Cui Hao (penyair)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cui Hao (Hanzi sederhana: 崔颢; Hanzi tradisional: 崔顥; Pinyin: Cuī Hào; Wade–Giles: Ts'ui Hao), (704 ?-754)[1]) adalah penyair di masa Dinasti Tang, Tiongkok dan dianggap sebagai eksponen awal yang utama untuk bentuk sajak yang diatur dari Puisi Tiongkok Klasik atau yang dikenal sebagai jintishi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Cui Hao lahir di Biànzhōu (汴州) (sekarang Kaifeng) dan lulus ujian kekaisaran pada 723. Sebagai seorang pejabat, ia diketahui telah melakukan perjalanan ke berbagai daerah, khususnya antara tahun 723-744. Dia dikenal karena tiga topik dalam puisinya: wanita, pos perbatasan terdepan dan pemandangan alam. Di awal kehidupannya ia biasa-biasa saja, bersama dengan Wang Wei, ia adalah salah satu penyempurna bentuk jintishi. Namun ia memperoleh reputasi karena perilaku pribadinya yang buruk dan pernikahannya beberapa kali gagal. Demikian pula dengan syairnya yang belakangan "tidak diatur".

Puisi[sunting | sunting sumber]

Lima belas puisinya dengan topik wanita dan lima belas puisi lagi dengan topik pos perbatasan terdepan serta pemandangan alam.[2] Salah satu puisinya yang terkenal adalah Menara Bangau Kuning, yang merupakan salah satu dari empat puisinya yang termasuk dalam antologi Tiga Ratus Puisi Tang, ditulis dalam tujuh karakter per baris sajak yang diatur, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Witter Bynner dengan judul "The Yellow Crane Terrace". Karya lainnya yang juga termasuk dalam Tiga Ratus Puisi Tang adalah puisi berbentuk sajak reguler tujuh karakter per baris yang ditulis dengan gaya huaigu selama perjalanannya melintasi Huayin, sebelah utara Gunung Hua, serta dua puisi bergaya gushi dengan tambahan nuansa erotis.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wan: 1, his birth year of 704 is in doubt since he would have been somewhat young when he passed the imperial exam.
  2. ^ Wan: 2 - 3. Thirty nine poems are contained in Wan's book

Referensi[sunting | sunting sumber]