Curse of The Black Plague

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Curse of The Black Plague"
Singel oleh Deadsquad
dari album Catharsis
Dirilis31 Oktober 2021 (2021-10-31)
FormatMedia penyiaran
DirekamJanuari 2021
Genre
Durasi2:28
LabelSnakegoat Music
Komponis musikStevie Item
LirikusStevie Item
Produser
Kronologi singel Deadsquad
"Paranoid Skizoid"
(2021)
"Curse of The Black Plague"
(2021)
"Enigmatic Pandemonium"
(2022)
Video musik
Curse of The Black Plague di YouTube

"Curse of The Black Plague" adalah singel kedua karya band death metal Deadsquad selama tahun 2021, yang dipublikasikan melalui platform digital dipenghujung tahun. Singel ini merupakan rilis pertama Deadsquad formasi baru, dengan warna musik dan gaya vokal yang lebih variatif dibandingkan musikalitas sebelumnya. "Curse of The Black Plague" dirilis pada 31 Oktober 2021 melalui kanal Youtube resmi Deadsquad.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Deadsquad resmi menggaet vokalis Agustinus Widi pascahengkangnya Daniel Mardhany pada akhir Agustus 2021, menyusul bassis Welby Cahyadi tak lama kemudian. Posisi bass kemudian dilanjutkan oleh Shadu Rasjidi, sehingga Deadsquad digawangi oleh Stevie (gitaris), Karis (gitaris), Roy Ibrahim (drummer), Agustinus Widi (vokalis) dan Shadu Rasjidi (bassis).[1] Perubahan formasi ini tidak menghalangi band untuk menuntaskan penggarapan album keempat yang bertajuk Catharsis, dengan merilis "Curse of The Black Plague" terlebih dahulu. Singel ini mulai digarap sejak Oktober 2021 untuk mengejar tenggat perilisan sebelum 2022.[2][3]

Sebelum secara resmi dirilis, cuplikan penggarapan singel ini mulai diperdengarkan melalui media sosial resmi band sejak awal Oktober 2021.[4] Kemudian setelah rilis, Deadsquad menyelenggarakan acara tertutup yang hanya dihadiri oleh undangan terbatas, bertajuk Deadsquad Catharsis Listening Party pada 6 November 2021. Konsep acara ini merupakan pertunjukan langsung berupa konser tunggal dengan penampilan Deadsquad yang membawakan materi lagu dalam album Catharsis yang akan dirilis termasuk "Curse of The Black Plague", dengan memadukan tata suara serta tata cahaya yang atraktif.[5]

Konsep[sunting | sunting sumber]

"Curse of The Black Plague" ditulis oleh Stevie termasuk lirik yang diaransemen bersama Karis,[1] kemudian dieksekusi melalui musikalitas yang lebih ekstrem dan brutal dengan gaya vokal yang variatif disetiap bagian lagu, kemudian diiringi manuver gebukan blast-beat lebih rapat dengan tempo lebih cepat, yang merupakan racikan musikalitas death metal teknikal dengan kombinasi slamming dan deathcore. Pascaproses singel ini kemudian digarap oleh Christian Donaldson (Cryptopsy) untuk proses mixing dan masteringnya.[5]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Band[sunting | sunting sumber]

  • Agustinus Widi – vokalis
  • Karis – gitaris
  • Roy Ibrahim – drummer
  • Stevie Item – gitaris
  • Shadu Rasjidi – bassis

Produksi[sunting | sunting sumber]

  • Produser – Stevie Item dan Karis
  • Lirik – Stevie Item
  • Mastering dan mixing – Christian Donaldson

Nominasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nomine Hasil Rujukan
2022 AMI Awards Ke-25 Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik Curse of The Black Plague Nominasi [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bahar, Alvin (1 November 2021). "The New DeadSquad Hadir Dengan Warna Musik Baru, Rilis Lagu Bernuansa Deathcore 'Curse of The Black Plague'". Hai. Diakses tanggal 2 Februari 2022. 
  2. ^ Anggraini, Pingkan (28 Desember 2021). "Isyana Sarasvati Sangar Garap Ulang II Sogno Bareng DeadSquad". detikcom. Diakses tanggal 2 Februari 2022. 
  3. ^ Dewangkara, Raka (29 Desember 2021). "Lembar Baru Kolaborasi Isyana Sarasvati dan Deadsquad!". PopHariIni. Diakses tanggal 2 Februari 2022. 
  4. ^ Singh, Surej (27 Desember 2021). "Isyana Sarasvati and DeadSquad share brutal new version of 'Il Sogno'". NME (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2 Februari 2022. 
  5. ^ a b MK (26 November 2021). "Tonton Keseruan Listening Party Album Terbaru DEADSQUAD". Musikeras. Diakses tanggal 2 Februari 2022. 
  6. ^ Nurhaliza, Suci (14 September 2022). Ida Nurcahyani, Ida, ed. "Daftar lengkap nominasi Anugerah Musik Indonesia 2022". ANTARA News. Diakses tanggal 16 Oktober 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]