Cuka balsamik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cuka balsamik

Cuka balsamik (bahasa Italia: aceto balsamico) adalah cuka yang sangat gelap, pekat, dan beraroma kuat yang berasal dari Italia, dibuat seluruhnya atau sebagian dari anggur. Anggur harus adalah jus anggur yang baru saja dihancurkan dengan semua kulit, biji dan batang.

Istilah aceto balsamico tidak diatur, tetapi ada tiga cuka balsamic yang dilindungi: Aceto Balsamico Tradizionale di Modena DOP (Cuka Balsamik Tradisional Modena), Aceto Balsamico Tradizionale di Reggio Emilia DOP (Cuka Balsamik Tradisional Reggio Emilia), dan Aceto Balsamico Modena IGP (Cuka Balsamik Modena). Kedua cuka balsamik tradisional dibuat dengan cara yang sama dari anggur yang diperkecil harus berumur beberapa tahun dalam serangkaian tong kayu, dan diproduksi secara eksklusif di provinsi Modena atau Reggio Emilia. Nama-nama kedua cuka ini dilindungi oleh Uni Eropa yang Dilindungi Penunjukan Asal, sedangkan Cuka Balsamik Modena (Aceto Balsamico di Modena) yang biasanya lebih murah dibuat dari anggur yang harus dicampur dengan cuka anggur, dan diproduksi secara eksklusif di Modena atau Reggio Emilia, dengan Perlindungan Status Geografis.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Masino, F., Chinnici, F., Bendini, A., Montevecchi, G., & Antonelli, A. (2008). A study on relationships among chemical, physical, and qualitative assessment in traditional balsamic vinegar. Food chemistry, 106(1), 90-95.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]