Sikatan besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cyornis concretus)
Sikatan besar
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. concretus
Nama binomial
Cyornis concretus
(Müller, 1835)
Sinonim

Stoparola concreta

Sikatan Besar (Cyornis concretus) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae. Burung ini ditemukan di Indonesia, Cina, India, Brunei, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran sekitar 19 cm dengan ketampakan gelap. Tubuh bagian atas burung jantan berwarna biru-tua dengan warna hitam pada sisi-kepala dan bulu terbang. Bagian dada berwarna hitam bergradasi menjadi putih pada bagian tungging. Burung betina berwarna cokelat; dengan pita putih lebar pada tenggorokan, perut dan penutup ekor bagian bawah juga berwarna putih. Tubuh bagian atas burung muda berwarna cokelat dengan bintik-bintik merah-karat; sedang tubuh bagian bawahnya bersisik hitam. Iris mata berwarna cokelat tua, paruh hitam, kaki abu-abu tua.

Persebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Burung ini hidup sendirian, menghuni tumbuhan bawah di hutan perbukitan dan pegunungan pada rentang ketinggian antara 300–1300 m, meski kadang dapat dijumpai di dekat daerah pesisir. Terdapat tiga ras dengan persebaran sebagai berikut:

  • cyaneus (Hume, 1877): ujung timur-laut India (Arunachal Pradesh timur, Assam selatan, Meghalaya timur, Mizoram), Myanmar bagian selatan dan barat-laut (Tenasserim), Cina bagian selatan (Yunnan selatan), Thailand bagian barat dan selatan, Laos bagian utara, dan Vietnam bagian utara (Tonkin ke selatan sampai Annam bagian tengah).
  • concretus (Statius Muller, 1836): Semenanjung Malaysia dan Sumatra bagian barat. Ciri: Terdapat bercak putih mencolok pada bagian ekor yang sering terkembang.
  • everetti (Sharpe, 1890): Kalimantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Cyornis concretus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.