Cyberdimension Neptunia: 4 Goddesses Online

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cyberdimension Neptunia: 4 Goddesses Online
PengembangCompile Heart
Tamsoft
Penerbit
SeriHyperdimension Neptunia
EngineUnreal Engine 4
PlatformPlaystation 4, Microsoft Windows
Tanggal rilisPlayStation 4
  • JP: 9 Februari 2017
  • NA: 10 Oktober 2017
  • PAL: 13 Oktober 2017
Microsoft Windows
  • WW: 28 Februari 2018
GenrePermainan peran, teka-teki
Modepemain tunggal, pemain jamak

Cyberdimension Neptunia: 4 Goddesses Online (四女神オンライン CYBER DIMENSION NEPTUNE, Yon Megami Onrain CYBER DIMENSION NEPTUNE, Four Goddesses Online: CYBER DIMENSION NEPTUNE) adalah permainan video RPG dari Jepang yang dikembangkan oleh Tamsoft dan diterbitkan oleh Compile Heart di Jepang dan Idea Factory di luar Jepang. Ini adalah permainan Hyperdimension Neptunia pertama yang menggunakan Unreal Engine 4, serta game spin-off pertama yang akan dirilis di PlayStation 4 alih-alih PlayStation Vita.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sebuah dunia yang dikenal sebagai Gamindustri (ゲイムギョウ界 Geimugyō-kai, ataupun ゲーム業界 Gēmu gyōkai) dilindungi oleh goddesses yang terdiri dari empat CPU (Console Patron Units) bseserta saudari mereka, yang merupakan kandidat CPU. Sebagian besar dari permainan berlangsung di dalam "4 Goddesses Online" sebuah MMORPG fiksi yang telah direferensikan di semua seri Hyperdimension Neptunia.

MMORPG tersebut berlatar di dunia fantasi bernama Alsgard, sebuah dunia yang luas yang dikelilingi oleh tanaman hijau dan laut yang indah.

Plot[sunting | sunting sumber]

Empat CPU mampu menerima kode akses awal untuk versi terbaru dari permainan video daring bernama "4 Goddesses Online", yang menggunakan bentuk nyata dari model CPU secara resmi. Setiap CPU kemudian melakukan login ke dalam permainan dengan motif mereka tersendiri.

Setelah memasuki permainan, mereka didekati oleh the guardian spirit, Bouquet, yang merupakan salah satu NPC yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Mereka diberitahu bahwa mereka adalah orang-orang terpilih yang bertugas untuk menyimpan Alsgard dari Raja Iblis Jester untuk membangkitkan empat Goddess legenda.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti sebelumnya, Tamsoft dalam membuat seri permainan ini hanya ada empat CPU, yaitu Neptune, Noire, Blanc, dan Vert, beserta saudari mereka (Nepgear, Uni, Ram dan Rom) yang merupakan satu-satunya karakter yang dapat dimainkan, bersama dengan empat goddess di bagian akhir dari cerita.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini pertama kali diumumkan pada bulan Maret 2016.[1] lalu pada bulan Maret 2017, ada pengumuman bahwa permainan ini akan dirilis pada bulan Oktober 2017 dalam versi Bahasa Inggris.[2]

Penerimaan dan penjualan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini laris terjual pada peringkat ke-tiga di Jepang selama debut minggu pertama, dengan terjual sebanyak 42.508 kopi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]