Kelompok D-8 Negara Berkembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari D-8)
Lompat ke: navigasi, cari

Templat:EngvarB

Kelompok D-8 Negara Berkembang (Bahasa Indonesia)
Berkas:Official logo for D-8 Organization for Economic Cooperation.png
Developing 8 countries.PNG
Members of D-8[1]
Tanggal pembentukan 1996
1997 (KTT)
Kantor pusat Istanbul, Turki
Jumlah anggota
Situs web www.developing8.org
Negara-negara anggota D-8

Kelompok D-8 Negara Berkembang (disingkat D-8, Developing 8 Countries) mencakup delapan negara berkembang yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam yang berkeinginan mempererat kerja sama dalam pembangunan. Delapan anggotanya mencakup Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, dan Turki.

Populasi gabungan dari delapan negara tersebut adalah sekitar 60% dari seluruh umat Islam, atau mendekati 13% populasi dunia. [2] Pada 2006, perdagangan antara negara anggota D-8 mencapai $35 miliar, dan jumlahnya sekitar $68 miliar miliar pada 2010. [3] Transaksi antara 8 negara berkembang mencapai 3.3 persen perdagangan dunia. Angka tersebut diproyeksikan mencapai 10-15 persen dalam beberapa tahun ke depan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Traktat pendirian ditandatangani di Istanbul, Turki, 15 Juni 1997 (disebut Traktat Istanbul), setelah didahului dengan pertemuan pemimpin. Pada pertemuan di Bali, 13-14 Mei 2006, kedelapan negara anggota menyepakati perjanjian perdagangan (Preferential Trade Agreement, PTA) untuk menurunkan bea tarif perdagangan di antara mereka.

Organ organisasi ini adalah KTT Kepala Negara dan Menteri, suatu Dewan (yang beranggotakan para menteri luar negeri), dan suatu Komisi (sebagai organ pelaksana perjanjian). Pertemuan tingkat tinggi kepala negara diadakan dua tahun sekali.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Seperti yang dinyatakan oleh D-8 Facts and Figure Publication: "Tujuan D-8 adalah untuk memperbaiki posisi negara-negara berkembang dalam ekonomi dunia, melakukan diversifikasi dan menciptakan peluang baru dalam hubungan perdagangan, meningkatkan partisipasi dalam pengembalian keputusan tingkat internasional, dan memberikan standar hidup yang lebih baik. Bidang kerjasama utama meliputi keuangan, perbankan, pembangunan pedesaan, sains dan teknologi, pengembangan kemanusiaan, pertanian, energi, lingkungan, dan kesehatan. [2]

Pada KTT pertama di Istanbul 1997, tujuan utama D-8 dinyatakan sebagai pembangunan sosio-ekonomi sesuai dengan prinsip-prinsip berikut:

  • Perdamaian bukan konflik
  • Dialog bukan konfrontasi
  • Kerjasama bukan eksploitasi
  • Keadlian bukan standar ganda
  • Demokrasi bukan penindasan

Dengan cara yang sama, D-8 adalah forum yang tidak berdampak buruk terhadap komitmeen bilateral dan multilateral negara-negara anggota, yang berasal dari keanggotaan mereka dari organisasi regional atau internasional lainnya.

Pertemuan KTT ke-8 di Bali tahun 2006, menghasilkan hal berikut, sebagai ilustrasi penerapan tujuan kelompok:

  • Komitmen untuk bekerjasama memecahkan masalah dispartias ekonomi di negara kita.
  • Menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerjasama di bidang energi untuk mengembangkan sumber energi alternatif dan terbarukan.
  • Menekankan pentingnya D-8 dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi negara-negara anggotanya dan memastikannya mempromosikan dunia global.[4]

Konfrensi Tingkat Tinggi[sunting | sunting sumber]

Tanggal Negara Tuan Rumah Pemimpin Tuan Ruah Lokasi KTT
1 Juni 1997  Turki Necmettin Erbakan Istanbul
2 Maret 1999  Bangladesh Sheikh Hasina Dhaka
3 Februari 2001*  Mesir Hosni Mubarak Kairo
4 Februari 2004*  Iran Mohammad Khatami Tehran
5 Mey 2006  Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Bali
6 Juli 2008  Malaysia Abdullah Ahmad Badawi Kuala Lumpur
7 Juli 2010  Nigeria Goodluck Jonathan Abuja
8 November 2013*  Pakistan Asif Ali Zardari Islamabad
9 Desember 2016  Iran Hassan Rouhani Tehran
10 Oktober 2017  Turki Recep Tayyip Erdoğan Istanbul

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The official website adopts the "G-15" orthography (with a hyphen) in order to distinguish an abbreviated reference to this group – contrasts with other similarly named entities.
  2. ^ a b "D8 ministerial summit opens today". Tehran Times. Diakses tanggal 23 Oktober 2017. 
  3. ^ "Iran pledges €50m to D8 fund". tehran times. Diakses tanggal 1 March 2010. 
  4. ^ "Purposes and Objectives of D-8". http://www.developing8.org/MissionStatement.aspx. Situs Resmi D-8. Diakses tanggal 23 Oktober 2017.