Сертификаты соответствия". 2018-03-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-03-04. Diakses tanggal 2019-11-21. 
  23. ^ "About Ubuntu". Ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-21. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  24. ^ "About Ubuntu Derivatives". Ubuntu. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 14, 2012. Diakses tanggal August 19, 2012. 
  25. ^ "Kubuntu - Friendly Computing". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  26. ^ Smart, Chris (May 2009). "Another day, another Ubuntu derivative". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-14. Diakses tanggal 2009-05-21. 
  27. ^ LXDE (February 2009). "Lubuntu? LXDE Meet up with Mark Shuttleworth in Berlin". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-14. Diakses tanggal 2009-05-21. 
  28. ^ "lubuntu". lubuntu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-21. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  29. ^ Sneddon, Joey (1 March 2015). "Ubuntu 15.04 Beta Available to Download, Ubuntu MATE Is Now An Official Flavor". OMG Ubuntu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 March 2015. Diakses tanggal 1 March 2015. 
  30. ^ "Ubuntu Server - for scale out workloads - Ubuntu". www.ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-23. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  31. ^ "Ubuntu Studio". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-07. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  32. ^ "Xubuntu". xubuntu.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  33. ^ "Edubuntu". www.edubuntu.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-10-13. Diakses tanggal 2005-10-15. 
  34. ^ "Gobuntu - Ubuntu Wiki". wiki.ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-28. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  35. ^ "Mythbuntu". www.mythbuntu.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-30. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  36. ^ Ubuntu for Android website Diarsipkan 2012-02-23 di Wayback Machine.
  37. ^ Tim. "Ubuntu GNOME approved as official flavour - Ubuntu GNOME". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-02. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  38. ^ "Ubuntu GNOME - An official flavor of Ubuntu, featuring the GNOME desktop environment". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-06. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  39. ^ "JeOS - Community Help Wiki". help.ubuntu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-23. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  40. ^ "Ubuntu to announce its mobile Linux in June". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-05. Diakses tanggal 2009-03-23. 
  41. ^ Ubuntu TV website Diarsipkan 2012-11-27 di Wayback Machine.
  42. ^ "Homepage". BackBox.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  43. ^ "BackSlash Linux - Free Operating System". www.backslashlinux.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-03. Diakses tanggal 2018-20-18. 
  44. ^ "Welcome". 10 August 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 December 2018. Diakses tanggal 23 December 2018. 
  45. ^ "Which Linux Chrome OS Clone is Right For You?". Linux.com - The source for Linux information. 17 July 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 July 2018. Diakses tanggal 16 July 2018. 
  46. ^ "Chromixium Adds Polish to Chrome - Reviews - LinuxInsider". www.linuxinsider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-15. Diakses tanggal 2018-07-16. 
  47. ^ "Cub Linux Is a Worthy Chromixium Offspring - Reviews - LinuxInsider". www.linuxinsider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-15. Diakses tanggal 2018-07-16. 
  48. ^ "dyne:bolic website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-10. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  49. ^ "EasyPeasy website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-26. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  50. ^ "Aurora website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-30. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  51. ^ Element OS website Diarsipkan November 21, 2012, di Wayback Machine.
  52. ^ Inc, elementary. "The fast, open, and privacy-respecting replacement for Windows and macOS ⋅ elementary OS". elementary.io. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  53. ^ "Emmabuntus:Community portal/en - Emmabuntus". emmabuntus.sourceforge.io. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  54. ^ Lynch, Jim (2015-11-12). "GalliumOS Linux beta released for Chromebooks and Chromeboxes". InfoWorld (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-29. 
  55. ^ Jolicloud. "Jolicloud". Jolicloud. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-21. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  56. ^ "Linux Schools - Linux Schools". www.linuxschools.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-08. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  57. ^ Lunduke, Bryan. "KDE's new Linux distro KDE Neon: Terrible idea, or simply a mistake?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-03. Diakses tanggal 2019-07-05. 
  58. ^ "Linux Lite Easy to Use Free Linux Operating System". www.linuxliteos.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-26. Diakses tanggal 2016-03-26. 
  59. ^ Drifter, Carlos Porto of Design. "Main Page - Linux Mint". linuxmint.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-30. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  60. ^ "Home: LinuxMCE home automation". www.linuxmce.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-03. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  61. ^ LinuxTLE website Diarsipkan 2005-09-13 di Wayback Machine.
  62. ^ "Mestre a casa - - LliureX - LliureX". mestreacasa.gva.es. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-07. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  63. ^ "MAX website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-05-27. Diakses tanggal 2012-11-30. 
  64. ^ "Molinux website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-04-25. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  65. ^ "Netrunner". Netrunner. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-27. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  66. ^ "OpenGEU in Launchpad". launchpad.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-22. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  67. ^ "About Peppermint OS". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-03. Diakses tanggal 2010-09-05. 
  68. ^ "Pinguy OS - Because using a computer is meant to be easy!". www.pinguyos.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-16. Diakses tanggal 2011-12-17. 
  69. ^ "Sabily website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-29. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  70. ^ "Trisquel GNU/Linux - Run free!". trisquel.info. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  71. ^ "UberStudent - Linux for Learners". www.uberstudent.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-02. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  72. ^ Evangelho, Jason (12 May 2020). "A Surprising New Remix Of Ubuntu 20.04 Brings Unity Back To Life". Forbes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 June 2020. Diakses tanggal 20 June 2020. 
