Cupang (ciuman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cupang
Nama lainGigitan cinta, tanda ciuman
Love bite.jpg
Cupang di leher

Cupang, gigitan cinta, atau tanda ciuman (bahasa Inggris: Hickey), memar atau bercak-bercak seperti memar yang disebabkan oleh ciuman, gigitan, atau isapan (sucking) di kulit, dan biasanya terdapat di daerah leher atau lengan. Cupang sangat mungkin untuk muncul bila seseorang melakukan ciuman yang sangat kuat ketika bercinta. Gigitan sangat memungkinkan untuk memunculkan cupang, sedangkan isapan cukup untuk memecahkan pembuluh darah keci di bawah kulit.

Cupang dapat bertahan selama 5 hingga 12 hari dan dapat terlihat seperti memar biasanya.[1] Cupang dapat pula disembuhkan seperti memar pada umumnya. Cara untuk mengurangi penampakan dari cupang di antaranya, yaitu mengompres cupang yang baru terbentuk dengan es untuk mengurangi pembengkakan, menggosok dan menekan dengan sendok dingin untuk menghilangkan memar, serta melakukan kompres hangat pada cupang yang sudah lama untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.[2] CUpang juga dapat ditutup dengan concealer atau bedak sesuai dengan warna kulit penderita, atau dengan pewarna kulit. Selain itu, pakaian seperti syal, snood, kaos berleher tinggi, atau pakaian berlengan panjang dapat pula digunakan untuk menutupi cupang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How Long Do Hickeys Last". ownarticles.com. April 15, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-20. 
  2. ^ Amar, Charu (2009-11-06). "Ouch! That's a lovebite!". Man-Woman Relationships. The Times of India. Diakses tanggal 2010-01-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi