D.C. II ~Da Capo II~

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Da Capo II
Sampul novel visual asli Da Capo II.
〜ダ・カーポII〜
(Da Kāpo II)
Permainan
PengembangCircus
PenerbitCircus
Kadokawa Shoten (PS2, PSP)
MangaGamer (Windows)
GenreEroge, Novel visual
PlatformWindows, PlayStation 2, PlayStation Portable
Rilis26 Mei 2006 (Windows, edisi terbatas)
Novel serial
PengarangCircus
PenerbitParadigm
Terbit12 Mei 200625 Juni 2007
Volume2
Manga
PengarangCircus
IlustratorSyo Ryuga
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahComptiq
DemografiSeinen
Terbit10 November 200610 September 2009
Volume5
Novel serial
PengarangTasuku Saika
PenerbitParadigm
Terbit24 November 200611 Oktober 2007
Volume7
Manga
Da Capo II: Imaginary Future
PengarangCircus
IlustratorTsukasa Uhana
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki G's Magazine
DemografiSeinen
TerbitMaret 2007Mei 2009
Volume5
Anime
SutradaraHideki Okamoto
SkenarioKatsumi Hasegawa
StudioFeel
Tayang 1 Oktober 2007 28 Juni 2008
Video animasi orisinal
T.P. Sakura - Time Paladin Sakura - Jikū Bōeisen
SutradaraTakehiro Nakayama
SkenarioNaoki Tozuka
MusikTatsuya Kato
StudioNomad
Tayang 27 Januari 2011 24 Februari 2011
Durasimasing-masing 24 menit
Episode2
Permainan lainnya
 Portal anime dan manga

Da Capo II (〜ダ・カーポII〜, Da Kāpo II, biasa disingkat D.C. II) adalah novel visual dewasa Jepang yang dikembangkan oleh Circus yang pertama kali dirilis pada 26 Mei 2006, untuk komputer Windows. Ini adalah bagian dari seri permainan Da Capo yang sedang berlangsung oleh Circus, dan merupakan sekuel langsung dari judul Circus sebelumnya Da Capo yang dirilis pada tahun 2002. Da Capo II digambarkan oleh Circus sebagai "petualangan romansa sekolah yang menggelitik (こそばゆい学園恋愛アドベンチャー, Kosobayui Gakuen Renai Adobenchā). Sebuah cakram kipas, Da Capo II: Spring Celebration, dirilis pada 27 April 2007, dan menampilkan cerita musim semi yang berlatar belakang akhir dari masing-masing enam pahlawan wanita Da Capo II. Port konsumen segala usia berjudul Da Capo II: Plus Situation yang berisi skenario tambahan dirilis untuk PlayStation 2 pada Mei 2008. Versi PlayStation 2 kemudian di-porting ke PC, berjudul Da Capo II : Plus Communication dan berisi adegan hentai yang ditemukan dalam rilis aslinya, pada bulan Desember 2008.

Ada banyak CD drama, dan dua set novel dan manga terpisah yang dibuat berdasarkan game aslinya. Adaptasi anime ditayangkan di Jepang antara bulan Oktober dan Desember 2007 di TV Aichi, dan juga disiarkan di jaringan lain. Musim kedua anime ditayangkan antara bulan April dan Juni 2008;[1] setiap musim anime berisi tiga belas episode dan diproduksi oleh Feel. Sekuel berlatar 20 tahun setelah berakhirnya Da Capo II, Da Capo III, dirilis pada 27 April 2012.

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Pohon Sakura di pulau kecil bernama Hatsunejima (Pulau Hatsune) selalu bermekaran setiap musimnya. Salah satunya ada sebuah Pohon Sakura yang dapat mengabulkan permintaan seseorang, meski tak semuanya. Ini adalah Pulau Hatsune 53 tahun setelah kisah Juun'ichi dan Nemu. Sang protagonis, Yoshiyuki Sakurai, adalah seorang cowok yang lahir dari keinginan Sakura kepada Pohon Sakura ajaib di Pulau Hatsune. Yoshiyuki tinggal bersama dengan Sakura, tepat di sebelah kediaman dua bersaudara cantik Asakura. Yakni Otome Asakura dan Yume Asakura. Juun'ichi juga memiliki banyak teman di sekolahnya, SMP Kazami. Yakni Koko Tsukishima, Nanaka Shirakawa, dan Wataru Itabashi. Keempatnya tergabung dalam satu band. Kemudian ada Minatsu Amakase, yang bukan manusia, Anzu Yukimura, Suginami, serta teman-temannya yang lain.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Original[sunting | sunting sumber]