  73. ^ Saravia, Diego. "Ututo–Home". ututo.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 August 2018. Diakses tanggal 1 February 2017. 
  74. ^ "Vinux website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-20. Diakses tanggal 2013-04-27. 
  75. ^ "Zorin OS - About". Zorin OS. Zorin Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2019. Diakses tanggal 21 December 2018. 
  76. ^ (dalam bahasa Rusia) Astra Linux Diarsipkan 2018-06-04 di Wayback Machine.
  77. ^ "Indian Government's BOSS Operating System Set To Replace Windows, Ward Off Hackers". www.ibtimes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-22. Diakses tanggal 2019-07-22. 
  78. ^ "Canaima website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-30. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  79. ^ "The story of a failure (Corel) - OpenLife.cc". openlife.cc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-03. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  80. ^ CrunchBang Linux website Diarsipkan 2012-11-26 di Wayback Machine.
  81. ^ "The end. / News & Announcements / CrunchBang Linux Forums". CrunchBang Linux Forums. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-16. Diakses tanggal 2015-04-23. 
  82. ^ Stahie, Silviu (28 November 2014). "Fork Debian Project Announces the Systemd-less OS Devuan". Softpedia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 November 2014. Diakses tanggal 30 November 2014. 
  83. ^ "Emdebian Grip packages: A smaller Debian-compatible distro". emdebian.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-30. Diakses tanggal 2014-01-20. 
  84. ^ "Finnix". www.finnix.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  85. ^ "grml.org - Debian Live system / CD for sysadmins and texttool-users". grml.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-06. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  86. ^ Wiki Debian HandyLinux Debian Derivatives Census Diarsipkan 2016-01-03 di Wayback Machine.
  87. ^ "kanotix.com :: GNU Linux Live system based on Debian, optimized for HD-install and high performance". www.kanotix.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-27. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  88. ^ Borys Musielak. "polishlinux.org » Live CD". Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 May 2015. Diakses tanggal 26 May 2015. 
  89. ^ "LEAF — Linux Embedded Appliance Firewall". leaf.sourceforge.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-07. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  90. ^ "LiMux website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-02. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  91. ^ "maemo.org - maemo.org: Home of the Maemo community". maemo.org. 1 December 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 November 2012. Diakses tanggal 29 November 2012. 
  92. ^ "Home". Mint PPC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-13. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  93. ^ Musix GNU+Linux website Diarsipkan 2013-04-01 di Wayback Machine.
  94. ^ "nepalinux.org - Diese Website steht zum Verkauf! - Informationen zum Thema nepalinux". www.nepalinux.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-12. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  95. ^ "Apache2 Debian Default Page: It works". www.openzaurus.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2002-03-30. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  96. ^ "PelcianHPC". pelicanhpc.awict.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-17. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  97. ^ "DebianEdu - Debian Wiki". wiki.debian.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-29. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  98. ^ "SolydXK Community — English". solydxk.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-22. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  99. ^ Sunwah Linux website Diarsipkan 2012-09-11 di Wayback Machine.
  100. ^ "Symphony OS website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-10-29. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  101. ^ "Tails - Privacy for anyone anywhere". tails.boum.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-05. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  102. ^ "TurnKey GNU/Linux: 100+ free ready-to-use system images for virtual machines, the cloud, and bare metal". www.turnkeylinux.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  103. ^ "UCS Univention Corporate Server: easy-to-use IT operations". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-28. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  104. ^ "OPENSOURCE Web Kiosk software by Webconverger". webconverger.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-22. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  105. ^ Vyatta website Diarsipkan 2012-04-24 di Wayback Machine.
  106. ^ "MX Linux - MX Community". mxlinux.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-13. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  107. ^ "Knoppix Documentation Wiki". knoppix.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-07. Diakses tanggal 2012-11-18. 
  108. ^ "DSL information". www.damnsmalllinux.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-30. Diakses tanggal 2012-11-29. 
  109. ^ Feather Linux website Diarsipkan 2005-07-03 di Wayback Machine.
  110. ^ Hikarunix website Diarsipkan 2012-11-29 di Wayback Machine.
  111. ^ "About Frugalware". Frugalware Stable Documentation. Frugalware Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-27. Diakses tanggal 2011-09-11. 
  112. ^ "About Gentoo – Gentoo Linux". www.gentoo.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-21. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  113. ^ "Gentoo X86 Handbook - Gentoo Wiki". wiki.gentoo.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-16. Diakses tanggal 2018-12-23. 
  114. ^ "Chromium OS Developer Guide". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2015. Diakses tanggal January 29, 2015. 
  115. ^ "Chromium Project FAQ". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-19. Diakses tanggal 2018-06-20. 
  116. ^ Guix, GNU's advanced distro and transactional package manager, diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-18, diakses tanggal 2018-09-17 
  117. ^ Vaughan-Nichols, Steven J. "Debunking four myths about Android, Google, and open-source | ZDNet". ZDNet (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-11-08. Diakses tanggal 2017-11-24. 
  118. ^ Bruce Byfield: Eight Completely Free Linux Distros (And One More) Diarsipkan 2012-01-18 di Wayback Machine. earthweb.com, 2011.
  119. ^ List of Free GNU/Linux Distributions - GNU Project, Free Software Foundation, diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-14, diakses tanggal 2014-12-15 
  120. ^ "fli4l: News". www.fli4l.de. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-12. Diakses tanggal 2012-12-05. 
  121. ^ "Software Protection Initiative - Main". Spi.dod.mil. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-29. Diakses tanggal 2013-07-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]