Cupcake Wars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cupcake Wars
Genre Acara memasak, acara realitas
Pembawa acara Justin Willman[1]
Juri Candace Nelson
Florian Bellanger
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Jumlah musim 8
Jumlah episode 81[2]
Produksi
Produser Adam Cohen
Cara Tapper
Joanna Vernetti
Durasi 1 jam
Siaran
Saluran asli Food Network
Periode siaran 13 Juni 2010–sekarang
Pranala luar
http://www.foodnetwork.com/cupcake-wars/index.html


Cupcake Wars adalah sebauah acara kompetisi-realitas Food Network yang dibawakan oleh Justin Willman berdasarkan gaya pembuatan kue mangkok (cupcake) yang unik dan profesional yang memulai siarannya pada Juni 2010. Selama musim 1-3, waktu tayang acara dilakukan pada hari Selasa pada pukul 8 malam EST, namun pada awal musim ke-4, waktu tayang berubah ke hari Minggu pada pukul 8 malam EST. [1] Acara ini juga menantang para kontestannya untuk membuat kue mangkok dengan bahan-bahan yang tidak biasa dengan tim pemenang mendapat USD $10,000. Setiap tim terdiri atas chef dan seorang sous-chef. Cupcake Wars memulai siaran untuk musimnya yang ke-8 pada 3 Maret 2013.

Babak[sunting | sunting sumber]

Dalam babak pertama, kontestan harus membuat sebuah kue mangkok hanya berdasarkan cita rasa dengan tema yang disesuaikan termasuk sebuah (atau lebih) bahan dalam waktu 45 menit. Contohnya, kue mangkok dengan tema kencan malam hari harus memuat berbagai bahan afrodisiak, seperti tiram, daun kemangi, cokelat murni atau sampanye. Pada babak ini satu dari 4 tim yang ada akan tereliminasi.

Babak kedua didasarkan pada cita rasa dan presentasi. Dalam 75 menit, para kontestan harus membuat 3 kue mangkok yang berbeda, masing-masing menampilkan rasa yang berbeda dengan presentasi yang luar biasa. Pada babak ini satu dari 3 tim yang ada akan tereliminasi.

Babak ketiga adalah yang paling sulit, dengan 2 tim yang tersisa membuat 1.000 kue mangkok hanya dalam 2 jam (awalnya 4 jam di episode pertama). Setiap tim dibantu dengan bantuan dari 5 orang tiap tim, yang terdiri dari satu tukang kayu dan empat asisten pembuat kue, untuk membuat etalase (display) pajang untuk kue mangkok dan membantu membuat kue mangkok untuk kontestan tersebut.

Tema[sunting | sunting sumber]

Acara ini mengundang pembuat kue mangkok dari seluruh Amerika Serikat untuk bersaing di 3 babak. Setiap episode memiliki tema. Beberapa tema yang digunakan sejauh ini seperti turnamen golf, perayaan ulang tahun, pesta yang berhubungan dengan cinta, acara penggalangan amal dan festival film.[2]

Dewan Juri[sunting | sunting sumber]

Dalam acara ini, terdapat 3 dewan juri dimana 2 diantaranya adalah juri tetap, satu juri lainnya adalah juri tamu yang disesuaikan dengan tema acara. Kedua dewan juri tetap tersebut diantaranya:

Juri yang ketiga, juri tidak tetap, adalah seorang bintang tamu khusus dan berhubungan dengan acara dimana kue mangkok dari pemenang pada episode tersebut akan dihidangkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Cupcake Wars". Food Network. 2010-05-26. Diakses 2013-07-21. 
  2. ^ a b Episode list
  3. ^ Candace Nelson biography
  4. ^ Florian Bellanger biography

Pranala luar[sunting | sunting sumber]