Yoshiyuki Sakurai (桜内義之, Sakurai Yoshiyuki)
Seiyuu: Mikado Sumeragi, Rina Misaki (anak-anak), Shintaro Asanuma (Anime)
Protagonis dalam Da Capo II. Sebenarnya Yoshiyuki bukanlah manusia secara murni. Ia adalah permintaan yang diminta Sakura lewat Pohon Sakura ajaib di Pulau Hatsune. Namanya mengandung arti "Yoshiyuki lahir dari dalam Sakura". Seperti Jun'ichi dalam Da Capo, Yoshiyuki juga dapat membuat Wagashi (sejenis makanan manis) dengan sihirnya. Ia tinggal dengan Sakura di sebelah rumah kediaman Asakura. Yoshiyuki, Koko, Nanaka, dan Wataru terbentuk dalam sebuah band dengan Yoshiyuki sebagai gitarisnya.
Otome Asakura (朝倉音姫, Asakura Otome)
Seiyuu: Ai Hinaki, Ayahi Takagaki (Anime)
Salah satu heroine juga salah satu cucu Jun'ichi dan Nemu Asakura. Murid SMA Kazami dan anggota OSIS Akademi Kazami ini punya cara bicara yang bijaksana. Ia dipanggil 'Oto-nee' oleh Yoshiyuki dan memanggil 'Otouto-kun' pada laki-laki itu. Selain Sakura, ia juga satu-satunya orang yang tahu asal muasal Yoshiyuki, dan turut membantu pembetulan kerusakan pada Pohon Sakura. Diam-diam Otome menyukai Yoshiyuki.
Yume Asakura (朝倉由夢, Asakura Yume)
Seiyuu: Hijiri Kinomi, Yui Horie (Anime)
Adik kandung Otome, salah satu heroine game ini, juga salah satu cucu Jun'ichi dan Nemu Asakura. Ia satu tahun di bawah Yoshiyuki yang dipanggilnya 'Onii-san' itu. Ia dapat melihat masa depan lewat mimpinya karena darah magisnya. Pada season pertama animenya, Yume berteman akrab dengan Minatsu. Namun setelah kepergian Minatsu Yume sempat down dan menyendiri. Berbeda dari Otome, Yume menunjukan perasaan sukanya pada Yoshiyuki hampir sama dengan Nemu pada Jun'ichi. Terbukti pada ketika pertemuan keduanya ketika kecil Yume mengenalkan dirinya terlebih dahulu.
Nanaka Shirakawa (白河ななか, Shirakawa Nanaka)
Seiyuu: Myu Nonaka, Minori Chihara (Anime), Hitomi Nabatame (Da Capo II Plus Situation)
Teman seangkatan Yoshiyuki yang juga satu band dengannya sebagai vokal. Nanaka senang menyanyi, namun tidak di depan publik. Sama seperti Sakura pada Da Capo, ia dapat membaca pikiran orang karena permintaannya pada Pohon Sakura ajaib, namun hanya orang yang ia sentuh. Nantinya Nanaka juga menyukai Yoshiyuki. Namun ia tahu bahwa Yoshiyuki tidak menyukainya. Karena Yoshiyuki menganggap Nanaka sebagai sebatas teman saja.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

D.C. II ~Da Capo II~ merupakan game buatan Circus bagian Northen yang juga membuat Suika dan 4 game Da Capo mereka sebelumnya. Game ini diproduksi oleh Tororo, presiden Circus. Untuk bagian musik, mereka menyerahkannya pada Comet Nekono yang juga bagian dari Tororo. Game ini memiliki beberapa skenario. Kōta Takeuchi menangani skenario Anzu dan Minatsu. Tomoharu Amano menangani skenario Otome dan Yume. Mochizuki JET yang menangani skenario Nanaka dan Koko. Sedangkan artist dari game ini adalah Natsuki Tanihara yang menangani Sakura Yoshino, Yume Asakura, dan Minatsu Amakase. Mochi Chinochi menangani Koko Tsukishima dan Nanaka Shirakawa, Mitsumamu menangani Anzu Yukimura, dan Yuka Kayura menangani Otome Asakura.

Versi-Versi Da Capo II[sunting | sunting sumber]

  • Da Capo II (26 Mei 2006)

Versi original dari Da Capo II

  • The Spring Breeze's Ultimate Battle! (春風のアルティメットバトル, Harukaze no Arudimeto Batoru) (15 April 2007)

Game gratis buatan Circus yang merupakan prolog dari Da Capo II dan dapat didownload di official websitenya.

  • Da Capo II: Plus Situation (~ダ・カーポII~ プラスシチュエーション) (29 Mei 2008)

Versi Playstation 2 yang berating All Ages yang menjadikan Maya Sawai, Akane Hanasaki, and Mayuki Kōsaka sebagai heroine juga heroine baru seperti Erika Murasaki, Mahiru Takanashi, and Aishia (yang juga muncul pada Da Capo Plus Situation).

  • Circus Disc: Christmas Days (~サーカスディスク クリスマスデイズ~) (22 Desember 2006)

Fandisc dari Circus yang menggabungkan Da Capo, Da Capo II, Suika, dan Sukumizu 2.

  • C.D.C.D.2 (シーディーシーディー2) (25 Juli 2008)

Versi kedua C.D.C.D. ~Circus Disk Christmas Days~ yang diberi nama C.D.C.D. II ini menggabungkan Da Capo, Da Capo II, Eternal Fantasy, dan Homemaid.

  • Da Capo: Poker (~ダ・カーポーカー~) (29 Februari 2008)

Permainan kartu poker yang menggabungkan Da Capo dan Da Capo II.

  • Da Capo II Plus Communication

Versi rating +18 dari Da Capo II Plus Situation. Baru dirilis akhir 2008.

  • Da Capo II Spring Celebration

Fandisk dari Da Capo II. Menghadirkan pada heroine berbusana seperti Otome.

  • Da Capo II DVD Players Game

Telah menghadirkan Otome, Nanaka, Koko, dan Yume.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Da Capo II Second Season to Air in Japan in April". Anime News Network. December 25, 2007. Diakses tanggal December 25, 2007.