Cumi-cumi jumbo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dosidicus gigas

Cumi-cumi jumbo (dosidicus gigas) atau dikenal dengan nama humboldt squid, merupakan makhluk yang bisa tumbuh dengan lebar hingga 1.5 meter (4.9 kaki) dan mampu merobek mangsanya menggunakan paruhnya hingga terpisah. Organ penghisapnya berada pada lengan yang berbaris membentuk jarum gigi tajam. Hewan ini memiliki 3 hati, berdarah biru, dan berkomunikasi melalui Bioluminesensi photophores di kulitnya. Pada beberapa kasus cumi-cumi jenis ini pernah menyerang penyelam.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

cumi-cumi jumbo tertangkap kamera di kedalaman 250 meter di California

Panjang cumi-cumi jumbo bisa mencapai 6 meter dengan berat hingga 100 pound, biasanya ditemukan pada kedalaman 200 to 700 m (660 to 2,300 kaki). Kulitnya bervariasi dari warna ungu hingga warna merah dan putih. Pada kulitnya terdapat kromatofora atau otot terikat yang memungkinkan cumi-cumi jumbo menghasilkan berbagai spektrum warna. Cumi-cumi jumbo memiliki dua sirip berbentuk berlian yang digunakan untuk berenang serta meluncur.[1]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Cumi-cumi jumbo berenang dengan kecepatan 3 sampai 15 mil per jam dan dapat mengeluarkan diri dari air dengan meluncur ke udara untuk menghindari predator. Hewan ini melakukan migrasi massal atau berkelompok yang bertujuan untuk bertahan hidup serta melakukan perkawinan pada musim semi.[2] Cumi-cumi ini banyak melakukan migrasi ke utara tepatnya di area Teluk California.

cumi - cumi raksasa tertangkap oleh nelayan di perairan California selatan

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar cumi-cumi ini menghabiskan hidupnya di kedalaman yang tidak aman untuk menyelam sehingga belum banyak penelitian mengenai cumi-cumi ini. Telur mereka pun belum pernah terlihat dan dijumpai di alam. Seperti kebanyakan cumi-cumi humboldt lainnya, jenis ini juga berkembang biak hanya sekali seumur hidup sehingga memungkinkan menjadi alasan mereka mudah punah.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Cumi-cumi jumbo bisa ditemui di Pasifik timur, mulai dari Tierra del Fuego utara hingga California.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.squid-world.com/humboldt-squid/
  2. ^ http://marinebio.org/species.asp?id=249
  3. ^ http://news.nationalgeographic.com/news/2015/01/150121-humboldt-jumbo-squid-crittercam-animal-ocean-science/