Cumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konfederasi Cuman–Kipchak

Desht-i Qipchaq
abad 10–1241
Cumania (Desht-i Qipchaq) c. 1200.
Cumania (Desht-i Qipchaq) c. 1200.
StatusKekhanan
Bahasa yang umum digunakan
Agama
Tengrisme
Sejarah 
• Didirikan
abad 10
• Dibubarkan
1241
Didahului oleh
Digantikan oleh
Kekhanan Kimek
Khazaria
Gerombolan Emas

Templat:Sejarah Turki pra abad ke-14

Bagian dari seri mengenai
Sejarah Rusia
Lambang Rusia
Flag of Russia.svg Portal Rusia

Cumania merupakan nama yang berasal dari bahasa Latin exonim untuk konfederasi Cuman-Kipchak, yang merupakan sebuah konfederasi Turki di bagian barat dari Stepa Eurasia, antara abad 10 - 13. konfederasi ini didominasi oleh dua suku nomaden Turki: para Cuman (juga dikenal sebagai Polovtsians atau Folban) dan Suku Kipchak. Rumania dikenal dalam sumber-sumber Islam sebagai Desht-i Qipchaq, yang berarti "Stepa of the Kipchaks"; atau "tanah asing yang melindungi Kipchaks", dalam bahasa Turki. Sumber Rusia menyebut Rumania sebagai "Polovtsian Stepa" (Poloveckaja Step), atau ("Polovcian Plain").[1]

Gerombolan Emas kadang disebut sebagai "Comania" oleh penulis sejarah Armenia, Hethum (Hayton) dari Korykos. "Rumania" juga merupakan sumber nama, atau nama alternatif, untuk beberapa wilayah yang lebih kecil - beberapa di antaranya tidak terhubung secara geografis ke wilayah federasi - di mana Cuman atau Kipchaks menetap, seperti wilayah bersejarah Kunság di Hongaria, dan bekas Keuskupan Katolik Roma di Rumania (di Rumania dan Hongaria). Hethum dari Korykos menggambarkan Rumania sebagai "seluruhnya datar dan tanpa pohon". Ibn Battuta dari Rumania berkata, "Hutan belantara ini hijau dan berumput tanpa pepohonan, tidak ada bukit, tinggi atau rendah ... tidak ada sarana untuk berpergian di gurun ini kecuali dengan gerobak." Orang kontemporer Battuta, Hamdallah Mustawfi, menjelaskan, "Ini adalah Clime Keenam, datarannya memiliki padang rumput yang sangat baik... tetapi di sini hanya ada beberapa rumah atau kota atau desa. Sebagian besar penduduknya adalah pengembara di dataran... Sebagian besar tanah di sini adalah rawa-rawa... Namun, padang rumputnya sangat bagus, kuda dan ternak sangat banyak, dan sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bumi. Iklimnya dingin, dan air mereka berasal dari mata air dan sumur. "

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kradin, Nikolay (2018-05-24). "Ancient Steppe Nomad Societies". Oxford Research Encyclopedia of Asian History. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-027772-7.