Daftar Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara
Icon website IKN.png
Bambang Susantono official portrait.png
Petahana
Bambang Susantono

sejak 10 Maret 2022
Otorita Ibu Kota Nusantara
Masa jabatan5 tahun
Dibentuk10 Maret 2022 (2022-03-10)
Pejabat pertamaBambang Susantono
Situs webikn.go.id

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara adalah kepala pemerintahan di Ibu Kota Nusantara yang dipilih dan dilantik oleh Presiden Indonesia dengan kedudukan pejabat setingkat menteri.[1] Sehingga, kepala otorita juga merupakan anggota kabinet.

Merujuk pada pasal 1 ayat 10 UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, Kepala Otorita IKN memiliki kedudukan yang setingkat dengan menteri yang akan ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh Presiden setelah melakukan konsultasi dan berunding dengan DPR.

Sama halnya dengan masa jabatan pemimpin wilayah administrasi yang lain, Kepala Otorita IKN dan Wakilnya memegang masa jabatan selama lima tahun. Masa jabatan itu terhitung sejak pertama kali dilantik oleh Presiden. Namun, keduanya bisa ditunjuk kembali dalam lama waktu masa jabatan yang sama dan bisa diberhentikan sewaktu-waktu oleh Presiden sebelum masa jabatan berakhir.

Merinci soal tugas dan jabatan seorang Kepala Otorita IKN tercantum dalam Pasal 11 ayat 1 dan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). Namun, secara garis besar Kepala dan Wakil Kepala Otorita bertanggung jawab dan berhak melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN.

Selain itu, Otorita IKN juga berwenang untuk memberikan izin investasi, kemudahan usaha, serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangkaian kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara Nusantara. Keduanya juga bertanggungjawab dalam pengembangan IKN dengan daerah mitra.[2]

Daftar[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan daftar Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara.

No. Potret Kepala Awal menjabat Akhir jabatan Masa jabatan   Partai Ref.
1 Bambang Susantono official portrait.png Bambang Susantono 10 Maret 2022 Petahana 262 hari Non Partisipan [3]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alfi, Azizah Nur (23 Februari 2022). Anggela, Ni Luh, ed. "Ketahui Apa Itu Kepala Badan Otorita IKN dan Tugasnya". Bisnis.com. Diakses tanggal 8 Maret 2022. 
  2. ^ Damayanti, Risma (2022-03-01). "Baru Dilantik, Apa Tugas Kepala Otorita IKN Nusantara?". Tempo.co. Diakses tanggal 2022-06-02. 
  3. ^ Ari Wibowo, Eko, ed. (10 Maret 2022). "Jokowi Resmi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN". Tempo.co. Diakses tanggal 14 Maret 2022.